Disusun oleh : 1. Arif Rohman Habib (36024) 2. Chandra Fadlilah (36030) 3. Kezia Elisabeth A. 4. Rendy Aditya 5.

Favian Dwi Vanianto (36062)

Thyristor
► Komponen yang bersifat sebagai 'pintu' arus listrik lewat ► Thyristor paling sederhana : Silicon Unilateral Switch (SUS) ► Tersusun atas 2 transitor pnp dan 2 transistor npn dengan kedua kaki kolektor tiap resistor dihubungkan dengan kaki base transistor lain

VBO tergantung nilai rating pada thyristor Ⱶ Nilai If akan meningkat tajam dan nilai VAK menurun tajam. sehingga VAK (tegangan Anoda-Katoda) = VS Ⱶ Arus dapat mengalir saat VAK mencapai nilai tertentu dimana thyristor dapat terkonduksi (on-state).Ⱶ SUS beroperasi cutoff(tidak ada arus mengalir / tidak terkonduksi) pada keadaan awal. Tegangan ini disebut Tegangan Breakdown (VBO ). Ⱶ Ketika on-state.arus meningkat tajam dengan tegangan tetap . kedua transistor menjadi saturasi.

Tanpa ada beban. Arus base pada Q1 meningkat karena Ic Q2=Ib Q1. sehingga Ib pada Q2 meningkat.Perhatikan : Jika arus base (Ic1) pada Q2 meningkat. makin lama sambungan PN dari thyristor ini di bagian tengah 'seolah-olah' terkancing. arus kolektor Q2 meningkat. begitu seterusnya.tidak ada yang membatasi arus pada rangkaian dan thyristor akan rusak . Arus kolektor Q2 meningkat. maka Ic pada Q1 meningkat.

yaitu dengan meningkatkan temperatur sehingga arus meningkat ke titik Arus breakdown kemudian SUS akan on . memberi pulsa tegangan positif pada katoda sehigga muncul arus reverse melawan If yang menjadikan If < Ih SUS akan on walaupun tegangan belum mencapai Tegangan breakdown. ► Arus tersebut dinamakan Holding Current (Ih) atau Arus Kancing. ► Ketika If < Ih. thyristor kembali cutoff sampai Vak mencapai Vbo lagi. ► Ada 2 cara membuat kembali ke Cutoff Anode current interruption. dengan memberi switch secara seri atau pararel dengan thyristor sehingga If akan menurun sampai 0 Forced Commutation.Membuat SUS Cutoff ► Rangkaian akan tetap on sepanjang If lebih besar dari nilai spesifikasi arus minimum yang dibutuhkan untuk tetap on.

Semakin tinggi IG. ► Ketika diberi tegangan reverse SUS dan SCR bekerja seperti Dioda . VAK sudah cukup untuk membuat on. IF < IH. SCR dibuat off state dengan dua cara seperti SUS ► Ada efek Arus gerbang(IG). Saat gate dikenakan pulsa positif (T1) Q2 on sehingga komponen saturasi seperti SUS.(lihat grafik) ► Tidak perlu menunggu VBO untuk on.Silicon Controller Rectifier (SCR) Sama seperti SUS. Saat dikenai pulsa negatif (T2). kecuali penambahan kaki ketiga yang disebut kaki gerbang (gate). semakin kecil VAK yang dibutuhkan untuk membuat on state. Jika IG ditingkatkan. Bahwa SCR akan on ketika Vak=Vbo Gate menjadi trigger tambahan.

dan tegangan rata-rata beban • Battery-Charging Regulator untuk mengatur pengisian baterai • Temperatur Controller untuk mengatur suhu • Emergency-Lighting System Crowbar Phase Controller .Aplikasi SCR: • Crowbar digunakan untuk melindungi kepekaan tegangan dari kelebihan tegangan keluaran dari dc power supply • Phase Controller digunakan untuk mengatur sudut fase konduksi dari beban.

Emergency-Lighting System .

DIAC & TRIAC • DIAC mirip transistor. tapi tidak ada kaki base dan diidentikkan dengan thyristor 2 arah (2 terminal bisa dikonduksi) • Karakteristiknya baik baik forward bias ataupun reverse bias sama dengan forward bias pada SUS • Baik Triggering atau Cutoff sama seperti SUS DIAC.seolah-olah tersusun dari 2 dioda sehingga 2 kakinya adalah anoda Kurva operasi DIAC .

Aplikasi DIAC .Proximity Detector digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya obyek pada jarak tertentu dalam range ± 5 .25 cm Load 115 V 60 Hz To sensing electrode .

.TRIAC • • • • Merupakan DIAC yang ditambahkan satu kaki gerbang Seolah ekuivalen dengan SCR dirangkai pararel Dapat terkonduksi dari terminal apapun Triggering dan Cutoff sama dengan SCR Setiap kuadran memiliki MT2 dan G(gerbang) polarities. Sbg contoh. kuadran I mengindikasikan operasi dari perangkat ketika MT2 positif dan positif potential terpakai pada gebang.

misalnya untuk pengontrol lampu .Phase (Power) Control .Aplikasi TRIAC .

7 V tegangan katoda • VK (V katoda) ditentukan oleh VBB.UNI JUCTION TRANSISTOR (UJT) Mirip transistor. tegangan anoda > 0. Katoda dihubungkan dengan voltage divider. terdapat pada spec list.7 V .RB1.RB2 η (stand off ratio) = rasio hambatan emiter-base dengan total resistansi pada UJT.8 η VK=η VBB Maka untuk mentrigger emitter. • Agar emiter terkonduksi. tapi dengan 2 kaki basis dan 1 kaki emitter Equivalent Circuit : Emiter dihubungkan dengan sambungan pn. nilai maksimumnya 0. dibutuhkan tegangan VP = VK + 0.

Pada saat itu rangkaian menuju saturasi . Ketika IE meningkat nilai RB! turun sehingga VB1 turun. VB1 turun sampai IE mencapai titik lembah.KARAKTERISTIK KURVA UJT Saat ditrigger. VEB meningkat sampai VP (conduct).

PROGRAMABLE UJT (PUT) • Mirip SCR. dengan simbol yang sama namun fungsinya untuk mentrigger SCR • UJT dan PUT secara fisik bukan thyristor namun cara pentrigerannya mirip thyristor APLIKASI UJT Relaxation Oscilator. adalah rangkaian yang menggunakan karakteristik charge/discharge kapasitor atau induktor untuk menghasilkan sinyal output .

emmiter (sumber cahaya) dan detector (pendeteksi cahaya) • Jenisnya : Emitter Cahaya. FotoTransistor.FotoTiristor Berupa LED.OPTOELEKTRONIK • Didasarkan fakta bahwa dioda dan transistor ada yang peka cahaya • Optoelektronik dibagi 2 kelompok. sama seperti dioda biasa namun LED memancarkan cahaya saat diberi tegangan maju Aplikasi : Display 7 segmen Simbol led .FotoDarlington. FotoDioda.

Sambungan PN yang dirancang bekerja pada reverse (boleh dikata dioda zener) yang dikontrol oleh intensitas cahaya .

arus disuplai dari fotodioda antara basis dan kolektor circuit Symbol circuit Rangkaian fototransistor untuk mendeteksi intensitas cahaya rendah .Sama seperti transistor biasa.

Prinsipnya sama dengan fototransistor. tapi daerah sambungan kolektornya diperluas untuk memungkinkan dipacu oleh cahaya .akan tetapi kemampuannya jauh lebih tinggi Mirip tiristor biasa.

lampu menyala otomatis kalau hari gelap • Detektor pulsa Cahaya Rangkaian lampu malam otomatis Rangkaian detektor cahaya .Aplikasi Optoelektronik : • Lampu malam otomatis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful