Protestan

(reformasi katolik oleh Luther, Zwingli, dan Calvin) oleh : Bakhtiar Iefa K Retno D Putri H Umu A Pradika Fulah

ARTI ISTILAH PROTESTAN Protestan istilah yakin. melarang Martin Luther 95 tesis protes terhadap beberapa keyakinan dan praktek dari abad ke-16 awal Gereja Katolik . bisa dipastikan bahwa kedua bahasa berasal dari katakata mereka Latin : protestantem. dan mungkin datang baik dari Perancis Protestan atau Jerman Protestan . Namun. . yang berarti "orang yang secara terbuka menyatakan / protes“. yang menegaskan dekrit dari Diet Worms pada tahun 1521. Mengacu pada surat protes oleh Lutheran melawan keputusan Diet Speyer tahun 1529 .

.Sejarah populer menyatakan bahwa tesistesis dipaku ke pintu gereja di kota universitas Wittenberg oleh Luther sendiri.

(perdebatan Dr. pengampunan penuh atau sebagian dari hukuman sementara karena dosa-dosa yang telah diampuni.) Untuk Luther. Roma menggunakan penjualan indulgensi sebagai sarana untuk mengumpulkan uang untuk proyek gereja besar. membeli pengampunan. sesuatu yang ia rasakan terhadap kedua ajaran Alkitab dan ajaran Katolik Roma. Paus Leo X telah menyatakan bahwa indulgensi tidak hanya untuk pengampunan hukuman sementara. penjualan indulgensi. . Pada saat itu. Martin Luther pada kekuatan dan keampuhan indulgences) 95 Luther Tesis • Indulgensi . pembangunan St Basilika Petrus . (Dengan kata lain. ternyata menjual indulgensi itu sama saja dengan menjual keselamatan. tetapi juga untuk rasa bersalah itu sendiri. Namun. by---teologi katolik • Luther sangat mengkritik praktek gereja umum.

Karena itu. Gereja-gereja Protestan umumnya menolak doktrin Katolik supremasi kepausan dan magisterial otoritas . . hanya percaya pada apa yang dikatakan oleh alkitab yang adalah firman tuhan. karena hanya alkitab yang memiliki otoritas tertinggi.Doktrin protestan • Sola scriptura . imam Anglikan dan Ortodoks dan uskup. menteri Protestan dan pemimpin gereja memiliki peran yang agak berbeda dan otoritas dalam masyarakat mereka daripada Katolik. mengatakan bahwa keselamatan datang karena kasih karunia melalui iman dalam Yesus sebagai Kristus. • Sola fide . termasuk infalibilitas kepausan dan umum infalibilitas Gereja. bukan melalui perbuatan baik.

sampai penyatuan Jerman di bawah Kekaisaran Jerman tahun 1871. karya dan tulisan-tulisan John Calvin sangat berpengaruh dalam membangun konsensus longgar antara berbagai kelompok di Swiss . Sejalan dengan peristiwa di Jerman. Jerman dan di tempat lain. melalui itu.• Reformasi Protestan dari abad ke-16 awal dimulai sebagai upaya untuk mereformasi Gereja Katolik. • Setelah ekskomunikasi dari Luther dan kutukan dari Reformasi oleh Paus. Setelah Delapan Tahun 'Perang1568-1648) di Low Countries dan Perancis Perang Agama (1562-1598). Sejarah singkat . gerakan dimulai di Swiss di bawah kepemimpinan Ulrich Zwingli . Jerman teolog Martin Luther menulis nya Sembilan-Lima Theses pada penjualan indulgensi pada tahun 1517. divisi pengakuan dari negara Kekaisaran Romawi Suci akhirnya meletus dalam Perang Tiga Puluh Tahun dari 1618-1648 . Thuringian dan Swabian-pemerintah. Hungaria . yang Perang Tani Jerman'dari 1524-1525 menyapu melalui Bavaria.560 tegas membentuk Gereja Skotlandia dan. semua lain Presbyterian gereja di seluruh dunia. Skotlandia . dimulai tahun 1529 dan selesai pada tahun 1536. Dalam perjalanan ini pergolakan agama. The Reformasi Skotlandia dari 1. Ini Jerman kiri melemah dan terpecah-pecah selama lebih dari dua abad. membawa Inggris bersama gerakan Reformed yang luas. Pemisahan politik dari Gereja Inggris dari Roma di bawah Henry VIII .

tetapi juga untuk mengambil bagian dalam pemerintahan dan semua urusan publik Gereja. • Universal Imamat Orang Percaya Universal imamat orang percaya mengimplikasikan hak dan kewajiban dari kaum awam Kristen bukan hanya untuk membaca Alkitab dalam bahasa sehari-hari.• Alkitab Sendirian Kepercayaan dalam Alkitab sebagai sumber otoritas tertinggi bagi gereja. Prinsip Fundamental . atau lebih tepatnya oleh kasih karunia melalui iman. • Pembenaran oleh Iman Sendirian Prinsip subjektif dari Reformasi adalah pembenaran oleh iman saja .

tradisi.Denominasi (suatu kelompok struktur keagamaan) • Cabang-cabang dalam aliran gereja kristen protestan yang tetap memegang pengajaran alkitab dan pengakuan apostolik. Tambahan . Anglikanisme(inggris). namun mempunyai latar belakang. • Ex . Presbiterian(skot/ame). calvinisme (swiss). Lutheran (jerman). Dalam islam sebut saja sebagai madzhab. zwilinganisme(swiss) dll. . Metodis(inggris). Baptis(inggris). struktur organisasi yang berbeda. serta memberikan penegasan khusus pada aspekaspek teologi tertentu.

. Hari ini. Komuni Anglikan terus terdiri dari tradisi teologis beragam. dan Thomas Cromwell . baik dengan Lutheran simpati. dari Reformed Sydney Anglikan hingga Tinggi-Gereja Anglo-Katolik . Asosiasi Gereja . gereja kemudian mengasumsikan karakter direformasi. Penegasan ini diserang oleh.Anglikan dan Episkopal • Pemisahan asli dari Gereja Inggris (kemudian termasuk Gereja di Wales ) dan Gereja Irlandia dari Roma di bawah Raja Henry VIII sebagian besar mengambil bentuk Katolik. antara lain. • Pada abad ke-19 beberapa Tractarians mengusulkan agar Gereja Inggris dan gereja-gereja Anglikan lainnya tidak Protestan tapi "Reformasi Katolik" atau jalan tengah ( melalui media ) antara Roma dan Protestan. Melalui upaya Thomas Cranmer . Uskup Agung Canterbury.

The Five Solas • Sola Scriptura Doktrin utama Al Kitab -Keharusan -Kecukupan -Ketidakmungkinsalahan -Kejelasan • Sola Fide Menyatakan bahwa iman dalam Kristus saja sudah cukup untuk keselamatan kekal • Solus Christus : Christ Alone. • Sola Gratia : Grace Alone. • Soli Deo Gloria : Kemuliaan bagi Allah Sendirian Teologi ajaran Reformasi .

nyata. Perjamuan Tuhan hanya sebagai simbol iman bersama para peserta. sebuah peringatan dari fakta-fakta penyaliban. Kristus. atau kehadiran sakramental.Kristus hadir dalam perjamuan tuhan percaya bahwa dalam Perjamuan Tuhan unsur disucikan roti dan anggur adalah tubuh dan darah Kristus "dalam. mengatakan bahwa sakramen adalah sarana anugrah melalui mana hanya percaya terpilih benar-benar mengambil bagian dari Kristus. dan di bawah bentuk" roti dan anggur untuk semua •The Reformed paling dekat dengan Calvin menekankan kehadiran orang yang makan dan minum. melainkan hanya dengan Roti dan anggur bukan di Elemen . •Sedang Menurut pandangan Zwingli. dengan. dan pengingat dari mereka berdiri bersama sebagai Tubuh Kristus • Lutheran .

& Zwingli. orang kristen yang dimasukkan dalam kategori Reformasi Radikal Baptisan ‘orang percaya’ merupakan salah satu ciri utama kepercayaan kaum Anababtis & mereka menolak babtisan untuk anak bayi oleh orang tua mereka. berbeda dengan Lutheran. . Calvinis. & berada lebih jauh dari definisi umum imam kekristenan daripada cabang kekristenan yang lain. • Anababtisme tidak memiliki dukungan dari negara. • Anababtisme merupakan sayap yang lebih radikal dari Lhuteranisme maupun Calvinisme.Reformasi Radikal Anababtis dan Reformasi Protestan • Anababtis .

Sisi yang lebih politis dari Reformasi Radikal dapat dilihat dalam pemikiran dan praktek Hans Hut .• Dalam pandangan banyak berhubungan dengan Reformasi Radikal. • Anababtisme ingin kembali kebentuk kekristenan Purba seperti abad pertama. misalnya. Zwingli dan Calvin. • Anababtis kemungkinan berasal dari gerakan sesat yg lebih radikal daripada Luther. meskipun biasanya Anabaptisme telah dikaitkan dengan pasifisme. lebih daripada gereja Lutheran dan Reform lainnya. (masih) Reformasi Radikal .Rom. Reformasi Magister belum pergi cukup jauh dengan pembaharu radikal. maka dari itu mereka menolak halhal yg datang dari Gereja Kat. Merujuk pada teolog Lutheran di Wittenberg sebagai "Papists baru". Andreas von Bodenstein Karlstadt .

• Begitu juga dengan Karlstadt yang bertindak lebih jauh dari Luther. pengikut Zwingli. Disekitar Grebel berkumpulah orang-orang yg kemudian disebut sbg kelompok persaudaraan Swiss. lebih dari yang Zwingli ajarkan. Mereka menginginkan gereja direformasi dgn tdk tanggung-tanggung. Saat itu Zwingli tidak mau mendesak lebih lanjut tentang penghapusan Misa & penggunaan gambar dalam gereja. .Contoh tokoh Reform Radikal • Konrad Grebel. tapi Grebel percaya bahwa otoritas sipil tdk seharusnya mengatur gereja.

Gerakan 1. Modernisme dan Liberalisme 5. Pentakostalisme 6. Pietisme dan Methodisme 2. Neo-ortodoksi 8. New Evangelikalisme 9. Paleo-ortodoksi 10. Ekumenisme 11. Fundamentalisme 7. Evangelikalisme 3. Unitarian Alkitabiah Gerakan . Adventisme 4.

Contoh Budaya Protestan • Semua Protestan gereja memungkinkan pendeta mereka untuk menikah. jika perlu. dan rasa tanggung jawab yang kuat berada di jantung dari kode moral mereka. Oleh karena itu pengrajin. pengusaha dan lainnya mampu untuk menginvestasikan kembali sebagian besar keuntungan mereka di mesin yang paling efisien dan metode produksi yang paling modern yang didasarkan pada kemajuan dalam ilmu dan teknologi • Martin Luther memisahkan agama dan alam duniawi pada prinsipnya (doktrin dua kerajaan ) • Sejak sekitar 1950. • Industri. Calvin menolak mewah. • Secara khusus. di gereja-gereja Protestan. 1523). industrialis. seperti yang bersaksi dalam Alkitab''. disiplin. untuk memilih pemecatannya (Treatise'' Di hak dan wewenang majelis Kristen atau jemaat untuk menghakimi semua doktrin dan untuk memanggil. • Para anggota jemaat memiliki hak untuk memilih menteri dan. berhemat. perempuan telah memasuki kementerian. panggilan. menginstal dan memberhentikan guru. . dan beberapa telah mengambil posisi terkemuka (misalnya uskup ).

Sekian Terima kasih atas perhatiannya    .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful