Pendidikan Kesehatan Klien dalam Praktik Keperawatan A.

Definisi Pendidikan Kesehatan Klien Merasa tak berdaya mungkin merupakan aspek yang paling merusak dari penyakit untuk klien. Pendidikan kesehatan klien adalah cara yang paling efektif untuk mengembalikan kontrol kepada klien dengan mengurangi perasaan tidak berdaya dan meningkatkan kemampuan untuk menjadi pengambil keputusan utama dalam memanajemen kesehatannya dan masalah penyakit yang dideritanya (Rankin dan Stalling, 1990). Dalam praktiknya, klien selain membutuhkan pengobatan juga membutuhkan suatu pendidikan. Pendidikan di sini tidak hanya dibutuhkan ketika dia menderita sakit namun dibutuhkan pula pada kondisi sehat untuk menjaga agar tidak sakit. Pendidikan kesehatan klien diberikan utamanya oleh seorang perawat, baik bekerja sebagai tim maupun individual. “Patient education is the process of influencing patient behavior, and producing the changes in knowledge, attitudes, and skills necessary to maintain or improve health.” ( American academy of family physicians, 2000 dalam Patient Education in Health and Illness by Sally H.Rankin, Karen Duffy Stallings, Frand London 2004). Perawat memiliki peran sebagai pendidik atau edukator.

Pendidikan kesehatan klien merupakan salah satu bagian pusat dari seluruh praktik profesional kesehatan (Redman, 1993). Oleh karena itu, pendidikan kesehatan klien juga menjadi bagian penting dalam praktik keperawatan. Terdapat beberapa pengertian pendidikan kesehatan klien, yaitu: 1. Habel (2005), pendidikan kebiasaan, kesehatan klien adalah proses pada

mempengaruhi

menghasilkan

perubahan

pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta meningkatkan kesehatan.

pendidikan kesehatan klien adalah proses yang direncanakan secara sadar untuk menciptakan peluang bagi individuindividu untuk senantiasa belajar memperbaiki kesadaran serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya demi kepentingan kesehatannya. dan masyarakat yang merupakan cara perubahan berfikir. dan kebiasaan sakit klien. pendidikan kesehatan klien adalah gabungan dari sebagian kegiatan dan kesempatan yang berlandaskan prinsip-prinsip belajar untuk mencapai suatu keadaan. tahu bagaimana caranya. Pendidikan kesehatan klien merupakan bagian dari seluruh upaya kesehatan yang menitikberatkan pada upaya untuk meningkatkan perilaku sehat. JCHET (1991) dalam Stone. Departemen Kesehatan dalam Effendy (1998). konsultasi. Nursalam (2009). 5. Eigsti (2002). dan teknik modifikasi kebiasaan yang mempengaruhi kesehatan. dan Visser (2012). pendidikan kesehatan klien adalah proses pemberian pengalaman belajar dengan menggunakan kombinasi beberapa metode seperti pengajaran. pendidikan kesehatan klien adalah rangkaian kesatuan dari pembelajaran yang memungkinkan klien secara sukarela membuat keputusan untuk memodifikasi kebiasaan dan mengubah keadaan sekitarnya untuk meningkatkan kesehatan. Wolf. dan berbuat dengan tujuan membantu pengobatan. bersikap. Pendidikan kesehatan mendorong perilaku yang menunjang . keluarga.2. Cameron. di mana individu. pencegahan penyakit. McGuire. dan promosi hidup sehat. rehabilitasi. Clayman. 6. keluarga. kelompok atau masyarakat secara keseluruhan ingin hidup sehat. pendidikan kesehatan klien adalah komponen program kesehatan dan kedokteran yang terdiri atas upaya terencana untuk mengubah perilaku individu. dan melakukan apa yang bisa dilakukan secara perseorangan maupun kelompok dan meminta pertolongan bila perlu. 3. Suhila (2002). pengetahuan. 4.

Pendidikan kesehatan klien memiliki beberapa konsep utama. pendidikan kesehatan difokuskan pada perubahan perilaku saat ini yang ditemukan untuk meningkatkan status kesehatan. 1947). Pendidikan kesehatan klien merupakan proses pemindahan materi dari seseorang ke orang lain (Nyswander. dan memberi informasi kepada klien untuk membantu pengambilan keputusan. Pertama. menghibur. prognosis. Perawat sebagai pendidik harus benar-benar menjalankan tugasnya untuk memberikan pendidikan kesehatan yang benar kepada klien. Pendidikan Kesehatan Klien sebagai Salah satu Dimensi Caring Perawat Caring merupakan bagian integral dari praktik keperawatan. dan terapi tentang penyakitnya termasuk ke dalam pendidikan kesehatan klien. atau . studi menunjukkan bahwa caring seorang perawat merupakan pekerjaan yang tersembunyi yang mungkin tidak diketahui oleh klien dan keluarga mereka. dan membantu pemulihan.kesehatan. Kedua. pendidikan kesehatan menggunakan strategi belajar-mengajar. Memberi informasi kepada klien tentang diagnosis. Melalui pendidikan kesehatan kita membantu masyarakat untuk memahami perilaku mereka. pembelajar mempertahankan kontrol sukarela atas keputusankeputusan untuk membuat perubahan dalam tindakan mereka. dan bagaimana perilaku ini berpengaruh terhadap kesehatan. Caring dalam keperawatan meliputi perilaku seperti mendengarkan secara aktif. mencegah penyakit. Untuk itu pendidikan kesehatan klien yang diberikan oleh seorang perawat maupun tenaga kesehatan lain yang berupa pendidikan kesehatan sangat dibutuhkan pasien untuk mempertahankan atau meningkatkan status kesehatannya sehingga tidak menderita sakit yang sama di kemudian hari. Tujuan dari pendidikan ini adalah untuk membantu klien. menghormati klien. Ketiga. Namun. keluarga. Salah satu dimensi caring menurut Watson dan Lea (1997) adalah memberikan pengetahuan atau pendidikan kesehatan kepada klien. mengobati penyakit. B.

Keluarga merupakan bagian vital dalam mengembalikan timbul konflik. Pendidikan kesehatan klien yang komprehensif meliputi tiga tujuan. bila perawatan tidak melibatkan keluarga dalam rencana pengajaran. latihan. 3. Koping terhadap gangguan fungsi Banyak klien belajar untuk menghadapi perubahan kesehatan permanen. sebgai akibatnya keluarga perlu memahami dan menerima perubahan yang terjadi pada klien. klien yang kemampuan berbicaranya hilang setelah operasi laring perlu mempelajari cara-cara baru berkomunikasi. Kemampuan keluarga untuk memberikan dukungan pada klien dapat ditumbuhkan melalui pengajaran. peran keluarga klien mungkin berubah. Perawat mengajar kesehatan klien. Dalam kasus tersebut. perawatan penatal dan proses kelahiran normal. Pemeliharan dan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit dapat berupa tindakan pertama dalam kecelakaan. pemeriksaan kesehatan dan nutrisi. dengan mengizinkan klien mengambil tanggung jawab dalam menjaga kesehatan. 2006). Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan serta pencegahan penyakit Perawat merupakan sumber yang nyata dan memiliki kompetensi dalam usaha meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis klien. Peningkatan perilaku sehat melalui pendidikan meningkatkan harga diri. Sebagai contoh. manajemen stres. perawat belajar untuk mengidentifikasi keinginan klien untuk belajar dan membantu memotivasi minatnya.komunitas untuk mencapai kesehatan optimal (Edelman dan Mandle. Dalam hal ini. imunisasi. 2. Perbaikan kesehatan Klien yang mengalami kecelakaan atau sakit memerlukan informasi dan keterampilan yang akan membantunya mengembalikan atau mempertahankan tingkat kesehatannya. Perawat harus memberikan pendidikan kesehatan pada tempat yang nyaman dan dikenal klien. maka mungkin saja . yaitu: 1.

Tujuan pendidikan kesehatan klien yang lainnya: 1. 3. Menjadikan kesehatan sebagai suatu yang bernilai di masyarakat. Prinsip pendidikan kesehatan: 1. keyakinan. Klien dengan isu kesehatan apapun membutuhkan atau dilibatkan dalam pemberian pelayanan kesehatan.anggota keluarga untuk membantu klien dalam mengatur asuhan kesehatannnya. Mendorong pengembangan dan penggunaan secara tepat sarana pelayanan kesehatan yang ada. 3. klien harus dipertimbangkan secara keseluruhan. Menolong individu agar mampu secara mandiri melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan hidup sehat. tidak hanya berfokus pada spesifik saja. 2. Belajar mengajar berfokus pada klien Pendidikan kesehatan klien adalah hubungan terapeutik yang berfokus pada kebutuhan klien yang spesifik. perasaan. Jika sudah ditentukan kemudian dibuat perencanaan yang dikembangkan berdasarkan masukan dari klien dan perawat. 2. . Perawat dan kilen saling berbagi pengalaman. Belajar mengajar yang interaktif Pendidikan kesehatan klien adalah suatu proses yang dinamis dan interaktif yang melibatkan partisipasi dari perawat dan klien. dan filosofi personal. Belajar mengajar negosiasi Perawat dan klien bersama-sama menentukan apa yang telah diketahui dan apa yang penting untuk diketahui. Belajar mengajar bersifat holistik Dalam memberikan pendidikan kesehatan. 4.

Pendidikan kesehatan klien. khususnya adalah suatu proses untuk membantu orang mempelajari perilaku yang ada kaitannya dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesehatan yang optimum dan kemandirian dalam perawatan diri. 1986). kesiapan untuk belajar dan gaya belajar. Menentukan hasil fisik dan psikososial. 1989: Bell. Mengembangkan rencana perawatan yang didasarkan pada penetapan sasaran bersama untuk memenuhi kebutuhan individual Melaksanakan intervensi asuhan keperawatan dengan menggunakan prosedur standar. Keberhasilan upaya perawat sebagai pendidik di dalam pengajaran diukur bukan berdasarkan berapa banyak materi yang disajikan. PENGKAJIAN Menentukan kebutuhan pembelajaran. sikap dan keterampilan. EVALUASI Menentukan perubahan perilaku (hasil) dalam pengetahuan. (Smith. tetapi berdasarkan seberapa banyak yang dipelajari oleh kilen tersebut. PERENCANAAN Mengembangkan rencana pengajaran yang didasarkan pada hasil perilaku yang ditentukan bersama untuk memenuhi kebutuhan individual PENERAPAN Melakukan kegiatan mengajar dengan menggunakan metode peralatan intruksional yang spesifik. .Sekilas pandang tentang pendidikan dalam perawatan kesehatan: Proses Keperawatan Proses Pendidikan Menilai kebutuhan fisik dan psikosial.

Caring perawat merupakan keseimbangan kenyamanan dan tantangan serta kemapuan kreatif untuk memaksimalkan sumber daya bagi kepentingan klien. Habel.elsevier.C.& Stallings. Bandung : Penerbit ITB dan Penerbit Udayana. & Visser. Diperoleh dari http://www. S. Stone. dafusnya susun abjad sendiri yak. Comprehensive community health nursing: Family. 2001..K.. St Louis: Mosby Year Book. Edelman. St.). Diperoleh 01/article6.. Tjitarsa.cws_home/505955/a . Sally H. MI: Mosby. & Eigsti. (2002). Clayman.patienteducationupdate. Pendidikan Kesehatan.. Redman.A. Wolf. S. dari http://www. Rankin. Carole L. Patient Education : Principles & Practice.Louis : Mosby. M. Journal of European Association for Communication uthorinstructions. (2005). 357-466. Daftar Pustaka Oka. and community practice.com/2005-05in Healthcare. M. K. 1992. The process of patient education (7th ed. B. 1994.S. M. aggregate.  Cameron.Pendidikan kesehatan klien sebagai salah satu dimensi caring adalah ketika perawat mampu mempertimbangkan kepentingan terbaik klien dan mengakui bahwa klien mampu mengatur kasus kesehatannya sesuai dengan dirinya sendiri atau mandiri. 4th Ed. (1993). Patient education: Empowering patients and families .G. Health Promotion Throughout the Lifespan. Patient education and counseling.L.. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. McGuire.com/wps/find/journaldescription. A. (2012).. D.asp. Karen Duffy. 88(3).Mandle..L. Ida Bagus.

2005. 1998. Egi dkk.. Process. Buku Ajar Keperawatan Perioperatif. Sally H. Perawat Sebagai Pendidik. 2004. Watson. 1 Prinsip. HealthyEnthusiast. (1999). Binarupa Aksara.uchsc. Nasrul. Nasrul. Theory of human caring. Palupi. Jakarta: Buku Kedokteran . Azwar. Ferry. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Jakarta: Buku Kedokteran Komaro Yudha. Jakarta: EGC. Jakarta: EGC. Patricia A. (2004).html Nursalam dan Efendi.com/pendidikan-kesehatan. Diperoleh dari http://healthyenthusiast. AG. Pendidikan Kesehatan. Patient Education in Health and Illness. Jakarta: PT. Administrasi Kesehatan. and Practice. Azrul. Jean. 2009. (1996). Vol.edu/son/caring Widyastuti. Jakarta: Salemba Medika.Rankin. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Potter. Fundamentals of Nursing: Concepts.& Stallings. Karen Duffy. Http:// www2. 1996. Pendidikan dalam Keperawatan. 4th Ed. dan Perry.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful