IMPLEMENTASI AKHLAK

Oleh to edit Master subtitle style Click group 6

5/26/12

Aktualisasi akhlak

Ruang lingkup akhlak yang seharusnya diaktualisasikan dalam kehidupan seorang muslim:
1. 2. 3.

Akhlak kepada Allah SWT Akhlak kepada sesama manusia Akhlak kepada alam semesta

5/26/12

• Tuntutan untuk akhlak kepada Allah dan Rasul sebagaimana dalam (QS 3:31-32) • Tuntutan akhlak kepada diri sendiri disebutkan dalam (QS 2: 44) 5/26/12 .

• Tuntutan akhlak kepada sesama manusia terdapat dalam (QS 2: 83) dan (QS 31: 17-19) • Tuntutan akhlak kepada alam terdapa dalam (QS 2:30) . (QS 59:21) dan (QS 10: 23) 5/26/12 .

• Seorang muslim yang mengimplementasikan akidah . artinya seorang muslim yang sempurna Islamnya. masuklah kamu . syariah dan akhlak disebut dengan muslim kaffah . Sebagaimana firman Alaah dalam Al-Quran surat AlBaqarah: 208 artinya “hai orang5/26/12 orang beriman. Oleh karena itu Allah SWT memerintahkan kepada umat Islam yang beriman untuk masuk Islam secara sempurna artinya tidak setengah hati.

“Yang paling sempurna iman orang mukmin adalah yang paling baik akhlaknya”. 5/26/12 . – Akhlak kepada manusia lain adalah mengajak kepada kebaikan bersabar dan tidak berlaku sombong – Akhlak kepada alam adalah tidak berbuat kerusakan di bumi Allah ini.Salah satu hadist Nabi Muhammad saw : Nabi Muhammad saw menjelaskan. diketahui : – Akhlak kepada Allah dan Rasul adalah mencintai serta menaatinya – Akhlak terhadap diri sendiri adalah shalat (melakukan ibadah mahdhah) serta mengajak orang pada kebaikan. (HR Muslim) • • Dari kumpulan ayat tersebut.

Tantangan Akhlak • Animisme Kepercayaan yang beranggapan bahwa semua benda mempunyai roh dan memiliki kekuatan • Dinamisme Kepercayaan terhadap tempat-tempat dan benda-benda khusus seperti keris. tombak dan jimat • 5/26/12 .

• Liberalisme Kebebasan penuh atas individu untuk memegang suatu kepercayaan.ajaran yang berbeda . (ex: rusia) • Sinkretisme 5/26/12 Pencampuran nilai nilai dari agama agama dan ajaran . (bahaya ke aliran sesat) • Sekularisme Pemisahan urusan agama dan dunia.

UPAYA PENINGKATAN KUALITAS AKHLAK 5/26/12 .

aturan-aturan negara.Macam. Metode ini sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja dalam kehidupan sehari-hari.macam Metode Peningkatan Kualitas Akhlak 1. Metode Taat Syari’at Metode ini berupa pembenahan diri. Disamping itu berusaha untuk menjauhi hal-hal yang dilarang syara’ dan aturanaturan yang berlaku. 5/26/12 . dan norma-norma kehidupan bermasyarakat. yakni membiasakan diri dalam hidup sehari-hari untuk melakukan kebajikan dan hal-hal bermanfaat sesuai dengan ketentuan syari’at.

 Dalam pelaksanaannya dilakukan pula proses pembiasaan (conditioning) seperti pada “Metode Taat Syari’at” ditambah dengan upaya meneladani perbuatan dari pribadi-pribadi yang dikagumi. Membiasakan diri dengan cara hidup seperti ini secara konsisten akan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan dan sifat-sifat terpuji 5/26/12 . Metode Pengembangan Diri Metode yang bercorak psiko-edukatif ini didasari oleh kesadaran atas kekuatan dan kelemahan diri yang kemudian melahirkan keinginan untuk meningkatkan sifat-sifat baik dan sekaligus menghilangkan sifat-sifat buruk.2.

3. 5/26/12 . Metode Kesufihan Metode ini bercorak spiritual-religius dan bertujuan untuk meningkat kan kualitas pribadi mendekati citra Insan Ideal (Kamil).

• Peningkatan kualitas akhlak dapat pula diupayakan melalui dua proses. 5/26/12 . yaitu : – – Menghilangkan dan membersihkan diri dari berbagai sifat buruk / akhlak buruk Menghiasi diri dari akhlak yang mulia dan terpuji.

• Akhlak yang buruk → Al Baqarah 197 – – – Berkata kotor (rafats) Berbuat jahat (fusuq) Menciptakan permusushan (jadal) 5/26/12 .

• Akhlak yang baik → Rasulullah – – – Bertutur kata yang baik Dermawan dan santun yang dibuktikan dengan memberi makan kepada fakir miskin Sabar dan syukur serta ikhlas dalam melaksanakan perintah Allah SWT 5/26/12 .

(HR Muslim) Salah satu hadist Nabi Muhammad saw : 5/26/12 . “Yang paling sempurna iman orang mukmin adalah yang paling baik akhlaknya”.• Nabi Muhammad saw menjelaskan.

Membiasakan konsisten untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan terpuji dan menghilangkan sifat-sifat 5/26/12 tercela yang ada pada diri . Menjauhi permusuhan c. Membiasakan diri untuk selalu melakukan kebaikan dan menjauhi yang di larang syara’ b.Menerapkan metode – metode Peningkatan Kualitas Akhlak dalam Kehidupan a.

Meningkatknya Puasa.Manfaat peningkatan akhlak • Hablum minallah yang semakin baik ü ü ü ü ü Meningkatknya kualitas salat. Haji mabrur (jika mampu). Meningkatknya Zakat. dan Selalu mengingat Allah • • Hablum minannas yang semakin baik Menjaga lingkungan dengan mengingat Allah 5/26/12 .

PERAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN MANUSIA TAQWA Click to edit Master subtitle style 5/26/12 .

Apasih taqwa dan akhlak itu? "Hai Orang-orang beriman bertaqwalah kamu kepada Allah. dengan sebenar-benar taqwa. dan janganlah kalian mati. melainkan dalam keadaan beragama islam." (Al-Imron : 102) 5/26/12 .

Selalu mengingat keimanan. Akhlaknya mencakup semua aspek kehidupan c. hari 5/26/12kiamat.Pengertian akhlak • • Akhlak : sifat yang ada dalam diri manusia yang dapat dibentuk. dilakukan secara spontan dan terus menerus Ciri manusia memiliki akhlak islami : Tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu b. . dan kematian a.

baik ketika senang .Lalu apakah parameter manusia taqwa? Beberapa Ciri-ciri Orang Bertaqwa Dalam Alqur’an : ü Meyakini tanpa keraguan bahwa Alqur’an sebagai pedoman hidupnya. ü Mendirikan Sholat lima waktu. ü Orang yang selalu memberikan sebahagian dari rezeki yang 5/26/12 diperolehnya. ü Beriman kepada perkara-perkara yang gaib.

maka akan tercipta manusia taqwa. Nilai-nilai kemanusiaan sebagai akibat ketaqwaan yang dibentuk oleh akhlak itu diantaranya : 5/26/12 .Hubungan akhlak dengan manusia taqwa • Jika semua akhlak islami telah terpenuhi.

Pengembangan Pemahaman Akhlak Terhadap Tasawuf dan Tarekat Islam Click to edit Master subtitle style 5/26/12 .

Akhlak Terhadap Tasawuf Tasaw uf Akhlak Proses pendekatan diri kepada Allah dengan cara mensucikan hati (tasfiat al-qalbi). Jika hatinya bersih dan suci. bahwa Allah Yang Maha Suci tidak didekati kecuali oleh hati yang suci. . maka yang akan keluar adalah perbuatan-perbuatan yang baik 5/26/12 Dalam tasawuf.

keteladanan Bahagia Lahir dan pembiasaan & Ilmu Akhlak Akhlaq (lahir) 5/26/12 + Tasawuf (batin) = Batin . agar setelah hatinya suci yang muncul dari perilakunya adalah al-akhlak al-karimah Mana yang baik dan yang buruk. ex: keilmuan.Ilmu (Akhlak + Tasawuf) Ilmu Tasaw uf Bagaimana cara mensucikan hati (tashfiat al-qalb). dan bagaimana mengubah makhluk buruk agar menjadi baik secara lahir.

W.Akhlak Terhadap Tarekat Tareka t Suatu metode atau cara yang harus ditempuh oleh orang yang menempuh kehidupan (salik) dalam rangka membersihkan jiwanya sehingga dapat mendekatkan diri kepada Allah S. T Tasawuf Akhlak 5/26/12 .

“Wahai Muhammad ceritakan kepadaku tentang Islam. Bahwa nabi Muhammad utusan Allah. baik yang baik maupun yang buruk”. kitab-kitab sucinya. Ceritakan kepadaku tentang ihsan. Ceritakan kepadaku tentang iman. maka sesungguhnya Allah melihatmu” 5/26/12 . Rasul menjawab: “hendaklah engkau bersaksi bahwa  tidak ada tuhan selain Allah. para rasulnya. dan hendaklah kamu beriman dengan ketentuan Allah. Apabila engkau tidak mampu melihat-Nya. mendirikan shalat. Rasul menjawab:”Hendaklah engkau beriman kepada Allah. kepada malaikat-malaikatnya. mengeluarkan zakat. Rasul menjawab:”Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihatnya. berpuasa di bulan Ramdhan dan menunaikan ibadah haji jika mampu”. hari akhir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful