KECANDUAN GAME Kecanduan game biasanya terjadi pada anak-anak usia sekolah , mereka akan bermain game

terus menerus hingga lupa waktu dan kewajiban mereka sebagai pelajar yaitu belajar. Mengapa bisa sampai kecanduan game? Menurut Ketua KOMNAS PA, sebagian besar diakibatkan anak tidak mendapatkan saluran komunikasi yang baik untuk berkeluh kesah dari keluarga maupun pihak sekolah. Kurangnya pengawasan dari pihak orang tua dan sekolah. Salah pola didik dan asuh yang dilakukan oleh orang tua (terlalu memanjakan, terlalu membebaskan, terlalu mengekang, terlalu mencurigai, terlalu mendiamkan). Kejenuhan anak dalam rutinitas belajar dan aktivitas di rumah yang cenderung monoton dan membebani. Apa akibatnya jika anak seusia sekolah kecanduan game? menurut guru besar ilmu pediatri Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. Mohammad Juffrie, SpAK, Phd sebagaimana belajar online gratis kutip dari tempo.co "Sebuah game, biasanya di set-up sedemikian rupa sehingga orang dipaksa terus-menerus memainkannya. Ini karena game memiliki level-level yang semakin meningkat dengan lawan atau pasangan serentak di berbagai tempat (multiplayer online games). Permainan seperti ini lazimnya menyajikan kisah di dunya maya yang tak pernah terselesaikan, sehingga menumbuhkan penasaran". sangat membahayakan kesehatan,Akibat duduk berlama-lama di depan monitor akhirnya lupa memperdulikan makan, sehingga tubuh dipaksa berfikir tanpa tambahan asupan gizi. Lebih lanjut Dr. Juffrie mengatakan ketika seseorang tidak makan, sementara energi tetap terus dikeluarkan karena berfikir, maka kadar gula darah dalam tubuh akan turun. Ketika keadaan ini berkelanjutan, maka tubuh akan mengkompansasi kondisi tersebut dengan mengambil cadangan energi dari lemak serta protein. Anak kebanyakannya kalau sering di biajarkan bermain game terlalu bebas. bisa jadi yang ada di otaknya hanya memikikan tentang game dan game. sehingga pelajaran akan terbengkalai. Cara berucap juga akan sedikit kasar, akibat pengaruh pergaulan yang tidak sehat tadi.

Dan jika Anda non muslim. Bukankah semuanya menjadi indah pada saatnya? Selamat melangkah dengan penuh kasih yang tulus. Katakan kepadanya. dan penuh perhatian. Ajaklah ia untuk memberi sebungkus nasi kepada orang-orang yang tidurnya di pinggir jalan. Anda bisa mengajaknya ibadah bersama ke tempat peribadatan. bicaralah anak dari hati ke hati tanpa emosi. Budayakanlah untuk memberi pelukan hangat kepadanya. apa kata (anda)? Adik memang anak yang baik dan pasti bisa lebih baik. Dan sepakati bersama bentuk hukumannya jika dia melanggar (tentu hukumannya tidak bersifat kekerasan fisik. Ajaklah ia untuk meningkatkan spiritualitasnya. telah berubah. bahwa jika ia membiarkan dirinya seperti ini. sambil Anda temani. Anda tidak bisa bekerja sendirian. Sering-seringlah mengucapkan katakata positif kepada anak Anda. sering berkumpul dalam suasana . terutama dalam bersikap dan bertutur kata.Intinya jalin hubungan komunikasi seluruh anggota keluarga dengan baik. apa yang ia rasakan saat main game online? Apa yang ia rasakan saat mghabiskan uang ayah dan ibu? Dan apa yang ia rasakan dengan nilai-nilai mata pelajarannya akhir-akhir ini? Pada prinsipnya. sampai kapan ia seperti begini? Ingatkan kembali ia pada impiannya yang tentunya ingin ia raih. Cara mengatasinya yaitu. Anda bisa mengajaknya sholat berjamaah dan mencium tangan sesudah sholat. Setelah itu. "terima kasih ya dik. Ucapkan terima kasih kepadanya sambil mengatakan bahwa ia seorang anak yang baik hati dan peduli kepada orang miskin. Misalnya. Luuangkan waktu secara bergantian untuk bermain bersama anak. ia akan menjadi anak yang merugi. Biarkanlah ia sendiri yang memberikan nasi itu. ajak ia bicara sejujurnya dan dengarkan ungkapan hatinya Lalu tanyakan kepada adik Anda. Semua ini membutuhkan proses. termasuk kalimat yang menunjukkan apresiasi. Ajaklah ia jalanjalan ke tempat yang membangunkan kepeduliannya. sebagai pertanda bahwa Anda semua sangat peduli kepadanya sekaligus memberinya rasa aman. Buatlah kesepakatan bersama untuk membatasi waktu bermain game online. tanyakan kepadanya "apa yang ia rasakan saat memberi sebungkus nasi kepada orang tidak mampu yang tidurnya di pinggir jalan". Jika Anda muslim. Tujuan utamanya adalah memberinya lingkungan positif. seperti berkunjung ke rumah yatim piatu. iya kan?" Seringlah memberi pelukan kepadanya. Ajaklah seisi rumah untuk sama-sama berubah menjadi lebih baik. hangat.Bagaimana mengatasi anak yang kecanduan game? Memang kecanduan game ini sangat meresahkan orang tua apabila anak seusia sekolah yang harusnya bisa tetap belajar dengan baik tetapi malah terabaikan sekolahnya akibat kecanduan game. bukan?). Tuh kan. Tanyakan kepada anak.

hasbihtc. Alihkan aktivitas monoton dengan kegiatan santai yang positif dan penuh kebersamaan.akrab. dan berkesan.html http://maslatip. .blogspot.com/2012/04/proses-dan-penyebab-kecanduan-game.com/2012/03/efek-bahaya-game-online-untuk-anak-anak.hangat.terbuka. Sumber http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful