You are on page 1of 17

DASAR-DASAR TEKNIK LALU

LINTAS
MIFTACHUL HUDA
TEKNIK SIPIL
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Penilaian: • Tugas : 30% • UTS : 20% • UAS : 40% • Aktivitas dan Pastisipasi : 10% Rentang Nilai Huruf Angka Kategori 80 – 100 A 4 Sangat Baik 72 – 79 AB 3.KONTRAK KULIAH Tata Tertib Perkuliahan: • Kehadiran minimal 80 % • Jika berhalangan hadir harus ada surat keterangan yang dapat dipertanggung.jawabkan kebenarannya. • Mengerjakan tugas sesuai dengan jadwal atau waktu yang telah ditentukan • Selama perkuliahan berlangsung.5 Baik 64 – 71 B 3 Lebih dari Cukup 56 – 63 BC 2. • Berpakaian sopan dan rapi. HP dinonaktifkan atau di-silent.5 Cukup 48 – 55 C 2 Kurang 40 – 47 D 1 Sangat Kurang ≤ 39 E 0 Gagal . • Toleransi keterlambatan 15 menit. boleh masuk dengan argumen yang logis.

menentukan kapasitas dan tingkat pelayanan. dan mengetahui dampak lalulintas terhadap lingkungan .TUJUAN MATA KULIAH • Memahami masalah teknik lalulintas. merencanakan sinyal lalu lintas di simpang. mengevaluasi kinerja jalan.

PENGERTIAN APA ITU LALU LINTAS? .

LALU LINTAS Di dalam Undang-undang didefinisikan No 22 tahun 2009 Lalu lintas adalah gerak Kendaraan dan orang di Ruang Lalu Lintas Jalan. sedang yang dimaksud dengan Ruang Lalu Lintas Jalan adalah prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah Kendaraan. dan/atau barang yang berupa Jalan dan fasilitas pendukung. orang. .

jalur lalu lintas dan pengendalian arus di persimpangan. lancar.Pemerintah mempunyai tujuan untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang selamat. tertib dan teratur. aman. nyaman dan efisien melalui manajemen lalu lintas dan rekayasa lalu lintas (teknik lalu lintas). cepat. Tata cara berlalu lintas di jalan diatur dengan peraturan perundangan menyangkut arah lalu lintas. lajur lalu lintas. perioritas menggunakan jalan. .

APA ITU TEKNIK LALU LINTAS? .

jaringan jalan. untuk menghasilkan keselamatan. daerah yang berdampingan dengannya. perancangan geometri serta pengoperasian lalu lintas jalan. dalam hubungannya dengan moda transportasi. . terminal. kenyamanan serta efisiensi dalam pergerakan orang atau barang”.• Teknik lalu lintas adalah cabang ilmu teknik sipil yang memanfaatkan ilmu teknik untuk keamanan dan efisiensi pergerakan dan transportasi barang dan benda di jalan raya. (wikipedia) • Defenisi menurut The Institute of Traffic Engineers : “Teknik Lalu lintas adalah fase teknik transportasi (phase of transportation engineering) yang erat kaitannya dengan perencanaan.

nyaman dan tidak efisien. Perbandingan pertambahan yang tidak seimbang ini menimbulkan kemacetan. kecelakaan. seiring dengan kemajuan industri di bidang otomotif.Perkembangan Teknik Lalu Lintas Fakta menunjukkan. bahwa lalu lintas kendaraan meningkat tajam karena pesatnya pertambahan kendaraan bermotor tiap tahunnya. . Sedangkan panjang jalan relatif hampir tetap. yang mengakibatkan transportasi menjadi tidak aman.

telah serius mempengaruhi kehidupan lingkungan.Kecelakaan. sinyal lalu lintas. Untuk itu perlu perhatian yang lebih tinggi dalam pengoperasian karakteristik angkutan jalan dan studi mengenai kebutuhan untuk perencanaan geometri yang lebih baik. kapasitas simpang jalan. problem parkir dan pencemaran udara akibat kemacetan. terminal bis serta penerangan jalan. fasilitas parkir. . rambu dan marka jalan.

tahun 1904 telah dilakukan survei lalu lintas di beberapa tempat. melalui riset lalu lintas yang bermanfaat. melalui sumbangan dari END Foundation SAUGATUCK. yang dimunculkan tahun 1918. Hasil warisan yang sampai sekarang masih dipakai adalah ditetapkannya 3 warha lampu sinyal lalu lintas. .• Di Amerika Serikat.

• Di Indonesia. teknik lalu lintas mulai diperkenalkan pada permulaan tahun 1970-an. . dengan perkembangan yang cukup menggembirakan.

.

leluasa dan nyaman. cepat. sehingga dapat dijamin pergerakan manusia dan barang dengan aman. . dengan menggunakan prinsip-prisip ilmiah.KARAKTERISTIK LALU LINTAS • Secara umum tujuan dari rekayasa lalu lintas adalah untuk mengatur lalu lintas dijalan raya yang ditimbulkan oleh adanya pergerakan dari alat-alat angkutan. sehingga apabila ditinjau dari sudut ekonomi akan diperoleh suatu biaya angkutan yang minimum. teknik-teknik dan penemuanpenemuan. cara-cara. alat-alat.

KEBUTUHA N PERPINDA HAN PERTUMBU HAN VOLUME LALU LINTAS MACET DAN KECELAKAA N .

jalan yang baru dapat digunakan secara efisien.SOLUSI? Diperlukan analisa dan studi lalu lintas yang diperlukan untuk perencanaan dan pemeliharaan jalan guna sebagai dasar pendekatan konstruktif dan pendekatan pembatasan. sehingga jalan-jalan yang ada dan jalan . .

AAMIIN .SEKIAN MATERI HARI INI TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA... SEMOGA BERMANFAAT.