You are on page 1of 14

SAINS ARSITEKTUR II

BANGUNAN ARSITEKTUR YANG RAMAH LINGKUNGAN MENURUT KONSEP ARSITEKTUR TROPIS

Di Susun Oleh :

AHMAD NIDLOM (0951010016)
Dosen Pembimbing :

HERU SUBIYANTORO ST. MT.

UPN “VETERAN” JAWA TIMUR FAKULTAS TEKNIK PERENCANAAN DAN SIPIL JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR TAHUN AJARAN 201

Daerah tropis didefinisikan sebagai daerah yang terletak diantara garis isotherm 20° di sebelah bumi Utara dan Selatan (Lippsmeier. kelembaban. angina. dimana pengaruhnya adalah pada tingkat kenyamanan berada dalam ruangan. Kondisi iklim seperti temperature udara. Konsep rumah tropis. Indonesia sebagai daerah beriklim tropis memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap bentuk bangunan rumah tinggal. Dengan kata lain. mempengaruhi disain dari rumah-rumah tradisional. arsitektur tradisional. Masyarakat pada jaman dahulu dalam membangun rumahnya berusaha untuk menyesuaikan kondisi iklim yang ada guan mendapatkan disain rumah yang nyaman dan aman. Oleh karena itu. suku atau bangsa yang unsure-unsur dasarnya tetap bertahan untuk kurun waktu yang lama dan tetap sesuai denga perkembangan dan pertumbuhan kebudayaan suatu masyarakat. dalam hal ini khususnya rumah tradisional. oleh aliran udara. Kondisi iklim seperti temperature udara. pada dasarnya adalah adaptasi bangunan terhadap iklim tropis. kelembaban. dalam hal ini khususnya rumah tradisional. suku. Tingkat kenyamanan seperti tingkat sejuk udara dalam rumah. 1994). Disamping itu. suku. Pengaruh terutama dari kondisi suhu tinggi dan kelembaban tinggi. angina. serta curah hujan. akan merupakan salah satu identitas sebagai pendukung kebudayaan masyarakat. Indonesia sebagai daerah beriklim tropis memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap bentuk bangunan rumah tinggal. dimana kondisi tropis membutuhkan penanganan khusus dalam desainnya. serta curah hujan. arsitektur tropis merupakan arsitektur yangberada di daerah tropis dan telah beradaptasi dengan iklim tropis. yaitu “tropikos” yang berarti garis balik yang meliputi sekitr 40% dari luas seluruh permukaan bumi. atau bangsa tersebut. pada khususnya arsitektur rumah tradisional. radiasi matahari. radiasi matahari. atau bagsa yang bersangkutan. Masyarakat pada jaman dahulu dalam membangun rumahnya berusaha untuk menyesuaikan kondisi iklim yang ada guan mendapatkan disain rumah yang nyaman dan aman. arsitektur rumah tradisional sebagai ungkapan bentuk rumah tinggal karya manusia adalah merupakan salah satu unsur budaya yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan suatu masyarakat. Garisgaris balik ini adalah garis lintang 23°27‟ Utara dan Selatan. mempengaruhi disain dari rumah-rumah tradisional.PENDAHULUAN Tropis merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani. adalah salah satu contoh aplikasi konsep rumah .

dan material asli yang diekspos lainnya. sebagai penggunaan material tertentu sebagai representasi dari kekayaan alam tropis. seperti kayu. batuan ekspos. .tropis.Meskipun konsep rumah tropis selalu dihubungkan dengan sebab akibat dan adaptasi bentuk (tipologi) bangunan terhadap iklim. banyak juga interpretasi konsep ini dalam tren yang berkembang dalam masyarakat.

kondisi yang berpengaruh dalam perancangan bangunan pada iklim tropis lembab adalah. Sugiyatmo. baik radiasi langsung matahari maupun dari permukaan dalam yang panas. yaitu : 1. penggunaan pemantul panas reflektif juga akan memperbesar tahan panas. Sedangkan bahan atap umumnya mempunyai tahanan panas dan kapasitas panas yang lebih kecil dari dinding. Memperkecil luas permukaan yang menghadap ke timur dan barat. Ir. Untuk mempercepat kapasitas panas dari bagian atas agak sulit karena akan memperberat atap. citra bangunan dan nilai-nilai estetika bangunan yang terbentuk akan sangat berbeda dengan kondisi yang ada di wilayah lain yang berbeda kondisi iklimnya. Melindungi dinding dengan alat peneduh. terutama untuk permukaan atap. 2. sehingga teori-teori arsitektur. Penyerapan panas yang besar akan menyebabkan temperatur permukaan naik.Sehingga akan jauh lebih besar dari temperatur udara luar. misalnya rongga langit-langit. Perolehan panas dapat juga dikurangi dengan memperkecil penyerapan panas dari permukaan.ARSITEKTUR TROPIS Kriteria Perencanaan pada Iklim Tropis Lembab Kondisi iklim tropis lembab memerlukan syarat-syarat khusus dalam perancangan bangunan dan lingkungan binaan. Hal ini menyebabkan . Menurut DR. komposisi. Tahan panas dari bagian atas bangunan dapat diperbesar dengan beberapa cara. sehingga laju aliran panas yang menembus bahan tersebut akan terhambat. Kenyamanan Thermal Usaha untuk mendapatkan kenyamana thermal terutama adalah mengurangi perolehan panas.Permukaan yang paling besar menerima panas adalah atap. Perolehan panas dapat dikurangi dengan menggunakan bahan atau material yang mempunyai tahan panas yang besar. memberikan aliran udara yang cukup dan membawa panas keluar bangunan serta mencegah radiasi panas. RM. Warna terang mempunyai penyerapan radiasi matahari yang kecil sedang warna gelap adalah sebaliknya. fungsi bangunan. bentuk. mengingat ada beberapa faktorfaktor spesifik yang hanya dijumpai secara khusus pada iklim tersebut. Cara lain untuk memperkecil panas yang masuk antara lain yaitu : 1.

Untuk memenuhi kebutuhan kenyamanan thermal. untuk mencegah hal itu dapat digunakan alat-alat peneduh (Sun Shading Device). Jumlah aliran udara dapat memenuhi kebutuhan kesehatan pada umumnya lebih kecil daripada yang diperlukan untuk memenuhi kenyamanan thermal. membawa asap dan uap air keluar ruangan. jika beda temperatur udara melebihi 40C. sebaiknya digunakan lubang ventilasi yang bukaannya dapat diatur. mengeluarkan panas. Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yaitu penyediaan oksigen untuk pernafasan. Pancaran panas dari suatu permukaan akan memberikan ketidaknyamanan thermal bagi penghuni. Aliran udara terjadi karena adanya gaya thermal yaitu terdapat perbedaan temperatur antara udara di dalam dan diluar ruangan dan perbedaan tinggi antara lubang ventilasi. membantu mendinginkan bagian dalam bangunan. 2. Untuk yang pertama sebaiknya digunakan lubang ventilasi tetap yang selalu terbuka. 3. hal ini sering kali terjadi pada permukaan bawah dari langit-langit atau permukaan bawah dari atap. mengurangi konsentrasi gas-gas dan bakteri serta menghilangkan bau. . yang akan menyebabkan aliran panas yang besar. Aliran Udara Melalui Bangunan Kegunaan dari aliran udara atau ventilasi adalah : 1.perbedaan temperatur yang besar antara kedua permukaan bahan. Radiasi Panas Radiasi panas dapat terjadi oleh sinar matahari yang langsung masuk ke dalam bangunan dan dari permukaan yang lebih panas dari sekitarnya. 2. Kedua gaya ini dapat dimanfaatkan sebaikbaiknya untuk mendapatkan jumlah aliran udara yang dikehendaki. Untuk memenuhi yang kedua.

Lebar teritis 3. Dari penelitain yang dilakukan.Tetapi untuk maksud ini. Luas dan posisi lubang cahaya. Faktor refleksi cahaya dari permukaan dalam dari ruangan. Permukaan di luar bangunan di sekitar lubang cahaya. cahaya matahari langsung tidak dikehendaki masuk ke dalam bangunan karena akan menimbulkan pemanasan dan penyilauan. makin tinggi lantai bangunan makin kuat potensi cahaya langit yang bisa dimanfaatkan. Cahaya matahari difus Di Indonesia seharusnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya cahaya ini untuk penerangan siang hari di dalam bangunan. Untuk bangunan berlantai banyak makin tinggi makin berkurang pula kemungkinan adanya penghalang dimuka lubang cahaya. baik pada model bangunan dalam langit buatan. maupun pada rumah sederhana. Komponen langit. 5. Komponen refleksi dalam Dari ketiga komponen tersebut komponen langit memberikan bagian terbesar pada tingkat penerangan yang dihasilkan oleh suatu lubang cahaya. 2.Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tingkat penerangan pada bidang kerja tersebut adalah : 1. Sehingga yang perlu dimanfaatkan untuk penerangan adalah cahaya langit. Cahaya langit yang sampai pada bidang kerja dapat dibagi dalam 3 (tiga) komponen : 1. Komponen refleksi luar 3. 2. faktor penerangan siang hari . Untuk bangunan berlantai banyak. Cahaya matahari langsung. kecuali sinar matahari pada pagi hari. 2. Penerangan Alami pada Siang Hari Cahaya alam siang hari yang terdiri dari : 1.4. Penghalang yang ada dimuka lubang cahaya 4.

rata-rata 20% dapat diperoleh dengan lubang cahaya 15% dari luas lantai. dengan catatan posisi lubang cahaya di dinding. pada ketinggian normal pada langit.60% tidak ada penghalang dimuka lubang dan kaca penutup adalah kaca bening . lebar sekitar 1 meter. faktor refleksi cahaya rata-rata dari permukaan dalam ruang sekitar 50% .

Daerah ini melimpah dengan berbagai varietas ikan. Pulau-pulau berada di sepanjang Selat Florida.Energi Tropical House Efisien Berkelanjutan Sebuah Desain yang Menggunakan Pendingin Pasif untuk Tetap Nyaman Tentunya: Florida Keys. mendefinisikan salah satu ujung Florida Bay. gambar yang sempurna.700 pulau di tenggara Amerika Serikat. dan memperpanjang di arah selatan-barat daya dan kemudian ke arah barat ke Key West. juga memiliki adil dari serangga dengan "No-See-UMS" dan nyamuk memimpin daftar. Keys mulai di ujung sebelah tenggara semenanjung Florida. namun iklim Kunci dianggap tropis dengan Arus Teluk hanya beberapa mil lepas pantai yang memiliki efek signifikan pada iklim di kawasan itu. negara kepulauan dari 1. membagi Samudra Atlantik di sebelah timur dari Teluk Meksiko di sebelah barat. matahari terbenam. sekitar 15 km sebelah selatan dari Miami. dikenal untuk memancing kelas dunia mereka olahraga. Mereka membuat kehadiran mereka diketahui. Florida Keys secara geografis di daerah subtropis. pasif didinginkan tropis. hewan dan tumbuhan. scuba diving dan snorkeling. terutama setelah kartu pos Florida. . Karakteristik unik merangkul strategi desain untuk rumah.

Timur lebih pendek dan dinding barat meminimalkan efek radiasi yang kuat matahari dari timur matahari terbit dan matahari terbenam intens di barat. Udara adalah marah pertama karena datang dari Samudera Atlantik. Dengan panjang selatan atau utara façade terletak untuk menangkap angin yang berlaku. Overhang atap berukuran tepat memungkinkan dinding eksterior untuk tetap di tempat teduh dan biarkan jendela tetap terbuka selama angin badai hujan didorong tropis. Sebelum penggunaan AC di Florida Selatan. Contoh yang sangat baik juga dapat dilihat di "Cracker Rumah Florida" dan karya modernis Paul Rudolph di wilayah Florida Sarasota. salah satunya adalah lingkungan tropis panas lembab. desain rumah tropis bekerja menuju satu tujuan utama dasar: tinggal nyaman tanpa bergantung pada AC. rumah bebas memanjang. Situs Gedung Tavernier berorientasi ke tenggara menghadap area lahan basah konservasi luas dengan pohon-pohon asli dan vegetasi. kelembaban moderat dan meningkatkan sirkulasi udara. Suhu udara akan berkurang sebagai udara melewati pohon-pohon yang terletak . Idealnya angin yang berlaku pertama akan melewati badan air kemudian di bawah pohon bercabang tinggi untuk mengurangi suhu sebelum melewati ruang interior rumah kita. Dalam angin. lingkungan yang panas lembab dan teduh adalah teman Anda. Desain bukunya dengan Iklim.Secara pasif didinginkan prototipikal. mereka membantu untuk menurunkan suhu udara. Seorang individu. jalusi jendela untuk mempromosikan gerakan udara. Merancang sebuah rumah pasif didinginkan dimulai dengan situs dan mencakup setiap aspek dari rumah sampai ke warna. mengembangkan garis panduan untuk arsitektur iklim responsif dalam empat daerah iklim yang berbeda. agak tinggi. struktur sisi terbuka dengan atap daun palem palmetto jerami. rumah merespon kebutuhan lingkungan dengan penggunaan luas ventilasi loteng dan kemudian. kelembaban dan sirkulasi udara. Victor Olgay di. Angin yang berlaku adalah dari tenggara di atas Samudera Atlantik memungkinkan untuk aliran udara yang optimal melalui dinding selatan lama rumah. sehingga angin yang berlaku adalah pertimbangan utama dalam pemilihan lokasi. Secara historis karakteristik dari tipe rumah tropis berbeda terlihat di Seminole Florida India pondok chickee yang platform tinggi. Sisi terbuka menawarkan gerakan udara bebas melalui dan di sekitar struktur dan atap jerami menawarkan perlindungan dari matahari dan hujan. pada sumbu timur-barat lebih disukai. Hal ini dilakukan dengan moderasi dari tiga variabel: temperatur. Teknik pendinginan pasif mengandalkan pergerakan udara meningkat.

layar mengumpulkan angin pendinginan yang pasif.dikawasan konservasi. yang berlaku dari tenggara. di bagian tenggara dari rumah. Udara sekarang marah memasuki interior melalui dinding menghadap tenggara dari mengantongi pintu kaca geser membuka panjang penuh ruang bebas nyamuk. . Akhirnya udara melewati lapisan lain teduh. ruang disaring beratap.

.

. Perbedaan adat antara dinding dan bukaan menghilang ventilasi diperlukan sebagian besar tahun. mengenakan pakaian katun bernapas dan bertepi luas. yang menciptakan "stack" efek termal untuk menginduksi aliran udara. Menciptakan ruang layar entri tertutup di depan rumah menyediakan matahari. Berwujud seperti keadaan pikiran dan pakaian memainkan peranan penting untuk tetap nyaman. adalah sebuah kata kerja penghubung berjendela beroperasi. Tidak membiarkan hari panas. dengan bantuan tambahan dari penggemar seluruh rumah bila diperlukan. louvered pintu interior dan transoms digunakan untuk mempromosikan gerakan udara melalui rumah. dinding yang kurang penting di sini daripada di daerah lain. penghalang bersinar dan reflektif "5V crimp" atap Galvalume untuk eksterior. dengan atap terhina atas. Dengan dinding luar seterbuka mungkin memungkinkan untuk aliran udara maksimum. di atas tangga yang menuju ke dek atap. topi berventilasi sangat membantu. Untuk menginduksi aliran udara. terutama pada hari-hari "udara mati". Setiap bentuk penyimpanan panas harus dihindari dengan dinding interior dibuka untuk mendorong ventilasi silang. Untuk tambahan mempromosikan gerakan udara bebas dan untuk visual meringankan bentuk. masukkan ke dalam jiwa Anda. rumah terangkat dari tanah. Atap Rumah Keys adalah melompat pada interior. di sini perubahan penekanan desain dari dinding ke atap. Pasti air ketat. Atap mengambil dampak termal terkuat. Buka dinding solusi yang lebih baik. Sebagai tanggapan.Meningkatkan aliran udara di kulit merangsang penguapan dan dengan itu efek pendinginan. terisolasi dan reflektif. serangga dan perlindungan hewan sementara memungkinkan dinding untuk terbuka untuk mengumpulkan angin sebanyak mungkin. hujan. perlindungan layar diperlukan dari serangga dan hewan kecil.

Praktek-praktek berkelanjutan lainnya digabungkan dalam Gedung Tavernier termasuk: • curah air hujan • Basement penyimpanan air sumur • panel fotovoltaik air dan panas surya di atap • saluran irigasi • Menanam vegetasi asli toleran terhadap kekeringan • Efisiensi tinggi perlengkapan pipa • FSC bersertifikat dan kayu reklamasi • lingkungan lebih baik produk .

tentu dengan memperhatikan bagaimana menangani iklim tanpa menggunakan penanganan „modern‟ terhadap iklim. dapat disimpulkan mengenai arsitektur tropis. dan biasanya sudah terlihat melalui bentuk bangunannya. Arsitektur tropis tidak harus tradisional. dan sebagainya juga menggunakan potensi dari iklim tropis tersebut. Arsitektur tropis gaya baru bisa memakai material apa saja dan tidak harus terpaku pada tradisi. Arsitektur tropis merupakan prinsip desain. kelembapan. tetapi dalam arsitektur tropis adalah dimana masyarakat memang sudah sangat memperhatikan lingkungan sekitar.KESIMPULAN Berdasarkan konsep perancangan tropis. maka penanganan arsitektur yang berkaitan dengan iklim yaitu seperti mempertahankan suhu nyaman. . Karena arsitektur tropis memperhatikan iklim.