PEMANASAN GLOBAL

DISUSUN OLEH :
WIS UDAWATI G1011141122
KELAS: B
DITUJUKAN KEPADA : Drs. JOKO NUGROHO R., M.Si

FAKULTAS KEHUTANAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2015

Pemanasan global atau global warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer. Makalah ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Klimatologi Dasar. meningkatnya intensitas kejadian cuaca yang ekstrim. dan daratan bumi. Kritik dan saran dari pihak manapun yang senantiasa akan saya terima untuk menjadikan makalah ini sesuai dengan harapan. Meningkatnya temperatu global diperkirakan akan menyebabkan perubahanperubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut. saya akan merangkum mengenai mekanisme terjadinya pemanasan global. Pada makalah klimatologi dasar ini.Kata Pengantar Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan kasih sayang-Nya saya dapat menyelesaikan makalah Klimatologi Dasar ini mengenai “Pemanasan Global”. 5 Maret 2015 Penulis i . Saya ucapkan terima kasih kepada Dosen Klimatologi Dasar dan dukungan yang telah diberikan kepada saya. Semoga makalah ini mendapat perhatian dan bermanfaat bagi mahasiswa dan pembaca pada umumnya. Pontianak. serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. laut.

... 4 B.. Saran ……………………………………………………… 4 Daftar Pustaka …………………………………………………… 5 ii . Tujuan ……………………………………………………. 4 A. 2 Bab III Penutup …………………………………………………. i Daftar Isi …………………………………………………………. ii Bab I Pendahuluan ……………………………………………… 1 A. 1 Bab II Pembahasan ……………………………………………. 1 C. Rumusan Masalah ……………………………………….Daftar Isi Kata Pengantar …………………………………………………. Kesimpulan ………………………………………………... Latar belakang …………………………………………… 1 B.

Manusia sedang mengalami zaman revolusi industri. B. adanya illegal logging. Oleh sebab itu. Peradaban manusia selalu mengalami kemajuan dalam segala hal. Latar Belakang Manusia selalu mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya. Tujuan 1. Manusia menjalani kehidupan dengan bergantung pada pertanian dan agrikultur. 1 . Untuk memahami dan mengerti mekanisme terjadinya pemanasan global. Rumusan Masalah 1. Siapa yang terlibat dalam pemanasan global? 4. Para ahli lingkungan telah menemukan indikasi adanya dampak terbesar bagi lingkungan dan dunia secara global akibat usaha perindustrian yang dilakukan dan berkembang saat ini yaitu terjadinya pemanasan di dunia atau global warming. 3. Untuk memahami dan mengetahui pengertian dari pemanasan global 2. Untuk mengetahui unsur-unsur penyebab terjadinya pemanasan global. Akibat orientasi bidang perindustrian ini berdampak positif maupun negatif. manusia selalu menjaga alam untuk kelangsungan hidupnya. dimana manusia menggantungkan kehidupan pada bidang peindustrian sehingga dunia agrikultur mengalami kemunduran perlahan-lahan.BAB I Pendahuluan A. Mengapa terjadinya pemanasan global? 6. Dimana saja pemanasan global dirasakan manusia? 5. Pembangunan pabrik-pabrik. Bagaimana mekanisme terjadinya pemanasan global? C. Apa yang dimaksud dengan pemanasan global? 2. pemanfaatan sumber daya alam secara besar-besaran tanpa memperhatikan kesetimbangan lingkungan sekitar menyebabkan kelalaian yang akan merusak kehidupan makhluk hidup. Sejak kapan terjadinya pemanasan global? 3.

baik di darat maupun di laut. Penggunaan barang-barang rumah tangga yang tidak ramah lingkungan. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan bumi. Permukaan bumi menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. 2 . dan lain sebagainya. Negara maju seperti Inggris. minyak bumi. India (Mumbai) yang merasakan dampak dari pemanasan global. Sebagian besar energi tersebut dalam bentuk radiasi gelombang pendek. AS. Pemanasan global dirasakan manusia di tempat di mana aktivitas-aktivitas seperti yang disebutkan di paragraf pertama banyak dilakukan. AC. sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. semprotan rambut. Oleh sebab itu. seperti semprotan minyak wangi.BAB II Pembahasan Pemanasan global atau global warming merupakan suatu fenomena meningkatnya suhu rata-rata dipermukaan bumi. Pembakaran hutan. suhu di permukaan bumi akan meningkat dan terjadilah efek rumah kaca. Manusia merupakan pelaku utama timbulnya pemanasan global dan lubang ozon. cuaca ekstrim di sejumlah wilayah. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa bumi ini telah mengalami peningkatan suhu hampir satu derajat celcius (1˚C) dan peningkatan tersebut terjadi setelah tahun 1980-an. dilihat dari suhu udara pada siang hari yang naik. dan Negara berkembang seperti Indonesia (Jakarta). misalnya kendaraan bermotor yang menghasilkan gas karbon merupakan aktivitas-aktivitas yang dapat menimbulkan gejala pemanasan global. Sumber energi yang terdapat di bumi berasal dari matahari. dan lainnya memicu bertambah rusaknya lapisan ozon di muka bumi. Meningkatnya intensitas efek rumah kaca menyebabkan pemanasan global. Namun. kulkas. ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi. Ketika energi ini mengenai permukaan bumi.

serta efek pendinginan sejak tahun 1950. sehingga akan meningkatkan efek pemanasan. awan akan memantulkan radiasi infra merah balik ke permukaan. Fenomena variasi matahari dikombinasikan dengan aktivitas gunung berapi telah memberikan efek pemanasan dari masa pra-industri hingga tahun 1950. uap air dan lain sebagainya yang mana peristiwa ini dimanakan efek rumah kaca. Sebaliknya bila dilihat dari atas. Efek umpan balik karena pengaruh awan dimana bila dilihat dari bawah. sulfur dioksida. sehingga meningkatkan efek pendinginan. Variasi matahari dengan diperkuat oleh umpan balik dari awan dapat memberikan kontribusi dalam pemanasan saat ini. Sinar matahari yang dikembalikan ke angkasa terperangkap oleh gas-gas yang ada di atmosfer seperti gas karbon dioksida. 3 . sebagian panas diserap oleh bumi dan sebagian lagi dikembalikan ke angkasa (atmosfer). metana. awan tersebut akan memantulkan sinar matahari dan radiasi infra merah ke angkasa.Proses dimulai dari cahaya matahari yang menyinari bumi.

Negara yang terkena dampak pemanasan global hampir seluruh belahan bumi. Baik itu secara langsung atau tidak langsung pada manusia. termasuk kutub utara maupun kutub selatan. meningkatnya temperatur air laut. dan meningkatnya temperatur pada daratan. Pemanasan global disebabkan adanya kadar gas rumah kaca yang menyebabkan meningkatnya intensitas efek rumah kaca. kita juga dapat berpartisipasi mengurangi konsentrasi gas karbondioksida (CO2) di udara dengan cara menanam dan memelihara pepohonan. B.BAB III Penutup A. Secara langsung yaitu dengan suhu yang terasa semakin panas yang mengganggu kesehatan manusia. 4 . Kesimpulan Pemanasan global merupakan fenomena meningkatnya temperature rata-rata pada lapisan atmosfer. Secara individu. Saran Masyarakat hendaknya menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya dan memiliki kesadaran dalam mengantisipasi adanya dampak pemanasan global. Selain berfungsi menyerap karbondioksida. Selain itu. Manusia merupakan pelaku utama dalam pemanasan global akibat dari aktivitas yang tidak memperhatikan lingkungan dan pemakaian barang rumah tangga yang tidak ramah lingkungan. Pemerintah harus memberikan solusi yang terbaik seperti mencari solusi agar penggunaan bahan bakar fosil bisa dicarikan alternatif dengan bahan bakar lainnya yang ramah lingkungan. Secara tidak langsung yaitu dengan merusak lingkungan yang akan mengganggu pemenuhan kebutuhan manusia. Hendaknya pemerintah bersama masyarakat maupun bersama instansi yang terkait mampu memberikan kontribusi dalam mencegah dan menghadapi dampak pemanasan global. kita bisa ikut mengurangi pemanasan global dengan cara mengurangi konsumsi bahan bakar berbasis fosil. pepohonan juga merupakan pensuplai oksigen terbesar bagi atmosfer bumi. Dampak negatif dari pemanasan global memang sangat banyak.

academia.Daftar Pustaka Anonim.html [5 Maret 2015] Raha. Makalah Pemanasan Global.com/2014/11/contoh-makalah-pemanasan-global. Pemanasan Global.org/pemanasan global [5 Maret 2015] 5 . Tersedia : https://www. [Online].edu/6194383/MAKALAH_PEMANASAN_GLOBAL [5 Maret 2015] Anonim. [Online]. Contoh Makalah Pemanasan Global. Tersedia : http://www. Septian. [Online].wikipedia. Tersedia : http://id.gudangmakalah.