Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Pada dasarnya, teknik dasar permainan tenis meja dapat dibagi menjadi empat:
1.

Teknik Memegang Bet (Grip)

Teknik memegang bet merupakan faktor yang sangat penting dalam permainan tenis meja.
Secara garis besar pegangan dapat dibedakan menjadi dua macam:
a.

Memegang Bet Seperti Berjabat Tangan (Shakehand Grip)

b. Shakehand Grip sangat populer terutama di negara-negara Eropa atau dunia Barat.
Dengan pegangan ini, seorang pemain dapat menggunakan kedua sisi bet.
c. Memegang Bet Seperti Memegang Tangkai Pena (Penhold Grip)Penhold Grip dikenal pula
dengan Asia Grip, walaupun kebanyakan pemain Asia menggunakan Shakehand Grip. Pada
pegangan ini hanya satu sisi bet yang dapat digunakan.
d.
Seemiller Grip. Seemiller Grip juga disebut dengan American Grip, yang merupakan
versi dari Shakehands Grip.Cara memegang ini hampir sama dengan shakehand
grip. Bedanya pada seemiller grip, bet bagian atas diputar dari 20-90 derajat ke arah tubuh.
Jari telunjuk menempel di sepanjang sisi bet.
Kelebihan gaya seemiller grip adalah mudah melakukan blok, mudah menguasai permainan
di tengah meja mudah melakukan perubahan sisi bet pada saat permaianan berlangsung,
pergelangan tangan mudah digerakkan untuk pukulan forehand.
Kelemahan pada gaya seemiller grip adalah kesulitan melakukan pukulan backhand yang
jauh dari meja, kesulitan melakukan pukulan sudut, tidak efektif untuk pola bertahan.
2.

Teknik Siap Sedia (Stance)

Stance berarti posisi kaki, badan dan tangan pada saat siap menunggu bola atau pada saat
memukul bola. Ada dua bentuk stance utama yang biasa digunakan dalam permainan tenis
meja:
a.

Square Stance

Square Stance adalah posisi badan menghadap penuh ke meja. Biasanya posisi ini
digunakan untuk menerima servis dari lawan atau siap kembali setelah mengembalikan
pukulan dari lawan. Dengan satu langkah ke samping kiri, samping kanan, ke depan, ke
belakang maupun diagonal, pemain diharapkan dapat mengembalikan bola dengan baik.
b.

Side Stance

Side Stance berarti posisi badan menyamping. Akan tetapi. Penggunaan gerakan kaki disesuaikan dengan jarak yang harus diantisipast antara bola yang datang dengan posisi pemain. Misalnya untuk pukulan forehand bagi pemain tangan kiri. Teknik Gerakan Kaki (Footwork) Footwork dalam tenis meja pada garis besarnya dibedakan untuk nomor tunggal dan nomor ganda. Jika dilihat dari banyaknya langkah footwork. Jika jaraknya sangat dekat. bahu kiri harus lebih dekat ke net. kaki kiri digeser ke arah kiri dan berat badan dibebankan ke arah kaki kiri. maka caranya sama. 3) Berat badan ditumpukan pada ujung kaki. Sebaliknya stance untuk pukulan backhand bagi pemain tangan kanan. tetapi jika lawan memukul bola kita jangan bergerak. 4) Bila ingin melangkah ke kiri. Bila perlu melakukan dua kali langkah. Metode gerak kaki yang sering kita gunakan adalah two-step. Pada side stance. ke belakang. 6) Setelah melakukan pukulan. dua langkah dan tiga langkah atau lebih. Jika jarak antara bola yang datang dengan posisi pemain agak jauh. baik ke samping kiri maupun ke samping kanan. samping kanan atau diagonal. Bila ingin bergerak ke kiri dorong dengan kaki kanan. 5) Kaki kanan mengikuti kaki kiri. maka harus bergerak ke arah belakang. harus memperhatikan arah bola dan kembali ke posisi awal. jarak antara bahu ke meja atau ke net harus ada yang lebih dekat. Bila tidak dalam posisi siap. bahu kanan beserta kaki kanannya harus lebih dekat ke net. Tipe ini biasanya digunakan oleh pemain dengan tipe menyerang. dengan dua langkah sudah cukup. Pukulan Forehand . Teknik Pukulan (Stroke) a. 3. jika ingin melakukan pukulan forehand maka kaki kanan ditarik ke belakang sehingga sama seperti posisi awal melakukan pukulan forehand. mungkin tidak usah melangkahkan kaki atau hanya satu langkah saja. jika jaraknya cukup jauh dari meja. 2) Berat badan dibagi secara rata di kedua kaki. harus dicapai dengan tiga langkah atau lebih. untuk tunggal dapat dibedakan: satu langkah. Cara melakukannya: 1) Lutut sedikit ditekuk. ke samping kiri. Footwork yang digunakan dalam permainan tunggal sudah otomatis digunakan dalam permainan ganda. 4. begitu pula kaki kirinya harus lebih dekat ke net. Arah pergerakannya bisa ke depan. Macam-macam Pukulan 1.

Kesalahan yang sering terjadi dalam pukulan drive dan cara mengatasinya adalah gerakan kaki. .Pukulan forehand dilakukan jika bola berada disebelah kanan tubuh. b. Pukulan Backhand Pukulan backhand dilakukan jika bola berada disebelah kiri badan. 2. Sekarang tinggal menggerakkan tangan kedepan tanpa merubah siku. 1. Jika tidak kidal. b) Backhand drive. sehingga bet tidak akan mudah berubah posisi. Pukulan ini dapat menjaga agar bola tidak melambung terlalu tinggi dari net. pertama siku membentuk sudut sembilan puluh derajat. Push Push adalah pukulan backspin pasif yang dilakukan untuk menghadapi backspin. lalu gerakkan tangan yang memegang bet ke arah pinggang. pertama gerakkan bet ke arah depan. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan memperbanyak latihan backhand 2. jaga siku agar tetap sembilan puluh derajat dan bet tetap lurus. yaitu forehand push dan backhand push. Gerakan ini diikuti dengan perputaran badan kearah depan kira-kira badan berputar tiga puluh derajat. dengan sudut siku sembilan puluh derajat. Hal ini menyulitkan saat kontak dengan bola. Cara melakukan backhand drive. Gerakkan tangan dan bet ke arah depan. a) Forehand push. Ada dua jenis push. a) Forehand drive Cara melakukan forehand drive. Cara melakukannya pertama rendahkan posisi tubuh lalu gerakkan tangan ke arah pinggang sebelah kiri. Kuatkan pergelangan tangan saat sikap permulaan. Jika tidak kidal gerakan ke arah kanan.Cara melakukan pukulan ini adalah dengan merendahkan posisi tubuh. Kesalahan dan cara mengatasi dalam melakukan pukulan forehand drive adalah terjadi perubahan pada posisi bet akibat bergeraknya pergelangan tangan. yaitu forehand drive and backhand drive. Siku membentuk sudut kira-kira 90 derajat. Usahakan kontak dengan bola saat bet berada di depan badan agak kiri. Tipe pukulan ini keras dan cepat. Ada dua jenis drive. Jenis Pukulan Drive Drive merupakan pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan keras. Pergerakan bet diikuti oleh gerak memutar badan.

Posisi awal sama dengan backhand. Usahakan perkenaan bola di kiri agak depan tubuh. Block dilakukan setelah bola memantul dari meja. Usahakan perkenaan bola di kiri mendekati bagian depan tubuh 3. Chop Chop merupakan pukulan backspin yang bersifat jenis chop. yaitu forehand block danbackhand block. posisi bet tertutup (sisi depan bet menghadap ke bawah). segera lakukan block setelah bola memantul dari meja. Usahakan bola mengenai bet bagian tengah. tetapi posisi bet terbuka atau sisi depan condong ke atas. segera . Ada dua a) Forehand chop. Hal ini dilakukan untuk membuat lawan tidak dapat melancarkan serangan dengan cepat. posisi bet tertutup (sisi depan bet menghadap ke bawah). Usahakan kontak bola hanya terjadi gesekan tetapi kuat sehingga menghasilkan bola backspin yang sempurna. bertahan. Perkenaan bola pada sisi bet depan agak bawah dan perkenaan pada bola pada sisi bawah bola. Usahkan kontak dengan bola terjadi di depan kanan badan. Perhatikan arah datangnya bola. 4. b) Backhand chop. Ada dua jenis block. Persiapan dalam melakukan pukulan forehand chop sama untuk melakukan pukulan forehand. a) Forehand block. Gerakkan bet ke depan condong ke bawah. tapi posisi bet agak terbuka. Cara melakukan forehand block yang pertama gerakkan bet ke depan. b) Backhand push Perkenaan bolanya sama dengan forehand push. perkenaan bola dengan bet tepat pada tengah bet. Usahakan kontak bola pada bagian sisi bawah bet depan dengan sisi bawah bola. Perhatikan arah datangnya bola. Gerakkan bet ke depan jika ingin melakukan blocking. Bet berada disebelah kiri tubuh. Bedanya ini menggunakan backhand.Perhatikan agar posisi bet sedikit terbuka Gerakan bet kedepan dan sedikit kebawah. yaitu forehand chop danbackhand chop. Block Block adalah cara paling sederhana untuk mengembalikan pukulan yang keras. karena bola yang di block akan kembali dengan cepat. b) Backhand block.

Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi. 2. 1979 : 16). dengan tujuan untuk dapat memenangkan permainan. Telapak tangan kiri memegang bola. Strategi . (Sukintak. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi. Usahakan pantulan bola tidak begitu tinggi dari net. Untuk melakukan forehand topspin pemain berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan. Untuk melakukan backhand topspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Telapak tangan kiri memegang bola. perkenan bola dengan bet tepat pada tengah bet. kemudian dipukul dengan bet. Lambungkan bola setinggi enam belas senti meter. Lambungkan bola setinggi enam belas senti meter.lakukan block setelah bola memantul dari meja. servis backhand topspin. pukul dengan bet. pukul dengan bet. Taktik dan Strategi 1. Taktik Taktik adalah siasat utuk menghadapi permainan lawan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. d) Backhand Backspin. Bola dilambungkan setinggi enam belas senti meter. Backspin merupakan arah putaran bola juga (bola berputar berlawanan jarum jam). servis backhand backspin. a) Topspin Arah putaran bola (dimana bola berputar searah jarum jam). Tangan kanan memegang bet berada di kanan badan dengan siku ditekuk sebesar sembilan puluh derajat. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri. 5. Ada beberapa teknik servis yaitu servis forehand topspin. Service / Servis Servis yaitu memukul bola untuk menyajikan bola pertama. Telapak tangan kiri memegang bola. b) Forehand Topspin. Untuk melakukan pukulan ini hanya menggesek bagian belakang bola dengan bagian bawah bet. Untuk melakukan backhand backspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. c) Backhand Topspin. Gerakan bet ke depan condong turun ke bawah. servis forehand backspin.

Permainan tunggal – Setiap bola mati menghasilkan nilai satu. 1979 : 16). dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 kali kemenangan set. begitu juga sebaliknya seorang pemain harus dapat menyembunyikan kelemahannya. yang kedua menganalisis kepada pihak lawan. permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. misal: 15-13. – Servis berganti pemain setiap mencapai poin kelipatan 5. Apabila terjadi deuce. – Permainan satu set berakhir apabila pemain mencapai nilai 11. dan bagaimana service itu dilakukan. permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. – Permainan satu set berakhir apabila pemain mencapai nilai 11. – Servis bergantian setiap poin kelipatan 5. menyeluruh. yang perlu diperhatikan sebelum memulai servicenya adalah sikap badan. Permainan lawan harus dipelajari agar diketahui kelemahannya. Cara bermain 1. – 16 2. – 16 Apabila terjadi deuce. Unsur-unsur inilah yang nantinya dapat memberikan gambaran jenis-jenis service yang dilakukan dan kemana arahnya bola. dan menyangkut banyak segi (Sukintak. misal: 15-13. – Pemegang servis bebas menempatkan bola dari segala penjuru lapangan.Strategi adalah siasat yang bersifat umum. 18- Permainan ganda – Setiap bola mati menghasilkan nilai satu. – Pemain bergantian menerima bola dari lawan – Pemegang servis hanya bisa menempatkan bola ke ruang kamar sebelah kanan lawan. Jadi seorang pemain hendaknya dapat menguasai berbagai macam pola permainan agar pihak lawan tidak dengan cepat menguasai permainannya. dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 kali kemenangan set. Dalam strategi bermain banyak mencangkup unsur yaitu pertama menganalisis kekurangan sendiri. 18- Sistem pertandingan Tenis Meja Setiap kontingen diharapkan berpartisipasi di 2 nomor pertandingan yang terdiri dari: .

2. berarti tambahan poin untuk lawan. 14. Saat servis. Khusus untuk permainan ganda servis harus menyilang. 6. 13. Sistem pertandingan yang digunakan adalah sistem gugur. Jika jumlah tim lebih dari 5 dan kurang atau sama dengan 8 maka: 4. 3. Saat servis. 11. bila bola mengenai net kemudian tidak masuk. Sistem hitungan yang digunakan adalah best of five dengan angka kemenangan 11 rally point. Sistem hitungan yang digunakan adalah best of five dengan angka kemenangan 11 rally point. Apabila poin peserta seri (10-10) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. 12. 16. Sistem pertandingan yang digunakan adalah setengah kompetisi. 8. Setiap peserta diwajibkan untuk membawa bet pingpong sendiri-sendiri. Poin akan bertambah bagi lawan bila terjadi dobel (bet pingpong menyentuh meja). Sistem pertandingan yang digunakan adalah kompetisi penuh. Kalau servisnya masuk ke bagian yg salah (salah kamar). maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan. 15. Bola isediakan. 9. Sistem hitungan yang digunakan adalah best of five dengan angka kemenangan 11 rally point. Pindah bola tiap dua poin. berarti tambahan poin untuk lawan . . Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama.o Tunggal bebas o Ganda putra Jika jumlah tim kurang atau sama dengan 5 maka: 1. Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. 5. 10. Peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan. bila bola mengenai net kemudian masuk maka servis diulang. Jika jumlah tim lebih dari 8 maka: 7. Netting kedua berarti tambahan poin bagi lawan.

5. .2 Bola dalam permainan mulai dari saat terakhir diam di telapak tangan bebas sebelum bola dilambungkan pada saat servis hingga rally diputuskan sebagai suatu let / poin. 5. berarti tambahan poin untuk lawan.9 Pelaku Servis / Pemain Yang melakukan servis (server) adalah pemain yang memukul bola pertama kalinya dalam suatu rally. Pindah bola tiap dua poin.8 Seorang pemain yang menyentuh bola jika dia atau apa saja yang dipakai atau dibawanya. Saat servis. 5. Netting kedua berarti tambahan poin bagi lawan.Khusus untuk permainan ganda servis harus menyilang. Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Diluar dari aturan yang tertera disini. Poin akan bertambah bagi lawan bila terjadi dobel (bet pingpong menyentuh meja).3 Suatu let adalah suatu rally yang hasilnya tidak dinilai / dihitung 5. 5. 5.10 Penerima bola (receiver) pemain yang memukul bola yang kedua pada sutu rally. Bola disediakan. peraturan permainan mengikuti peraturan international.1 DEFINISI Suatu (rally) adalah suatu periode selama bola dalam permainan. Saat servis. bila bola mengenai net kemudian tidak masuk. maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan. mengenai bola ketika bola masih berada / melintas di atas permukaan meja dan belum melewati garis akhir. peraturan permainan mengikuti peraturan international. atau belum menyentuh bagian mejanya sejak dipukul oleh lawannya. 5. 5.11 Wasit adalah seorang yang ditunjuk untuk mengawasi permainan. Diluar dari aturan yang tertera disini.17. bila bola mengenai net kemudian masuk maka servis diulang.5 Tangan raket adalah tangan yang memegang raket. Kalau servisnya masuk ke bagian yg salah (salah kamar).7 Seorang pemain memukul bola jika dia menyentuhnya dengan raket yang dipegangnya atau bagian tangan di bawah pergelangan tangan yang memegang raket ketika bola masih dalam permainan 5.6 Tangan bebas adalah tangan yang tidak memegang raket 5. 5. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama. Setiap peserta diwajibkan untuk membawa bet pingpong sendiri-sendiri. 5. berarti tambahan poin untuk lawan.4 Suatu poin adalah hasil suatu rally yang hasilnya dinilai / dihitung.

Beberapa pemain dunia terkenal yang berposisi kiper anatara lain : Manuel Neuer.5. Victor Valdes.12 Pembantu wasit adalah seorang yang ditunjuk untuk membantu dengan keputusan– keputusan tertentu. Sampai saat ini pemain sepakbola baik pemain profesional maupun amatiran ada sekitar 260 juta pemain. Vincent Kompany. salah satu pemain atau pasangan harus mendapat selisih kemenangan 2 poin atas lawannya. kesebelas pemain dalam sepak bola mempunyai posisi dan tugas masing-masing untuk menjaga keseimbangan dalam permainan tim. dll. John Terry. Iker Casillas. kecuali kedua pemain atau pasangan sama mendapat poin 10. Rio Ferdinand. Hampir semua negara di dunia telah mengenal sepak bola dan telah memiliki liga masing-masing. Sepak bola dimainkan oleh dua tim berlawanan yang masing-masing tim beranggotakan sebelas orang yang dinamakan tim kesebelasan. 5. Nemanja Vidic. Berikut adalah posisi dan tugas masing-masing pemain dalam sepak bola. Centre Back / Bek Tengah ( CB ) Bek tengah merupakan pemain yang memiliki kemampuan untuk menghalau bola dan pemain lawan masuk ke daerahnya. 5. dll. Posisi dan Tugas Setiap Pemain dalam Sepak bola Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia saat ini. pada saat rally dimulai. De Gea. Posisi dan tugas masing-masing pemain sesuai dengan taktik yang digunakan timnya. kecuali bola. SUATU GAME/SET 11. Setiap tim berjuang untuk memasukkan bola ke dalam jala gawang lawan dan berusaha agar gawangnya tidak kemasukan bola atau kebobolan. Kiper berada dibawah mistar gawang yang bertugas menahan bola masuk ke dalam gawang dan menjadi palang pintu terakhir dalam mencegah bola masuk ke dalam gawang. .1 Suatu game dinyatakan dimenangkan oleh seorang pemain / pasangan yang pertama mendapat poin 11. Goal Keeper / Penjaga Gawang ( GK ) Kiper adalah pemain yang memiliki kemampuan khusus dalam menahan bola agar tidak masuk ke gawang yang dikawalnya. Thiago Silva.14 Bola harus sudah dinyatakan melewati atau mengelilingi net jika telah melalui bagian mana saja selain antara net dan tiangnya dan antara net dan permukaan meja. Carles Puyol. bekerja sama dengan kiper agar gawang tidak kebobolan. Centre Back bertugas menjaga sektor pertahanan dan berada di depan kiper. 5. Gialluigi Buffon. 11.15 Garis akhir termasuk perpanjangan kedua arah tepi meja. Beberapa pemain dunia terkenal yang berposisi bek tengah antara lain : Sergio Ramos. Namun tidak semua pemain bertugas untuk menjebol gawang lawan.13 Sesuatu yang dipakai atau dibawa oleh seorang pemain adalah segala sesuatu yang dipakai atau dibawa. Dalam sepakbola hanya kiper lah yang diperbolehkan menyentuh bola dengan tangan tetapi hanya di dalam kotak pinalti. pada situasi ini. Gerard Pique.

Christiano Ronaldo. Xabi Alonso. Pemain di posisi ini memiliki tugas untuk mendukung serangan dari sektor sayap dengan menyisir sisi lapangan dan memberi umpan-umpan silang kepada penyerang. Akan tetapi dalam sepak bola modern sekarang ini bek sayap juga seringkali bertugas membangun serangan dari sisi sayap dengan mengandalkan kecepatan saat menyerang dan kembali ke belakang saat bertahan. Second Striker / Penyerang Banyangan ( SS ) Penyerang bayangan merupakan pemain yang berada dibelakang penyerang murni.Wing Back / Bek Sayap ( WB ) Bek sayap atau sekarang sering disebut Full Back merupakan pemain yang bertugas menjaga area pertahanan di sisi sayap baik kanan dan kiri. Penyerang bayangan memiliki tugas memberikan umpan-umpan akurat kepada penyerang murni. Midfielder Forward / Gelandang Sayap ( MF ) Gelandang Sayap merupakan pemain yang berposisi di sektor tengah bagian sisi sayap kiri dan kanan. Frank Ribery. Mascherano. Cesc Fabregas. Neymar. Juan Mata. Marcelo. Roberto Carlos. Ashley Cole. Beberapa pemain dunia yang berposisi ini antara lain : Xavi Hernandez. merupakan pemain yang berada diantara garis belakang dan garis tengah. Biasanya pemain sayap mengandalkan kecepatan untuk melewati pemain lawan. Gareth Bale. Pemain dengan posisi ini harus lincah. dan perusak permainan lawan. Marco Reus. Toni Kroos. memiliki kreatifitas yang tinggi dan memiliki kemampuan pergerakan tanpa bola yang baik dan sulit dibaca lawan. Ryan Giggs. Jordi Alba. Javier Zanetti Defensive Midfielder / Gelandang Bertahan ( DMF ) Gelandang bertahan juga sering disebut gelandang jangkar atau juga tukang angkut air. Gelandang serang memiliki tugas menyuplai bola kepada penyerang dengan memberikan umpan-umpan matang sekaligus juga membantu pemain tengah. Steven Gerrard. Angel Di Maria Wing Forward / Penyerang Sayap ( WF ) Penyerang sayap merupakan pemain digaris depan yang bertugas untuk untuk membobol gawang lawan dan memberi umpan kepada penyerang tengah. Beberapa pemain dunia terkenal yang berposisi sebagai bek sayap antara lain : Dani Alves. Beberapa pemain dunia dengan posisi ini antara lain : David Beckham. Biasanya pemain diposisi ini memiliki kecepatan di atas rata-rata dan kemampuan untuk menyerang dari sektor sayap. Frank Lampard. Sargio Busquets. pemain pertama yang menghadang serangan lawan. Arjen Robben. membuka pertahanan lawan dan mengupayakan gol untuk timnya. mengatur ritme permainan. Yaya Toure. Bastian Schweinsteiger. Pemain di posisi ini memiliki kejelian untuk melihat celah dan memberi umpan kepada penyerang serta juga ikut menyerang saat waktu tertentu. Gelandang bertahan memiliki tugas sebagai pemain pertama yang membangun serangan pertama. dan kadangkala juga membantu pertahanan baik di tengah maupun sayap. Beberapa pemain dunia dengan posisi ini antara lain : Eden Hazard. David Silva. Gelandang tengah memiliki kemampuan membaca permainan lawan serta dan merupakan penyeimbang dalam permainan tim. Attacking Midfielder / Gelandang Serang ( AMF ) Gelandang serang merupakan pemain yang berada di antara garis tengah dan garis depan dan merupakan motor serangan. Seorang penyerang bayangan kadang juga . Oscar. Beberapa pemain dunia di posisi ini antara lain : Mesut Ozil. Andres Iniesta. Pemain dengan posisi ini memiliki kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Beberapa pemain dunia dengan posisi ini antara lain : Gennaro Gattuso. Andrea Pirlo. Center Midfielder / Gelandang Tengah ( CM ) Gelandang tengah merupakan pemain yang berposisi di garis tengah dan bertugas menjaga sektor tengah permainan.

4. Lewandowski.D64H60Mg. Pelanggaran dari Regu Bertahan Pelanggaran yang dilakukan oleh pihak penahan antara lain sebagai berikut: 1. Beberapa pemain dunia terkenal dengan posisi ini antara lain : Lionel Messi. Memegang lawan dengan bagian lain dari tangan.co. Menendang atau mencoba menendang lawan.id/2014/08/posisi-dan-tugas-setiap-pemaindalam. atau mengucapkan perkataan yang tidak sopan saat dilakukan tendangan hukuman. tetapi hal ini tidak berlaku bagi penjaga gawang. Ronaldinho Center Forward / Penyerang Utama ( CF ) Penyerang utama merupakan pemain yang yang berada di garis depan berhadapan dengan bek lawan. Ibrahimovic. Melakukan perbuatan. 6. maka ia memberikan kesempatan pada lawan untuk melakukan tendangan bebas tidak langsung di tempat pelanggaran terjadi. memukul. 7. Melompati pada lawan. dari second striker.menjadi playmaker bahkan bisa turun ke sektor tengah jika diperlukan. Menerjang dengan cara yang tidak jujur. Memainkan permainan yang membahayakan. Pengambil tendangan hukuman melakukan gerakan yang membingungkan penjaga gawang. Sergio Aguero. Pelanggaran terhadap ini mengakibatkan hukuman satu tendangan penalti. Sengaja menghalangi lawan saat tidak memainkan bola. Francesco Totti. misalnya menendang bola yang sedang dipegang oleh penjaga gawang. 5. kecuali jika penjaga gawang itu: • Keluar dari daerah gawangnya. 5. B.See more at: http://sofryn68zebua. Adapun jika melakukan pelanggaran seperti berikut. misalnya berdiri di antara bola dan lawan. Pelanggaran tersebut di antaranya sebagai berikut. y a i t u menjatuhkannya dengan kaki atau dengan melakukan sliding dari depan atau dari belakang lawan itu. Melakukan perbuatan.dpuf Dalam sepak bola. Mendorong lawan dengan tangan atau bagian dari lengan. C. 1. 2. terdapat sembilan peraturan yang apabila dilanggar akan mengakibatkan tendangan bebas langsung bagi regu lawan. Bola tidak ditendang ke depan. 3. Pelanggaran Regu Penyerang Berikut ini jenis-jenis pelanggaran yang dilakukan oleh regu penyerang. atau • Hendak memegang bola. Beberapa pemain dunia dengan posisi ini antara lain : Luis Suarez. Jenis pelanggaran Untuk Penjaga Gawang adalah sebagai berikut. Alexis Sanchez. dan mendorong bola. Memukul atau mencoba memukul lawan. Memainkan bola dengan tangan atau lengan seperti membawa. selama ia berada dalam daerah gawang. dari pemain sayap dan berusaha mencetak gol untuk timnya. Seorang penyerang utama memiliki akurasi shooting yang baik dan bisa membuka ruang tembak untuk dirinya sendiri sehingga bisa mencetak gol dari situasi manapun.15 meter dari bola) sebelum bola ditendang. 1. 3. Me n j a t u h k a n l awa n . bersikap. 2. Karim Benzema. 3.blogspot. Diego Costa . 9. bersikap. Wayne Rooney. 2. Menerjang penjaga gawang. 4. . 2. Jika penjaga gawang membawa bola berjalan lebih dari empat langkah sambil memegang bola dengan idak memantulkan bola ke tanah. 4.halanginya. 8. Penyerang utama memiliki tugas menerima umpan dari pemain tengah.html#sthash. kecuali jika lawan itu menghalang.15 meter dari bola) sebelum bola ditendang. Penahan memasuki daerah tendangan hukuman (kurang dari 9. 1. Menerjang lawan dari belakang. Pemain penyerang bukan pengambil tendangan masuk ke daerah tendangan hukuman (kurang dari 9. Menerjang lawan secara kasar. • Menghalang-halangi seorang lawan. atau mengucapkan perkataan yang tidak sopan saat dilakukan tendangan hukuman.

2. D. Jika bola mengenai gawang atau dipukul keluar oleh penjaga gawang. 2. Konsekuensi Pelanggaran yang Terjadi Saat Tendangan Hukuman Dilaksanakan Jika terjadi pelanggaran pada saat tendangan hukuman dilakukan. . Jika pelanggaran dilakukan oleh kedua regu maka tendangan hukuman diulang. 2. Menunjukkan ketidaksetujuan terhadap suatu putusan wasit. lewat.3. Penjaga gawang menggerakkan kedua kakinya sebelum bola ditendang (saat tendangan hukuman). 1. 3. Masuk ke dalam atau ke luar lapangan permainan tanpa seizin wasit. Mengulur waktu permainan. maka gol dianggap sah. Melintas keluar dari daerah gawang. 2. konsekuensinya adalah sebagai berikut. Jika bola keluar. 3. 3. maka tendangan hukuman diulangi. maka wasit menghentikan permainan dan regu bertahan melakukan tendangan bebas tidak langsung. Pelanggaran oleh pihak penyerang 1. 4. Jika tendangan hukuman diulang maka baik penjaga gawang maupun penendang hukuman boleh diganti dengan pemain lain. Jika bola masuk dalam gawang. Pelanggaran Pemainan Sepak Bola Secara umum Adapun pelanggaran yang berhubungan dengan permainan secara umum adalah: 1. Jika bola mengenai gawang atau dipukul keluar oleh penjaga gawang. dan 4. Jika bola masuk ke gawang maka tendangan diulangi. atau sampai di atas gawang maka regupenahan melakukan tendangan gawang. Jika bola keluar lewat atau sampai di atas gawang. maka tendanganvdiulangi. Pelanggaran oleh pihak penahan 1.