FUNGSI

• Fungsi (pemetaan) adalah Relasi dari himpunan A ke himpunan B, jika dan hanya jika setiap anggota dalam himpunan A berpasangan tepat hanya satu dengan Anggota himpunan B. • Sehingga fungsi f dapat dilambangakan :

f : A→B

Contoh: A Budi▪ Ami ▪ Ira ▪ Adik dari B ▪ Ani ▪ Ari ▪ Mia ▪ Nia A a▪ b▪ c▪ d▪ B ▪k ▪l ▪m .

Derah hasil (Range) adalah { Ani.Ari. Ani. Ira } b.Mia. . Dearah asalnya (Domain) adalah A = { Budi. Mia.Pada gambar (i) merupakan fungsi dengan relasi adik dari.Nia} c. Daerah kawannya (Kodomain) adalah B = {Ani. yaitu fungsi f memetakan setiap anggota himpunan ke anggota B atau f : A→B maka: a. Nia } Pada gambar (ii) bukan merupakan fungsi karena terdapat satu anggota himpunan A yaitu yang tidak memiliki kawan di B.

FUNGSI ALJABAR SEDERHANA Definisi : A B x y=f(x) .

Dimana: Daerah asal (domain) fungsi f adalah Himpunan A dilambangkan Df Dearah hasil (kodomain) fungsi f adalah himpunan B dilambangkan Kf Wilayah hasilya (range) fungsi f adalah himpunan dari semua peta A di B dan dilambangkan Rf Pada umumnya y ditulis dengan f(x) atau y=f(x) Beberapa fungsi aljabar sederhana: 1.• Dari gambar misa f fungsi dari A ke B. Fungsi konstan [f : x → f(x)] U/t x є R. dengan nilai f(x) tergantung dari x sehingga x di sebut sebagai variabel bebas dan y disebut sebagai variabel terikat. y є B kemudian x dipasangkan dengan f(x) maka dapat di definisikan sebagai fungsi aljabar. 4.maka f(x)=x Fungsi Linear Def : f(x) = ax + b. dengan a.jika x є A. Fungsi Kuadrat .maka f(x)= k 2. f : x → f(x) . Fungsi Idensitas [f : R → R atau f : x → x ] U/t x є Df. Sehingga bisa ditulis .b є R dan a ≠ 0 3.

Persamaan garis lurus tersebut adalah y=k • GRAFIK Y y=k 0 X . k).Gambar grafik fungsi aljabar sederhana • Fungsi konstan → Apabila digambarkaan pada pada bidang cartesius akan berupa garis lurus yang sejajar sumbu x dan memotong sumbu y di titik (0.

• Fungsi Idensitas→ Grafik fungsinya berupa garis lurus dengan persamaan y = x x y=x 0 x .

• Fungsi linear→ Grafiknya berupa garis lurus bergradien a dan memotong sumbu y di titik (0.b) • Grafik f(q) – f(p) b q-p a q p q x .

2.3) dan tentukan pula daerah hasil fungsinya .1.0.CONTOH SOAL 1 Lukislah grafik fungsi f : R→R yang ditentukan f(x)=2x+2 dengan daerah asalya (-2.-1.

3 grafik fungsi y = 2x+2 8- 32- -3 -2 0 1 2 3 4 X .

• Kerjakan Soal Berikut 1 Lukilah grafik fungsi f: R→R yang ditentukan oleh f(x)=3x+2dengan daerah asal fungsi (-3.-2.0.-1.1.2) dan tentukan daerah hasil fungsi tersebut .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful