Anatomi uretra Uretra adalah tabung yang mengeluarkan urin ke luar dari buli-buli melalui proses miksi

. Secara anatomis uretra dibagi menjadi dua bagian yaitu uretra posterior dan uretra anterior. Pada pria, organ ini juga berfungsi juga menyalurkan mani. Uretra dilengkapi dnegan sfingter urtera interna yang terletak diperbatasan buli-buli dan uretra, serta sfingter uretra eksterna yang terletak pada perbatasan uretra anterior dan posterior. Sfingter uretra inerna terdiri dari otot polos yang dipersarafi oleh system simpatik, sehingga pada saat buli-buli penuh, sfingter ini terbuka. Sfingter uretra eksterna terdiri atas otot bergaris dipersarafi oleh system somatik yang dapat diperintah sesuai dengan keinginan seseorang. Pada saat kencing sfingter ini terbuka dan tetap tertutup pada saat menahan kencing.

Panjang uertra wanita kurang lebih 3-5 cm, sedangkan uretra pada pria 23-25 cm. perbedaan panjang inilah yang menyebabkan keluhan hambatan pengeluaran urin sering terjadi pada pria. Uretra posterior pada pria terdiri dari uretra pars prostatika yaitu bagian uretra yang dilingkupi oleh kelenjar prostate, dan uretra pars membranasea. Dibagian posterior lumen uretra prostatika, terdapat suatu tonjolan verumontanum, dan disebelah proksimal dan distal dari verimontanum ini terdapat kista uretralis. Bagian akhir dari vas deferens

berada di simfisis pubis bermuara disebelah anterior vagina. Uretra anterior adalah bagian uretra yang dibungkus oleh korpus spongiosum penis. (2) pars pendularis. Panjang uretra wanita kurnag lebih 4 cm dengan diameter 8 mm. terdapat sfingter uretra eksterna yang terdiri dari otot bergaris. dan (4) meatus uretra eksterna. Didalam uretra bermuara kelenjar periuretra. yaitu kelenjar cowperi berada dalam diafgrama urogenitalis dan bermuara di uretra pars bulbosa. Miksi terjadi jika tekana intravesika melebihi tekanan intrauretra akibat kontraksi otot detrusor. uretra anterior terdiri dari (1) pars bulbosa. dan relaksasi sfingter uretra eksterna. Didalam lumen uretra anterior terdapat beberapa muara kelenjar yang berfungsi dalam proses reproduksi. jika kandung kemih terisi. diantaranya adalah kelenjar skene. kandung kemih secara progresif terisi sampai tegangan di dindingnya meningkat diatas nilai ambang . sedangkan sekresi kelenjar prostate bermuara dalam duktus prostatikus yang tersebar diuretra prostatika. Proses miksi Proses miksi adalah proses pengosongan kandung kemih.yaitu kedua duktus ejakulatorius terdapat dipinggir kiri dan kanan verumontanum. serta kelenjar litter yaitu kelenjar parauretralis yang bermuara pada pars pendularis. Ada dua langkah dalam proses miksi : a. Tonus otot uretra eksterna dan tonus otot levator ani berfungsi mempertahankan agar urin tetap berada di dalam buli-buli pada saat perasaan ingin miksi. Kurang lebih sepertiga medial uretra. (3) fossa navikularis.

Implus eferen juga berjalan ke spincther uretra melalui n.pudendus (S2.3 dan 4 medulla spinalis. timbul reflek saraf yang disebut reflek miksi Buli-buli yang normal dipersarafi oleh simpatis yang berasal dari segmen lumbal 1 dan 2 medulla spinalis. dimana mereka bersinaps dengan neuron postganglion. Melalui lintasan saraf ini. Bila urin masuk ke uretra. jenis kelamin : jumlah pasien laki-laki tiga kali lebih banyak dibandingkan perempuan faktor ekstrinsik : 1.b. Terdapat dua factor resiko.3 dan 4). splanichnicus pelvicus dan plexus hypogastricus inferior menuju dinding vesica urinaria. geografi : pada beberapa daerah menunjukkan angka kejadian batu saluran kemih yang lebih tinggi daripada daerah lain 2. infeksi saluran kemih.3 dan 4 medulla spinalis. umur : penyakit ini paling sering didapat pada usia 30-50 tahun 3. Implus eferenmeningglakan medulla spinalis dari segmen yang sama dan berjalan melalui serabut saraf preganglion parasimpatis menuju n.detrusor) berkontraksi. dan spincter vesika dibuat melemas. implus aferen tambahan berjalan ke medulla spinalis dari uretra dan memperkuat refleks Batu saluran kemih Terbentuknya batu saluran kemih dapat disebabkan oleh gangguan aliran urine. Faktor intrinsik : 1. Serabut saraf sensorik masuk medulla spinalis pada segmen tersebut Berkemih merupakan suatu reflek yang pada orang dewasa normal dikendalikan oleh pusat-pusat yang tinggi diotak. dehidrasi. gangguan metabolic. parasimpatis yang berasal dari segmen sacral 2. iklim dan temperature . Reflek diawali dengan peregangan otot vesica urinaria waktu terisi oleh urin. splenicus pelvicus dan masuk ke segmen sakralis 2. dan keadaan-keadaan lain yang masih belum terungkap. otot polos dinding vesica urinaria (m. Implus aferen berjalan menuju n. dan spincther ini melemas. yaitu factor intrinsik dan factor ekstrinsik. heredetair 2.

diet : diet banyak purin. teori matriks adanya matrik/rangka yang terbentuk dari serum dan protein yang terdapat dalam urin. yaitu : 1. sehingga dapat menajdi tempat deposit dari kristal. Ion Mg++ dikenal dapat menghambat pembentukan batu karena jika berikatan dengan oksalat membentuk garam magnesium oksalat sehingga jumlah oksalat yang akan berikatan dengan kalsium untuk membentuk kalsium oksalat menurun. 3. proses agregasi kristal hingga retensi kristal. Ada beberapa zat yang dapat menghambat terbentuknya batu saluran kemih.3. Senyawa itu antara lain : glikosaminoglikan protein Tamm Horsfall nefroklasin osteopontin 4. Demikian juga dengan sitrat yang jika berikatan dengan kalsium membentuk garam kalsium sitrat sehingga kalsium yang akan berikatan dengan oksalat maupun fosfat menurun. proses pembentukan inti batu atau kristal. maupun menghambat retensi kristal. Ada beberapa macam teori pembentukan batu. teori supersaturasi . asupan air 4. yang bekerja mulai dari proses reabsorbsi kalsium di dalam usus. pekerjaan : ini sering terjadi pada orang yang pekerjaannya banyak duduk atau kurang aktfitas. menghambat agregasi kristal. Beberapa protein atau senyawa organic lain mampu bertindak sebagai inhibitor dengan cara menghambat pembentukan kristal. 5. teori ini batu adanya kristal atau benda asing yang merupakan inti dari batu dan akan menarik mineral lain yang terdapat dalam urin 2. teori defesiensi inhibitor terbentuknya batu saluran kemih ditentukan oleh adanya keseimbangan natara zat pembentuk batu dan inhibitor. oksalat dan kalsium mempermudah terjadinya penyakit batu saluran kemih.

akibat adanya peningkatan kadar mineral yang sangat berlebihan dalam urin.coli.kuman tersebut adalah E. hiperkalsiuri (>250-300 mg/24 jam) hiperkalsiuri absorbtif hiperkalsiuri renal hiperkalsiuri resorptif 2. stafilokokus. hipomagnesuria B. soft drink. fosfat dan karbonat membentuk batu magnesium ammonium fosfat dan karbonat apatit. batu kalsium paling banyak didapat. Kuman penyebab ini adalah kuman golongan pemecah urea yang dapat menghasilkan enzim urease dan merubah urine menjadi bersuasana basa melalui hidrolisis urea menjadi amoniak. the. pseudomonas. Bertindak sebagai inti batu untuk terbentuknya batu kalsium oksalat. kokoa. Faktor terjadinya batu kalsium : 1. 5. ini sering didapat pada penderita-penderita kelainan metabolism. kurang lebih 70-80 % dari seluruh batu saluran kemih. ammonium. arbei dll 3. hiperurikosuria kadar asam urat dalam urine yang melebihi 850 mg/24 jam. Batu struvit Disebut juga batu infeksi. Kuman. hiperoksaluri eksresi oksalat urin melebihi 45 gram per hari terdapat pada kopi. teori campuran komposisi batu A. Suasana basa ini menyebabkan garamgaram magnesium. hipositraturia 5. proteus sp yang banyak menimbulkan infeksi saluran kemih. 4. karena terbentuknya batu ini disebabkan oleh adanya infeksi saluran kemih. .

sedangkan batu kecil di uretra anterior dapat dicoba dikeluarkan dengan melakukan lubrikasi ter. Batu asam urat Terdiri dari batu asam urat murni. ukuran dan bentuk batu. mendapatkan terapi anti kanker. seringkali batu yang ukurannya tidak terlalu besar dapat kelaur spontan asalkan tidak ada kelainan atau penyempitan pada uretra. D. Degradasi purin di dalam tubuh melalui asam inosinat dirubah menjadi hipoxatin. Batu uretra yang merupakan batu primer terbentuk di uertra sangat jarang. Batu uretra Batu uretra biasanya berasal dari batu ginjal atau batu ureter yang turun ke bulibuli. atau kadang-kadang tampak di meatus uretra eksternum. yang mungkin sebelumnya didahului dengan nyeri pinggang. Kecuali jika terbentuk di dalam divertikel uretra.ebih dahulu dengan memasukkna campuran jelly dan lidokain 2 % intraurtra dengan harapan batu dapat keluar spontan. Sumber asam urat berasal dari diet yang mengandung purin dan metabolisme endogen didalam tubuh. Keluhan yang disampaikan pasien adalah miksi yang tiba-tiba berhenti hingga terjadi retensi urine. nyeri dirasakan di perineum atau rectum. kemudian masuk ke uretra. Batu jenis lain Batu sistin. ada juga yang merupakan campuran kalsium oksalat. mengkonsumsi obat urikosurik.C. Dengan banutan enzim kantin oksidase dirubah menjadi xantin yang akhirnya dirubah menjadi asam urat. Banyak diderita oleh pasien gout. Batu yang berada pada uretra posterior. Tindakan untuk mengelurakan batu tergantung pada posiso. Batu yang berada di uretra anterior seringkali dapat diraba sebagai benjolan keras di uretra pars bulbosa maupun pendularis. . Jika batu berasal dari ureter yang turun ke buli-buli kemdudian ke uretra. Batu pada meatus uretra eksternum atau fossa navikularis dapat diambil dengan forsep setelah terlebih dahulu dilakukan pelebaran meatus uretra (meatotomi). manusia tidak memiliki enzim urikase yang dapat merubah asam urat menjadi allantoin yang dapat larut dalam air. biasanya pasien mengeluh nyeri pinggang sebelum mengeluh kesulitan miksi. Nyeri dirasakan pada glen penis atau pada tempat batu berada. batu triamteren dan batu silikat.

Untuk batu yang besar dan menempel di uretra sehinga sulit berpindah tempat meskipun telah dilkubrikasi. ↑sitrat. Tindakan atau terapi untuk mencegah timbulnya kembali batu saluran kemih Jenis batu Kalsium Faktor penyebab Jenis obat/tindakan timbulnya batu Hiperkalsiuri Natrium selulosa fosfat absortif Thiazide Orthofosfat Hiperkalsiuri renal Thiazide Hiperkalsiuri Paratiroidektomi Resorptif Hipositraturi Potassium sitrat Hipomagnesiuri Magnesium sitrat Hiperurikosuri Allopurinol Potassium alkali Hiperoksaluria Allopurinol Pyridoxine Kalsium suplemen Infeksi Antibiotika AHA (amino hydroxamic acid) Dehidrasi (pH Hidrasi cukup urine ↓). melalui bahan kontras radio opaq. mungkin perlu dilakukan urterolitotomi atau dihancurkan dengan pemecah batu transuretra. Bahan kontras yang dipakai biasanya adalah iodium dengan dosis 300 mg/kg BB atau 1 ml/kgBB. Dapat dilakukan BNO-IVP untuk menyingkirkan diagnosa batu saluran kemih yang lain. Tahapan pembacaan foto IVP : menit 0 5 uraian Foto polos perut Melihat fungsi ekskresi ginjal. Pada ginjal normal system pelvikalise sudah tampak . atau juga uretrogram untuk menyingkirkan diagnose banding striktur uretra. Potassium alkali (nat bik) hiperurikosuri allopurinol Mekanisme kerja obat Mengikat Ca dalam usus→absorbsi menurun ↑ absorbs Ca ditubulus ↓sintesis vitamin D ↑ absorbs Ca ditubulus ↓resorpsi Ca dari tulang ↑pH. ↓Ca urin ↑Mg urine ↓urat ↑pH ↓urat Eradikasi infeksi Urease inhibitor ↑pH ↓urat MAP Urat BNO-IVP Adalah foto yang menggambarkan keadaan system urinaria. Diagnosis pasti dari batu saluran kemih termasuk batu uretra adalah foto rontgen.Batu yang masih cukup besar dan berada di uretra posterior didorong ke buli-buli kemudian dilakukan litotripsi.

atau dengan jalan retrograde urogram. dimaksudakan untuk menilai kemungkinan perubahan posisi ginjal Melihat seluruh anatomi saluran kemih. Kelemahan otot detrusor Kelainanmedulla spinalis Kelainan saraf perifer Cedera kauda equine Gumpalan darah 2. Retensi urine Retensi urin adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengeluarkan urine yang terkumpul dalam buli-buli hingga kapasitas maksimum buli-buli terlampaui. hidronefrosis. b. double system atau kelainan yang lain Pada buli-buli diperhatikan adanya indentasi. Hal ini dapat disebabkan oleh : 1. Bahan kontras yang digunakan langsung dimasukkan melalui meatus uretra eksterna melalui klem brodny yang dijepitkan pada glan penis. Trauma uretra tampak sebagai ekstravasasi kontras ke luar dinding uretra. Inkoordinasi antara detrusor dan uretra 3.15 30 60 Kontras sudah mengisi ureter dan buli-buli Foto dalam keadaan berdiri. Gambaran yang mungkin terjadi pada uretrografi adalah : a. Hambatan/obstruksi uretra . trabekulasi. jika terdapat striktutr uretra akan tampak adanya penyempitan atau hambatan kontras pada uretra. anatara lain :filling defect. Tumor uretra atau batu non opak pada uretra tampak sebagai filling defect pada uretra. berarti bahwa foto dibuat pada saat penderita disuruh kencing. penebalan otot detrusor dan sakulasi buli-buli Pasca miksi Uretrografi Menilai sia kontras dan divertekel pada bului-buli Uretra dapat diperiksa 30 menit setelah urografi intravenous pada saat buli-buli terisi kontras. c.

Berat : jika oklusi lebih besar dari ½ diameter lumen uretra . striktura uretra dibagi menjadi : a.- Sklerosis leher buli-buli Hyperplasia prostat Karsinoma prostat Striktur uretra Batu uretra Tumor uretra Klep uretra Cedera uretra Fimosis Parafimosis Stenosis meatus uretra eksterna Striktur uretra Adalah penyempitan lumen uretra karena fibrosis pada dindingnya. Sesuai dengan derajat penyempitan lumennya. Jika terinfeksi menimbulkan abses periuretra yang kemudian pecah membentuk fistula uretrokutan. ureteritis anterior menyebabkan kelainan pada uretra pars pendulare dan pars bulbosa dan intrumentasi yang kasar menyebabkan kelainan pada meatus uretra eksterna. Striktur uretra dapat disebabkan oleh infeksi. trauma pada uretra. dan kelainan bawaan. Jaringan sikatrik pada uretra menyebabkan hambatan aliran urin hinga retensi urine. Sedang : jika oklusi 1/3 sampai dengan ½ diameter lumen uretra c. Aliran urin yang terhambat mencari jalan keluar di tempat lain (disebelah proksimal dari striktura) dan akhirnya mengumpul di rongga periuretra. Penyempitan lumen ini disebabkan oleh karena dindingnya mengalami fibrosis pada tingkat yang lebih parah terjadi fibrosis korpus spongiosum. Ringan : jika oklusi yang terjadi kurang dari 1/3 diameter lumen uretra b. Proses radang akibat trauma atau infeksi pada pada uretra ada akan menyebabkan sikatrik pada uretra. Trauma pada pelvis menyebkan cedera pada uretra pars membranasea. cedera selangkangan menyebabkan cedera pada uretra pars bulbosa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful