Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran Skripsi Analisis Teknoekonomi Pendirian Usaha Perkebunan dan Pengolahan Industri Pengawet

Alami berbahan Dasar Kecombrang (Nicolaia Horan) Di Kabupaten Banyumas

Aspek pemasaran menempati posisi pertama dalam manjemen perencannaan proyek indstri, karena pemasaran sangat menentukan usaha suatu perusahaan. Sebelum melakkan pemasaran perlu diketahui, keberadaan pasar, besarnya pasar yang ada, potensi pasar, dan kompetitor. (Kasmir dan Jakfar, 2007)

Hal yang perlu dinilai dalam aspek pasar dan pemasaran :
1. Jumlah permintaan produk, baik mesa lalu, kini, dan yang akan datang. 2. Perkiraan besarnya kemungkinan, market potensial dimasa datang. 3. Besarnya market share pada rencana produksi. 4. Faktor apa saja yang mempengaruhi dimasa datang. 5. Strategi untuk meraih share yang telah direncanakan.

• Perlu dilakukan suatu studi tentang kelayakan, aspek pasar dan pemasaran adalah mengetahui besarnya pasar yang dimasuki, struktur pasar dan peluang yang ada.

1. Permintaan dan penawaran Permintaan adalah besarnya suatu barang dan jasa yang diinginkan konsumen pada harga dan waktu tertentu. 2. Perkembangan Harga Pada tahun 2009 harga per kg kecombrang Rp. 2500, ditahun 2011 ditetapkan per kg adalah Rp. 4000. selama 2 tahun harga kecombrang meningkat +- 6 %.

3. Kompetitor / Saingan Usaha Persaingan terhadap produk tahu dan ikan hampir dipastikan semakin meningkat. Namun persaingan untuk pengawet alami masih sangat rendah karena penentuan kebutuhan dan produksi perbuatan kecombrang masih awan untuk masyarakat, namun untuk persaingan pasar pengawet Kimia adalah sebaliknya karena mudahnya produsen untuk menyediakan produk tersebut.

4. Strategi Pemasaran Adalah perkiraan yang digunakan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu termasuk didalamnya tentang target pasar, penempatan produk dipasar, bauran pemasaran. Tingkat biaya pemasaran yang diperlukan strategi bauran pemasaran adalah stretegi produk, harga, lokasi dan promosi.

• Strategi produk Produk yang disesuaikan permintaan dan kebutuhan konsumen • Strategi harga Harga adalah banyaknya uang/nilai yang diperlukan dalam pertukaran terhadap suatu barang/jasa. Harga merupakan faktor laku tidaknya suatu produk. Penentuan harga yang tidak tepat dapat menyebabkan kerugian yang fatal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful