You are on page 1of 45

BAB 5.

INDONESIA MERDEKA
XI BB1
AMIROH
ANNISA CHAIRANI HARAHAP
DEVI SAFRINA
NILA CAHYA RAHMAWATI
FAZRIN
NURI WIDJAYANTI
TITIK SUNDARI

DAFTAR ISI
INDONESIA MERDEKA

A. Dari Rengasdengklok Hingga
Pegangsaan Timur
1.

Jepang Kalah Perang dengan Sekutu
Perang Dunia II yang berkecamuk sejak tahun
1939 telah menyebabkan kedua kelompok yakni Sekutu
dan negara-negara fasis saling menyerang dengan
menggunakan senjata pemusnah dan kerusakan massal.
Korban dan kerugian kedua belah pihak tidak terhitung
jumlahnya. Jutaan manusia meninggal dunia akibat PD II
tersebut.
Keinginan Amerika untuk segera menghancurkan
kekuatan Jepang dilakukan dengan mengirimkan
pesawat pembawa bom atom. Pada tanggal 6 Agustus
1945, bom atom pertama diledakkan di kota Hirosihma,
sementara pada tanggal 9 Agustus 1945 bom atom
diledakkan di kota Nagasaki.

Kehancuran Kota Hiroshima dan Nagasaki memukul
perasaan bangsa Jepang. Mereka tidak dapat menutup
mata bahwa sekutu lebih unggul dalam persenjataan.
Akhirnya Jepang memutuskan untuk melakukan
penyerahan kepada sekutu tanpa syarat pada tanggal 15
Agustus 1945 yang menandai berakhirnya Perang Dunia II.
Sejak semakin terjepit kekalahan, Jepang terpaksa
memberi janji kemerdekaan kepada Indonesia. Tanggal 7
Agustus 1945, Jenderal Terauchi menyetujui pembentukan
Dokuritsu Junbi Inkai atau Panitia Persiapan Kemerdekaan
Indonesia (PPKI) yang diketuai Ir. Soekarno dengan wakil
Drs. Moh. Hatta.
Jenderal Terauchi memanggil Soekarno, Hatta, dan
Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat, Saigon, yang
merupakan salah satu pusat tentara Jepang, tanggal 9
Agustus 1945. Tanggal 12 Agustus, Jenderal Terauchi
mengucapkan selamat tinggal dan menegaskan bahwa
Jepang akan memberikan kemerdekaan pada Indonesia.
Mereka bertiga pulang kembali ke Jakarta pada 14
Agustus 1945.

Hatta dan mendesak agar Soekarno dan Hatta segera memerdekakan Indonesia. Perbedaan Pendapat dan Penculikan Hari-hari Menjelang 15 Agustus 1945 merupakan hari menegangkan bagi Jepang dan Indonesia. segera menemui Moh. Sutan Syahrir. Bagi bangsa Jepang. Inilah yang menjadi pemikiran Golongan Muda dari kaum pergerakan Indonesia. itulah kesempatan mempercepat proklamasi. tanggal tersebut merupakan titik akhir nyali mereka melanjutkan PD II. Sebagai tokoh yang demokratis. Bagi Indonesia. Para pemuda berpikir bahwa Indonesia sedang kosong kekuasaan. Soekarno dan Hatta ingin mengonfirmasi terlebih dahulu mengenai kebenaran berita tersebut. bukan oleh PPKI yang para pemuda anggap sebagai buatan Jepang. tapi para pemuda berpendapat bahwa kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan oleh kekuatan bangsa sendiri.2. Para pemuda mendesak tokoh senior untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. tokoh pemuda yang mengetahui penyerahan Jepang. Namun ternyata. sehingga proklamasi dipercepat adalah pilihan yang tepat. . Soekarno dan Hatta berpendapat bahwa memproklamasikan kemerdekaan perlu dibicarakan dengan PPKI.

00 tanggal 15 Agustus 1945.00.Rabu.00 WIB. . Hatta ikut serta. para pemuda yang dipimpin Wikana. Sukarni. Singgih yang ditunjuk untuk memimpin rencana tersebut meminjam perlengkapan dari Markas PETA yang saat itu dijaga Latif Hendraningrat. Untuk melaksanakan rencana. dan Moh. Tanggal 16 Agustus 1945. rombongan tersebut menuju Rengasdengklok. pukul 22. Soekarno setuju asal Fatmawati. Hatta menuruti kehendak para pemuda itu. pukul 04. 15 Agustus 1945. Moh. mengadakan pertemuan dan sepakat untuk membawa Soekarna dan Hatta ke luar kota agar kedua tokoh ini jauh dari pengaruh Jepang dan bersedia memproklamasikan kemerdekaan. pukul 24. Guntur. Para pemuda gagal memaksa Soekarno dan golongan tua untuk memproklamasikan kemerdekaan. dan Darwis datang ke rumah Soekarno dan memaksa untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia paling lambat tanggal 16 Agustus 1945. Para pemuda malam itu.

apabila 17 Agustus 1945 paling lambat pukul 12. Dengan jaminan itu. sehingga dari segi keamanan terjamin. Ahmad Subarjo segera mencari kedua tokoh tersebut. Berakhirlah peristiwa Rengasdengklok.Dipilihlah daerah Rengasdengklok karena daerah itu terpencil. para pemuda mengijinkan rombongan kembali ke Jakarta. Namun ada gelagat yang ditangkap Singgih bahwa Soekarno bersedia memproklamasikan kemerdekaan kalau sudah kembali ke Jakarta. taruhannya nyawa Ahmad Subarjo. tetapi Soekarno dan Hatta tidak ada di tempat.00 WIB belum ada proklamasi kemerdekaan. Ahmad Subarjo diantarkan ke Rengasdengklok oleh Yusuf Kunto. Jakarta berada dalam keadaan tegang karena hari itu seharusnya diadakan pertemuan PPKI. dan ada hubungan baik antara Daidan PETA Purwakarta dan Daidan Jakarta. Kecurigaan menyelimuti perasaan para pemuda. Sehari di Rengasdengklok ternyata gagal memaksa Soekarno untuk menyatakan kemerdekaan Indonesia lepas dari campur tangan Jepang. Setelah terjadi kesepakatan dengan Wikana. Petang itu juga Soekarno dan rombongan kembali ke Jakarta. Ahmad Subarjo akhirnya memberikan jaminan. .30 WIB untuk menjemput Soekarno dan rombongan. Ahmad Subarjo tiba di Rengasdengklok pukul 17.

Soekarno menyampaikan rapat persiapan kemerdekaan. Perumusan Teks Proklamasi Hingga Pagi Rombongan kemudian menuju kediaman Nishimura di Jakarta. Soekarno dan Hatta diantarkan Laksamana Maeda menemui Gunseikan Mayor Jenderal Hoichi Yamamoto. Rumah Maeda dianggap aman dari Rikugun yang hendak menggagalkan pengumuman proklamasi kemerdekaan. dan beberapa perwakilan lain. Mereka menemui Somubuco Mayor Jenderal Otoshi Nishimura untuk menjajaki sikapnya terhadap pelaksanaa proklamasi kemerdekaan. Selain itu. Maeda sendiri memiliki hubungan akrab dengan para pemimpin bangsa dan Maeda juga bersimpatik terhadap kemerdekaan. Kepada Nishimura. hadir para aggota PPKI. Nishimura menolak karena sudah mendapat perintah dari Serikat untuk tidak mengubah status dan keadaan Indonesia. . Di rumah Maeda. sehingga rumah beliau direlakan menjadi tempat pertemuan untuk berunding dan merumuskan naskah proklamasi. tapi beliau menolak Soekarno-Hatta pada tengah malam. Rombongan segera ke rumah Laksamana Maeda untuk merumuskan teks proklamasi. para pemimpin pergerakan.3.

dan Sukarni mengusulkan agar teks proklamasi cukup ditanda tangani Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia. Dengan beberapa perubahan. Kemudian Ahmad Subarjo menyampaikan kalimat “ Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia”. Hatta menambahkan kalimat “hal hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya”. Soekarno-Hatta berkesimpulan bahwa tidak ada gunanya membicarakan kemerdekaan Indonesia dengan pihak jepang. Di ruang makan Maeda. dirumuskanlah naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.Pada pertemuan Nishimura. Mereka kembali ke rumah Maeda. Soekarno pertama kali menuliskan kata pernyataan “Proklamasi”. Usul itu diterima. Para pemuda menolak. mereka tidak mencapai kata sepakat. Pukul 04. .00 WIB. Soekarno meminta tanda tangan semua yang hadir sebagai wakil-wakil bangsa Indonesia. konsep itu kemudian diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik. Moh.

.

Soekarno mengusulkan agar proklamasi dilakukan di rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56. naskah itu harus disebarluaskan. Sukarni mengusulkan agar naskah tersebut dibacakan di lapangan Ikada.Demikian pertemuan dini hari itu menghasilkan naskah proklamasi. .00 WIB di tengah bulan Ramadhan. 17 Agustus 1945 pukul 10. Usul tersebut disetujui dan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan Soekarno bersama Hatta di rumah Soekarno pada hari Jumat. Agar seluruh rakyat Indonesia mengetahuinya. Tapi Soekarno tidak setuju karena tempat itu adalah tempat yang dapat memancing bentrok antara rakyat dengan militer Jepang.

barisan pemuda datang menuju Lapangan Ikada karena informasi yang disampaikan dari mulut ke mulut bahwa proklamasi akan dilaksanakan di Lapangan Ikada. Sebelum pulang. Hatta berpesan kepada B. Tanpa diduga. para pemimpin dan pemuda keluar dari rumah Laksamana Maeda dengan diliputi kebanggaan. Pembacaan Proklamasi Pukul 10. Diah untuk memperbanyak teks proklamasi dan menyiarkannya ke seluruh dunia. .00 Pagi Pada pukul 5 pagi tanggal 17 Agustus 1945.M. berusaha menghalangi. Ternyata proklamasi tidak dilaksanakan di Lapangan Ikada.4. Moh. Lapangan Ikada dijaga ketat oleh tentara Jepang dengan persenjataan lengkap. melainkan di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56. Jepang yang telah mencium kegiatan pemuda.

Acara yang direncanakan pada upacara bersejarah itu adalah pembacaan teks proklamasi. Soekarno mendekati mikrofon untuk membacakan teks proklamasi. Bersamaan dengan naiknya bendera Merah Putih. upacara telah selesai. . Soekarno dan Hatta keluar ke serambi depan. Muwardi. Sekitar pukul 11. Hari Jumat Legi. Muwardi menunjuk beberapa anggota Barisan Pelopor untuk menjaga keselamatan Soekarno dan Moh.000 orang.00 WIB. Soekarno dan Hatta maju beberapa langkah. pengibaran bendera Merah Putih. diikuti oleh Ibu Fatmawati.00 WIB. Suwiryo memberikan sambutan dan kemudian disusul sambutan dr. Muwardi dari keamanan. para hadirin secara spontan menyanyikan lagu Indonesia Raya tanpa ada yang memimpin. Setelah itu. sudah banyak orang berdatangan di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56. tepat pukul 10. Diperkirakan yang hadir pada pagi itu seluruhnya ada 1.Sejak pagi hari. Suhud dan Latief Hendraningrat. Acara berikutnya adalah pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh S. Kemudian dr. Hatta. dan sambutan Walikota Suwiryo dan dr.

.

. Jepang secara resmi mengumumkan penyerahan kepada sekutu.tetapi Jepang menentang upaya penyiaran proklamasi dan memerintah agar meralat berita proklamasi sebagai kekeliruan. proklamasi diketahui di wilayah-wilayah terpencil. informasi ke daerah-daerah tidak secepat di Jakarta. seperti surat kabar. Keempat penguasa kerajaan di Jawa Tengah menyatakan dukungan mereka kepada Republik. Para wartawan juga menyebarkan berita proklamasi melalui media cetak. timbullah masalah kesetiaan. Setelah itu. Rakyat menyambut dengan antusias. Mereka kemudian membuat pemancar baru di Menteng 31. Saat tersiarnya berita proklamasi kemerdekaan. selembaran. sehingga pada 20 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan akan disebarluaskan melalui radio. banyak rakyat yang jauh dari Jakarta tidak mempercayainya. dan penerbitan lainnya. Baru bulan September 1945. Para penyiar tidak mau memenuhi seruan Jepang. Karena alat komunikasi terbatas.5. Kebahagiaan Rakyat atas Kemerdekaan Indonesia Berita Proklamasi Kemedekaan Indonesia cepat bergema ke berbagai daerah. pemancarnya di segel dan para pegawai dilarang masuk. Tanggal 22 Agustus 1945.

pemuda mengambil alih kereta api termasuk bengkel di Manggarai. sistem listrik. para pemuda di Jakarta mengambil alih kekuasaan atas stasiunstasiun kereta api. Para mantan prajurit PETA dan Heiho membentuk kelompok yang paling disiplin.Euforia revolusi negara mulai melanda negeri ini. Gedung Radio Jakarta dapat dikuasi. Tanggal 11 September. Para pasukan Jepang sering kali meninggalkan wilayah perkotaan dan menarik mundur pasukannya ke daerah pinggir guna menghindari konfrontasi. Surat-surat kabar dan majalah Republik bermunculan di berbagai daerah. instalansi penting di daerah Jawa juga sudah berada di tangan para pemuda Indonesia. Laskar Masyumi dan Barisan Hizbullah menerima banyak pejuang baru dan bergabung dalam kelompok bersenjata Islam lainnya yang disebut Barisan Sabilillah yang kebanyakan dipimpin para Kiai. Antara tanggal 3-11 September 1945. seluruh radio berhasil dikuasi Republik. sehingga tanggal itu dijadikan hari lahir Radio Republik Indonesia (RRI). dan stasiun pemancar radio tanpa mendapat perlawanan dari pihak Jepang. Tanggal 3 September. . Aktivitas kelompok sastrawan bernama “Angkatan 45” mengalami masa puncaknya pada zaman revolusi. Pada akhir bulan September. Banyak pemuda yang bergabung dalam badan perjuangan. Tanggal 5 September.

.

Sultan selaku Kepala Daerah Istimewa bertanggung jawab kepada Presiden. . 2. Amanat Sri Paku Alam VIII sama dengan amanat Sri Sultan Hamengkubuwono IX.Ucapan selamat yang diterima Soekarno dan Hatta menyiratkan bahwa Sultan Hamengkubuwono IX dan Paku Alam VIII mengakui kemerdekaan RI dan siap membantu. 1. pada 5 September 1945. Hubungan antara Negeri Ngayogyakarta Hadiningrat dengan Pemerintah Pusat Negara RI bersifat langsung. 3. Sri Sultan sebagai kepala daerah dan memegang kekuasaan atas Negeri Ngayogyakarta Hadiningrat. Sultan Hamengkubuwono IX dan Paku Alam VIII. Hanya kata “Sri Sultan Hamengkubuwono IX” diganti dengan “Sri Paku Alam VIII” dan “Negeri Ngayogyakarta Hadiningrat” diganti dengan “Negeri Paku Alaman”. mengeluarkan amanat sebagai berikut : Negeri Ngayogyakarta Hadiningrat bersifat kerajaan dan merupakan daerah istimewa dari Negara Indonesia. Untuk mempertegas sikapnya.

.

B. Sidang dilanjutkan dengan pengesahan UUD 1945 yang sebelumnya telah dibahas bab demi bab dan pasal demi pasal.30 WIB dan menghasilkan penetapan pancasila sebagai dasar negara. PPKI melakukan rapat pertama di Pejambon (sekarang disebut Gedung Pancasila). Sebagai dasar hukum pemilihan tersebut. . Ini menandai untuk pertama kalinya presiden dan wakil presiden dipilih oleh PPKI. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Pengesahan UUD 1945 dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Kelengkapan-kelengkapan negara harus segera dipenuhi oleh Indonesia yang baru saja merdeka. Salah satu hal terpenting yang harus dipenuhi adalah Undang-Undang Dasar (UUD). Setelah proklamasi. harus disahkan dulu pasal 3 dari Aturan Peralihan. MENGANALISIS TERBENTUKNYA NKRI 1. PPKI melakukan sidang yang menghasilkan UUD yang kemudian dikenal sebagai UUD 1945. Tanggal 18 Agustus 1945. yang dibuka sekitar pukul 11.

Hatta sebagai Wakil Presiden RI. dan Moh.Kertas suara dibagikan. Sesudah itu. maka secara aklamasi terpilih Ir. Soekarno menunjuk sembilan orang PPKI sebagai panitia kecil dipimpin oleh Otto Iskandardinata yang bertugas untuk membagi wilayah negara Indonesia. . pasal-pasal yang tersisa yang berkaitan dengan Aturan Peralihan dan Aturan Tambahan disetujui. Setelah menjadi Presiden. tapi atas usul Otto Iskandardinata. Soekarno sebagai Presiden RI.

Sebelum acara dimulai. Hasil keputusannya membagi wilayah Indonesia menjadi : . Soekarno telah menunjuk Ahmad Subarjo. Pembentukan Departemen dan Pemerintahan Daerah Sidang PPKI dilanjutkan kembali tanggal 19 Agustus 1945. tapi bukan pejabatnya. Sutarjo Kartohadikusumo.Jawa Tengah .Borneo (Kalimantan) .Sunda Kecil . Otto Iskandardinata menyampaikan hasil kerja panitia kecil yang dipimpinnya. masih ditambahkan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta.Sulawesi . Acara pertama adalah pembahasan hasil kerja panitia kecil yang dipimpin Otto Iskandardinata.2.Maluku .Jawa Timur . dan Kasman Singodimejo sebagai panitia kecil lainnya yang bertugas merumuskan bentuk departemen bagi pemerintahan RI. .Sumatera Di samping wilayah tersebut.

NKRI terbagi atas beberapa departemen sebagai berikut.Setelah itu.  Kementerian Dalam Negeri  Kementerian Luar Negeri  Kementerian Kehakiman  Kementerian Keuangan  Kementerian Kemakmuran  Kementerian Kesehatan  Kementerian Pengajaran  Kementerian Sosial  Kementerian Pertahanan  Kementerian Penerangan  Kementerian Perhubungan  Kementerian Pekerjaan Umum . sidang dilanjutkan dengan mendengarkan laporan Ahmad Subarjo mengenai pembagian departemen atau kementerian. Adapun hasil yang disepakati.

dan Adam Malik.3. . Jakarta. PPKI kembali mengadakan sidang tanggal 22 Agustus 1945. Pembentukan Badan-Badan Negara Pada malam hari tanggal 19 Agustus 1945. Mr. Kasman Singodimejo. KNIP diresmikan dan anggotanya dilantik pada 29 Agustus 1945 di Gedung Kesenian Pasar Baru. yakni Sutarjo Kartohadikusumo. Presiden Soekarno bersama beberapa tokoh penting lainnya berkumpul untuk membahas siapa saja yang akan diangkat sebagai anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Ketua KNIP adalah Mr. Dalam sidang ini. Komite Nasional dibentuk sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuka menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan kedaulatan rakyat. Selanjutnya disepakati bahwa rapat KNIP direncanakan tanggal 29 Agustus 1945. Latuharhary. diputuskan mengenai pembentukan Komite Nasional Seluruh Indonesia dengan pusatnya di Jakarta. dengan beberapa wakilnya.

untuk sementara Indonesia sudah memiliki kekuasaan legislatif. maka Wakil Presiden selaku wakil pemerintah. telah dibentuk BPKNIP yang diketuai oleh Sutan Syahrir. . Berdasarkan usul dari sidang tersebut. Sidang ini dipimpin Kasman Singodimejo. Dalam sidang ini diusulkan agar KNIP diberi hak legislatif selama DPR dan MPR belum dibentuk.Tanggal 16 Oktober 1945. Syahrir dan Amir Syarifudin mengusulkan adanya BPKNIP (Badan Pekerja KNIP) untuk menghadapi suasana genting yang akan mengerjakan tugas-tugas operasional dari KNIP. mengeluarkan maklumat yang lazim disebut Maklumat Wakil Presiden no. meskipun hanya bersifat sementara. Untuk menjalankan kegiatannya. diselenggarakan sidang KNIP yang bertempat di Gedung Balai Muslimin Indonesia. Dengan adanya maklumat tersebut. Jakarta. KNIP diharapkan dapat berperan sebagai DPR dan MPR. X (baca : eks).

.

A. d. f. h. A. Surakhmad Cokroadisuryo Keamanan Rakyat Supriyadi Kesehatan Dr. c. Maramis Kehakiman Prof. Ahmad Subarjo Keuangan Mr. Wiranata Kusumah Luar Negeri Mr. Mr. Menteri Menteri Menteri Menteri Menteri Menteri Menteri Menteri Menteri Dalam Negeri R. Buntaran Martoatmojo Pengajaran Ki Hajar Dewantara Penerangan Mr.A. i. Kabinet RI yang pertama dibentuk oleh Presiden Soekarno tanggal 2 September 1945 terdiri atas para menteri sebagai berikut. Dalam kabinet ini para menteri bertanggung jawab kepada presiden. Supomo Kemakmuran Ir. Pembentukan Kabinet Presiden segera membentuk kabinet yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sendiri. b.A. e. a. g. Amir Syarifudin .4.

j. Amir Mr. Menteri Sosial Mr. M. Menteri Pekerjaan UmumAbikusno Cokrosuyoso l. Sartono R. Iwa Kusumasumantri k. R.M. Menteri Perhubungan Abikusno Cokrosuyoso m. Otto Iskandardinata . Menteri Negara Wahid Hasyim Dr.

Pembentukan Berbagai Partai Politik a.5. d. g. Beberapa partai politik yang kemudian terbentuk. i. misalnya : Masyumi 7 November 1945 PKI (Partai Komunis Indonesia) 7 November 1945 PBI (Partai Buruh Indonesia) 8 November 1945 Partai Rakyat Jelata 8 November 1945 Parkindo (Partai Kristen Indonesia) 10 November 1945 PSI (Partai Sosialis Indonesia)10 November 1945 PRS (Partai Rakyat Sosialis) 10 November 1945 PKRI (Partai Katolik Republik Indonesia) 8 Desember 1945 Persatuan Rakyat Marhaen Indonesia 17 Desember 1945 PNI (Partai Nasional Indonesia) 29 Januari 1946 . e. Sidang PPKI 22 Agustus 1945 memutuskan adanya partai politik nasional yang kemudian terbentuknya PNI (Partai Nasional Indonesia) yang diharapkan sebagai wadah persatuan pembinaan politik bagi rakyat Indonesia. f. j. c. h. b.

maka dapat dikatakan bahwa di seluruh tanah air telah siap menggelorakan revolusi untuk membersihkan kekuatan Jepang dari tanah air. Munculnya Komite van Aksi disusul dengan berbagai badan perjuangan lainnya seperti API (Angkatan Pemuda Indonesia). Komite Van Aksi dan Lahirnya BadanBadan Perjuangan Sukarni dan Adam Malik membentuk Komite van Aksi yang dimaksudkan sebagai gerakan yang bertugas dalam pelucutan senjata terhadap serdadu Jepang dan merebut kantor-kantor yang masih diduduki Jepang. Di Surabaya. BARA (Bartisan Rakyat Indonesia).6. dan BBI (Barisan Buruh Indonesia). Kemudian tanggal 25 Agustus 1945. . seperti KRIS (Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi) dan PIM (Pemuda Indonesia Maluku). Dengan munculnya badan-badan perjuangan tersebut. Demikian juga di daerah lain yang juga muncul berbagai badan perjuangan. dibentuk Angkatan Muda yang kemudian muncul PRI (Pemuda Republik Indonesia) tanggal 23 September 1945. muncul BBI pada 21 Agustus 1945.

Terbentuknya TNI berpangkal dari maklumat pembentukan TKR (Tentara Keamanan Rakyat).7. Lahirnya Tentara Nasional Indonesia Sebagai negara yang wilayahnya luas. Sebutan TNI (Tentara Nasional Indonesia) lebih populer dengan sebutan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). tentara mutlak diperlukan sebagai benteng pertahanan. Kesatuan TKR kemudian berkembang menjadi TNI. .

diputuskan untuk membentuk BKR (Badan Keamanan Rakyat) yang merupakan bagian dari BPKKP (Badan Penolong Keluarga Korban Perang). Hal ini berkaitan dengan sikap Jepang yang tidak senang kalau terjadi perubahan status dari negara jajahan menjadi negara merdeka. Pada sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945.A. apalagi sampai memiliki tentara. Badan Keamanan Rakyat Beberapa minggu setelah proklamasi. Karena Jepang takut atas pemerintah sekutu. Presiden Soekarno masih bersikap hati-hati. Oleh karena itu. para pemuda memelopori pembentukan badan-badan perjuangan. namun BKR bukan tentara. Indonesia belum memiliki tentara. . maka Jepang bersikap keras kepada Indonesia. seperti melucuti persenjataan dan membubarkan PETA pada 18 Agustus 1945. Presiden Soekarno bersikap hati-hati agar Republik Indonesia tetap dapat berlangsung. Tujuan BKR adalah untuk memelihara keselamatan rakyat dan keamanan di berbagai wilayah. sehingga sampai akhir bulan Agustus 1945. BKR dibentuk di berbagai wilayah.

Dengan demikian ancaman dari kekuatan asing semakin besar. . Para pemuda belum puas dengan keberadaan BKR. Sehubungan dengan itu. tentara Indonesia belum memiliki kesatuan dan organisasi tentara secara resmi dan profesional. BKR hanya diprogram untuk menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat. BKR bukan kekuatan bersenjata yang bersifat nasional. Tentara Keamanan Rakyat Sampai akhir bulan September 1945. pemerintah memanggil bekas Mayor KNIL. Sementara kesatuan aksi atau badan perjuangan para pemuda yang bersifat setengah militer masih diizinkan beroperasi apabila tidak ingin bergabung dalam TKR. KNIL. dan laskar-laskar yang ada untuk bergabung dalam TKR. KNIP mengeluarkan perintah bagi bekas tentara. Urip Sumoharjo untuk membentuk tentara kenegaraan. PETA. pasukan ini mendesak Jepang untuk mempertahankan Indonesia yang masih dipandang sebagai daerah jajahan. Jepang semakin keras mempertahankan diri dan melawan gerakan para pemuda. Para pemimpin negara menyadari bahwa sulit mempertahankan negara dan kemerdekaan tanpa suatu tentara atau angkatan perang.B. sehingga badan perjuangan terus mengadakan perlawanan terhadap Jepang. Angkatan perang Inggris mendarat di Jakarta pada 16 September 1945. Pada 29 September 1945. Heiho. Dengan demikian. mendarat lagi tentara Inggris yang diboncengi NICA. Pada 9 Oktober 1945.

. pangkat Sudirman menjadi Jenderal dan Urip Sumoharjo menjadi Letnan Jenderal.Personalia pemimpin TKR ternyata belum mantap karena tidak munculnya Supriyadi sebagai Menteri Kemanan Rakyat yang hilang sejak berakhirnya pemberontakan PETA di Blitar pada 20 Oktober 1945. setelah pertempuran Ambarawa selesai. Oleh karena itu. maka diadakan pemilihan pimpinan tertinggi TKR yang baru. kepemimpinan yang aktif adalah Urip Sumoharjo yang diangkat menjadi Kepala Staf Umum TKR. tapi Supriyadi tidak kunjung datang. Setelah pertempuran itu. disepakati untuk mengangkat Kolonel Sudirman sebagai Panglima Besar TKR. Mengingat Supriyadi tidak pernah muncul. Pelantikan baru dapat dilaksanakan pada 18 Desember 1945. Dalam rapat pemilihan itu. Supriyadi diangkat menjadi Pimpinan Tertinggi TKR.

Situasi negara semakin genting. Kemudian pemerintah mengeluarkan Penetapan Pemerintah No.TRI. Indonesia masih menghadapi masalah yang berkaitan dengan persenjataan. TKR dinilai hanya merupakan kesatuan yang menjaga keamanan rakyat yang belum menunjukan suatu kesatuan angkatan bersenjata yang mampu melawan musuh dengan perang bersenjata.2/SD 1945 yang mengubah nama Tentara Keamanan Rakyat menjadi Tentara Keselamatan Rakyat. dengan dipimpin oleh Soekarno sendiri. . Belum genap satu bulan. Dari TKR. ke TNI Sejarah ketentaraan Indonesia terus mengalami perubahan.C. Sehubung dengan kenyataan itu. Sementara dalam kenyataannya. presiden mengeluarkan dekrit yang berisi tentang pembentukan panitia yang disebut Panitia Pembentuk Organisasi Tentara Nasional. serta mengubah Kementerian Keamanan Rakyat menjadi Kementerian Pertahanan. Aksi pihak tentara Belanda semakin mengancam. Kesatuan kelaskaran juga lebih condong kepada induk partainya yang belum tentu searah dengan perjuangan para tentara yang tergabung dalam TRI. Tentara Keselamatan Rakyat diubah menjadi TRI (Tentara Republik Indonesia). TRI kemudian disempurnakan dengan dibentuknya ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia) dan AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia).

Semua itu terkenal dengan sebutan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). TNI Angkatan Laut. dan TNI Angkatan Udara. Dalam organisasi ini. . Mulai 3 Juni 1947. telah dimiliki TNI Angkatan Darat. akhirnya keluar Penetapan Presiden tentang pembentukan organisasi TNI (Tentara Nasional Indonesia). TNI berdiri secara resmi sebagai penyempurna dari TRI.Setelah panitia itu bekerja. Segenap anggota angkatan perang dan anggota kelaskaran dimasukan ke dalam TNI.

Bersama Moh. Tanggal 17 Agustus 1945.C. Karena itu. peranan Soekarno semakin penting. Hatta. lahir di Surabaya. 6 Juni 1901. Sudah Aktif dalam berbagai pergerakan sejak mahasiswa yang menyebabkan ia sering keluarmasuk penjara. Soekarno menjadi tokoh sentral yang terus di desak untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Ia terpilih menjadi orang nomor satu di Indonesia dan diberi kepercayaan membacakan teks proklamasi. Soekarno dikenal sebagai pahlawan proklamator. Chou Sangi In dan PPKI. Soekarno wafat pada 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Blitar . Ia pernah menjadi ketua Putera. Meneladani Para Tokoh Proklamasi Soekarno (Bung Karno). serta jadi ketua BPUPKI.

Moh. Hatta Moh. dan menjadi wakil ketua PPKI yang membuat dia dan Soekarno menjadi dwi tunggal yang sulit dipisahkan.2. ia aktif dalam perjuangan kemerdekaan. menjadi ketua dan pemimpin Perhimpunan Indonesia di Belanda. Ia juga aktif di PNI bersama Soekarno. Hatta lahir di Bukittinggi tanggal 12 Agustus 1902. Moh. . menjadi anggota BPUPKI. Ia wafat pada 14 Maret 1980 dan dimakamkan di pemakaman umum Tanah Kusir Jakarta. Drs. Hatta melibatkan diri dalam perumusan teks proklamasi dan ikut menandatangani teks proklamasi. Pada detik-detik proklamasi. Moh. Sejak jadi mahasiswa di luar negeri. Hatta mendampingi Soekarno sehingga ia juga dikenal sebagai pahlawan proklamator. Ia bergabung dalam Putera.

Ahmad Subarjo Ahmad Subarjo berhasil meyakinkan golongan muda bahwa para senior akan segera melaksanakan proklamasi. Ia lahir di Karawang pada 23 Maret 1896 dan menutup usia pada bulan Desember 1978. . menjadi Kaigun. serta menjadi anggota BPUPKI dan PPKI. Ahmad Subarjo menjadi tokoh yang mengakhiri peristiwa Rengasdengklok dan berperan dalam perumusan teks proklamasi. Namun ia tidak hadir saat Bung Karno membacakan teks proklamasi. Menjadi taruhan untuk peristiwa yang sangat penting menunjukan bahwa Subarjo tidak meghitung jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia.3. Ia aktif di PI dan PNI.

Sukarni Kartodiwiryo Sukarni adalah pemimpin gerakan pemuda di masa proklamasi. Ia juga yang mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani kedua tokoh tersebut atas nama bangsa Indonesia. Sukarni merupakan pelopor penculikan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok.4. Ia menjadi pemimpin gerakan pemuda yang berpusat di Asrama Pemuda Angkatan Baru di Menteng Raya 31 Jakarta. Ia lahir di Blitar pada 14 Juli 1916 dan meninggal pada 4 Mei 1971. Ia juga memimpin pertemuan untuk membahas strategi penyebarluasan teks proklamasi dan berita tentang proklamasi .

sayuti melik sudah aktif dalam gerakan politik. Sayuti Melik Tokoh yang lahir pada tanggal 25 November 1908 di Yogyakarta ini berperan dalam pencatatan hasil diskusi susunan teks proklamasi. Ia yang mengetik teks proklamasi yang dibacakan SoekarnoHatta. Sejak muda. .5. Ia dipercaya untuk mengetik teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno.

Ia juga sangat berperan dalam upaya penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Ia menjemput beberapa tokoh penting untuk hadir di Pegangsaan. Latif Hendraningrat Latif Hendraningrat adalah seorang komandan Peta. Misalnya ia harus mencari dan menjemput Moh. .Hatta. (B. ia merupakan tokoh yang cukup sibuk.Diah) lahir di Kotaraja pada tanggal 7 April 1917. Ia Salah seorang pemuda yang ikut menyaksikan perumusan teks proklamasi. Sejak tahun 1937 sudah menjadi redaktur berbagai surat kabar. Ia berbakat dibidang jurnalistik.7.M. 6 . Pada saat pelaksanaan proklamasi.

S. Oleh karena itu ia sangat sibuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk pengadaan mikrofon dan pengeras suara. 9. Muwardi Tokoh muda muwardi . 10. Hatta.Suhud adalah pemuda yang ditugasi mencari tiang bendera untuk pengibaran bendera merah putih.8. Oleh karena gugup. S.Suhud S. Ia menugaskan anggota Barisan Pelopor dan Peta untuk menjaga keamanan disekitar kediaman Bung Karno. . tiang yang digunakan adalah sebatang bambu. bertugas dalam pengamana jalannya upacara Proklamasi. Ia juga membagi tugas untuk menjaga keamanan Bung Karno dan Moh.Suhud bersama latif Hendraningrat adalah pengibar bendera Merah Putih pada saat Proklamasi. Suwiryo Suwiryo adalah walikota Jakarta dan sekaligus menjadi ketua penyelenggara upacara Proklamasi.

Syahruddin Syahrudin adalah wartawan Domei. Naskah proklamasi kemudian berhasil diserahkan kepada kepala bagian siaran. Frans Sumarto Mendur Frans adalah seorang wartawan yang ikut membantu pelaksanaan Proklamasi.Wuz dan Yusuf Ronodipuro Kedua tokoh ini berperan penting dalam penyebarluasan berita proklamasi. 13. Ia berani memasuki gedung siaran RRI dengan memanjat tembok belakang. Ia telah mengabadikan berbagai peristiwa penting disekitar proklamasi dan ia juga bergabung dengan kawan-kawan INDONESIA PRESS PHOTO SENICE. Kedua tokoh ini merupakan penyiar-penyiar yang cukup berani dan tidak jarang mendapat ancaman dari pihak Jepang. F. 12. .11. karena gedung bagian depan dijaga oleh Jepang.

THANKS FOR YOUR ATTENTION .