RENCANA PEMBANGUNAN NON FISIK (SUMBER DAYA MANUSIA

)
TAHUN 2016-2020
“PROGRAM USAHA TANI SEJAHTERA”
DESA MEGERI, KECAMATAN KRADENAN, KAB. BLORA

Penyusun :
Intan Ratna Sari
130722607361
H/2013
PEMERINTAH DESA MEGERI
Alamat : Jln. Pendowo No. 116
Kode Pos: 58383
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perencanaan pembangunan desa telah tertuang dalam peraturan perundangundangan desa Nomor 25 tahun 2003 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan
Nasional. Pembangunan desa harus disesuaikan dengan potensi-potensi yang ada di
desa agar pembangunan dapat berjalan dengan baik. Program-program yang akan
dilaksanakan tersusun dalam sebuah Rencana Kerja Pemerintah desa. Program
tersebut merupakan sebuah rencana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat
desa yang bersumber dari anggaran dana desa.

Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Sektor pertanian di Desa Megeri masih kurang optimal baik produktivitas dan kualitas pertaniannya. BUMDes merupakan salah satu badan milik desa yang menyediakan pelayanan masyarakat dalam mengembangkan usaha produktivitasnya. Dasar Hukum Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 1 . Program “Usaha Tani Sejahtera” merupakan salah satu program untuk dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. peralatan pertanian. Untuk dapat mengoptimalisasi kegiatan pertanian diperlukan program BUMDes dalam bidang pertanian. B. dll. Hal tersebut dikarenakan kurang optimalnya kegiatan pertanian yang disebabkan oleh daya dukung sektor pertanian yang rendah. Program ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan para petani. sehingga perekonomian masyarakat Desa Megeri dapat tercapai. Potensi desa dapat dikaji berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa). Daya dukung tersebut berupa penyediaan bibit unggul. Kebutuhan petani diantaranya adalah modal. namun dalam pelaksanaannya masih kurang optimal. BUMDes Megeri dalam RPJMDes tahun 2015. Pengembangan potensi desa diarahkan untuk pembangunan desa berkelanjutan dan pengembangan sumber daya manusia. Potensi Desa Megeri berdasarkan dokumen RPJM Desa 2015-2019 salah satunya adalah kegiatan sektor pertanian. peralatan dan perlengkapan bidang pertanian. Pendirian BUMDes telah diatur dalam Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 tentang landasan pendirian BUMDes. Program ini merupakan salah satu pengembangan kegiatan BUMDes. BUMDes Megeri ditunjukkan pada kegiatan secara umum dan belum mampu menyediakan pelayanan kepada kegiatan desa secara optimal terutama kegiatan pertanian.Potensi-potensi yang ada di desa perlu dikembangkan guna meningkatkan perekonomian penduduknya. Potensi desa yang dapat dikembangkan dapat berupa potensi fisik maupun non fisik daerah. Terpenuhinya kebutuhan petani diharapkan mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian. BUMDes bidang pertanian ditujukan kepada para petani sebagai upaya pengembangan kegiatan pertanian.

66 Tahun 2007 tentang Perencanaan Pembangunan Desa. 4. Peraturan Menteri dalam Negeri No. UU No 33 Tahun 2004 tentang Pertimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. C. 5. UU Nomor 25 tahun 2003 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. 4. UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Meningkatkan produktivitas petani sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian desa. 5. 3. Manfaat Manfaat program “Usaha Tani Sejahtera” adalah sebagai berikut : 1. D. Kualitas dan produktivitas pertanian terjamin. 5. Memberikan kualitas pelayanan terhadap para petani. Kesejahteraan petani terjamin dan mempermudah dalam perolehan modal usaha tani. 6. 72 Tahun 2005 tentang Desa. Menyediakan kebutuhan petani dalam mengelola lahan pertanian. 03 Tahun 2013 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Megeri Tahun 2015-2019. Perekonomian desa terbantu dengan pembangunan sektor pertanian. Tujuan dan Manfaat Tujuan Adapun tujuan program “Usaha Tani Sejahtera” adalah sebagai berikut : 1. 3. Lebih menjamin kesinambungan pembangunan di tingkat desa. Pemberi arah kegiatan pembangunan pada sektor pertanian. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan perekonomian bidang pertanian. 4.Rencana Pembangunan Non Fisik Desa Megeri dengan program “Usaha Tani Sejahtera” Tahun 2016 disusun dengan mengacu kepada : 1. 2. Peraturan Pemerintah No. UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah pada Pasal 213 ayat (1) tentang pendirian BUMDes berdasarkan potensi desa. Peraturan Desa Megeri No. Proses Penyusunan Proses penyusunan Rencana Pembangunan Non-Fisik (Sumber Daya Manusia) Desa Megeri dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 3 . Meningkatkan kesejahteraan petani. 3. 2. 2. 7.

5. Dasar Hukum c.1. Penentuan potensi dan program desa yang akan dikembangkan. krisis ekonomi dan atau kerusahan sosial yang berkepanjangan d. 3. Sistematika Penyusunan BAB II GAMBARAN UMUM PEMERINTAHAN a. Tujuan dan Manfaat d. Perencanaan anggaran dana dan sumber dana usulan program rencana pembangunan desa. Identifikasi Masalah Berdasarkan Analisa Keadaan Darurat antara lain : bencana alam. Pengkajian kelemahan dan kelebihan potensi dan program yang akan dikembangkan. d. E. 7. 6. krisis politik. 4. 8. Identifikasi masalah berdasarkan RPJM Desa c. Evaluasi perencanaan pembangunan di dokumen RKP Desa yang disesuaikan program yang akan dijalankan. Latar Belakang b. Pengkajian terhadap dokumen RPJMDesa Megeri mengenai potensi-potensi Desa Megeri. Sistematika Sistematika penyusunan Rencana Pembangunan Non-Fisik (Sumber Daya Manusia) dengan Program “Usaha Tani Sejahtera” adalah sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN a. Penyusunan rencana pembangunan program dengan sistematika rencana pembangunan desa. Pengkajian terhadap program-program dalam dokumen RPJMDes Megeri dan disesuaikan dengan potensi desa. Penyusunan draft perencanaan program pembangunan. Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan pada RKP Desa Tahun 2016 b. c. 2. Visi dan Misi Gambaran Sosial Budaya Gambaran Ekonomi Gamabran Infrastruktur Desa BAB III PERUMUSAN PRIORITAS PROGRAM DAN KEGIATAN a. Proses Penyusunan e. Identifikasi Masalah berdasarkan Prioritas Kebijakan Pembangunan Daerah Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 4 . b.

Visi dan Misi Visi dan misi dalam perencanaan program ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat terutama petani. Adapun visi dan misi program “Usaha Tani Sejahtera” adalah sebagai berikut: Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 5 . Rencana Program dan Kegiatan Pembangunan Desa b. Usulan Program dan Kegiatan Supra Desa c.BAB IV RUMUSAN PRIORITAS PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN DESA a. Kebijakan Desa BAB V PENUTUP BAB II GAMBARAN UMUM PEMERINTAH DESA A. Visi dan misi dirancang untuk memberikan gambaran dan arahan terhadap usulan program “Usaha Tani Sejahtera”.

SMA/MA (77 jiwa).505 jiwa dengan jumlah laki-laki 1. dan menengah (UMKM) yang telah berkembang di masyarakat.782 jiwa. Mata pencaharian penduduk adalah sebagai petani. bibit unggul. pupuk. Usaha Tani Sejahtera Perekonomian Desa Meningkat” Visi tersebut memiliki arti bahwa pemenuhan kebutuhan untuk kegiatan pertanian baik teknologi.Gambaran Sosial Budaya Penduduk Desa Megeri sebagian besar merupakan warga asli (pribumi) dan hanya sebagian kecil merupakan warga adalah pendatang. sebagian besar penduduk Desa Megeri merupakan petani dengan jumlah 1.“Kualitas dan Mutu Hasil Panen Terjamin. Mengembangkan sektor pertanian dengan pelayanan kegiatan usaha tani melalui - BUMDes bidang pertanian. Diploma (10 jiwa). SD/MI (931 jiwa). dan Sarjana (5 jiwa).723 jiwa dan perempuan 1. Hal tersebut mampu mendorong kesejahteraan petani dalam meningkatkan perekonomiannya. maka misi yang akan dilakukan adalah sebagai berikut: . B. C. Jumlah penduduk Desa Megeri yang tercatat saat ini berjumlah 3. Mengoptimalkan kreativitas dan inovasi para petani dalam kegiatan pertanian. Potensi sumber daya alam yang ada saatini masih bergantung pada pengelolaan tanah pertanian. Jumlah penduduk menurut tingkat pendidikan Belum Sekolah/ TK (478 jiwa). . SMP/ MTs (97 jiwa). Gambaran Ekonomi Wilayah Desa Megeri sebagian besar merupakan tanah pertanian dan tanah permukiman.907 jiwa (52. Adanya petani yang sejahtera maka akan membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Megeri. Untuk dapat mewujudkan visi tersebut. terdapat potensi di sektor industri dan jasa seperti sentra usaha mikro. Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 6 .34%). kecil.Menyediakan kebutuhan kegiatan tani seperti penyediaan teknologi tepat guna - dan bibit unggul. Menyediakan modal usaha tani untuk meningkatkan inovasi petani dalam - mengelola lahan pertanian. Selain itu. dll akan mampu meningkatkan kualitas pertanian dan hasil panen yang maksimal.

Sekolah Dasar (2). jembatan (3). sarana kesehatan adalah Polindes (1). D. Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan pada RKP Desa Tahun 2015 Evaluasi hasil pembangunan tahun sebelumnya dilakukan melalui analisa terhadap kesesuaian antara program dan kegiatan yang terdapat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tahun Anggaran 2015 dengan implementasi pelaksanaan pembangunan tahun 2015. diperlukan kerjasama masyarakat dan pemerintah untuk dapat merealisasikan program ini. Evaluasi program BUMDes bidang pertanian “Usaha Tani Sejahtera” adalah sebagai berikut: 1. SD/MI (2). BAB III PERUMUSAN PRIORITAS PROGRAM DAN KEGIATAN A. sarana transportasi adalah jalan (2). sarana penduduk menurut agama adalah Islam (4. Kristen (12 jiwa). Katolik (4). Identifikasi masalah berdasarkan RPJM Desa Identifikasi masalah berdasarkan RPJM Desa Megeri mengenai kegiatan program BUMDes bidang pertanian “Usaha Tani Sejahtera” adalah sebagai berikut: Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 7 . Sehingga. Program BUMDes bidang pertanian yang dibiayai oleh APB Desa dan ADD Program belum dapat terealisasikan karena belum cairnya biaya Anggaran Dana Desa (ADD) serta belum adanya dorongan dari masyarakat untuk dapat mengembangkan program ini.Potensi perekonomian desa sangat besar dengan adanya bantuan modal oleh pemerintah di Desa Megeri dari yang berskala kecil. kantor desa (1). TK/Paud (2).840 jiwa). B. sedang. sarana pendidikan dan kesehatan adalah TK/RA (2). maupun besar. Gambaran Infrastruktur Desa Wilayah desa Megeri memiliki sarana peribadahan diantaranya masjid (3) dam mushola (8). Hal ini dapat memberikan peluang bagi tumbuhnya perekonomian masyarakat. sarana pemerintahan adalah balai desa (1). dan sarana olahraga adalah lapangan bola volley (2).

Penggunaan lahan pertanian kurang optimal. krisis ekonomi dan atau kerusahan sosial yang berkepanjangan Analisa keadaan darurat dilakukan untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul dan menghambat pembangunan. Berdasarkan hasil analisa tersebut diperoleh beberapa masalah yang harus diatasi demi kelancaran pembangunan desa dan BUMDes bidang pertanian.2. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengoptimalisasi pengembangan sektor ekonomi rakyat. C. Setren. 3. Optimalisasi sektor pertanian diperlukan dukungan oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam pengelolaannya. Masalah tersebut diantaranya adalah: 1. 3. Pengembangan sektor ekonomi masyarakat desa Megeri didominasi oleh kegiatan masyarakat sebagai petani. krisis politik. 4. Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 8 . Fluktuasi harga beli hasil pertanian. Pengembangan sector pertanian ini merupakan salah satu cara dalam meningkatkan perekonomian dan pendapatan desa melalui BUMDes “Usaha Tani Sejahtera”. Penyediaan teknologi tepat guan belum dapat dimanfaatkan secara optimal. 5. Pemasaran produk belum maksimal. 2. D. dan Ngadongan. Identifikasi Masalah Berdasarkan Analisa Keadaan Darurat antara lain : bencana alam. Serangan hama wereng/serangga. Identifikasi Masalah berdasarkan Prioritas Kebijakan Pembangunan Daerah Analisa terhadap prioritas kebijakan pembangunan daerah yaitu lebih ditekankan pada upaya pengentasan kemiskinan dan upaya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Bencana banjir di beberapa lahan pertanian sepanjang hilir Bengawan Solo dusun Megeri. Masalah sumber daya manusia yang belum mampu mengelola lahannya dengan baik.

Rencana Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Berdasarkan pengkajian terhadap dokumen RPJMDesa Megeri tahun 20152019. kualitas hasil memiliki kegiatan modal Tebu. Jagung. 4. Kedelai. dll) Penyediaan teknologi pertanian Pengelolaan lahan tani Masyarakat yang BUMDes ADD dan pertanian tepat guna seperti pertanian secara memiliki kegiatan modal traktor Pembangunan saluran irigasi efektif dan efisien Menyediakan tani Masyarakat yang BUMDes ADD dan dan bendungan kebutuhan air memiliki kegiatan APBDes untuk pengairan tani pertanian Memberikan modal Masyarakat yang ADD. Penyediaan bibit unggul 2. perencanaan program yang dijadikan sebagai usulan untuk meningkatkan perekonomian masayarakat desa adalah “Usaha Tani Sejahtera”.BAB IV RUMUSAN PRIORITAS PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN DESA A. swadaya untuk pengelolaan memiliki kegiatan masyarakat. Tujuan Meningkatkan Sasaran Masyarakat yang Sumber Dana ADD dan (Padi. maka program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan berdasarkan skala prioritas sebagai berikut: No Rencana Kegiatan 1. 5. Berdasarkan strategi pembangunan ekonomi melalui program “Usaha Tani Sejahtera”. hasil pertanian Mempermudah tani Masyarakat yang dan APBDes ADD dan Modal usaha tani Pasar hasil dan produk Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 9 . 3.

Salah satu sector pertanian desa Megeri yang merupakan potensi unggulannya. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat maka perlu dilakukan optimalisasi sector ekonomi desa. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kebijakan keuangan desa sesuai dengan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program ini: Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 10 . Program BUMDes ini adalah “Usaha Tani Sejahtera” dimana dalam program ini petani diberikan layanan dalam hal pengelolaan hasil pertanian. Sumber keuangan program ini adalah bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) dan Anggaran Pendapatan Desa (APBDes). Usulan program yang tepat untuk optimalisasi sector pertanian adalah BUMDes bidang pertanian. Sebagian modal modal BUMDes ini didukung oleh anggaran dana desa (ADD). pemerintah desa. swadaya masyarakat. Anggaran dana desa digunakan untuk pembangunan BUMDes bidang pertanian dan melengkapi segala bentuk perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan oleh petani. Kebijakan Keuangan Desa Program “Usaha Tani Sejahtera” tani merupakan usaha milik desa dibawah naungan BUMDes bidang pertanian. Modal BUMDes bidang pertanian ini diperoleh dari hibah Pemerintah kabupaten. BUMDes bidang pertanian dianggarkan dari ADD sebesar 40%. 7. Usulan Program dan Kegiatan Supra Desa Kegiatan supra desa ditekankan pada kebijakan untuk dapat meningkatkaan pendapatan dan perekonomian desa. C.6. pertanian dalam pemasaran memiliki kegiatan modal Penyediaan pupuk dan obat produk pertanian Mengurangi tani Masyarakat yang BUMDes ADD dan anti hama/serangga serangan hama dan memiliki kegiatan modal meningkatkan tani BUMDes kualitas tanaman Memberikan Masyarakat yang ADD dan informasi memiliki kegiatan modal mengenai keadaan tani BUMDes Kalender musiman iklim setempat B. Optimalisasi sector pertanian dilakukan dengan cara optimalisasi produktivitas dan inovasi pertanian.

000. Tabungan Masyarakat 3.000 8. Penerimaan biaya tersebut meliputi hasil usaha kegiatan BUMDes.000 9. Pendapatan Pendapatan keuangan BUMDes “Usaha Tani Sejahtera” berasal dari anggaran dana desa (ADD). Pendapatan tersebut dijadikan sebagai modal dalam pengembangan BUMDes “Usaha Tani Sejahtera”. Pembiayaan yang dimaksud adalah penerimaan biaya dan pengeluaran biaya.000. 2.000. Belanja Belanja BUMDes digunakan untuk biaya operasional (Honor.000 160. Bantuan Pemerintah Kabupaten 4.000 5.000.760. padi. dll @Rp7. Rumah Tangga Kantor.000 3. bantuan dari pemerintah serta hasil usaha BUMDes. ADD (Anggaran Dana Desa) 2.000 134.1.800. Uraian Belanja Honor Pegawai Perlengkapan Kantor Pembelian Bibit Unggul Pembelian Traktor @Rp 6. tabungan masyarakat.000. penerimaan simpan pinjam. 5. 3.000 800. Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 11 .000.000.560. Bantuan Pemerintah Desa 5.000 15.000. penyertaan modal masyarakat. Pembiayaan yang dimaksud adalah hutang dan piutang BUMDes. 4. dll). Belanja BUMDes ini merupakan pengeluaran dengan pendapatan atau modal BUMDes.000 43. 7.000 25. 6. Alat tulis kantor.000.000.000.000 25.000 25. pembayaran hutang.300.000.000 45. Berikut ini adalah rincian pengeluaran BUMDes: No 1. Hasil Usaha Jumlah Pendapatan Jumlah (Rp) 85. Berikut ini adalah rincian dana pendapatan BUMDes “Usaha Tani Sejahtera”: No Uraian Pendapatan 1.500. sisa hasil usaha.000 2. Pembiayaan Pembiayaan kegiatan ini meliputi semua penerimaan yang perlu dibayar kembali atau pengeluran yang akan diterima kembali pada anggaran yang bersangkutan maupun pada tahun anggaran berikutnya. Sedangkan pengeluaran pembiayaan adalah pembentukan dana cadangan.Pembelian pupuk dan obat serangga Pengeluaran tak terduga Jumlah Belanja Jumlah (Rp) 7.Pembelian Perontok jagung.

kerjasama oleh semua pihak sangat diperlukan demi berlangsungnya program ini.BAB V PENUTUP Keberhasilan pelaksanaan program “Usaha Tani Sejahtera” ini diperlukan dukungan dari masyarakat serta kerjasama dengan pemerintah. Hal tersebut akan membantu dalam meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat desa. Oleh karena itu. Pelaksanaan program ini diharapkan mampu memberikan pelayanan terhadap petani akan kebutuhan dalam pengelolaan pertaniannya. Ditetapkan di :_________ Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 12 . Kerjasama yang baik antar keduanya mampu mendorong pembangunan dan pelaksanaan program “Usaha Tani Sejahtera”yang bergerak sebagai BUMDes bidang pertanian. Keberhasilan program ini akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Pada tanggal :_________ Penyusun Intan Ratna Sari Perencanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia 13 .