Pelajari cara untuk memecahkan masalah dan memperbaiki printer laser

Komputer teknisi, profesional help desk, dan administrator dapat menghabiskan banyak waktu berurusan dengan masalah printer laser. Jika Anda ingin merampingkan jumlah waktu yang Anda habiskan dengan printer laser, maka Anda harus menguasai beberapa pemeliharaan, pemecahan masalah, dan teknik perbaikan dalam artikel ini.

Memahami printer laser Dalam artikel sebelumnya, kami memeriksa inner pekerjaan printer laser. Jika Anda membaca artikel yang pertama, maka Anda akan dapat lebih memahami dan menerapkan tips dalam artikel ini. Pembersihan Pembersihan bisa pergi jauh ke arah membuat printer laser berjalan lancar. Bagian luar printer dapat dibersihkan dengan kain dibasahi air atau pembersih dinilai untuk elektronik. Interior dapat dibersihkan dengan vacuum kecil atau dengan udara terkompresi. Jika Anda menggunakan udara tekan, menghapus perakitan fuser untuk memungkinkan jalan untuk kotoran dan puing-puing untuk keluar printer. Interior selanjutnya dapat dibersihkan dengan kain kering bebas serat. Pemecahan Masalah Langkah pertama dalam pemecahan masalah adalah menentukan sifat dari masalah dan kemudian berkonsentrasi pada area spesifik. Banyak printer laser berisi area status pesan yang menampilkan kondisi saat printer. Jika kesalahan terjadi, printer akan hampir selalu menampilkan pesan atau kode kesalahan. Sebagai contoh, HP 2.100 printer laser mengkomunikasikan status dan masalah kepada pengguna melalui tiga Status LED yang terletak pada panel kontrol printer. Model terbaru, 2300, memiliki layar panel depan statusnya untuk berkomunikasi dengan pengguna. Informasi status juga disampaikan kepada pengguna dengan perangkat lunak antrian printer.

Kesalahan yang sering juga ditulis ke log status. The catatan status biasanya dapat dilihat dengan mencetak halaman self-test/configuration. Tentu saja, jika masalahnya adalah menjaga printer dari pencetakan, maka halaman konfigurasi tidak akan tersedia. Dalam kasus ini, pemecahan masalah dapat dilakukan dengan menghubungkan printer ke PC via kabel paralel atau koneksi jaringan dan menjalankan tes diagnostik.

Kesalahan lebih parah dapat menunjukkan masalah dengan elektronik. Layanan manual biasanya rincian setiap kesalahan dan tindakan perbaikan yang diperlukan. Kesalahan kode dan maknanya juga dapat diteliti di situs Web vendor (misalnya, situs web HP). Meskipun masalah dengan elektronik printer memang terjadi, sebagian besar masalah yang mekanik. Masalah-masalah mekanik biasanya terjadi dalam dua bentuk umum: kertas macet dan masalah citra. Kertas macet Sejauh ini, keluhan yang paling umum adalah kertas macet. Jika ada kertas macet, menentukan area mana kemacetan terjadi dan memeriksa daerah. Kebanyakan kemacetan terjadi karena penyumbatan jalur kertas atau roller aus. Saya telah dipanggil untuk memperbaiki kemacetan kertas dan, seringkali, menemukan penyebab menjadi sepotong kecil kertas yang tidak dihapus dari kemacetan sebelumnya. Banyak kali, kertas itu sendiri adalah penyebab dari kemacetan. Kertas buruk diinstal, atau kertas yang telah disimpan tidak benar dan dibiarkan meringkuk sebelum menginstal dalam baki kertas, dapat mengakibatkan kemacetan kertas.

Jika kertas macet adalah pada baki kertas, menduga rol pick-up. Sebuah roller pick-up dikenakan tidak akan ambil kertas dengan benar dan akan mengakibatkan kertas yang sebagian dihapus dari baki. Ketika Anda membuka baki, tepi terkemuka kertas akan sedikit keluar dari baki. Jika printer menarik dalam beberapa lembar kertas, menduga dinding pemisah di depan baki. Saya biasanya mengganti dinding pemisah dan pick-up roller (Gambar A) sebagai satu set. Jika salah satu dipakai, yang lain mungkin perlu diganti juga.

Gambar A Jika kertas membuatnya di dalam printer dan berhenti, mencari puing-puing kertas atau bahan lain yang dapat menghalangi jalan kertas. Juga, memeriksa setiap rol terkait untuk dipakai. Kemacetan internal biasanya disebabkan oleh penyumbatan. Sebuah vakum kecil, atau udara terkompresi, dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran dari dalam printer. Bila mencari penyebab dari suatu jam internal, lepaskan penutup atas, fuser, dan laser-scanning perakitan untuk mendapatkan pandangan terhalang dari komponen internal (Gambar B). Gambar B Jika kertas macet di fuser, menduga penyumbatan di salah satu rol fuser. Fuser ini biasanya perakitan lapangan diganti dan biasanya mudah untuk menghapus. Keluarkan fuser untuk memeriksa puing-puing untuk kertas, gigi aus, atau masalah mekanis lainnya. Lepaskan sekrup mengamankan fuser dan sambungan listrik (Gambar C).

Gambar C

Kartrid toner berisi drum dan rol berkembang. Untuk kebanyakan model printer nya.000 halaman yang dicetak. Periksa drum untuk tanda atau puingpuing. ingat bahwa drum sensitif terhadap cahaya. maka. dan telitilah untuk kerusakan atau penurunan (Gambar E). Drum dapat diperiksa dengan menarik kembali rana plastik yang melindungi ketika itu dihapus dari printer (tapi. Langkah pertama dalam pemecahan masalah citra adalah untuk memeriksa kartrid toner. tetapi. memeriksa drum untuk satu set pencocokan baris. Hal ini dapat digunakan sebagai panduan umum. Gambar D Fuser juga dapat menjadi sumber kerusakan gambar. yang meliputi fuser dan rol cadang dan ikat pinggang. Jika salah satu dari komponen menjadi rusak. . Ganti kartrid toner jika drum tampak rusak atau jika Anda menduga drum menjadi penyebab dari masalah citra. biasanya sekitar 150. HP menjual kit pemeliharaan. maka ada kesempatan baik bahwa masalahnya adalah dengan drum. Jika keluhan adalah garis padat atau parsial pada gambar. jangan terekspos terhadap cahaya terang untuk jangka waktu yang lama). Menghapus fuser. Juga memeriksa rol keluar untuk komponen yang hilang atau rusak. Goresan atau kawasan yang rusak dari fuser dapat mengakibatkan hilang atau luntur daerah di printout. Setiap komponen dalam jalur kertas harus bersih dan halus untuk kertas untuk perjalanan melalui tanpa masalah. Gambar E HP telah merekomendasikan interval untuk mengganti fuser. Jika Anda mengganti kartrid toner dan garis tetap. Kebanyakan printer bisa mencetak halaman konfigurasi atau tes yang berisi daftar jumlah halaman yang dicetak. Garis-garis ini akan mentransfer ke gambar. Anda juga harus memeriksa kualitas cetak dengan mencetak halaman uji.Jika fuser tampaknya bekerja dengan baik. Gambar masalah Setiap penurunan kualitas gambar secara langsung berkaitan dengan salah satu komponen dalam subsistem gambar. Masalah yang paling umum adalah goresan atau garis di sekitar drum (Gambar D). memeriksa jalur masuk dan keluar ke fuser. maka akan mengakibatkan masalah citra.

CD-ROM dapat dipesan secara individual atau sebagai berlangganan kuartalan. periksa rol transfer dan laser-scanning perakitan. maka dapat dipesan langsung dari HP. Anda harus mengambil keuntungan dari wawasan dan tips dalam artikel ini untuk lebih memecahkan masalah printer laser yang Anda kelola. dan memeriksa interior. Hati-hati memeriksa dan membersihkan cermin yang memantulkan dan lensa (Gambar F). Dalam HP 2100. maka Anda juga harus mengganti seluruh bagian yang direkomendasikan sebagai bagian dari “overhaul. perakitan laser yang mudah dapat dihapus untuk membersihkan atau penggantian. CD-ROM berisi informasi yang sama seperti situs Web PartSurfer. tentu saja. Selain PartSurfer. Masalah Umum Printer Laser . maka harus diganti. Lepaskan sekrup atas. Sebuah rol transfer dipakai dapat menyebabkan “pudar” gejala gambar. Gambar F Mendapatkan suku cadang dan layanan informasi Sumber informasi terbaik pada printer HP laser adalah.” Jika gambar tampak kabur atau terganggu dan Anda telah mengesampingkan kartrid toner dan fuser. Kenyataannya adalah bahwa rata-rata kantor masih membutuhkan salinan kertas dari banyak dokumen. kata kunci. Biasanya. Rol transfer tidak dapat dibersihkan. dan deskripsi. situs Web HP. yang menjaga informasi yang up to date. Juga. karena mereka mungkin tidak akan dihapus dalam waktu dekat.Jika Anda melihat garis-garis buram atau hilang. PartSurfer memungkinkan Anda untuk mencari berdasarkan jenis peralatan. ganti fuser. nomor model. Dengan demikian. Jika fuser yang buruk. Service Parts Informasi CD-ROM juga tersedia untuk pembelian dari HP. Akses ke bagian servis dan informasi dapat ditangani melalui alat yang dikenal sebagai “PartSurfer.” PartSurfer menyediakan online meledak-pandangan diagram untuk mengidentifikasi semua bagian dan nomor bagian dalam semua produk HP (bukan hanya printer laser). Bagian. kotoran atau puing-puing pada lensa atau cermin dari perakitan laser scanning dapat mendistorsi balok dan menyebabkan masalah citra. Akhir sum Banyak dari kita telah mendengar tentang kedatangan “kantor paperless” selama bertahun-tahun. empat sekrup mengamankan ke bagian dalam chassis printer. nomor bagian.

Baca memperingatkan bawah sebelum mencoba untuk memperbaiki masalah apapun. sehingga kertas yang telah disimpan di luar pembungkus untuk waktu yang lama mungkin lembab. dan selalu membaca dan mematuhi peringatan dan prosedur yang diberikan di manual printer laser pengguna sebelum mencoba untuk menggunakan prosedur yang dijelaskan dalam bab ini. corotron transfer mungkin kotor. printer laser kadang-kadang gagal untuk bekerja atau menghasilkan hasil yang tidak diharapkan atau tidak konsisten. Print Masalah Kualitas Ada berbagai cacat kualitas cetak yang terjadi dari waktu ke waktu pada printer laser. di mana cetak yang samar atau tidak ada. PERINGATAN: beberapa prosedur dalam bab ini memerlukan pemeriksaan pad membersihkan fuser atau pelebur.Seperti sebagian besar perangkat mekanik. Coba cetak pada kertas yang terbuka baru. surat atau grafis yang tidak tajam dan bersih bermata seperti biasa. Perhatian: beberapa prosedur dalam bab ini memerlukan pemeriksaan fotoreseptor. Selalu matikan printer off sebelum mencoba membersihkan atau prosedur perawatan. Sebelum memeriksa pad membersihkan fuser atau fuser beralih printer off dan memungkinkan fuser menjadi dingin selama minimal 15 menit. Setiap model printer laser berbeda. dan kemungkinan sumber-sumber dari masalah tersebut. Fotoreseptor yang peka cahaya dan tidak boleh terkena cahaya untuk waktu yang lama. Buka printer dan melihat hati-hati pada . tetapi dapat memberikan beberapa wawasan tentang mengapa masalah tertentu terjadi. Bab berikut menjelaskan beberapa masalah yang terjadi pada printer laser. masalah tersebut mungkin bukan printer. PERINGATAN: printer laser mengandung tegangan tinggi komponen. Fuzzy/Faint Putih Garis (Fuzzy/Faint White Lines) Jika halaman memiliki garis putih dan berbulu halus sepanjang jalan turun. Kertas menyerap kelembaban dari udara. Cetak Kabur (Fuzzy Print) Jika halaman memiliki “kabur” cetak. Saran yang diberikan dalam bab ini bukanlah pengganti untuk bagian pemecahan masalah dalam manual pengguna printer laser. Fuser ini sangat panas ketika beroperasi. dan dapat mengembangkan kesalahan yang berbeda. sebagian besar sangat sederhana untuk memperbaiki. Jangan tidak mengekspos fotoreseptor cahaya lebih dari beberapa menit atau kualitas cetak mungkin memburuk. tapi kertas. Cetak Kabur biasanya disebabkan oleh mencetak pada kertas agak lembab.

Periksa apakah printer pada permukaan horizontal. baik sendiri atau sebagai bagian dari toner / pengembang cartridge atau cartridge cetak. ketika toner hampir habis toner tidak mungkin mengalir sebebas dalam hopper toner penuh. jadi sangat lembut saat membersihkan kawat atau itu bisa pecah. sehingga beberapa daerah halaman mungkin mendapatkan toner kurang dari orang lain. printer mungkin unlevel. jika tidak toner secara bertahap dapat pindah ke salah satu ujung gerbong toner. Jika printer menggunakan toner atau kartrid cetak keluarkan cartridge dari printer dan. Kocok toner hopper / toner cartridge untuk mendistribusikan toner. ini mengganggu medan elektrostatik sekitar corotron sehingga toner tidak menarik dari fotoreseptor ke kertas. dan jika mereka ditempatkan di dekat sumber cahaya yang kuat . printer yang paling tidak benar-benar terang-bukti. di mana cetak tidak ada. mengikuti mereka. Jika unit pengembang adalah bagian pengguna dilepas (yaitu tanpa menggunakan obeng untuk membongkar printer). Beberapa printer yang rentan terhadap masalah ini dan menyediakan alat pembersih kecil yang meluncur di sepanjang kesenjangan antara pisau dan rol pengembang. menyebabkan variasi dalam kepadatan cetak seluruh halaman. Untuk mengatasi hal ini. Penyebab lain dari satu sisi halaman yang lebih ringan dari yang lain mungkin cahaya yang masuk dari satu sisi perumahan printer. Jika manual memberi petunjuk untuk masalah ini. Jika mungkin memeriksa rol pengembang (hal ini tidak mungkin pada printer dengan menggunakan print cartridge) untuk garis di atasnya yang tidak memiliki toner. Ikuti prosedur yang diuraikan dalam manual untuk membersihkan corotron. printer yang paling kecil memerlukan kawat corotron akan dihapus lembut dengan cotton bud atau alat pembersih khusus corotron. dan benjolan kecil basah toner mungkin memblokir kesenjangan antara salah satu pisau dan roller pengembang. memegangnya horizontal. kocok dari sisi ke sisi empat atau lima kali untuk mendistribusikan toner. Rol pengembang biasanya memiliki pisau (disebut “pisau dokter”) langsung di atas dan di bawahnya yang mengikis toner berlebih.corotron transfer untuk partikel toner atau debu dari kertas. Jika ada instruksi yang diberikan dan roller pengembang terlihat kadang-kadang mungkin untuk menghilangkan sumbatan dengan lembut menggeser sudut selembar kertas antara rol pengembang dan pisau. Garis tajam Putih (Sharp White Lines) Jika halaman memiliki garis putih jelas-didefinisikan sepanjang jalan turun. angkat keluar dari printer dan kocok dari bagian ke bagian. Kabel Corotron sangat halus dan lembut. mengisi hopper toner. mungkin ada penyumbatan di unit pengembang yang mencegah sebuah daerah kecil pada roller pengembang menerima toner. mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Cetak Variabel Kepadatan Di Laman (Variable Print Density Across The Page) Jika kepadatan cetak (tingkat kegelapan) bervariasi di seluruh halaman. Secara umum. Jika satu sisi halaman selalu lebih ringan dari yang lain.

Abu-abu Latar Belakang (Grey Background) Jika halaman tersebut terkontaminasi dengan toner pada bidang kosong halaman kertas akan memiliki penampilan agak abu-abu. Ini sangat jarang terjadi. Untuk mengatasi hal ini tindakan yang normal adalah untuk meningkatkan pengaturan tingkat kepekatan cetak. ada dua kemungkinan penyebab. mempengaruhi fotoreseptor. Abu-abu cetak juga bisa disebabkan oleh kerapatan udara rendah yang ditemukan pada ketinggian tinggi. Sebagai fotoreseptor habis dipakai memegang biaya kurang. Jika printer dekat sumber cahaya. dan karenanya menyebabkan cetakan abu-abu. Jika masalah sangat akut mungkin layak menggantikan photoreceptor sebelum waktunya. Cetak Variabel Kepadatan Bawah Laman (Variable Print Density Down The Page) Jika kepadatan cetak bervariasi teratur bawah halaman untuk menyebabkan “banding” efek. sampai fotoreseptor memerlukan penggantian. mengambil hati-hati agar tidak merusak permukaan rol fotoreseptor atau pengembang. . tetapi beberapa model printer laser telah menunjukkan masalah di lokasi dataran tinggi di Amerika Selatan. transfer sedikit toner dari pengembang ke kertas. Abu-abu Cetak (Grey Print) Jika hasil cetak abu-abu bukan hitam. Printer laser yang paling kecil memiliki kontrol kerapatan cetak. ini strip dapat dibersihkan dengan menggunakan cotton bud untuk meningkatkan koneksi. Cobalah mengurangi pengaturan kerapatan cetak untuk menghapus latar belakang abu-abu. Hal ini biasanya disebabkan oleh toner kelebihan karena pengaturan tingkat kepekatan cetak terlalu tinggi.(lampu atau jendela) beberapa cahaya bisa bocor di. jika kotor. baik tombol atau pengaturan pada panel kontrol. pengaturan kerapatan cetak dan fotoreseptor. Bersihkan koneksi lembut. baik tombol atau pengaturan pada panel kontrol. kontak pada fotoreseptor atau roller pengembang mungkin kotor. memindahkannya ke lokasi lain. Meningkatkan pengaturan kerapatan cetak untuk membuat cetak “hitam”. Beberapa fotoreseptor dan rol pengembang memiliki strip logam terpapar di tepi masing-masing yang digunakan sebagai sambungan listrik. Printer laser yang paling kecil memiliki kontrol kerapatan cetak.

memeriksanya. Jika cacat ditemukan. Jika fotoreseptor yang tidak dapat dilepas mungkin perlu untuk memanggil seorang insinyur. lubang. Jika corotron charger tidak rusak. sebagai kontak listrik antara unit dilepas dan bagian utama dari printer mungkin tidak menghubungkan dengan benar. cobalah menghapus dan menginstal ulang kartrid cetak atau unit fotoreseptor. jika masalah terus berlanjut mungkin perlu untuk memanggil seorang insinyur. Periksa corotron charger untuk melihatnya rusak. Periksa corotron pengalihan untuk melihat bahwa itu tidak rusak. Halaman Putih (White Pages) Dalam beberapa printer halaman putih dapat terjadi ketika corotron transfer rusak atau tidak terpasang dengan benar. Jika corotron charger rusak dan merupakan bagian dari kartrid cetak atau unit fotoreseptor. mengganti kartrid cetak atau unit fotoreseptor dengan yang baru. atau tidak dapat dilihat untuk memeriksa. . Jika corotron transfer tidak rusak mencoba menghapus dan menginstal ulang printer habis seperti kartrid toner dan cartridge fotoreseptor atau kartrid cetak. Hal ini biasanya tidak mungkin untuk memeriksa rol fuser sendiri. Secara teratur-Spaced Spots (Interval Kecil) Jika halaman memiliki bintik-bintik pada mereka yang secara teratur spasi bawah halaman dengan interval kecil antara setiap tempat (mungkin kurang dari 3 inci) mungkin ada deposit toner pada fuser. Secara teratur-Spaced Spots (Interval Large) Jika halaman memiliki bintik-bintik pada mereka yang secara teratur spasi bawah halaman dengan interval yang besar antara tempat masing-masing (beberapa inci) mungkin ada goresan.Halaman Hitam (Black Pages) Dalam beberapa printer halaman hitam dapat terjadi ketika corotron charger rusak atau tidak terhubung dengan benar. Periksa pad fuser pembersihan untuk deposito bertatahkan toner. ganti fotoreseptor atau kartrid cetak. Matikan printer dan memungkinkan fuser menjadi dingin selama minimal 15 menit. dan mengganti bantalan fuser pembersihan jika diperlukan. penyok kecil atau cacat lainnya pada permukaan fotoreseptor. Jika corotron mentransfer rusak seorang insinyur mungkin akan diminta untuk memperbaikinya. Jika fotoreseptor yang dilepas. karena corotron transfer biasanya dibangun ke dalam tubuh utama dari printer.

dan membersihkan toner dari bagian dalam printer dengan tisu. Mungkin ada kesalahan dalam fuser yang mencegah pelebur dari mencapai suhu yang benar. Mechanical Masalah Masalah mekanis. Printer laser yang paling kecil memiliki kontrol kerapatan cetak. Toner Rubs Off Jika toner dapat dihapus dari kertas dengan lembut menggosok atau menyikat. membersihkan toner lepas rumah habis. dan mengibaskan kertas sehingga lembaran tidak saling menempel. Hapus semua habis. namun memang terjadi kesalahan pengumpanan dengan kertas yang benar. atau terlalu halus. Residual Gambar (Residual Images) Jika bagian dari gambar samar-samar “bergema” di bagian bawah halaman. dalam hal ini mencoba . belum benar menyatu. Jika masalah terus berlanjut. baik tombol atau pengaturan pada panel kontrol. Cobalah mengurangi kepadatan cetak pengaturan untuk menghilangkan sisa gambar. baik karena terlalu terang. Kesalahan pengumpanan biasanya disebabkan oleh kertas yang cocok untuk printer. seperti kesalahan pengumpanan dan kemacetan kertas. atau fotoreseptor habis dipakai. Ganti fotoreseptor atau kartrid cetak. fotoreseptor yang mungkin usang. terlalu berat. Kesalahan pengumpanan (Missfeeds) Tempat kartrij salah masuk terjadi apabila printer gagal untuk memberi makan selembar kertas dari pengumpan kertas. Jika kartrij salah masuk terjadi. Berikut ini adalah masalah-masalah khas. Reload kertas memastikan bahwa curl dimuat seperti yang ditentukan oleh produsen printer. Kesalahan pengumpanan berulang kadang-kadang terjadi karena mata air di baki kertas yang mendorong ke atas kertas ke rol pakan kertas telah menjadi lemah. Hati-hati untuk menghindari menyikat toner ke corotrons. Panggil seorang insinyur. keluarkan kertas dari pengumpan kertas.Acak Spots (Random Spots) Tempat acak biasanya disebabkan oleh kotoran dan tumpah kelebihan toner dalam mekanisme printer. biasanya disebabkan oleh media yang digunakan dalam printer ketimbang mekanisme printer. baik kepadatan cetak terlalu tinggi.

seperti kertas mungkin memiliki toner longgar di atasnya yang belum menyatu dan yang dapat mencemari mekanisme printer. Menghapus dan menginstal ulang dengan hati-hati baki kertas sehingga didorong sepanjang jalan ke pengumpan kertas. atau dengan kertas basah. Atau. Kertas Macet (Paper Jams) Sebuah kertas macet terjadi jika selembar kertas tertangkap dalam. dan memiliki mata air tray diganti atau memperoleh nampan lain. dengan hati-hati mengikuti prosedur dalam panduan pengguna printer laser untuk menghilangkan kertas yang macet. kertas mungkin sedikit terlalu besar untuk baki kertas. atau mungkin baki. memastikan bahwa kertas dimasukkan dengan benar di bawah “snubbers”. jika kertas adalah cocok sangat ketat dalam baki kertas. Cetakan miring (Skewed Prints) Jika gambar yang dicetak pada halaman tersebut tidak benar selaras dengan kertas. mekanisme printer. Kertas juga dapat terjepit di antara rol pakan kertas atau dalam rol fuser. Pada beberapa desain dari printer adalah mungkin untuk memasukkan baki kertas tidak akurat. atau menolak untuk melewati. Sebuah kertas macet dapat disebabkan oleh kertas yang terlalu berat atau terlalu ringan untuk printer. mencoba untuk menarik kertas ke arah yang salah melalui rol mungkin akan merobek kertas. kipas kertas. Selalu keluarkan kertas macet perlahan. Keluarkan kertas dari baki kertas. Berikan perhatian khusus pada petunjuk yang memerlukan kertas yang akan dihapus dalam arah tertentu. kertas macet namun banyak terjadi tanpa alasan yang jelas saat menggunakan kertas yang benar. jika kertas dapat bergerak secara signifikan (lebih dari sebuah milimeter atau dua) maka baik kertas. adalah ukuran yang salah.memuat kertas lebih ke dalam baki sehingga mata lebih dikompresi. yaitu gambar miring. seperti kertas bisa robek. Jika terjadi kemacetan kertas. sehingga tidak terpasang dengan benar. itu mungkin tidak persis ukuran yang tepat. dan kembali ke nampan. Kertas tidak selalu dipotong menurut ukuran yang akurat sebagaimana . jangan merebut kertas dari mekanisme printer. atau menarik keras. kemungkinan penyebabnya adalah kertas Beban salah atau instalasi baki kertas. Ketika selembar kertas telah diambil dari printer. dan sulit untuk memuat. Pastikan bahwa kertas ini cocok dalam baki. Kertas kadang-kadang dipotong akurat. penyebab yang paling mungkin adalah sebuah fragmen kecil dari kertas yang ditinggalkan oleh orang lain kertas macet. Jika rol yang feed kertas keluar dari nampan dapat dilihat dan mencapai kadangkadang mungkin untuk lembut kasar permukaannya permukaan rol dengan kertas ampelas. memeriksanya untuk memastikan bahwa seluruh lembar telah dihapus. jika seorang insinyur akan diminta untuk memperbaiki masalah. hasil tangkapan kecil yang memegang kertas ke dalam baki. jika sebuah fragmen kecil tetap dalam printer mungkin akan menyebabkan kemacetan kertas lain. Kesalahan pengumpanan berulang juga dapat terjadi karena permukaan karet roller pakan kertas telah licin. Jika kertas macet berulang terjadi mungkin ada halangan di jalur kertas.

Jika masalah berlanjut. Cetak lembar status. Sebuah kesalahan komunikasi kecil terjadi ketika sebuah perintah yang dikirim ke printer dapat mempengaruhi format semua data mengikuti perintah. reload setiap font download. Halaman Berkerut (Creased Pages) Kadang-kadang kertas lipatan dalam printer.mestinya. Jika printer menggunakan baki kertas disesuaikan. pada sebagian besar printer ada fungsi yang tersedia melalui panel kontrol untuk mencetak lembar status. dan jika masalah terus berlanjut periksa semua potensi penyebab kesalahan pengumpanan. dan kesalahan komunikasi utama akan mempengaruhi data yang dikirim ke printer. Jika lembar status kacau pengontrol printer mungkin rusak. ulang printer (biasanya dengan beralih itu dan pada). Hati-hati menginstal ulang baki kertas. atau printer mungkin telah salah menafsirkan perintah atau tidak mampu memproses mereka. Penyebab paling umum dari lipatan adalah kertas basah. Periksa kabel yang menghubungkan printer ke komputer dengan benar terpasang. kemacetan kertas dan cetakan miring yang tercantum di atas. Ganti kertas. cobalah kabel komunikasi. terutama jika komunikasi serial yang digunakan. memastikan bahwa pemandu kertas ditutup tepat menempel kertas sehingga tidak ada pergerakan lateral adalah mungkin. memastikan bahwa mereka cocok. memastikan hal itu didorong sepenuhnya pulang ke printer di kedua belah pihak. cetak miring atau tempat kartrij salah masuk yang tidak cukup terjadi. dan jika mungkin mencoba menggunakan printer dengan komputer lain. kadang-kadang lipatan hanyalah sebuah kertas macet. Gambar Korupsi (Image Corruption) Jika gambar pada halaman salah mungkin ada kesalahan dalam perintah yang dikirim oleh komputer ke printer. . Jika data masih kacau pengaturan komunikasi mungkin salah. dan string berarti teks muncul pada halaman. Periksa pengaturan komunikasi pada printer dan komputer. penyebab yang paling mungkin adalah kesalahan komunikasi. Jika mungkin mereset komputer (perangkat lunak mengendalikan komunikasi komputer mungkin telah jatuh). Kacau (Sampah) Data (Garbled (Rubbish) Data) Jika data kacau. dan mencetak ulang pekerjaan.

Pastikan bahwa setiap kartrid font yang terpasang dengan benar-in. atau font yang tak terduga. Kadang-kadang huruf yang salah pada halaman mungkin disebabkan oleh kesalahan kebetulan komunikasi. Ini mungkin karena memori opsional ekstra diperlukan oleh printer untuk memproses halaman kompleks dan grafis yang besar. Jika masalah terjadi berulang kali. Jika font yang hilang seharusnya font penduduk seorang insinyur mungkin diperlukan. hal itu mungkin disebabkan oleh kesalahan komunikasi. periksa bahwa printer memiliki memori yang memadai. dan mencetak daftar font (pada sebagian besar printer ada fungsi yang tersedia melalui panel kontrol untuk mencetak daftar font). Jika printer memiliki memori yang memadai. Salah Font (Wrong Font) Jika teks muncul dalam font yang salah. dan bahwa opsi yang benar diatur dalam driver printer. Jika font adalah font cartridge. kesalahan perangkat lunak. Jika masalah terus berlanjut. memeriksa daftar font untuk melihat apakah font cartridge lainnya hilang. Periksa kabel yang menghubungkan printer ke komputer dengan benar terpasang masuk Periksa pengaturan komunikasi pada printer dan komputer. dan menambahkan memori opsional jika diperlukan. ulang font. atau mungkin bagian dari memori pada printer telah gagal.Kehilangan Karakter (Lost Character) Jika karakter kadang-kadang hilang dari teks mungkin ada kesalahan komunikasi. mencoba mengatur baud rate serial untuk kecepatan yang lebih rendah. Jika font yang diinginkan muncul pada daftar font yang memastikan bahwa aplikasi perangkat lunak komputer diatur dengan benar. penyebab paling mungkin adalah bahwa printer tidak memiliki cukup memori untuk memproses halaman. Cartridge mungkin rusak dari memiliki konektor rusak. Cetak lembar status. Coba gunakan kabel komunikasi. cobalah mencetak ulang halaman. Jika koneksi serial yang digunakan. Membagi Gambar Grafis (Split Graphic Image) Jika gambar grafis dibagi lebih dari dua halaman. mungkin ada masalah konfigurasi di aplikasi perangkat lunak pada komputer. memastikan bahwa mereka cocok. atau font hilang. periksa apakah font dimaksud dimuat dalam printer. lembar statusnya biasanya menunjukkan berapa banyak . dan font yang ditampilkan pada daftar font printer „. Jika masalah terus berlanjut. Jika font tidak muncul pada lembar status dan adalah font download. menghapus dan menginstal ulang memori pilihan upgrade apapun.

mesin printer yang kotor oleh debu yang menempel pada kertas kadang dapat juga menyebabkan kertas terjepit. tetapi dapat terjadi jika halaman berisi jumlah yang sangat besar karakter dan ada cukup memori pada printer untuk mengatasi. Misalnya halaman lengkap teks 6 poin mengandung banyak karakter lebih dari satu halaman dari 10 atau 12 titik teks. bukalah penutup printer dan cobalah untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut dengan cara menarik kertas keluar searah dengan arah keluarnya kertas. Permasalahan Umum Printer Laser dan Tips Merawatnya Berikut beberapa permasalahan yang sering terjadi pada printer laser jet: ==>>Paper Jams ( kertas terjepit) Kertas yang lembab atau tidak layak dapat menyebabkan paper jams atau terjepit. dan mengoperasikan fungsi self-test printer untuk melihat apakah ada kesalahan memori dilaporkan. Ini mungkin kejadian acak sesekali. .memori yang terpasang. Ketika anda mencoba melepaskan kertas yang terjepit usahakan selalu mengeluarkan kertas searah dengan arah keluarnya kertas. pengait kertas. roda gigi. Membagi Teks (Split Texts) Jika teks terbagi atas dua halaman mungkin ada kesalahan konfigurasi pada aplikasi perangkat lunak mengirimkan teks. Miscellaneous Splits Jika perpecahan terjadi pada halaman sedemikian rupa sehingga ada kesenjangan horisontal pada gambar di grafis halaman pemecahan dan karakter. Teks split sangat jarang disebabkan oleh printer. Bersihkan dan dilap permukaan ban penggulung atau roller serta sisi-sisi dalam mesin dengan menggunakan kain yang lembut. Periksa pengaturan aplikasi perangkat lunak untuk memastikan bahwa panjang halaman dan margin yang ditetapkan dengan benar. atau mungkin sering terjadi. Jika masalah sering terjadi penyebabnya adalah mungkin bahwa baik controller printer atau memori controller printer rusak. dan mungkin melebihi kemampuan dari beberapa printer. Jika paper jams terjadi pada printer anda. Pemasangan penggulung kertas. serta sensor yang kurang tepat dapat menyebabkan kertas terjepit dan untuk hal ini diperlukan seorang teknisi yang mengerti tentang troubleshooting printer. dalam hal ini satu-satunya solusi adalah untuk me-reset (saklar dan atas) printer. controller printer mungkin telah membuat kesalahan.

Dan biasanya hal ini sulit untuk dibetulkan kecuali dengan mengganti dengan yang baru pengembang yang bersangkutan. toner. Jika anda memiliki cartridge yang lain ( lebih dari satu ) disarankan anda mengganti cartridge dengan yang lain yang sekiranya bagus. Jika permasalahan tidak berada pada kaca pemantul bisa jadi berada pada unit imaging. Kertas yang lembab atau tidak kering benar dapat pula menghasilkan keluaran yang berkerut. ==>>Garis-garis pada lembar cetakJika cetakan halaman kertas terdapat garis-garis hitam. . Cobalah untuk menyesuaikan ukuran kertas dengan path pengait-penggulung dan usahakan menggunakan kertas yang mulus dan bersih. tetapi pada kertas. ini membuat permasalahan semakin rumit. Usaplah dengan kain halus untuk menghilangkan benda asing yang menempel atau dengan mengganti drum jika terdapat lubang kecil pada permukaan drum. biasanya ada cacat atau benda yang menempel pada unit drum. pastikan selalu menggunakan kertas yang bersih dan kering untuk melihat hasilya. Namun diantaranya pasti ada yang bermasalah. ==>>Titik-titik hitam pada halamanJika terdapat garis terdapat titik-titik hitam seperti taburan toner pada lembar cetak.blade yang sudah aus/ keras. Pastikan anda memiliki serbuk toner yang cukup dalam cartridge yang dapat mencapai drum. dr. Ini berarti anda harus mengganti komponen yang terkait. Jika titik hitam diulang atau terdapat urut kebawah pada lembar cetak. Jika printer memakai system multi-komponen ( drum. ==>>Lembar cetak kosong / tidak rataJika terdapat garis terang atau daerah kosong / buram pada hasil cetak. hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab. Namun masalah ini bisa juga terdapat pada sensor pencetak yang kotor dan jika demikian maka harus diservis sekaligus apabila memungkinkan. Ini biasanya seperti titik terang atau corengan buram pada lembar cetak. biasanya hal ini dikarenakan oleh terdapatnya benda asing yang menempel pada scanner atau kaca pemantul. pengembang yang masing-masing unit terpisah) . Hal ini dapat mengatasi permasalah diatas. hal ini disebabkan oleh toner yang menipis atau belum membaur sempurna. biasanya dikarenakan oleh drum yang sudah aus atau lemah. masalah biasanya terdapat pada unit pengembang cartridge. Ukuran kertas yang tidak sesuai dengan pemasangan sensor batas pencetak dapat pula menyebabkan kertas berkerut. Jika anda kurang yakin. dan perlu diganti dengan drum yang baru untuk mengatasi masalah tersebut. Toner biasanya tidak ada masalah. Seringkali permasalahan bukan berada pada mesin atau cartridge . Jika terdapat garis hitam besar/ lebar pada halaman cetak.==>>Kertas hasil cetak berkerut / wrinkle/ kritingPengait pada penggulung kertas yang sudah usang / aus dapat menyebabkan kertas hasil cetak berkerut. Masalah lain mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa permukaan drum tak dapat menyentuh toner karena unit penyaring wiperblade. Dalam hal ini kertas lembab atau mengandung minyak sehingga toner atau tinta tidak dapat menempel dengan sempurna pada kertas.

koneksi-koneksi dan pemantul. Printer Laserjet 1020 tidak bisa print dan Cara Memperbaikinya Memperbaiki kerusakan printer HP Laserjet 1020 yang tidak bisa mencetak atau print. Hubungi kami. oleh karena itu coba atur idensitas yang diinginkan seperti menggunakan toner dari djava print di mana kepekatan dari toner dijamin bagus dan menyerupai original. jalur kertas . Izzy grafika juga membantu perawatan printer jika diperlukan SECARA GRATIS! ! ! . Kombinasi yang tidak cocok antara drum dan toner juga bisa jadi penyebabnya. ganti dengan yang lain apakah permasalahan akan hilang. kami segera datang. ==>>Bunyi tidak wajarJika anda menggunakan toner cartridge. Bersihkan hubungan / penghubung dengan kain atau handuk.==>>Double focus / imagingPenyebab utama dari double focus / imaging pada halaman adalah dalam pengaturan pemasangan pengatur / fuser assembly yang tidak sesuai. Bisa jadi toner cartridge tidak terpasang sempurna pada pencetak atau salah pasang drum. Aturlah interupsi aplikasi anda terhadap pencetak melalui berapa jumlah titik per inci ( dot per inch ) / dpi. Koneksi / hubungan yang kurang tepat antara unit imaging dengan mesin dapat pula menyebabkan hal ini. Beberapa permasalahan biasanya hanya bisa diselesaikan oleh teknisi. Beberapa toner dipasaran memiliki kepekatan yang kurang baik.Ganti dan bersihkan tempat pembuangan. Jika tetap berlanjut. bodi mesin dan komponen elektrik lainnya yang bermasalah. Atau ganti dengan cartridge yang lain dan ini akan mengatasi masalah. sehingga konsumen tidak terganggu aktivitasnya. roda gigi. segera hubungi kami. ==>>Garis melintang pada halamanTempat ampas atau pembuangan toner pada cartridge mungkin penuh. Drum yang sudah aus bisa jadi masalah serta kualitas toner yang jelek bisa juga jadi penyebabnya. Printer anda harus dibersihkan total dari kotoran yang ada pada lensa internal. ==>>Halaman gelap Bisa jadi karena idensitas di-set terlalu pekat. Beberapa jenis printer kadang tidak berjalan normal dengan interupsi aplikasi yang anda gunakan mungkin salah dalam penggunaan tinta yang menyebabkan masalah. jika tidak hubungi teknisi izzy grafika. coba terangkan focus/ image. Jarang sekali produsen yang menghasilkan komponen yang tidak cocok dengan pengaturan fusernya . banyak perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi pemerintah atau swasta banyak sekali menggunakan . Karena bisa jadi kipas. Beberapa printer memiliki control idensitas tersendiri.

setengah jalan kertas berhenti dan printer tidak akan bisa mencetak lagi seperti paper jam. Hitting Element yaitu keramik tipis panjang untuk mengalirkan panas yang digunakan untuk menempelkan serbuk toner pada kertas. Paperjam 2. juga kerusakan dikarenakan hal-hal lain. jika hitting element ini rusak serbuk toner tidak mau lengket pada kertas. tidak stabilnya tegangan listrik. jika R nya rusak atau putus. Lepaskan semua kabel yang terhubung dengan printer. Keluarkan Toner dari printer dan kemudian buka baut yang terdapat dibagian atas penutup cover printer . Buka Penutup Printer bagian kanan dan kiri 4. dikarenakan printer laser mempunyai kelebihan dari hasil cetak yang cepat juga termasuk jarang sekali mengalami kerusakan. untuk laser 1000s warna hitam dan untuk 1010s warna merah. Kerusakan Printer laserjet tidak bisa mencetak atau printing disebabkan : 1. fuser dan sensor-sensornya. roll bantalan dari spon berlapiskan plastik tahan panas. tapi tidak menutup kemungkinan printer laser juga bisa rusak karena kesalahan pemakai. Toner 3. 4. 3. 2.printer laser. Jika film ini rusak biasanya kertas tidak akan ditarik keluar jika keluar juga biasanya hasil cetakan tidak normal bisa juga kertas berkerut. printer tidak bisa warming upp pada saat printer dinylakan. 4. Roler Presure. 1. Lower preasure. Buka Baut yang terdapat di bagian belakang printer dengan menggunakan obeng. jika bagian ini rusak biasanya kertas tidak akan keluar. Hitting yaitu batangan untuk menempatkan “hitting element” yang berisi Resistor pengatur panas pada hitter. Pemanas Heater Bagian Pemanas atau hitter . dan kerusakan yang biasanya terjadi pada printer laser di bagian pemanas heater. 3. roller. Kabel listrik dan kabel USB 2. 1. Film atau fuser film yaitu lapisan teflon yang melapisi hitting. Cara Memperbaiki dan mengatasi masalah kerusakan printer hp laserjet 1020.

2012 Leave a comment Halo semua. Cek roda roller 4. apa kabar?? Alhamdulillah semua baik-baik saja. Cek toner 2. Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kerusakan printer laser jet.. kertas atau benda asing yang menyangkut pada roller penggerek kertas?? bila ada segera bersihkan dan ambil benda asing yang mempengaruhi jalannya kertas. Amati dengan baik pada bagian belakang (yang biasa buat masukin kertas itu lo). Ok lah kita langsung aja ke TKP Cara mengatasi 1. Cek mesin 3.Pengalaman memperbaiki printer HP Laserjet 1020 yang tidak bisa mencetak atau printing. led kedip-kedip.Otakatik. kemudian lepaskan kedua penutup kanan dan kiri printer dengan cara mendorong kedepan karena di bagian depannya terdapat klip yang menempel ke casis printer pengganti bautnya. Ok lah akan saya bahas masalah kerusakan ini Action 1.Masih bersama saya Mr. tolong diperbaiki segera yaa??”.com) Service Laserjet (Paper jam) February 7. pasien datang dengan keluhan ” Mas printer laser saya kalau dibuat ngeprint 3-5 kertas tiba-tiba macet. naah coba lihat didalamnya apa ada kotoran. Cek film Masalah kerusakan macet pada printer laser ini sering saya jumpai.. Pada printer laserjet 1020 tidak terlalu banyak baut yang harus di buka langkahnya : Buka beberapa baut yang ada dibagian belakang dengan berlahan. Periksa di bagian pemanas (heater dan roller preaseure) (bang-jefri.. dari masalah yang sangat sepele sampai kerusakan berat pada penggantian suku cadang yang sangat mahal sekali harganya. setelah kedua penutup kanan dan kiri dilepas keluarkan toner.hehee. bila sudah coba tes print .

kepadatan dan cakupan pengaturan yang . apa ada kotoran yang menempel pada roller silinder?? bila ada segera bersihkan. ingat mesin atau blok bagian pemans ini sangat peka sekali terhadap sentuhan tangan. Banyak hal yang mempengaruhi jumlah halaman dari toner. sekarang buka penutup toner. Setelah semua benar-benar bersih.2. bila ada pertanyaan selahkan dikirim lewat post coment yaa. hasil cetakan tidak sempurna. peran Film ini memang sangat penting sekali karena dia berperan sebagai finishing dari hasil cetakan. lihat juga bantalan (karet) penarik kertas. Cara terbaik untuk menentukan apakah masalah adalah dengan kartrid toner atau printer laser adalah untuk mengganti kartrid toner. sekarang coba tes printer laser jet anda. lebih baik lagi pakai tisu basah. terdapat bercak-bercak hitam pada hasil tes print. Gambar diatas adalah bentuk dari Film Kerusakan pada Film ini sering saya jumpai disetiap merek laser jet.Anda juga dapat beralih toner dengan komputer lain di kantor Anda yang menggunakan toner yang sama atau dimasukkan ke dalam toner Anda cadangan. bersihkan juga toner dari benda-benda asing. sekarang cek pada bagian pemanas.. lebih baik gunakan sarung tangan agar pekerjaan biar lancar. kerusakan pada Film juga bisa membuat bentuk tulisan menjadi miring. amati secara detail. warnanya hitam) apa terjadi kerusakan (cacat/robek/berlubang) pada film?? bila hal itu terjadi maka dapat dipastikan spare part tersebut rusak. semoga berhasil dan thnks… Troubleshooting Dan Tips pada Printer Laser Jet 1. Umum Pemecahan Masalah. Bila sudah diganti.Mata dah ngantuk nih. Halaman Count dan Penggunaan Toner. Ok deh sekian dulu posting saya hari ini. bersihkan dengan kain super lembut. bila terdapat genangan serbuk tinta segera bersihkan dengan kain lembut dicampur air.Sampai jumpa lagi di postingan saya selanjutnya.. dan masih banyak lagi. Bila langkah ke 2 sudah anda jalankan dengan baik dan hasilnya tetap saja. Studi OEM (original equipment manufactures) toner menggunakan mesin yang sama. ambil toner dengan sedikit menarik secara perlahan saja. lihat huruf keyboard dah agak samar-samar hehheee…. ganti dengan yang bagus. setelah itu lihat bagian dalam mesin laser jet. amati toner dengan baik. Toner lebih dicetak pada halaman (% cakupan halaman). bersihkan bantalan karet tersebut sampai benar-benar bersih. 2. pengaturan kepadatan mesin dan jumlah halaman yang dicetak menyebabkan varians terbesar. Bila langkah pertama sudah anda jalankan dan kerusakan masih tetap saja. pasang kembali mesin pemanas dan letakkan pada tempatnya. Buka blok pemanas yang biasanya terpasang dibagian belakang laser. putar sedikit roda penggerak pemanas dengan tangan (pelan-pelan saja) amati dengan baik film (bentuknya seperti plastik. pasang kembali toner dan coba tes print 3. kalau ada serbuk tinta yang menempel dibagian drum toner.

Ingat. densitas (kegelapan cetak). hubungi kami memiliki teknisi perbaikan kita lihat lebih dekat.sama halaman yang sama telah menunjukkan variasi hingga 30% di hasil halaman. Kami akan mengurus masalah dan juga dapat menyediakan Anda dengan toner diandalkan. dan pengaturan kerapatan (lihat manual printer Anda untuk bagaimana untuk memeriksa). Mudah-mudahan Anda memiliki cartridge cadangan siap – jika tidak. (Lihat di atas. mengatur mesin Anda untuk pengaturan kerapatan yang lebih rendah untuk hasil halaman meningkat. cukup kocok toner lembut pada sudut derajat 40. Jangan Kocok sebuah Cartridge Toner! Banyak orang goyang toner ketika mereka mendapatkan TONER RENDAH message. Apakah sebuah toner kosong dimasukkan ke dalam mesin? Apakah tas dan kotak disegel ketika Anda membukanya? Kosong toner memiliki pola khas cetak memudar di tengah halaman.To memperpanjang hidup toner setelah pesan TONER RENDAH muncul. Anda bisa mendapatkan halaman 20% lebih dan masih memiliki cetak yang baik. Rendah Toner Pesan. 3. Hal ini bisa disebabkan oleh tab bengkok atau patah atau mekanisme rana gendang pada cartridge. Pada mesin baru Anda juga dapat mengurangi DPI (dots per inci persegi) – biasanya ditemukan di menu “kualitas cetak”. 6. Pastikan segel (jika ada) telah dihapus. tepuk dengan lembut di atas dan mengganti dalam mesin. Switching toner dengan komputer lain (jika Anda memiliki dua printer yang menggunakan toner yang sama) atau meletakkan di back-up toner.) Jika masalah berlanjut setelah mengganti toner. Tips – Jika Anda khawatir tentang mendapatkan lebih banyak halaman dari toner Anda. Tips – Jika mesin anda mati pada “Toner Low”. Semua produk diproduksi di Laser Satu telah diuji secara menyeluruh untuk performa termasuk jumlah halaman. Pastikan Anda memeriksa pengaturan kualitas cetak. Cahaya Cetak. tidak ada cacat cetak dan harus memenuhi standar yang ketat kami di Quality Control). Kami dapat memperbaiki semua masalah. 4. Tidak Toner Cartridge atau Sampul Buka.If toner cartridge tidak mengatasi masalah. akan membantu mengisolasi apakah toner yang menyebabkan masalah atau mesin. dan Anda perlu untuk mendapatkan pekerjaan keluar. mengatur mesin untuk Toner Rendah Lanjutkan melalui panel kontrol printer. masalahnya mungkin printer. tidak pernah berjabat toner cartridge. Anda biasanya akan menemukan di bawah menu konfigurasi. 5. Kekuatan pasokan tegangan tinggi (atau scanner) adalah penyebab paling mungkin. . Kami sudah pada banyak printer “cahaya cetak” laser panggilan di mana printer telah secara tidak sengaja beralih ke “econo-mode”. skala abu-abu dan kinerja pada kelembaban rendah (dan juga “kebisingan bebas” kartrid. hubungi kami.

Menjalankan Amplop dan Label. 8. Jika Anda mengalami beruban pada amplop. Untuk membantu teknisi (terutama pada kemacetan intermiten) dicatat baki kertas dan informasi berguna lainnya (seperti jenis kertas atau kode error) ketika kemacetan terjadi. Saran terbaik adalah dengan membaca manual printer Anda. Label atau perekat label terjebak ke drum toner sering keliru untuk toner rusak. dan HP 9000/9050) fuser memiliki pengaturan amplop terletak pada perakitan fusing yang dapat memperbaiki masalah.7.Mari kita menghapus label yang terjebak. Jika amplop keriting (model seperti. 10.Kop surat dengan konten kain kapas tinggi akan menyebabkan garis bawah halaman ketika serat kapas membangun pada wiper blade. roller transfer dan kertas pick-up. HP 8100/8150. Dengan halaman yang lebih tinggi baru per menit printer ada beberapa lembar dalam mesin pada saat yang sama membuat kemacetan kertas mendiagnosis lebih sulit. Kebanyakan printer memiliki baki kertas yang diinginkan. mencoba menyesuaikan kepadatan dan pengaturan printer retensi. Ini diganti pada jadwal yang jumlah halaman biasa saat printer menampilkan “Lakukan Pemeliharaan Printer”. Pastikan bahwa saham tersebut memenuhi spesifikasi kertas printer.Laser Satu dapat membantu anda menginstal komponen ini. Dengan stok lebih tebal jalan lurus biasanya yang terbaik. Menjalankan stok kertas yang tidak memenuhi spesifikasi printer dapat menyebabkan keausan yang berlebihan untuk kertas pick-up. Penyebab yang paling mungkin cacat gambar selain toner fuser (juga drum. sangat disarankan bahwa Anda tidak menjalankan stiker melalui printer beberapa kali. Jika berhenti di fuser printer biasanya membutuhkan sebuah fuser. biasanya MP (biasanya baki 1) atau memotong nampan. fusers dan drum dalam kartrid toner. Gambar cacat. Label perekat di bagian pelebur dan toner drum yang menyebabkan masalah kualitas cetak banyak. Laser printer memerlukan kit pemeliharaan. Tepi terkemuka kertas pada kemacetan biasanya menunjukkan di mana masalah itu terjadi. Jika printer tidak bahkan mulai penjemputan kertas. Kertas Saham dan Spesifikasi Lingkungan.Ingatlah untuk menggunakan jalur kertas lurus melalui printer ketika mencetak label. yang meliputi pelebur. HP 5si. Beri kami panggilan. HP 8000. Sebagian . Saat mencetak label. Kertas yang Macet. 9. Keluar juga dapat dipilih pada beberapa model printer. Bahkan jika printer mencetak baik saham ketika masih baru (seperti fusers dan keausan bagian) masalah bisa timbul. Printer tidak berfungsi dengan baik dalam lingkungan yang kotor atau berdebu. Jika amplop itu menutup menyegel Anda memiliki masalah kelembaban (atau seseorang menjilat mereka untuk beberapa alasan tidak diketahui). Laser printer yang tidak secara teratur dijadwalkan kit pemeliharaan hanya memiliki fuser diganti bila terjadi masalah citra dan rol ketika ada kemacetan kertas. Cara terbaik adalah untuk mencetak seluruh lembar label pada suatu waktu. Jangan gunakan stiker yang telah terlipat atau dilipat. dan sabuk transfer pada printer laserjet warna). mengelap kertas pick-up dengan kain lembab kadang-kadang akan membuat Anda bangun dan mencetak sementara.

Namun diantaranya . toner. Printer Inkjet dan printer Dot Matrix Untuk posting kali ini akan membahas tentang printer laser. Kertas hasil cetak berkerut / wrinkle/ kriting . Jika permasalahan tidak berada pada kaca pemantul bisa jadi berada pada unit imaging. 1. Bersihkan dan dilap permukaan ban penggulung atau roller serta sisi-sisi dalam mesin dengan menggunakan kain yang lembut. yaitu jenis Printer Laser jet. 2. Hal ini dapat mengatasi permasalah diatas. pengembang yang masingmasing unit terpisah) . hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab. Secara umum printer ada tiga macam. Jika cetakan halaman kertas terdapat garis-garis hitam. Masalah Pada Printer Laser Printer adalah sebuah perangkat yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk memproduksi cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Paper Jams ( kertas terjepit) . Jika kipas pendingin diblokir printer akan terlalu panas dan dapat mengambil komponen seperti: tegangan listrik rendah atau mungkin papan. masalah – masalah yang mungkin kita hadapi antara lain : Prinsip kerja dasar dari laser printer adalah listrik statis. seperti balon atau tubuh kita. ini membuat permasalahan semakin rumit. bukalah penutup printer dan cobalah untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut dengan cara menarik kertas keluar searah dengan arah keluarnya kertas. Ukuran kertas yang tidak sesuai dengan pemasangan sensor batas pencetak dapat pula menyebabkan kertas berkerut. 3. jadi silahkan membaca manual.besar produsen printer telah merekomendasikan kisaran suhu dan kelembaban. objek yang berbeda muatan listriknya akan saling tarik-menarik. Sejak muatan atom yang berlawanan saling berinteraksi. Cobalah untuk menyesuaikan ukuran kertas dengan path pengaitpenggulung dan usahakan menggunakan kertas yang mulus dan bersih. Kertas yang lembab atau tidak layak dapat menyebabkan paper jams atau terjepit. energi yang sama yang bisa membuat pakaian menempel pada pengering atau kilatan petir yang menyambar ke tanah. mesin printer yang kotor oleh debu yang menempel pada kertas kadang dapat juga menyebabkan kertas terjepit. Pengait pada penggulung kertas yang sudah usang / aus dapat menyebabkan kertas hasil cetak berkerut. Kertas yang lembab atau tidak kering benar dapat pula menghasilkan keluaran yang berkerut. Jika paper jams terjadi pada printer anda. Listrik statis adalah muatan listrik sederhana yang terjadi pada objek yang terisolasi. Tempat printer mana udara dapat bersirkulasi di sekitar printer. Garis-garis pada lembar cetak . Jika printer memakai system multi-komponen ( drum. biasanya hal ini dikarenakan oleh terdapatnya benda asing yang menempel pada scanner atau kaca pemantul. Jika anda memiliki cartridge yang lain ( lebih dari satu ) disarankan anda mengganti cartridge dengan yang lain yang sekiranya bagus.

Beberapa toner dipasaran memiliki kepekatan yang kurang baik. Toner biasanya tidak ada masalah. Pastikan anda memiliki serbuk toner yang cukup dalam cartridge yang dapat mencapai drum. Masalah lain mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa permukaan drum tak dapat menyentuh toner karena unit penyaring wiperblade. coba terangkan focus/ image. Jika terdapat garis hitam besar/ lebar pada halaman cetak. Bisa jadi karena idensitas di-set terlalu pekat. Dalam hal ini kertas lembab atau mengandung minyak sehingga toner atau tinta tidak dapat menempel dengan sempurna pada kertas. 8. Usaplah dengan kain halus untuk menghilangkan benda asing yang menempel atau dengan mengganti drum jika terdapat lubang kecil pada permukaan drum. hal ini disebabkan oleh toner yang menipis atau belum membaur sempurna. Bisa jadi toner cartridge tidak terpasang sempurna pada pencetak atau salah pasang drum. 5. Jarang sekali produsen yang menghasilkan komponen yang tidak cocok dengan pengaturan fusernya . Jika titik hitam diulang atau terdapat urut kebawah pada lembar cetak. dan perlu diganti dengan drum yang baru untuk mengatasi masalah tersebut. 7. Jika terdapat garis terdapat titik-titik hitam seperti taburan toner pada lembar cetak. Seringkali permasalahan bukan berada pada mesin atau cartridge .blade yang sudah aus/ keras. pastikan selalu menggunakan kertas yang bersih dan kering untuk melihat hasilya. Bersihkan hubungan / penghubung dengan kain atau handuk.4. Halaman gelap . . Dan biasanya hal ini sulit untuk dibetulkan kecuali dengan mengganti dengan yang baru pengembang yang bersangkutan. Beberapa jenis printer kadang tidak berjalan normal dengan interupsi aplikasi yang anda gunakan mungkin salah dalam penggunaan tinta yang menyebabkan masalah. Garis melintang pada halaman . Beberapa printer memiliki control idensitas tersendiri. Penyebab utama dari double focus / imaging pada halaman adalah dalam pengaturan pemasangan pengatur / fuser assembly yang tidak sesuai. Printer anda harus dibersihkan total dari kotoran yang ada pada lensa internal. masalah biasanya terdapat pada unit pengembang cartridge. tetapi pada kertas. Koneksi / hubungan yang kurang tepat antara unit imaging dengan mesin dapat pula menyebabkan hal ini. Lembar cetak kosong / tidak rata . Tempat ampas atau pembuangan toner pada cartridge mungkin penuh. oleh karena itu coba atur idensitas yang diinginkan seperti menggunakan toner dari djava print di mana kepekatan dari toner dijamin bagus dan menyerupai original. pasti ada yang bermasalah. biasanya dikarenakan oleh drum yang sudah aus atau lemah. Jika tetap berlanjut. Ini biasanya seperti titik terang atau corengan buram pada lembar cetak. biasanya ada cacat atau benda yang menempel pada unit drum. koneksi-koneksi dan pemantul. 6. Double focus / imaging . Jika anda kurang yakin. jalur kertas . Jika terdapat garis terang atau daerah kosong / buram pada hasil cetak. Namun masalah ini bisa juga terdapat pada sensor pencetak yang kotor dan jika demikian maka harus diservis sekaligus apabila memungkinkan. segera hubungi kami. Atau ganti dengan cartridge yang lain dan ini akan mengatasi masalah. Aturlah interupsi aplikasi anda terhadap pencetak melalui berapa jumlah titik per inci ( dot per inch ) / dpi.Ganti dan bersihkan tempat pembuangan. Ini berarti anda harus mengganti komponen yang terkait. Kombinasi yang tidak cocok antara drum dan toner juga bisa jadi penyebabnya. dr. Titik-titik hitam pada halaman . Drum yang sudah aus bisa jadi masalah serta kualitas toner yang jelek bisa juga jadi penyebabnya.

3. untuk laser 1000s warna hitam dan untuk 1010s warna merah. setengah jalan kertas berhenti dan printer tidak akan bisa mencetak lagi seperti paper jam. Beberapa permasalahan biasanya hanya bisa diselesaikan oleh teknisi. tidak stabilnya tegangan listrik. Toner 3. roll bantalan dari spon berlapiskan plastik tahan panas. jika tidak hubungi teknisi print. Pemanas Heater Bagian Pemanas atau hitter . roller. roda gigi. 4. juga kerusakan dikarenakan hal-hal lain. Cara perbaiki Printer Laserjet 1020 tidak bisa print Kerusakan Printer laserjet tidak bisa mencetak atau printing disebabkan : 1. 4. tapi tidak menutup kemungkinan printer laser juga bisa rusak karena kesalahan pemakai. Jika anda menggunakan toner cartridge. dan kerusakan yang biasanya terjadi pada printer laser di bagian pemanas heater. dikarenakan printer laser mempunyai kelebihan dari hasil cetak yang cepat juga termasuk jarang sekali mengalami kerusakan. Hitting yaitu batangan untuk menempatkan “hitting element” yang berisi Resistor pengatur panas pada hitter. Hitting Element yaitu keramik tipis panjang untuk mengalirkan panas yang digunakan untuk menempelkan serbuk toner pada kertas. jika R nya rusak atau putus. 1. 2. printer tidak bisa warming upp pada saat printer dinylakan. . Film atau fuser film yaitu lapisan teflon yang melapisi hitting. jika hitting element ini rusak serbuk toner tidak mau lengket pada kertas. Paperjam 2. Lower preasure. Bunyi tidak wajar . banyak perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi pemerintah atau swasta banyak sekali menggunakan printer laser. Roler Presure. Jika film ini rusak biasanya kertas tidak akan ditarik keluar jika keluar juga biasanya hasil cetakan tidak normal bisa juga kertas berkerut. bodi mesin dan komponen elektrik lainnya yang bermasalah Cara perbaiki Printer Laserjet 1020 tidak bisa print Cara memperbaiki kerusakan printer HP Laserjet 1020 yang tidak bisa mencetak atau print. jika bagian ini rusak biasanya kertas tidak akan keluar. ganti dengan yang lain apakah permasalahan akan hilang.9. fuser dan sensor-sensornya. Karena bisa jadi kipas.

dan konektornya. Pada printer laserjet 1020 tidak terlalu banyak baut yang harus di buka langkahnya : Buka beberapa baut yang ada dibagian belakang dengan berlahan. Paper Jams ( kertas terjepit) Kertas yang lembab atau tidak layak dapat menyebabkan paper jams atau terjepit. Silahkan buka printernya dan periksa kerusakan mungkin terjadi disebabkan seperti asumsi kerusakan diatas. Gejala dan Penyelesaian Kerusakan Pada Printer Laser-Jet Gejala dan Penyelesaian Kerusakan Pada Printer Laser-Jet 1. kemudian lepaskan kedua penutup kanan dan kiri printer dengan cara mendorong kedepan karena di bagian depannya terdapat klip yang menempel ke casis printer pengganti bautnya. Lepaskan semua kabel yang terhubung dengan printer. . mesin printer yang kotor oleh debu yang menempel pada kertas kadang dapat juga menyebabkan kertas terjepit. Bersihkan dan dilap permukaan ban penggulung atau roller serta sisi-sisi dalam mesin dengan menggunakan kain yang lembut.Cara Memperbaiki dan mengatasi masalah kerusakan printer hp laserjet 1020. Buka Penutup Printer bagian kanan dan kiri 4. Buka Baut yang terdapat di bagian belakang printer dengan menggunakan obeng. Keluarkan Toner dari printer dan kemudian buka baut yang terdapat dibagian atas penutup cover printer Pengalaman memperbaiki printer HP Laserjet 1020 yang tidak bisa mencetak atau printing disebabkan ada masalah dibagian heating. 1. Jika paper jams terjadi pada printer anda. Semoga artikel cara perbaiki printer laserjet 1020 yang tidak bisa print bisa sedikit memjadi tambahan refrensi atau sebagai tips untuk memperbaiki printer laser yang tidak bisa print atau cetak. seperti roler. 3. Kabel listrik dan kabel USB 2. bukalah penutup printer dan cobalah untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut dengan cara menarik kertas keluar searah dengan arah keluarnya kertas. pengait kertas. roda gigi. setelah kedua penutup kanan dan kiri dilepas keluarkan toner. serta sensor yang kurang tepat dapat menyebabkan kertas terjepit dan untuk hal ini diperlukan seorang teknisi yang mengerti tentang troubleshooting printer. Ketika anda mencoba melepaskan kertas yang terjepit usahakan selalu mengeluarkan kertas searah dengan arah keluarnya kertas. Periksa di bagian pemanas (heater dan roller preaseure). Pemasangan penggulung kertas.

Double focus / imaging Penyebab utama dari double focus / imaging pada halaman adalah dalam pengaturan pemasangan pengatur / fuser assembly yang tidak sesuai. Jika anda memiliki cartridge yang lain ( lebih dari satu ) disarankan anda mengganti cartridge dengan yang lain yang sekiranya bagus. Dan biasanya hal ini sulit untuk dibetulkan kecuali dengan mengganti dengan yang baru pengembang yang bersangkutan. Dalam hal ini kertas lembab atau mengandung minyak sehingga toner atau tinta tidak dapat menempel dengan sempurna pada kertas. Kombinasi yang tidak cocok antara drum dan toner juga bisa jadi penyebabnya. toner. 3. hal ini disebabkan oleh toner yang menipis atau belum membaur sempurna. Titik-titik hitam pada halaman Jika terdapat garis terdapat titik-titik hitam seperti taburan toner pada lembar cetak. 6. biasanya hal ini dikarenakan oleh terdapatnya benda asing yang menempel pada scanner atau kaca pemantul.2. Pastikan anda memiliki serbuk toner yang cukup dalam cartridge yang dapat mencapai drum. Kertas yang lembab atau tidak kering benar dapat pula menghasilkan keluaran yang berkerut. tetapi pada kertas. 4. Usaplah dengan kain halus untuk menghilangkan benda asing yang menempel atau dengan mengganti drum jika terdapat lubang kecil pada permukaan drum. Ini berarti anda harus mengganti komponen yang terkait. hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab. 5. Hal ini dapat mengatasi permasalah diatas. Lembar cetak kosong / tidak rata Jika terdapat garis terang atau daerah kosong / buram pada hasil cetak. Cobalah untuk menyesuaikan ukuran kertas dengan path pengait-penggulung dan usahakan menggunakan kertas yang mulus dan bersih. dan perlu diganti dengan drum yang baru untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah lain mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa permukaan drum tak dapat menyentuh toner karena unit penyaring wiperblade. Jika titik hitam diulang atau terdapat urut kebawah pada lembar cetak. Namun diantaranya pasti ada yang bermasalah. dr. biasanya ada cacat atau benda yang menempel pada unit drum. Ukuran kertas yang tidak sesuai dengan pemasangan sensor batas pencetak dapat pula menyebabkan kertas berkerut. Jika printer memakai system multi-komponen ( drum. Garis-garis pada lembar cetak Jika cetakan halaman kertas terdapat garis-garis hitam. Jika anda kurang yakin. Namun masalah ini bisa juga terdapat pada sensor pencetak yang kotor dan jika demikian maka harus diservis sekaligus apabila memungkinkan. masalah biasanya terdapat pada unit pengembang cartridge. Seringkali permasalahan bukan berada pada mesin atau cartridge . biasanya dikarenakan oleh drum yang sudah aus atau lemah. Kertas hasil cetak berkerut / wrinkle/ kriting Pengait pada penggulung kertas yang sudah usang / aus dapat menyebabkan kertas hasil cetak berkerut. Ini biasanya seperti titik terang atau corengan buram pada lembar cetak. Beberapa jenis printer kadang tidak . ini membuat permasalahan semakin rumit. pastikan selalu menggunakan kertas yang bersih dan kering untuk melihat hasilya. Jika permasalahan tidak berada pada kaca pemantul bisa jadi berada pada unit imaging. pengembang yang masingmasing unit terpisah) . Toner biasanya tidak ada masalah. Jika terdapat garis hitam besar/ lebar pada halaman cetak.blade yang sudah aus/ keras. Jarang sekali produsen yang menghasilkan komponen yang tidak cocok dengan pengaturan fusernya .

Atau ganti dengan cartridge yang lain dan ini akan mengatasi masalah. Koneksi / hubungan yang kurang tepat antara unit imaging dengan mesin dapat pula menyebabkan hal ini.berjalan normal dengan interupsi aplikasi yang anda gunakan mungkin salah dalam penggunaan tinta yang menyebabkan masalah. Aturlah interupsi aplikasi anda terhadap pencetak melalui berapa jumlah titik per inci ( dot per inch ) / dpi. Garis melintang pada halaman Tempat ampas atau pembuangan toner pada cartridge mungkin penuh.Ganti dan bersihkan tempat pembuangan. Bisa jadi toner cartridge tidak terpasang sempurna pada pencetak atau salah pasang drum. . 7. Bersihkan hubungan / penghubung dengan kain atau handuk.

Related Interests