POLITEKNIK NEGERI BALI

PENDAHULUAN
Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi kelangsungan pendidikan. Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas bagi kelangsungan pendidikan akan ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain menunda penerapan teknologi informasi dalam lembaga pendidikan berarti menunda kelancaran pendidikan dalam menghadapi persaingan global.

PENDAHULUAN
Pemanfaatan teknologi informasi diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan teknologi informasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan siswa dan orang tua/wali siswa. Dengan demikian siswa dan orang tua/wali siswa akan merasa lebih diperhatikan dalam upaya mengembangkan pengetahuan dan komunikasi.

Informasi yang dikirimkan melalui SMS adalah berupa data nilai siswa.PENDAHULUAN Oleh karena itu perlu adanya media sebagai jembatan informasi. dan data pembayaran iuran wajib sekolah (SPP). Jembatan informasi ini adalah pembuatan sistem akademik berbasiskan SMS yang digunakan pihak sekolah untuk menyampaikan informasi kepada setiap orang tua/wali siswa. Penulis terdorong untuk melaksanakan laporan lebih lanjut mengenai sistem akademik sekolah berbasis SMS yang dituangkan dalam bentuk laporan yang berjudul ”SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA AKADEMIK BERBASIS SMS GATEWAY”. Berdasarkan dari permasalahan tersebut diatas. . data absensi/kehadiran siswa.

2. Sistem pembayaran iuran wajib sekolah (SPP) dilakukan dengan cara mengisi data iuran SPP siswa ke dalam buku SPP secara manual sehingga kurang cepat. maka dapat dijabarkan permasalahan yang ada diantaranya : 1. 3. absensi/kehadiran siswa.IDENTIFIKASI DAN RUMUSAN MASALAH Berdasarkan uraian latar belakang diatas. Sistem pengolahan informasi nilai siswa dilakukan dengan cara menginput data nilai siswa secara manual sehingga kurang tepat dan teliti. dan pembayaran iuran wajib sekolah (SPP) kepada orang tua/wali siswa dengan menggunakan fasilitas SMS. Belum terdapatnya informasi nilai. . 4. tepat dan teliti. Belum terdapatnya sistem pembuatan laporan nilai akhir siswa (Raport) yang lebih mudah dan terperinci serta laporan pembayaran iuran wajib sekolah (SPP) secara terkomputerisasi. Sistem pengolahan data absensi/kehadiran siswa dilakukan dengan cara mengisi absen pada buku absensi secara manual sehingga tidak informatif. 5.

4. 2. . 3. Bagaimana mengimplementasikan Sistem Informasi Akademik. Bagaimana merancang Sistem Informasi Akademik. 3. Tujuan Adapun tujuan Penulis yaitu : 1. Bagaimana Sistem Informasi Akademik saat ini. 2.RUMUSAN MASALAH DAN TUJUAN Berdasarkan identifikasi masalah diatas. Untuk mengetahui Sistem Informasi Akademik . maka didapat rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana menguji Sistem Informasi Akademik. Untuk mengimplementasikan Sistem Informasi Akademik. Untuk merancang Sistem Informasi Akademik. Untuk menguji Sistem Informasi Akademik. 4.

. dan informasi absensi/kehadiran siswa yang disampaikan kepada orang tua siswa melalui SMS. informasi jadwal pembayaran iuran wajib sekolah (SPP). dan informasi absensi/kehadiran siswa dengan penyampaian informasi berupa : informasi nilai siswa.DEKRIPSI UMUM PERANGKAT LUNAK Definisi Sistem Informasi Pengolahan Data Akademik Berbasis SMS Gateway Sistem informasi pengolahan data akademik berbasis SMS gateway adalah sistem yang memberikan layanan informasi berupa data dalam hal yang berhubungan dengan akademik dengan penyampaian informasi melalui SMS (Short Message Service). Dimana dalam hal ini pelayanan yang diberikan yaitu seperti : pengolahan nilai siswa. proses pembayaran iuran wajib sekolah (SPP).

guru. serta laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak Sekolah. dan iuran SPP siswa. absensi. dan iuran SPP siswa kepada orang tua siswa.mata pelajaran.DEKRIPSI UMUM PERANGKAT LUNAK Fungsi Produk Program ini berfungsi untuk melakukan pemasukan data siswa. . pengiriman informasi melalui SMS mengenai nilai. absensi. kelas. pemrosesan nilai.

karena ketika data diinputkan. .DEKRIPSI UMUM PERANGKAT LUNAK Karakteristik Pengguna Program ini bisa di gunakan untuk orang awam dengan sedikit mempelajari jalannya program. Batasan Program ini tidak Stand Alone melainkan menggunakan Jaringan/Koneksi Internet agar bisa menggunakan SMS Gateway. Lingkungan Operasi Sistem ini digunakan dilingkungan Sekolah/Akademik.orang tua siswa akan mengetahui data yang diinputkan oleh user dengan mengirimkan sms(informasi sisawa) ke orang tua masing-masing.

Implementasi Perangkat Lunak (Coding).DEKRIPSI UMUM PERANGKAT LUNAK Metode Pengembangan Sistem Pada penelitian ini. metode pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah metode pengembangan sistem Waterfall. Analisis Perangkat Lunak (Software Analysis). Pengujian Perangkat Lunak (Testing). . f. Pemeliharaan perangkat lunak (Maintenance). Perancangan Perangkat Lunak (Software Design). e. b. Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering). Dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : a. d. c.

.DEKRIPSI UMUM PERANGKAT LUNAK Implementasi Perangkat Lunak Untuk pengembangan perangkat lunak ini menggunakan bahasa pemrograman Delphi yang merupakan bahasa pemrograman berbasis Windows yang menyediakan fasilitas pembuatan aplikasi visual seperti Visual Basic.

Ada pihak luar atau lingkungan yang memberi masukan dan ada pihak yang menerima keluaran sistem. Tujuannya adalah memberikan pandangan umum sistem.DESKRIPSI FUNGSIONAL Diagram Kontek Diagram kontek adalah DFD yang memperlihatkan sistem sebagai sebuah proses. Diagram kontek memperlihatkan sebuah proses yang berinteraksi dengan lingkungannya. .

DESKRIPSI FUNGSIONAL Diagram Kontek (DFD Tingkat 0) GURU Data nilai siswa Informasi nilai siswa Buku absensi raport Data Pembayaran SPP Sistem Informasi Akademik Informasi Kehadiran siswa Informasi Pembayaran SPP ORANG TUA SISWA Laporan SPP Bulanan Bukti Pembayaran SPP KEPALA SEKOLAH .

DESKRIPSI FUNGSIONAL Data Flow Diagram Data Flow Diagram (DFD) adalah alat yang digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa memepertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir atau disimpan. Level paling atas disebut level ke – 0 (nol) adalah Context Diagram. Untuk mengoperasikan DFD secara keseluruhan maka diagram dibuat dalam beberapa level. . Level berikutnya adalah diagram yang menggambarkan sistem yang lebih mendetil.

DFD Tingkat 1 (Satu) Guru Data nilai siswa 1.0 Proses Pengelolaan Data Absensi Bukti Pembayan SPP Informasi pembayaran SPP .0 Proses Pembayaran SPP Data Pembayaran SPP Siswa Buku absensi 2.DESKRIPSI FUNGSIONAL A.0 Proses Pengolaan Nilai Informasi Nilai siswa Orang Tua Siswa Informasi Kehadiran siswa Raport Kepala Sekolah Laporan Siswa bulanan 3.

1 Input Data Nilai Siswa Data nilai yg telah Di inputkan 1.DESKRIPSI FUNGSIONAL B.2 Cetak Nilai Siswa(Raport) GURU Data nilai siswa Informasi nilai siswa raport ORANG TUA SISWA SISWA . DFD Tingkat 2 Proses 1 (Proses Pengolahan Nilai Siswa) 1.

DFD Tingkat 2 Proses 2 (Proses Pengolahan Data Kehadiran Siswa) Buku Absensi 2.1 Input Data Absensi Siswa Informasi Kehadiran Siswa ORANG TUA SISWA SISWA .DESKRIPSI FUNGSIONAL C.

1 Input Data Pembayaran SPP Data yg Telah Di input 3.3 Cetak Laporan SPP bulanan Data Pembayaran SPP Informasi Pembayaran SPP Orang Tua Siswa Laporan SPP bulanan Kepala Sekolah .DESKRIPSI FUNGSIONAL D.2 Cetak Bukti Pembayaran SPP 3. DFD Tingkat 2 Proses 3 (Proses Pengolahan Data Pembayaran SPP) Bukti pembayaran SPP SISWA Data Pembayarn SPP 3.

ERD digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data.DESKRIPSI FUNGSIONAL Entity Relationship Diagram Entity-Relationship Diagram (ERD) adalah model konseptual yang mendeskripsikan hubungan antar penyimpanan (dalam DFD). .

DESKRIPSI FUNGSIONAL GURU 1 N Mengajar 1 MATA PELAJARAN Menghasilkan 1 NILAI N N SISWA Mendapat 1 1 ABSENSI Melakukan 1 SISWA 1 Membayar 1 SPP .

Dokumen input ini sangat penting digunakan untuk menghasilkan output yang benar. Inputan yang digunakan untuk menangkap data dan semua kode-kode yang digunakan.DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN Perancangan Input Perancangan input meliputi desain dari dari dokumendokumen. Adapun rancangan input dari aplikasi yang dibuat adalah sebagai berikut : .

DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN A. Rancangan masukan menu login user .

Rancangan masukan data siswa .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN B.

Rancangan masukan data guru .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN C.

Rancangan masukan data kelas .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN D.

Rancangan masukan data mata pelajaran .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN E.

Rancangan masukan data nilai siswa .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN F.

Rancangan masukan data absensi siswa .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN G.

Rancangan masukan data iuran SPP siswa .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN H.

Rancangan output ini dapat dilihat pada gambar berikut ini : .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN Perancangan Output Perancangan output ini didasarkan pada kebutuhan informasi yang diperlukan oleh para user/pemakai.

Rancangan output laporan data siswa .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN A.

DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN B. Rancangan output laporan data guru .

DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN C. Rancangan output laporan data kelas .

DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN D. Rancangan output laporan data mata pelajaran .

Rancangan output laporan data nilai siswa (Raport) .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN E.

Rancangan output laporan data absensi siswa .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN F.

Rancangan output bukti pembayaran SPP siswa .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN G.

Rancangan output laporan data iuran SPP siswa per bulan .DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN H.

. dengan model konfigurasi dimana satu komputer bertindak sebagai server. c. karena area yang relatif kecil yaitu sebuah Sekolah. Dan dengan konektor RJ 45. yang tipe Unshielded Twisted Pair (UTP). Tipe jaringan yang digunakan adalah LAN ( Local Area Network ). b. karena mudah dalam mengkonfigurasikan komputer ke dalam sebuah kabel utama. Topologi yang digunakan adalah topologi Bus (Garis Lurus). Media transmisi menggunakan kabel twisted pair. dan tidak terlalu memakai banyak kabel.DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN Perancangan Arsitektur Jaringan Adapun Kebutuhan Jaringan untuk mendukung program ini adalah sebagai berikut : a. dan yang lainnya sebagai client yang mengakses file dalam server.

Enthernet Card (Kartu Jaringan Enthernet). f. yang digunakan sebagai pusat dari jaringan.Bridges. Perangkat keras yang menyediakan port untuk media transmisi (Kabel). .WorkStations. d.Repeaters. e. Perangkat keras yang berfungsi sebagai media penghubung antar komputer.Network Interface Cards (Kartu Jaringan). berfungsi sebagai penguat sinyal pada media transmisi yang digunakan. Perangkat keras yang mengatur jalur arus data/informasi agar tetap berjalan dengan baik dan teratur. Komputer yang terhubung ke file server dalam sebuah jaringan.Unsur yang terkait lainnya yaitu : a. b.DESKRIPSI UMUM KEBUTUHAN . File server. c.

Sistem Informasi yang dibangun dapat memberikan pembatasan hak akses terhadap para pengguna sistem. Mulai dari kelola data siswa. c. Dengan demikian. dan pembuatan laporan yang sebelumnya dikerjakan secara manual. Sistem Informasi yang dibangun telah menggunakan basisdata tersendiri untukmengintegrasikan data yang masuk ke sistem. d. data nilai. serta kelola user (pengguna). Sistem Informasi Akademik merupakan suatu sistem yang mengelola data akademik siswa. b. Hal ini bertujuan untuk melakukan penghematan terhadap sumber daya yang dimiliki oleh Sekolah terkait.PENUTUP Kesimpulan Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh dari Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS Gateway yang telah dibuat adalah sebagai berikut : a. pemberian informasi kepada orang tua siswa. data absensi. data guru. Aplikasi pengolahan data akademik siswa dibangun bertujuan untuk memberikan kemudahan pada Akademik Sekolah dalam proses pengolahan data akademik siswa. dapat memudahkan pihak Sekolah dalam mengelola data yang telah masuk ke sistem yang dibangun. data kelas. dan pengiriman informasi berupa SMS kepada orang tua siswa. data pembayaran iuran SPP. . data mata pelajaran.

b. registrasi ulang. . dan lain-lain. pembayaran Dana Sumbangan Pembangunan (DSP).PENUTUP Saran penyusun ingin mengemukakan beberapa saran yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan sistem di kemudian hari. seperti pendaftaran siswa baru. Ada baiknya aplikasi Sistem Informasi Akademik ini dilengkapi dengan pengolahan data-data akademik lain. Sistem informasi akademik berbasis SMS ini akan lebih baik dan praktis apabila pengiriman informasinya dilakukan oleh sistem secara otomatis tanpa melibatkan user dalam proses pengiriman SMS. di antaranya sebagai berikut : a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful