You are on page 1of 20

“POSISI SILANG INDONESIA”

OLEH
KELOMPOK 9

“Posisi Silang Indonesia”
Posisi silang Indonesia
merupakan posisi negara
Indonesia yang terletak di
antara dua benua dan dua
samudera yang membawa
keuntungan dan kerugian
tertentu dalam aspek
kehidupan. Untuk itu maka
diperlukan Wawasan
Nusantara pada pribadi setiap
warga Indonesia. Wawasan
Nusantara sendiri
merupakan cara pandang
bangsa Indonesia mengenai
diri dan tanah airnya sebagai

Indonesia memiliki lebih kurang 17.257. yang terlet ak di kawasan Asia Tenggara. SIGAPURA.922. .A. FHILIPINA PAPUA NUGINI SAMUDERA HINDIA Wilayah Indonesia merupakan negara Kepulauan yang berbentuk republik.483 km2 Letak astronomis Indonesia adalah 60LU-110LS dan 950BT -1410BT. Letak Astronomis Indonesia MALAYSIA.000 buah pulau dengan luas daratan 1.570 km2 dan luas perairan 3.

Posisi ini mempunyai peranan penting dalam iklim maupun perekonomian dunia. . LETAK GEOGRAFIS Letak geografis adalah letak suatu daerah atau wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Indonesia terletak diantara 2 Benua yaitu Benua Asia dan Australia. serta terletak diantara 2 Samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.B.

Adanya dua jalur pegunungan tersebut menyebabkan Indonesia banyak memiliki gunung api yang aktif dan rawan terjadinya gempa bumi. .C. LETAK GEOLOGIS Secara geologis wilayah Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan muda dunia yaitu Pegunungan Mediterania di sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur.

wilayah Indonesia berada pada “posisi silang”. serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Wilayah Indonesia juga terletak pada posisi yang strategis dan menguntungkan.Berdasarkan letak geografisnya. . Dengan demikian. yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian. kepulauan Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia.

.

I. Indonesia sangat lemah Tanah di Indonesia mulai berkurang. karena tanah di Indonesia mulai Dengan banyaknya wilayah perbatasan dikeruk untuk Indonesia dengan negara membangun kotalain kondisi kehidupan kota sehingga tanah di daerah perbatasan dari pulau-pulau kecil sangat miris dan ironis. POSISI SILANG INDONESIA DENGAN NEGARA LAIN KELEMAHAN Dalam hal perbatasan. di wilayah Indonesia berbeda dengan menjadi berkurang wilayah perbatasan negara lain yang berbatasan dengan wilayah Indonesia. .

POSISI SILANG INDONESIA DARI SEGI POLITIK KELEMAHAN 1. kalau tidak terarah bisa menimbulkan konflik atau peperangan 2.II. KEUNGGULAN 1. Ideologi negara-negara lain yang menguntungkan bagi mereka. Saling menjalin kerjasama atau kesepakatan. akan menimbulkan retaknya persatuan bangsa. namun belum tentu menguntungkan bagi negeri sendiri. . Antara Negara Indonesia dengan negara-negara lain mempunyai pandangan ideologi yang berbeda. Memudahkan dalam melakukan kesepakatan dengan negara lain 2.

POSISI SILANG INDONESIA DILIHAT DARI SEGI PEREKONOMIAN KELEMAHAN 1 Dengan mudahnya perdagangan dari luar masuk ke Indonesia sebagai jalur lalu lintas. namun yang banyak perusahaan milik anak negeri dijual ke pihak asing 3 Budaya asing yang tidak baik seperti Korupsi. Kolusi dan Nepotisme adalah bawaan dari kaum penjajah. terutama masyarakat yang berpenghasilan menengah ke atas.III. dan juga karena pengaruh luar yang tidak sesuai dengan karakter budaya indo. masyarakat dalam negeri sendiri malah lebih menyukai produk-produk dari luar ketimbang produk-produk dalam negeri. . 2 Perusahaanperusahaan asing mulai bermunculan di Indonesia.

yang artinya dapat menambah devisa/pemasukan negara.KEUNGGULAN 1 Merupakan jalur lalu lintas perdagangan dunia. 2 Mempermudah hubungan dengan negara lain dalam bidang perdagangan 3 Persaingan yang sangat menguntungkan . menjadi transportasi negara-negara lain.

IV. masyarakat sekarang sudah ada yang ikut-ikutan aliran luar dengan kebebasan yang terlalu bebas 3. Mudahnya pengaruh luar masuk. 2. Dari segi perilaku pun. Indonesia merupakan lahan subur dalam distribusi ataupun sebagai jalur lalu lintas perdagangan Narkotika dan obat-obatan terlarang . POSISI SILANG INDONESIA DARI SEGI SOSIAL DAN BUDAYA KELEMAHAN 1. sehingga masyarakat Indonesia lebih banyak mengenal budaya asing daripada budaya indo sendiri. Tindak kejahatan semakin meningkat. membawa efek buruk bagi bangsa Indonesia. Tontonan dan adegan seperti film yang kurang bahkan tidak pantas yang berasal dari luar. 4.

candi. Memperkenalkan wisata dalam negeri kepada dunia internasional bahwa Indonesia mempunyai kekayaan alam dalam hal ini wisata yang membanggakan dan dikenal oleh negara-negara luar. .keraton.KEUNGGULAN 1.dsb 2. Sebagai sumber penghasilan terutama di bidang pariwisata. Di Indonesia memiliki banyak daerah wisata baik berupa pantai.

Terjadinya ketegangan apabila salah satu pihak dalam hal ini negara dirugikan . POSISI SILANG INDONESIA DARI SEGI PERTAHANAN DAN KEAMANAN. KELEMAHAN 1.V. Perebutan sumber kekayaan alam 2.

KEUNGGULAN Saling membantu dalam hal menjaga dan ikut melaksanakan ketertiban dunia .

.

.

.

.

 Posisi silang diindonesia dilihat dari segi     kelemahan dalam perbatasan (maya) Bagaimana indonesia meminimalisirkelemahan posisi silang (dini) Bagaimna indonesia mempertahankan kekayaan alam terhadap bencana terlepas dari posisi silang (aris. Kelompok 1) Bagaimana pengaruh posisi silang didindonesia terhadap pendidikan (rosa.) Mengapa negara indonesia masih digolongkan negara miskin padahal letak negara indonesia sangat strategis (apsari) .