Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

Ratings: (0)|Views: 20|Likes:
Published by Oswar Mungkasa

More info:

Published by: Oswar Mungkasa on Nov 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2012

pdf

text

original

 
 
PRESIDENTREPUBLI K INDONESIA- -
 1
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 16 TAHUN 2005TENTANGPENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAANAIR MINUMDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang
: bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 40 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004, tentang Sumber Daya Airperlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentangPengembangan Sistem Air Minum;
Mengingat
: 1. Pasal 5 ayat 2, Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2.
 
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004, tentang SumberDaya Air (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun2004, Nomor 32, Tambahan Lembaran Negara Nomor4377);
MEMUTUSKAN:Menetapkan
: PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PENGEMBANGANSYSTEM PENYEDIAAN AIR MINUM
BAB IKETENTUAN UMUM
Pasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Air baku untuk air minum rumah tangga, yang selanjutnya disebut airbaku adalah air yang dapat berasal dari sumber air permukaan,
 
 
PRESIDENTREPUBLI K INDONESIA
 
- 2 –
cekungan air tanah dan/atau air hujan yang memenuhi baku mututertentu sebagai air baku untuk air minum.2.
 
Air minum adalah air minum rumah tangga yang melalui prosespengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syaratkesehatan dan dapat langsung diminum.3.
 
Air limbah adalah air buangan yang berasal dari rumah tanggatermasuk tinja manusia dari lingkungan permukiman.4.
 
Sampah adalah limbah padat yang berasal dari lingkunganpermukiman, bukan bahan berbahaya dan beracun, yang dianggaptidak berguna lagi.5.
 
Penyediaan air minum adalah kegiatan menyediakan air minum untukmemenuhi kebutuhan masyarakat agar mendapatkan kehidupan yangsehat, bersih, dan produktif.6.
 
Sistem penyediaan air minum yang selanjutnya disebut SPAMmerupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dariprasarana dan sarana air minum.7.
 
Pengembangan SPAM adalah kegiatan yang bertujuan membangun,memperluas dan/atau meningkatkan sistem fisik(teknik) dan non fisik(kelembagaan, manajemen, keuangan, peran masyarakat, danhukum) dalam kesatuan yang utuh untuk melaksanakan penyediaanair minum kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik.8.
 
Penyelenggaraan pengembangan SPAM adalah kegiatanmerencanakan, melaksanakan konstruksi, mengelola, memelihara,merehabilitasi, memantau, dan/atau mengevaluasi sistem fisik(teknik) dan non fisik penyediaan air minum.9.
 
Penyelenggaraan pengembangan SPAM yang selanjutnya disebutPenyelenggara adalah badan usaha milik negara/badan usaha milikdaerah, koperasi, badan usaha swasta, dan/atau kelompokmasyarakat yang melakukan penyelenggaraan pengembangan sistempenyediaan air minum.10.
 
Penyelenggara adalah orang perseorangan, kelompok masyarakat,atau instansi yang mendapatkan layanan air minum dariPenyelenggara.11.
 
Tempat pembuangan akhir sampah yang selanjutnya disebut TPAadalah lokasi beserta prasarana fisiknya yang telah ditetapkan sebagai
 
 
PRESIDENTREPUBLI K INDONESIA
 
- 3 –
tempat berlangsungnya kegiatan pengolahan dan pembuangan akhirsampah.12.
 
Badan usaha milik negara yang selanjutnya disebut BUMN adalahbadan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki olehnegara melalui penyertaan secara langsung yang berasal darikekayaan negara yang dipisahkan yang dibentuk khusus sebagaiPenyelenggara.13.
 
Badan usaha milik daerah yang selanjutnya disebut BUMD adalahbadan usaha yang pendiriannya diprakarsai oleh Pemerintah Daerahdan seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh daerah melaluipenyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan daerah yangdipisahkan yang dibentuk khusus sebagai Penyelenggara.14.
 
Koperasi adalah kumpulan orang yang mempunyai kebutuhan yangsama dalam sektor ekonomi atau sosial budaya dengan prinsipdemokrasi dari anggotanya dan yang dibentuk khusus sebagaiPenyelenggara.15.
 
Badan usaha swasta adalah badan hukum milik swasta yang dibentukkhusus sebagai Penyelenggara sesuai dengan ketentuan peraturanperundang-undangan.16.
 
Masyarakat adalah kumpulan orang yang mempunyai kepentinganyang sama yang tinggal di daerah dengan yurisdiksi yang sama.17.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahandi bidang sumber daya air.Pasal 2Pengaturan pengembangan SPAM diselenggarakan secara terpadu denganpengembangan Prasarana dan Sarana Sanitasi yang berkaitan dengan airminum.Pasal 3Pengembangan SPAM diselenggarakan berdasarkan atas kelestarian,keseimbangan, kemanfaatan umum, keterpaduan dan keserasian,keberlanjutan, keadilan, kemandirian, serta transparansi dan akuntabilitas.Pasal 4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->