You are on page 1of 4

Nama : Iim Mudmainah

NPM : 21151019
Kimia Klinik
1. Seorang ibu umur 40 tahun datang ke apotek menayakan hasil pemeriksaan data lab. Hasil
data labnya menunjukkan AICnya 7.5% gula darah puasanya 150 mg/dl dan gula darah 2
jam setelah makan 220 mg/dl. Dokter mendiagnosis ibu ini menderita DM. Obat apakah
yang tepat untuk diberikan kepada ibu tersebut ?
A. Gliburida
B. Repaginde
C. Acarbosa
D. Metformin
E. insulin
2. Seorang pria 70 tahun. BB 56 Kg dengan tinggi 160 cm menjalani rawat inap di rumah sakit
dengan diagnosis pneumonia. Pasien telah menderita gagal ginjal kronis sejak 2 tahun yang
lalu. Hasil pemeriksaan serum kreatinin saat ini adalah 5 ml/dl. Dokter akan memberikan
antibiotik untuk mengatasi pneumonia. Antibiotik apa yang sesuai untuk kondisi pasien
tersebut.?
a. Tobramisin
b. Netilmisin
c. Gentamisin
d. Ampisilin
e. Amikasin
3. Seorang gadis 18 tahun masuk ke IGD dengan keluhan demam tinggi, nyeri hebat pada
panggul, mual dan muntah. Untuk mengatasinya, pasien diberi amoksilin ijeksi, renitidin
injeksi, metoklopramid ijeksi, tramadol injeksi dan paracetamol tablet. 30 menit setelah
pemberian obat-obat tersebut pasien mengalami sesak nafas, bengkak pada bibir, kulit gatal
kemerahan. Dari gejala tersebut dokter menyimpulkan bahwa pasien mengalami syok
anafilaktik. Obat manakah yang diduga menyebabkan syok anafilaktik.?
a. Amoksisilin injeksi
b. Ranitidin injeksi
c. Metoklopramid injeksi
d. Tramadol injeksi
e. Parasetamol tablet

Seorang wanita berusia 17 tahun datang kesebuah puskesmas untuk memeriksakan golongan darahnya. Vitamin B 5. AB dO e ABO Farmasetik 6. haus. Larutan E. Oralit e. tahan . Berdasarkan hasil pemeriksaan didapatkan bahwa anti A (-). Antasida b. Seorang pasien umur 44 tahun. Seorang apoteker di industri farmasi ingin mengembangkan sediaan padat obat cacing menbendazol. anti B (+) maka golongan darahnya adalah: a. nadi 120 x/m lemah dan dalam mukosa mulut kering. Seorang pasien bernama Budi berumur 5 tahun didiagnosis menderita penyakit demam dan batuk-batuk. Berdasarkan data tersebut pasien didiagnosa dehidrasi. dia ingin obat yang dapat menghentikan secara tuntas keluhan penyakitnya. Kapsul 7. Tablet C.? a. Amoksisilin d. Data bahan aktif farmasi adalah sebagai berikut.9 mEq/liter. Puyer D. Dia Perlu obat yang cocok dengan kondisi tubuhnya. Apoteker yang bertugas memberikan obat kepada pasien. hasil laboratorium. Ranitidin c. Apakah bentuk sediaan yang tepat untuk pasien Budi ini? A. Obat B. B c. natrium 127 mEq/liter. mudah larut dalam air. kalium 2. pada pemeriksaan fisik di dapat tekanan darah 70/67 mmhg. Obat apakah yang diberikan dokter untuk mengatasi keluhan pasien tersebut. datang kerumah sakit dengan keluhan lemah. A b.4.

Capping b. bahan aktif dicampur dulu dengan eksipien lainnya. tidak stabil terhadap air dan etanol. Sediaan obat dikehendaki konsentrasi yang tinggi di dalam usus. Tablet salut enterik d. Data-data yang akan adalah sebagai berikut: bahan pengikat yang digunakan adalah PVP K25 sebanyak 1%. Syrup b.? a. Sediaan obat apakah yang paling baik untuk diberikan oleh apoteker di apotek tersebut. Bahan aktif obat vitamin C mempunyai data praformulasi sebagai berikut: Kristal bentuk kubus. Variasi kekerasan tablet 10. Sigma blade mixer 9.terhadap enzim. Dosis obat per tablet yang akan dibuat adalah 500 mg. Conical screw mixer d. Aliran bahan 25 mg/dt. High speed mixer c. kandungan lengas granul 10% dan punch serta dienya berlogo. Kapsul e.? a. Sticking c. Seorang supervisor di industry farmasi sedang mengembangkan sediaan padat bentuk tablet. Drum mixer b. Tablet salut gula c.? a. obat tersebut akan diberikan kepada anaknya yang berusia 3 tahun dengan keluhan demam dan batuk. Motting d. Masalah apakah yang terjadi pada tablet tersebut. Pulveres . Seorang ibu pergi ke apotek untuk membeli obat. Ribbon mixer e. Tablet c. sebelum di tabletasi. Sediaan padat apakah yang paling tepat untuk dibuat. Kaplet e. Pada proses pembuatan sediaan tablet gliserin guaikolat dijumpai masalah pada tablet yang dihasilkan. Alat pencampur apakah yang paling tepat untuk digunakan. Tablet b. Kapsul 8. Kaplet d.? a. Variasi bobot tablet e.

Parasetamol diminum 5 kali sehari b. Parasetamol diminum kali sehari . Parasetamol diminum 2 kali sehari e. Seorang pasien berusia 20 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan demam tinggi. dari hasil pemeriksaan dokter memberikan obat parasetamol dengan t½ 4 jam.Biofarmasetik 11. dan kepala pusing. Kemudian dokter memeriksa kondisi pasien. Parasetamol diminum 4 kali sehari c. Parasetamol diminum 3 kali sehari d. aturan pakai yang manakah yang sebaiknya disampaikan oleh dokter.? a. Berdasarkan data tersebut.