DIABETES MELITUS

Penyakit Diabetes Melitus juga sering kita sebut dengan istilah kencing manis atau penyakit gula darah. Penyakit yang satu ini termasuk jenis penyakit kronis yang tanda awalnya yaitu meningkatnya kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh. Organ tubuh yang terganggu adalah pankreas yang mana sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pankreas sudah tidak mampu memproduksi hormon insulin dalam memenuhi kebutuhan tubuh. Menurut sumber wikipedia Insulin adalah sejenis hormon jenis polipeptida yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Fungsi utama insulin ialah untuk menjaga keseimbangan glukosa dalam darah dan bertindak meningkatkan pengambilan glukosa oleh sel badan. Kegagalan tubuh untuk menghasilkan insulin, atau jumlah insulin yang tidak mencukupi akan menyebabkan glukosa tidak dapat masuk ke dalam tubuh dan digunakan oleh sel-sel dalam tubuh (tidak terserap oleh sel-sel dalam tubuh). Dengan demikian glukosa meningkat di dalam darah menyebabkan berlakunya penyakit kencing manis juga dikenal sebagai Diabetes Melitus. Faktor penyebab : 1) 2) 3) 4) 5) 6) Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Gula Kurang tidur Makan terlalu banyak karbohidrat dari nasi atau roti Merokok Kurangnya Aktivitas Fisik Faktor Keturunan

MYALGIA
Nyeri otot adalah termasuk salah satu keluhan yang cukup sering diderita manusia. Ada yang mengalami hanya sesaat (misalnya keram otot) atau sampai beberapa hari, beberapa bulan bahkan menahun tersebut terus menerus mengganggu dengan intensitas yang berfluktuasi. Nyeri yang timbul hanya sesaat tentu saja tidak sampai mengganggu aktivitas hidup. Tetapi nyeri yang timbul terus amenerus dapat membuat frustrasi penderita, karena menghambat aktivitas

Sehingga pada akhirnya dapat menurunkan kualitas hidup penderita. Kebutaan merupakan masalah kesehatan masyarakat dan sosial ekonomi yang serius bagi setiap negara.Kekeruhan tersebut menyebabkan cahaya sulit mencapai retina sehingga penderita katarak mengalami gangguan penglihatan seperti objek terlihat kabur. Selain usia. seperti terdapat kabut menghalangi objek. contohnya bisa menimbulkan gastritis (sakit mag). . Gejala umum gangguan katarak meliputi :   Penglihatan tidak jelas. Padahal telah terbukti bahwa semua obat penghilang nyeri pasti memiliki efek samping yang merugikan jika dikonsumsi berlebihan atau tanpa kontrol dokter. keropos tulang. Peka terhadap sinar atau cahaya. penyakit mata dan kebutaan meningkat terutama bagi mereka yang telah berumur di atas 65 tahun. Prediksi tersebut menyebutkan. Tidak jarang penderita akhirnya tergiring untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dalam jangka panjang. Berdasarkan hal tersebut di atas. faktor penyebab nyeri otot. keseharian. semakin tinggi pula risiko kesehatan mata. yaitu dengan mengetahui jenis nyeri otot yang terjadi. Semakin tinggi usia. maupun rekreasi. pada 2020 jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di dunia akan mencapai 55 juta jiwa. tingginya penderita katarak disebabkan kondisi geografis di Indonesia. Informasi studi yang dilakukan Eye Disease Prevalence Research Group (2004) memperkirakan. dan menghambat pembentukkan sel darah. kemudian pemberian terapi yang tepat.baik dalam kaitan mencari nafkah. KATARAK Katarak adalah suatu jenis penyakit pada mata karena Lensa mata menjadi keruh sehingga menghalangi Cahaya yang masuk. maka sebaiknya penanganan nyeri otot harus dilakukan secara menyeluruh.

Bakteri dan virus yang masuk melalui saluran pernapasan lebih tahan dingin dan akan . Dan yang mengalirkan udara ke paru-paru adalah batang tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh bakteri pathogen dan virus. Dari hidung lalu masuk ke tenggorokan yang berfungsi untuk memisahkan dari saluran cerna dengan saluran napas. Lalu pita suara yang berfungsi untuk membentuk vokal. Partikel yang lebih kecil dilapisi lendir dan membran mukosa yang kemudian digerakkan silia ke tenggorokan. Faktor Penyebab dan proses terjadinya katarak :   Katarak traumatic:disebabkan oleh riwayat trauma/cedera pada mata.  Katarak kongenital yang dipengaruhi oleh faktor genetik. proses peradangan pada mata.   Dapat melihat dobel pada satu mata. Hidung yang merupakan saluran awal pernapasan. Katarak sekunder: disebabkan oleh penyakit lain. menyaring kuman. Memerlukan pencahayaan yang terang untuk dapat membaca. INFEKSI SALURAN PERNAFASAN (ISPA) Mekanisme pernapasan itu dimulai dari hidung yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Katarak yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan jangka panjang.   Katarak yang disebabkan oleh paparan sinar radiasi. Lensa mata berubah menjadi buram seperti kaca susu. ISPA sendiri terjadi karena masuknya kuman dan berkembang biak di dalam saluran napas manusia sehingga menimbulkan penyakit dan infeksi pada saluran pernapasan. atau penyakit kencing manis (diabetes mellitus). kotoran dan debu yang masuk ke hidung dengan silia (rambut halus) dan dikeluarkan dengan cara bersin. seperti penyakit/gangguan metabolisme. seperti kortikosteroid dan obat penurun kolesterol. Kuman yang lolos dari mekanisme inilah yang dapat menyebabkan penyakit ISPA.

mengkonsumsi vitamin C. pilek. .menyerang saat daya tahan tubuh manusia turun. suara serak. mencuci tangan secara teratur. menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk. peduli terhadap kebersihan lingkungan. Penularannya melalui udara terutama di saat cuaca dingin. Gejala-gejala penyakit ISPA antara lain. batuk. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ISPA ini antara lain:           memakai masker. demam. menghindari penyebab alergi. olahraga teratur. hidung mampet. tenggorokan gatal. melakukan vaksin. bersin. tidak merokok. nyeri saat menelan dan sesak napas. tidak membuang dahak dan ingus sembarangan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.