You are on page 1of 8

BERPIKIR

POSITIF

1

Menerapkan berpikir positif dalam kehidupan 2 . Mengidentifikasi ciri berpikir positif 2. Mengaplikasikan berpikir positif organisasi dan kehidupan dalam B. Berpikir positif dan kepemimpinan 4. Tujuan 1. Ruang Lingkup Materi 1.BERPIKIR POSITIF A. Pengertian berpikir positif 2. Manfaat berpikir positif 5. Memahami manfaat berpikir positif 3. Prinsip-prinsip berpikir positif 3.

3 .PENGERTIAN Berpikir positif berarti “melihat” segala sesuatu yang dihadapi atau diamati dari segi positif dan membiarkan pikirannya berproses secara positif yang kemudian mempengaruhi sikap dan perilaku menjadi positif.

Keberuntungan hanya akan datang pada orang yang berpikir positif 7. Gunakan pendekatan “keimanan” 4 . Hargai diri sendiri 6. Percaya akan kemampuan diri (optimisme) 2. Ucapan positif mempengaruhi pikiran yang positif 5. Kembang ketenangan dalam menghadapi sesuatu 3.PRINSIP-PRINSIP BERPIKIR POSITIF 1. Jangan merasa terpaksa 8. Didalam setiap masalah yang dihadapi pasti ada makna positifnya 4.

BERPIKIR POSITIF & KEPEMIMPINAN Dalam kepemimpinan. Sok kuasa 5 . Sikap apriori 2. Mudah curiga 3. Dendam 4. Cemburu 5. Sok tahu 6. berpikir positif hendaknya dikembangkan dengan cara menghindari: 1.

MANFAAT BERPIKIR POSITIF 1. Menciptakan manusia hubungan yang sehat antar 4. Memelihara kesehatan jasmani dan rohani 6 . Memberi energi yang lebih besar untuk kegiatan kreatif 3. Membentuk kepribadian yang baik 2.

Pengembangan berpikir positif dan negatif atau mengikuti pada “pengukuhan psikologis” 4.LANGKAH-LANGKAH MENERAPKAN BERPIKIR POSITIF DALAM ORGANISASI & KEHIDUPAN 1. Cobalah dalam kehidupan sehari-hari 3. Pahami baik-baik konsep berpikir positif 2. Berpikir positif menuntun kehidupan yang konstruksi seperti bagan alur di bawah ini : 7 .

Alur Menerapkan Berpikir Positif SALING PERCAYA SALING MENDUKUNG TINDAKAN POSITIF KOPERATIF TERBUKA PERFORMA TERBAIK SISI POSITIF PRASANGKA SISI NEGATIF DEFENSIF TERTUTUP TINDAKAN NEGATIF MENAHAN INFORMASI NON KOPERATIF PERFORMA TUBUH 8 .