P. 1
BAB I

BAB I

|Views: 137|Likes:
proyek KP
proyek KP

More info:

Published by: Pamungkas Dwi Nur Cahyo on Feb 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Proyek Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata dunia dimana di Indonesia banyak terdapat banyak peninggalan sejarah dan kekayaan alam yang indah. Salah satu tempat tunjuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di

indonesia adalah Kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta merupakan kawasan berkembang bagi perindustrian, kota pendidikan, dan kota pariwisata. Di yogyakarta ini juga banyak terdapat peninggalan-peninggalan yang kaya akan nilai sejarah serta dianugerahi alam yang indah, sehingga tidak mengherankan jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Kota Yogyakarta. Selain itu perindustrian dan keramah tamahan dari warga Yogyakarta serta kondisi alam Yogyakarta yang nyaman banyak mendorong minat insvestor dalam dan luar negeri untuk berinvestasi dan bertempat tinggal di Yogyakarta. Karena alasan tersebut, sekarang banyak dibangun hotel dan apartemen di Yogyakarta untuk memenuhi permintaan akan hunian yang nyaman di Yogyakarta dengan ketersediaan lahan yang semakin langka ataupun untuk menyediakan penginapan bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu pembangunan tersebut dilakukan oleh PT. Saraswanti Indoland Develovment yaitu pengembang properti di Surabaya. PT. Saraswanti Indoland Develovment mulai merintis sebuah hunian yang dapat dijadikan sumber investasi sekaligus hunian yang nyaman yaitu Condotel dan Apartemen Mataram City. Condotel itu sendiri merupakan sebuah investasi yang menguntungkan sebab sebuah hotel yang dijual kepada pembeli akan dikelola oleh tim pemasaran Mataram City sehingga para pembeli masih mendapat hasil dari investasi kamar hotel tersebut. Ini merupakan bentuk investasi jangka panjang.

Laporan Kerja Praktek | Proyek Mataram City

1

Memahami dan mengaplikasikan praktek di lapangan sebagai penerapan teori yang diperoleh di perkuliahan.Sedangkan apartemen itu sendiri untuk memenuhi permintaan akan hunian di Yogyakarta serta mendukung dalam penghematan lahan di Yogyakarta dimana sekarang Yogyakarta sudah menjadi daerah padat penduduk dan ketersediaan lahan menjadi sangat sedikit. Mengetahui tahapan kegiatan fisik selama pelaksanaan proyek beserta pengawasan pekerjaan. 3. 2. 5. 6. Mempersiapkan calon sarjana teknik sipil yang telah memahami dunia kerjanya sehingga tidak mengalami “Shock” ketika terjun ke dunia kerja. Laporan Kerja Praktek | Proyek Mataram City 2 .2. Memberikan pemahaman dan pengalaman terhadap aplikasi dari bentuk fisik pembangunan di bidang rekayasa sipil. Mengetahui potensi – potensi resiko dan masalah yang terjadi dalam pelaksanaan proyek pekerjaan sipil.1 Maksud dan Tujuan Proyek Pembangunan Gedung Condotel dan Apartemen Mataram City dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berinvestasi dalam bidang properti serta menghemat lahan di Yogyakarta akan banyaknya pendatang dari luar Yogyakarta yang ingin bertempat tinggal di Yogyakarta. Selain itu guna memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta akan hunian yang aman dan nyaman sesuai kebutuhan yang diinginkan.2. Mengetahui manajemen pelaksanaan proyek di lapangan. 1.2 Maksud dan Tujuan 1.2 Maksud dan Tujuan Kerja Praktek Maksud dan tujuan dari pelaksanaan kerja praktek bagi calon insinyur di bidang teknik sipil antara lain : 1. 1. 4.

Kedalaman pondasi bore pile ada yang 13 m dengan diameter 1 m dan 27 m dengan diameter 1 m. Kawasan ini merupakan kawasan yang strategis untuk sebuah hunian yang aman dan kawasan sekitar merupakan kawasan pemukiman sehingga bebas dari kebisingan kota tetapi daerah kota dan tempat pariwisata sangat mudah dijangkau dari tempat tersebut. Proyek Condotel dan Apartemen Mataram City ini dibangun di area seluas 2.Saraswanti Indoland Development.3 Gambaran Umum Proyek Proyek Condotel dan Apartemen Mataram City merupakan proyek bangunan tertinggi di Yogyakarta dengan 18 lantai ditambah 2 lantai untuk basement.5 hektar.1. 1 ground floor dan 1 lobby. Berikut detail lokasi Condotel dan Apartemen Mataram City dapat dilihat pada Gambar 1. Gambar 1. 1.1 Detail lokasi Condotel dan Apartemen Mataram City Laporan Kerja Praktek | Proyek Mataram City 3 .4 Lokasi Proyek Proyek Condotel dan Apartemen Mataram City terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar km 7. Pemilik serta pengelola proyek ini adalah PT. Yogyakarta. Untuk satu kolom utama ditopang oleh 3 bore pile. Ngaglik. Mengingat Gedung Condotel dan Apartemen mempunyai 18 lantai maka jenis pondasi yang dipakai adalah pondasi dalam yaitu pondasi bore pile.1.

5 Metodologi Pengumpulan data Dalam penulisan laporan ini. Wawancara Wawancara ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari metode observasi. c. Observasi Observasi ini dilakukan dengan pengamatan secara langsung di lokasi proyek. Laporan Kerja Praktek | Proyek Mataram City 4 . Dalam proses pengamatan di lapangan ada beberapa data yang belum jelas sehingga perlu penjelasan dari pembimbing lapangan ataupun pihak terkait yang berada di lapangan. Studi pustaka Studi pustaka ini dilakukan untuk menunjang dan menambah pengetahuan tentang data yang didapatkan di lapangan. Dengan pengamatan secara langsung maka akan menambah pemahaman tentang lokasi proyek dan kejadian-kejadian di lapangan yang tidak terdapat dalam teori. Kegiatan ini dilakukan dengan pencarian berbagai macam literatur yang berhubungan dengan kegiatan proyek ini.1. b. metode pengumpulan data yang dilakukan penulis antara lain: a.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->