Tujuan Mata Kuliah
• Mata kuliah Pengantar manajemen Komunikasi mengantarkan mahasiswa untuk mengetahui dan memahami manajemen Komunikasi dalam tatanan teoretis dan pragmatis sebagai sebuah fenomena. • Tujuan mata kuliah Manajemen Komunikasi adalah agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dasar, model, perspektif, kompetensi manajemen Komunikasi dalam berbagai konteks manajemen Komunikasi.

1994) Bagaimana individu atau manusia mengelola proses komunikasi melalui penyusunan kerangka makna dalam hubungannya dengan orang lain dalam berbagai setting atau konteks komunikasi dengan mengoptimalisasi sumberdaya komunikasi dan teknologi yang ada.Definisi Manajemen Komunikasi (Michael Kaye. .

. pelaksanaan dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. pengorganisasian.Definisi Manajemen Komunikasi (Parag Diwan. 1999) Proses penggunaan berbagai sumberdaya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan.

Definisi Manajemen Komunikasi (Egan dan Cowan. 1979) Pengaplikasian penggunaan sumberdaya manusia dan teknologi secara optimal untuk meningkatkan dialog diantara manusia .

organizational and technical) and communication processess to facilitate communication in corporate context. 1994) Communication Management is the process of using human. . group. financial and technical resources in understanding and performing the communication function within corporation and between corporations and their publics … Thus communication management involves administering and managing communication resources (personal.Definisi Manajemen Komunikasi (Irwin & Moore.

atau internasional).Manajemen Komunikasi: Proses pengelolaan sumberdaya komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pertukaran pesan yang terjadi dalam berbagai konteks komunikasi (individual. govermental. . organisasional. sosial.

efisien dan produktif.Manajemen Komunikasi Mengacu pada pengertian tentang bagaimana orang mengelola proses komunikasi melalui konstruksi makna tentang hubungan mereka dengan orang lain dalam situasi yang beragam. . Memberikan arah bagaimana orang bekerja dalam berbagai konteks dapat berkomunikasi secara efektif.

Gambar: Boneka Rusia Matouschka sebagai Model Manajemen Komunikasi M. Kaye .

mendengarkan. meliputi aspek perangkat keras seperti : telepon. pengolahan. mesin copy. intercom. dan mencari inspirasi. • • • . melalui sharing of information. artinya proses komunikasi terjadi dalam jenjang organisasi yang lebih bersifat formal. membaca. memberi umpan balik. jaringan komunikasi internal (LAN). komputer. secara bersama-sama dan mencapai tujuan bersama. yaitu mencari informasi untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan Konteks interpersonal. dan program (software) dalam pemusatan. penyimpanan. dan distribusi informasi. bahkan argumentasi dan persuasi lebih mudah dilakukan melalui konteks ini. dan memelihara hubungan sosial. jaringan interpersonal merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk penyaluran informasi. Teknologi komunikasi. dan radio dua arah kemudian teknologi komunikasi yang digunakan untuk perlengkapan. Kegiatan terbanyak dalam konteks komunikasi. Melalui komunikasi organisasi individu terlibat dalam menjalin hubungan. yakni proses yang melibatkan orang lain dalam membentuk makna bersama.KONTEKS MANAJEMEN KOMUNIKASI • Konteks intrapersonal merupakan awal proses komunikasi yang terfokus pada mengamati. Dalam konteks manajemen. berpikir. Konteks organisasional.

.Self Boneka terkecil. di bagian terdalam merupakan bagian Innermost model manajemen komunikasi mewakili self mengetahui dan mengerti diri adalah sebuah kebutuhan selangkah ke arah manajemen diri yang efektif pada gilirannya kesadaran diri dan menyuguhkan sebagai dasar suara analisis diri dan ujian diri. Dapat dikatakan self adalah komponen intrapribadi dari model manajemen komunikasi. sebagian ketika orang mempertimbangkan bagaimana mereka memengaruhi orang lain melalui bicara dan tindakan mereka.

Pada dasarnya manusia adalah makhluk komunikasi yang secara fitrahnya selalu melakukan aktivitas komunikasi dengan sesama. Elemen antarpribadi ini adalah elemen yang terbaik dalam syarat-syarat teori konstruktivis yang memegang kunci dalam komunikasi efektif adalah ketika proses di mana interaksi antarindividual menghasilkan pengertian yang sama pada setiap orang tentang sifat dan hubungan mereka. . membungkus boneka self adalah boneka antarpribadi (interpersonal) pada poin ini fokusnya bagaimana self memengaruhi orang lain.Interpersonal Berikutnya. Boneka interpersonal menarik perhatian kita pada cara komunikasi yang dapat memengaruhi setiap hal yang membawa perubahan pada dirinya atau orang yang berinteraksi dengan mereka.

. Hal penting dari boneka ketiga ini adalah seorang melakukan aktivitas komunikasi dipandang oleh model manajemen komunikasi untuk memberikan perhatian besar agar mengerti dan mengatur sebuah budaya dari sistem manusia atau organisasi. Dalam hubungan ini culture dapat ditunjukkan dengan jelas berupa adat-istiadat. Bagaimana orang akan berkomunikasi dengan yang lainnya dipengaruhi oleh sistem yang berlaku dengan dampak yang terjadi baik secara positif ataupun sebaliknya. norma.Sistem Di sini menegaskan bahwa beberapa sistem manusia atau organisasi memberikan dampak pada kegiatan manusia itu sendiri. nilai yang memberikan keunikan atas setiap karakter yang mungkin berbeda antara satu dengan yang lain.

kompetensi manajemen komunikasi yang bisa terjadi di level lain dari model. Terakhir. mengoordinasi. sehingga bisa jadi orang yang kompeten secara intrapribadi ketika mereka memperoleh pengertian realistik dari dirinya dan membangun beberapa ukuran self control atau self management orang juga bisa terlihat kompeten ketika mereka membangun. . menglarifikasi pengertian dengan orang lain dalam interaksi antarindividu. hal ini penting untuk dimengerti bahwa kompetensi tidak hanya terlihat bagian luar atau cassing.Kompetensi Boneka keempat membungkus semua boneka yang ukurannya lebih kecil yaitu kompetensi. orang juga dapat dinilai kompeten ketika mereka dapat mengubah sistem yang mereka usahakan dengan orang lain dalam sistem yang ada.

• Penguasaan Teoretis • Riset • Bahasa • Teknologi Komunikasi • Spesialisasi .

Konsep Dasar: Individu dalam Manajemen Komunikasi Diri sebagai agen perubahan Individu adalah manajer-manajer komunikasi yang commited untuk mempelajari (learner) tentang berbagai cara meningkatkan kompetensi yang berkaitan dengan dirinya .

Oleh karena itu: • Manajer komunikasi selalu memahami dan menata proses komunikasi dengan keahlian yang dimilikinya • Manajer komunikasi selalu lebih sadar dan lebih terlibat dalam belajar dari pengalaman orang lain • Senantiasa membangun kompetensi manajemen komunikasi dengan prinsip-prinsip sbb: .

and self monitoring) • Self Atribution • Ego Defense Mechanism • Self Presentation • Self Regulated Behavior . self concept. self esteem. self disclosure.Prinsip Kompetensi MK: • Self Knowledge (self image.

The Social Influence Perspective The Relationship Perspective The Competence Perspective The Perspective of Meaning Michael Kaye. 1994: 27 – 39 . Communication Management.

Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat bagi orang lain .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful