P. 1
Template Pkm Pens

Template Pkm Pens

|Views: 7|Likes:
Template PKM PENS
Template PKM PENS

More info:

Categories:Types
Published by: Virgananta Bintang Sandi Putra on Oct 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2014

pdf

text

original

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM ............................................................................................... ...................................................................................................................... ............................................................................................................................. BIDANG KEGIATAN*: PKM-T

Diusulkan oleh : Nama Ketua Nama Anggota 1 Nama Anggota 2 Nama Anggota 3 Nama Anggota 4 (.....NRP.....) (.....NRP.....) (.....NRP.....) (.....NRP.....) (.....NRP.....) Angkatan 2009 Angkatan 2010 Angkatan 2010 Angkatan 2011 Angkatan 2012

POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA SURABAYA 2012

* Pilih salah satu bidang kegiatan (PKM-P, PKM-K, PKM-M, PKM-T, KC)

PKM-

i

Dosen Pendamping (Drs......... 23 Oktober 2012 Menyetujui.. 2... Judul Kegiatan : Bidang Kegiatan : ( ) PKM-P ( ( √ ) PKM-T( ) PKM-K ( ) PKM-M ) PKM-KC Ketua Pelaksana Kegiatan a.) NIDN..... Alamat Rumah dan No.. NRP c.... 5.. Nama Lengkap dan Gelar : b....... Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : Dosen Pendamping a.. 12..) NRP.) Jangka Waktu Pelaksanaan : : Rp. Nama Lengkap b.. Program Studi d. Alamat email : 4. Universitas/Institut/Politeknik : : : : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya e.. ii . Alamat Rumah dan No.. 8.Tel/HP : f..... Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan (... Ketua Program Studi ….. MT) NIP..000... (………………………………………) NIP...Tel/HP : Biaya Kegiatan Total Dikti Sumber lain (sebutkan .00 : : 5 bulan Surabaya.500... PENS Ketua Pelaksana Kegiatan orang 7. Miftahul Huda. 3... NIDN : c....1. 196310121990301002 (……………………………….

.......................................... Keadaan Mangrove di Greges Asemrowo...................DAFTAR ISI DAFTAR TABEL Tabel 1..............................3 iii .......................2 DAFTAR GAMBAR Gambar 1................ Nama Tabel...

iv .

keinginan berwirausaha. konsep atau dugaan. mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. keingintahuan mahasiswa. Uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicari solusinya. dengan merujuk dari berbagai sumber pustaka. persoalan atau kebutuhan masyarakat umum. PKM-T maupun PKM-KC selesai. Untuk PKM-P. C. Rumuskan tujuan yang akan dicapai secara spesifik dan merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan PKM-K. Uraikan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik. B. hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan kegiatan yang diusulkan. Khusus PKM-K. Uraikan secara kuantitatif potret. profil dan kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan PKM-K. PKM-T dan PKM-KC. uraikan proses dalam mengidentifikasi peluang usaha. menerangkan. . Permasalahan dapat bersumber dari literatur. Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur. Kegiatan PKM-P dapat bertujuan untuk menjajagi.1 A. Kemukakan unsur kreativitas yang diusulkan. ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan. PKM-M. PERUMUSAN MASALAH Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti atau diselesaikan. sosial. menguraikan. membuktikan atau menerapkan suatu gejala. persoalan masyarakat usaha. PKM-M maupun PKM-T. Tunjukkan masalah yang menjadi prioritas dalam kegiatan yang akan dilaksanakan. pandangan singkat dari para penulis/peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan topik terkait dapat dikemukakan di sini. LATAR BELAKANG MASALAH Kegiatan PKM-P dilakukan untuk menjawab keingintahuan mahasiswa. Perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan. TUJUAN Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan kegiatan PKM-P.

desain barang. dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan serta menjadi landasan usulan kegiatan PKM. dari sisi ekonomi maupun Ipteks. Tinjauan Pustaka menguraikan teori. namun merupakan rangkaian hasil yang sudah dikenali dan mempunyai sebuah atau beberapa alur pikir tentang terjadinya suatu peristiwa ilmiah (mechanism of action) dari suatu topik ilmiah yang akan dikaji atau diteliti. Gambaran mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha. Gambaran usaha yang Nama Kolom 2 . PKM-T. 2011) Jadi. TINJAUAN PUSTAKA (Khusus untuk PKM-P. piranti lunak. LUARAN YANG DIHARAPKAN PKMK : Barang atau jasa komersial PKMM: Jasa. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka pada Tabel 1. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan PKM yang akan dilakukan. model desain. prototype atau artikel E. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA (Khusus untuk PKM-K) Uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan kegiatan usaha. PKM-KC) Usahakan pustaka terbaru.2 D. temuan. atau jasa PKMP : Artikel & Paten PKMKC: Sistem. desain. padasaat atau setelah kegiatan PKM selesai. Tabel 1. Tinjauan Pustaka bukan kumpulan teori. KEGUNAAN Sebutkan manfaat yang akan diperoleh bagi khalayak sasaran. atau barang PKMT : Paten. F. Nama Tabel Nama Kolom 1 Isi Baris 1 … Isi Baris 2 … (Sumber : BPS. relevan dan asli dari jurnal ilmiah.

Uraikan permasalahan yang dihadapi masyarakat yang membutuhkan bantuan penyelesaiannya seperti pada Gambar 1. rancangan penelitian. PKM-T dan PKM-KC merupakan teknik. Sedangkan metode bagi PKM-K.3 direncanakan harus menjanjikan perolehan profit untuk menjamin peluang keberlanjutan usaha setelah kegiatan PKM-K selesai dilaksanakan. Khusus untuk PKM-P digunakan Metode Penelitian. Untuk semua proposal PKM yang didanai wajib mencantumkan Indikator Keberhasilan Jangka Pendek (IKJP) dan membuat LogBook (setiap tahap ditandatangani Pembimbing) untuk memudahkan monitoring. PKM-M. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN (Khusus untuk PKM-M) Penjelasan mengenai kondisi masyarakat sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian agar diuraikan secara faktual. METODE PELAKSANAAN Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci. Gambar 1. model yang digunakan. Keadaan Mangrove di Greges Asemrowo Sumber : Hasil Survey. teknik pengumpulan data dan analisis data. Uraian untuk PKM-P dapat meliputi variable dalam penelitian. cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. cara atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan (butir C) dan sekaligus pencapaian tujuan program (butir D). Hindari adanya kegiatan percobaan/penelitian dalam usulan PKM-M. G. 2011. .

Catatan : lama pelaksanaan PKM maksimal 5 (lima) bulan. Sebagai contoh. Daftar pustaka untuk semua bidang PKM . begitu juga sebaliknya. dan seterusnya. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka. Lain-lain Rincian biaya harus lengkap. Honorarium (tim pelaksana. 1. pelaksanaan dan penyusunan laporan dalam bentuk Bar-chart. Bar-chart memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut.5 juta. J. bulan ke-2”. wajar dan jelas peruntukannya. gunakan kata “bulan ke-1. Usulan yang melampaui pagu biaya tersebut. 12. dan seterusnya. Peralatan penunjang PKM 4. Untuk menghindari keterikatan waktu pelaksanaan dengan periode waktu tertentu. harus disertai Surat Pernyataan Kesediaan Sebagai Penyandang Dana PKM pihak lain tersebut. bulan April. Bahan habis pakai 3. bukan bulan Maret. JADWAL KEGIATAN PROGRAM Buatlah jadwal kegiatan PKM yang meliputi rinci kegiatan persiapan. usahakan tidak menggunakan nama bulan secara eksplisit dalam penjadwalan rencana kegiatan. maksimum Rp. I. Perjalanan 5. DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. untuk menggambarkan urutan waktu pelaksanaan. setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan (lihat ketentuan penulisan pada PKM-AI). dosen pendamping ataupun tenaga pembantu lainnya). Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program (H). RANCANGAN BIAYA Berikan rincian biaya PKM baik yang didanai DITLITABMAS. maupun pihak lain yang bersedia berkontribusi. dosen pendamping ataupun tenaga pembantu lainnya) tidak diperkenankan bagi pihak manapun (tim pelaksana.4 H. Rekapitulasi biaya terdiri atas: 2.

Pedagang Kaki Lima. 1993. 1977. 4) Denah detil Lokasi Mitra Kerja atau Pengusaha Kecil (untuk PKM-M. di dalam Coppock JT (ed. PKM-T. Pengusaha Mikro/Kecil/ Menengah/Besar. PKM-T). 2) Gambaran teknologi yang akan diterapkembangkan (untuk PKM-K. prosiding seminar dll) dan bukan berasal dari opini pribadi yang dipublikasikan di internet atau media lainnya. Sumber pustaka diharapkan berasal dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahan ilmiahnya (misalnya Jurnal ilmiah. PKMM.5 ditulis mengacu kepada HARVARD style. Ketua Kelompok Masyarakat yang akan bermitra (PKMM). K. . Planning aspects of second homes. Second Homes: Curse or Blessing? Oxford: Pergamon Pr. Grinspoon L. Hlm 210–237. Koperasi atau Kelompok Tani . 5) Hal-hal lain yang dianggap perlu. Contoh : Dower M. Marijuana: the Forbidden Medicine. 3) Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari Kepala Sekolah. buku. LAMPIRAN 1) Daftar Biodata singkat Ketua dan Anggota Kelompok serta Dosen Pembimbing (harus ditandatangani oleh Ketua. PKM-KC). Ketua Karang Taruna.). London: Yale Univ Press. (untuk PKM-T). anggota dan pembimbing). Bakalar JB.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->