You are on page 1of 3

Benturan atau terkena benda tajam terkadang menimbulkan dampak memar hingga keluarnya darah dari tubuh.

Disini kta akan membahas Btentang Perdarahan dan Syok. Kenapa bisa terjadi perdarahan? Perdarahan terjadi akibat rusaknya dinding pembuluh darah yang dapat disebabkan oleh benturan (trauma/penyakit). Perdarahan yang besar merupakan penyebab syok yaitu suatu kondisi dimana beberapa sel dan alat tubuh tidak cukup mendapat aliran darah yang mengandung oksigen (darah yang adekuat). Perdarahan dibagi menjadi 2 : . Perdarahan luar (terbuka) 2. Perdarahan dalam (tertutup) PENDARAHAN LUAR (TERBUKA) !enis perdarahan ini terjadi akibat kerusakan dinding pembuluh darah disertai dengan kerusakan kulit" yang memungkinkan darah keluar dari tubuh. Berdasarkan pembuluh darah yang mengalami gangguan perdarahan luar dibedakan menjadi : . Perdarahan #rteri Darah yang keluar dari pembuluh nadi keluar menyembur sesuai dengan denyut nadi dan ber$arna merah terang karena masih kaya dengan oksigen. 2. Perdarahan %ena Darah yang keluar dari pembuluh &ena mengalir" ber$arna merah gelap karena mengandung karbon dioksida . '. Perdarahan (apiler Berasal dari pembuluh kapiler " darah yang keluar merembes perdarahan ini sangat kecil sehingga hamper tidak memiliki tekanan $arnanya ber&ariasi antara merah terang dan merah gelap . Pengendalian dan Penanganan Perdarahan Luar . )ekan luka dengan jari atau telapak tangan (gunakan sarung tangan). 2. )inggikan anggota tubuh yang cedera lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi kehilangan darah. '. )ekan pada titik tekan " yaitu arteri di atas daerah yang mengalami perdarahan. #da beberapa titik tekan yaitu : * #rteri Brakialis (arteri di lengan atas) * #rteri +adialis (arteri di pergelangan tangan) * #rteri ,emoralis (arteri di lipatan paha) Penanganan Perdarahan Luar . Pakai #PD agar tidak terkena darah atau cairan tubuh penderita 2. !angan menyentuh mulut"hidung"mata dan makanan se$aktu memberi pera$atan '. -ucilah tangan setelah selesai membeikan pera$atan .. Buang bahan yang sudah ternoda dengan darah atau cairan tubuh penderita dengan baik .

2emah .Periksa pernapasan dan nadi secara berkala . 5ajah pucat dan kebiruan (sianosis) pada bibir"lidah dan cuping telinga 3. 6aus '.. kegagalan jantung memompa darah 2. 0adi cepat dan lemah 2.Segera ba$a ke/asilitas kesehatan terdekat "#$K Syok adalah suatu kondisi dimana beberapa sel dan organ tubuh &ital (terutama otak" jantung dan paru*paru) tidak cukup mendapat aliran darah yang Smengandung oksigen dan bahan nutrisi. Pusing (%ertigo) 3. 1ual" mungkin disertai muntah 2. 0a/as cepat dan dangkal '. Pe r u b a h a n k e a d a a n me n t a l (gelisah"cemas) +ejala* . (ehilangan darah pada perdarahan dalam Btidak terlihat karena kulitnya masih utuh dan mengingat perdarahan dalam tidak terlihat" kecurigaan adanya perdarahan dalam harus dinilai dari pemeriksaan /isik lengkap termasuk $a$ancara dan menganalisa mekanisme kejadian .+a$at sebagai syok (lihat syok) 3. (ehilangan darah dalam jumlah besar '..Periksa dan pertahankan #ir Breath -irculation (#B-) '. Beberapa perdarahan dalam yang dapat dikenali antara lain : * -edera pada bagian luar tubuh yang mungkin merupakan petunjuk bagian dalam juga mengalami cedera * #danya memar disertai adanya nyeri pada tubuh" pembengkakan terutama diatas alat tubuh penting * 0yeri"bengkak dan perubahan bentuk pada alat gerak * 0yeri tekan atau kekakuan pada diding perut * 1untah darah * Buang air besar berdarah" baik darah segar maupun darah hitam * 2uka tusuk" khususnya pada batang tubuh * Darah atau cairan mengalir dari hidung dan telinga * Buang air kecil campur darah Penanganan Perdarahan dala! . )idurkan telentang . (ulit pucat dingin dan lembab .PERDARAHAN DALA (TERTUTUP) Benturan dengan benda tumpul merupakan penyebab utama cedera dalam dan perdarahan dalam.Baringkan penderita 2. Kenapa s%&' terjadi? . Pelebaran pembuluh darah yang luas (dilatsi) (aspadai "%&') beri'ut adalah Tanda dan gejalan%a Tanda* . Pandangan hampa dan pupil mata melebar 4. )idak nyaman dan takut Bagai!ana !enanganin%a? . Ba$a penderita ketempat teduh dan aman 2.!angan berikan makan atau minum 4..

(ontrol Perdarahan dan ra$at cedera lainnya bila ada 8. .'. )inggikan tungkai . Selimuti agar tidak kehilangan panas tubuh 4. !aga agar jalan na/as tetap baik 7.. 2onggarkan pakaian penderita 3. !angan beri makan dan minum 9. Periksa tanda &ital secara berkala :. +ujuk ke /asilitas kesehatan .