STRUKTUR LAPORAN PKP- PGSD ( PTK

)

COVER Dua judul  Keperuntukan  Gambar Logo  Identitas penulis  Lembaga  .

Masalah .Tempat/Setting penelitian .1 JUDUL .Cara penyelesaian masalah .

2 Lembar Pengesahan dan pernyataan - - Judul Identitas Tempat dan tanggal pelaksanaan PTK Masalah yang menjadi Fokus Perbaikan Pengesahan oleh Mahasiswa dan Supervisor .

. judul (lengkap).3 Abstrak Dibuat tidak lebih dari satu halaman. kata kunci. dan penjelasan penelitian dan hasilnya secara singkat. memuat nama penulis.

4 Kata Pengantar Dibuat tidak lebih dari satu halaman .

Daftar Lampiran Dibuat sesuai dengan ketentuan yang menyatakan letak judul. Daftar Gambar.5 Daftar Isi. dan subsubjudul pada masing-masing halaman. subjudul. Daftar Tabel.  Daftar tabel dan daftar gambar dicantumkan jika ada  .

Gambaran kondisi nyata yang terjadi di sekolah/kelas (data empiris) berkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti. mendeskripsikan …dsb D. Tujuan PenelitianTujuan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti sesudah penelitianRumusan tujuan mengacu pada rumusan masalah penelitian dengan menambahkan kata mengetahui. C. Gambaran Kondisi ideal berkaitan dengan permasalahan pokok yang sedang diteliti. Manfaat Penelitian Bagi siswa. bagi guru. 3.Menggunakan kalimat tanya yang berisi asumsi. Kesenjangan pembelajaran dan Solusi pemecahannya B.6 BAB IPENDAHULUAN A. lingkup penelitian. meningkatkan. Latar Belakang Masalah 1. 2. . bagi sekolah. dan alternatif tindakan sesuai dengan judul. bagi lembaga pendidikan Secara teoretis dan praktis. Rumusan Masalah Rumusan masalah merupakan langkah solusi mengatasi kesenjangan antara kondisi ideal pembelajaran dengan kondisi nyata.

BAB II A. atau pendekatan pembelajaran)  .  Kajian teori tentang cara penyelesaian masalah yang digunakan (metode atau model pembelajaran. media pembelajaran. Kajian Pustaka 7 Judul Bab disesuaikan dengan judul penelitian  Kajian teori tentang permasalahan pembelajaran yang sedang dikaji.

A. semester. serta hal-hal umum lain yang perlu diketahui. Deskripsi Persiklus Jelaskan langkah-langkah yang akan ditempuh setiap siklus (minimal 2 siklus). langkah refleksi. METODE PENELITIAN Latar/Setting dan Subjek Penelitian Dijelaskan latar penelitian secara lengkap yang menyangkut tempat penelitian. populasi penelitian (kelas dan jumlah siswa). dan tahun pelajaran. . B. langkah pembelajaran. jumlah siswa perempuan. Dijelaskan karakteristik subjek penelitian dengan jelas menyangkut jumlah siswa keseluruhan. jumlah siswa laki-laki. Pada tiap siklus dijelaskan langkah-langkah persiapan.8 BAB III. langkah observasi atau pengamatan dengan instrumen yang digunakan.

Tindakan. Pembahasan dan Pengambilan Kesimpulan Pembahasan yang dilakukan mengacu pada teori yang digunakan pada landasan teoretis dengan disertai data kemajuan yang diperoleh pada tindakan perbaikan pembelajaran.Pada setiap siklus akan selalu terdiri atas subsubjudul Perencanaan.9 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A . dan RefleksiPada subsubjudul Perencanaan berisi tahap-tahap rencana yang terdapat pada RPPPada subsubjudul Tindakan terdapat dua bagian penting yakni deskripsi tentang Proses Pembelajaran dan Hasil PembelajaranSubsubjudul Refleksi berisi analisis atas proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan pada penelitian B. . Hasil Penelitian Dijelaskan prosedur penelitian yang telah dilakukan setiap siklus secara terperinci disertai temuan-temuan yang ada.Pembahasan dilakukan pada setiap siklus dengan memperhatikan temuan-temuan penting pada siklus yang bersangkutan dan kemudian dibahas secara terperinci secara konstruktif.

B. A. dan peneliti lain.10 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan/ Simpulan Merupakan jawaban atas rumusan masalah yang terdapat pada BAB I Menggunakan bahasa singkat dan padat. guru-guru. . Saran untuk tindakan lebih lanjut Disarankan hal-hal yang bersifat konstruktif bagi sekolah.

11 Daftar Pustaka Disusun sesuai dengan kaidah yang berlaku. .

. Foto-foto kegiatan yang diberi penjelasan pada setiap siklus .Hasil pembelajaran (rekapitulasi skor perolehan pada setiap siklus) Lembar pekerjaan siswa (berupa contoh sekurangkurangnya 25 % dari setiap siklus).12 Lampiran      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian (setiap siklus). Lembaran observasi yang telah digunakan (berisi catatan-catatan observer pada setiap siklus). Model bahan ajar yang digunakan oleh siswa dalam pembelajaran (setiap siklus).

SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful