PAPER FISIKA ZAT PADAT

“APLIKASI SIFAT KELISTRIKAN ZAT PADAT (SUPERKONDUKTOR)
PADA HIGH TEMPERATURE SUPERCONDUCTOR GENERATOR”
Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd.

Disusun Oleh :
SITI KHOIRUNIKA

(K2313067)

PENDIDIKAN FISIKA 2013 B
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2016

BAB I PENDAHULUAN A. Partikel-partikel tersebut dapat berupa atom-atom. di aplikasikan langsung oleh pemerintah AS dan Jepang. Heike Kamerlingh Onnes. Zat padat (bahan) memiliki beberapa sifat. Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Generator yang menggunakan superkonduktor memiliki efisiensi sebesar 99% dan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan generator yang menggunakan kawat tembaga. dan seterusnya. Salah satunya adalah sifat kelistrikan. Fenomena ini kemudian oleh Onnes diberi nama superkondutivitas. Hal ini. tetapi bila kita kaji lebih jauh ternyata banyak fenomena alam diwakilkan oleh zat padat. Onnes dianugerahi Nobel Fisika pada tahun 1913. Atas penemuannya itu. semikonduktor. Dewasa ini. yang berencana untuk menggunakan kabel superkonduktor dengan pendingin nitrogen untuk menggantikan kabel tembaga. dari Universitas Leiden pada tahun 1911. dan isolator. dapat menghemat uang negara yang sangat banyak walaupun kebutuhan listrik semakin besar. molekul-molekul. Keunikan lain bahwa zat padat dapat dipandang sebagai susunan partikel-partikel teratur. Latar Belakang Zat padat merupakan kajian materi yang unik. Superkonduktor pertama kali ditemukan oleh seorang fisikawan Belanda. Dengan adanya pembangkit listrik berefisiensi tinggi. banyak para ahli yang masih intensif melakukan penelitian dan inovasi bahan listrik berupa superkonduktor. Percobaan Onnes adalah dengan mengalirkan arus pada suatu kumparan superkonduktor dalam suatu rangkaian tertutup dan kemudian mencabut sumber arusnya lalu mengukur arusnya satu tahun kemudian ternyata arus masih tetap mengalir. atau ion-ion. bahan listrik yang dapat kita ketahui ada 3 macam yaitu konduktor. Secara umum. Bahan superkonduktor ini dapat diaplikasikan dalam beberapa bidang. Dikatakan unik karena istilah zat padat hampir dikenal oleh semua orang. Menurut . Salah satu dibidang kelistrikan yaitu generator HTS.

Apa definisi dari superkonduktor? 2. Berdasarkan latar belakang diatas. 250 pon kabel superkonduktor dapat menggantikan 18. Definisi Superkonduktor Superkonduktor yang dimaksud disini adalah superkonduktor arus listrik. Bagaimana aplikasi superkonduktor pada HTS generator? C. dapat dituliskan beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam paper ini. Mengetahui sifat kelistrikan bahan superkoduktor 3. Ditinjau dari daya hantar listrik. arus yang dapat ditransmisikan akan jauh meningkat.000 pon kabel tembaga. (daya hantar arus listrik mulai dari yang terjelek sampai terbaik) sebagai berikut : a) Isolator b) Semikonduktor c) Konduktor d) Konduktor bagus (good conductor) . B. Mengetahui definisi dari superkonduktor 2. diantaranya : 1. Tujuan Dari rumusan masalah yang telah diambil. Bagaimana sifat kelistrikan bahan superkoduktor? 3. Mengetahui aplikasi superkonduktor pada HTS generator BAB II PEMBAHASAN 2. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan diatas.1. Zat padat dikelompokan menjadi 5 macam. yaitu : 1. penulis tertarik menuliskan lebih lanjut paper yang membahas “APLIKASI SIFAT KELISTRIKAN ZAT PADAT (SUPERKONDUKTOR) PADA HIGH TEMPERATURE SUPERCONDUCTOR GENERATOR”.perhitungan. terdapat beberapa tujuan dari pengkajian masalah.

meskipun baru dikenal dikalangan masyarakat akademik. Isolator. Karakteristik dari bahan Superkonduktor adalah medan magnet dalam superkonduktor bernilai nol dan mengalami efek meissner. kelompok semikonduktor adalah kelompok zat padat yang paling banyak aplikasinya. Superkonduktor merupakan bahan material yang memiliki hambatan listrik bernilai nol pada suhu yang sangat rendah. televisi. Contohnya seperti pesawat. Tiga kelompok pertama pada umumnya sudah dikenal masyarakat dengan baik. eksperimen. Pada masalah ini akan lebih ditekankan pada superkonduktor. banyak sekali diketahui masyarakat sebagai pelindung kabel listrik dirumah-rumah. mesin cuci. tetapi aplikasinya sudah mencapai hampir seluruh lapisan masyarakat. mulai dari teknologi sederhana sampai teknologi tinggi. Grafik hubungan antara resistivitas terhadap Suhu . Resistivitas suatu bahan bernilai nol jika dibawah suhu kritisnya. Artinya superkonduktor dapat menghantarkan arus walaupun tanpa adanya sumber tegangan. misalnya. Dalam masyarakat akademik pun hanya beberapa kelompok orang saja yang mengenal dan memahaminya baik secara teoritis. penerima radio. maupun aplikasinya. Dan bahkan kita dapat mengatakan bahwa dari kelima kelompok zat padat di atas. lemari pendingin. Sebaliknya. Gambar 1. dua kelompok terakhir masih sangat jarang diketahui oleh masyarakat umum. semikonduktor tidak pernah ketinggala. sampai komputer. Semikonduktor.e) Superkonduktor.

(Wikipedia. atau di banyak logam ferromagnetik. Kelas compound yang terkahir.id) 2. termasuk unsur sederhana seperti timah dan aluminum. Superkonduktivitas terjadi di berbagai macam material. Pada bahan superkonduktor terjadi juga . Efek Meissner. sehingga pada saat ini bahan ini belum menjadi superkonduktor dan medan magnet luar (yang ditunjukkan oleh anak panah ke atas) masih dapat menembus bahan itu. beberapa logam alloy. Ketika medan listrik diberikan pada bahan. dikenal sebagai kuprat. Sedangkan pada Gambar 1 (b) bahan sudah menjadi superkonduktor (T < Tc ) sehingga medan megnet luar ditolak oleh superkonduktor itu. beberapa semikonduktor di-dop-berat. adalah superkonduktor suhu-tinggi.2. dan beberapa "compound" keramik berisi bidang atom tembaga dan oksigen.T < Tc T > Tc (a) (b) Gambar 2. Sifat Kelistrikan Bahan Superkonduktor Bahan logam tersusun dari kisi-kisi dan basis serta elektron bebas. Superkonduktivitas tidak terjadi dalam logam mulia seperti emas dan perak. Hal ini menyebabkan adanya hambatan listrik pada logam konduktor. elektron akan mendapat percepatan. Tc adalah suhu kritis bahan untuk menjadi superkonduktor. meskipun ada beberapa material menampilkan baik superkonduktivitas dan ferromagnetisme telah ditemukan tahun-tahun belakangan ini. Pada Gambar 1 (a) suhu bahan masih di atas suhu kritis superkonduktor. Medan listrik akan menghamburkan elektron ke segala arah dan menumbuk atom-atom pada kisi.

Aliran Cooper pair ini bergerak sebagai satu entitas. Namun elektron dapat melewati inti tanpa mengalami hambatan dari atom kisi. Namun elektron dapat melewati inti tanpa mengalami hambatan dari atom kisi. elektron harus didorong ke energi quantum state yang lebih tinggi. Keadaan normal Atom Kisi pada logam Pada bahan superkonduktor terjadi juga interaksi antara electron dengan inti atom. Oleh karena itu. Sementara. Untuk mengeluarkan satu Cooper pair dari aliran ini. Pada superkonduktor elektron membentuk pasangan Cooper (Cooper pair) dalam satu keadaan kuantum pada tingkat energi terendah.interaksi antara elektron dengan inti atom. Efek ini dapat dijelaskan oleh Teori BCS. arus listrik dapat mengalir tanpa kehilangan energi. Proses ini dikenal sebagai Kondensasi Bose-Einstein. inti yang bermuatan positif menarik elektron yang bermuatan negatif dan mengakibatkan elektron bergetar . Gambar 3. Ketika elektron melewati kisi. tabrakan dengan ion logam tidak melibatkan cukup energi untuk melakukannya.

Sedangkan elektron lainnya menyerap Phonon.Gambar 4. suatu arus induksi akan mengalir dalam konduktor tersebut.id/2014/12/makala- superkonduktor. Pasangan elektron ini akan melalu kisi tanpa gangguan dengan kata lain tanpa hambatan. Gaya ini melebihi gaya tolak-menolak antar electron sehingga kedua elektron bergerak berpasangan. Efek ini dapat dijelaskan dengan istilah Phonons. Ketika elektron pertama pada Cooper Pairs melewati inti atom kisi. Generator superkonduktor akan menolak medan magnet. Salah satu aplikasinya yaitu HTS generator (http://saulkakensei. apabila suatu konduktor digerakkan dalam medan magnet.co. Prinsip inilah yang kemudian diterapkan dalam generator.blogspot. Sebagaimana diketahui. Elektron yang mendekati inti atom kisi akan bergetar dan memancarkan Phonon.html) 2. Pertukaran Phonon ini mengakibatkan gaya tarik menarik antar elektron. Aplikasi Superkonduktor pada HTS Generator Generator sinkron (sering disebut alternator) adalah mesin sinkron yang digunakan untuk mengubah daya mekanik menjadi daya listrik. Pasangan ini disebut Cooper Pairs. dalam . Akan tetapi. Generator sinkron dapat berupa generator sinkron tiga fasa atau generator sinkron AC satu fasa tergantung dari kebutuhan. Keadaan Superkonduktor Atom Kisi pada logam Jika ada dua buah elektron yang melewati kisi. elektron kedua akan mendekati elektron pertama karena gaya tarik dari inti atom-atom kisi lebih besar.3.

mengurangi kerugian b) c) d) e) f) g) sebanyak 50% dari generator konvensional Penyimpan Energi Mengurangi polusi per unit energi yang dihasilkan Turunkan biaya siklus hidup Enhanced grid stabilitas Mengurangi biaya modal Mengurangi biaya instalasi Keuntungan Generator HTS yaitu Efisiensi Generator kehilangan daya dalam gulungan rotor dan di bar dinamo. seperti yang dari turbin uap atau gas. kerugian ini bisa dibilang dihilangkan. Fenomena ini dikenal dengan istilah diamagnetisme dan efek ini kemudian dikenal dengan efek Meissner. Penggunaan superkonduktor yang sangat luas tentu saja dibidang listrik. Hal ini akan menyebabkan magnet tersebut ditolak. Manfaat dari generator HTS a) Meningkatkan efisiensi mesin mencapai 99%. Bidang diciptakan pada dinamo oleh rotor tidak dibatasi oleh karakteristik kejenuhan besi dan armatures dibangun tanpa gigi besi. generator HTS membantu untuk menjaga jaringan listrik berjalan lancar dalam menghadapi pola baru arus listrik yang dibawa oleh deregulasi pembangkit listrik di seluruh dunia. generator dapat memberikan yang cepat. Generator yang dibuat dari superkonduktor memiliki efisiensi sebesar sekitar 99% dan ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan generator yang menggunakan kawat tembaga. Dalam mesin besar. dukungan daya reaktif. Ini menghapus kerugian yang dialami pada gigi dinamo. Dengan menggunakan kawat superkonduktor untuk belitan bidang. Hal ini dengan memutar bidang rotor. Penggunaan Superkonduktor Suhu Tinggi (HTS) teknologi. pertimbangan mekanis dan keinginan untuk bervariasi tingkat lapangan yang dihasilkan biasanya mendukung penggunaan gulungan tembaga lebih dari magnet permanen.superkonduktor arus yang dihasilkan tepat berlawanan dengan medan tersebut sehingga medan tersebut tidak dapat menembus material superkonduktor tersebut. Bidang generator dapat diproduksi dengan gulungan tembaga atau magnet permanen. yang menghasilkan tegangan pada konduktor armature stasioner. Ruang ditambahkan untuk tembaga di dinamo dimungkinkan pemindahan . menjadi listrik. Generator mengubah energi input rotasi mekanik.

Sebuah 1. menghilangkan banyak baja struktural dan magnetik setara konvensional. Setengah dari satu persen perbaikan menyediakan utilitas atau IPP dengan kapasitas tambahan untuk dijual dengan nilai terkait hampir $ 300. Bahkan peningkatan efisiensi kecil menghasilkan penghematan dolar besar. Manfaat lain adalah bahwa generator HTS memiliki kemampuan yang signifikan untuk koreksi faktor daya tanpa menambahkan reaktor sinkron atau kapasitor pada sistem tenaga. ringan HTS generator menggunakan desain "udara inti". Manfaat ini sangat dapat berdampak pertimbangan stabilitas utilitas. dalam pembangkit listrik di mana ekspansi sulit (misal: kapal atau kekuasaan lokomotif). Lebih kecil. Keuntungan utama dari generator HTS diturunkan reaktansi dinamo. dan instalasi semua disederhanakan dan lebih murah. . Konstruksi. Sebuah generator HTS merupakan 1/3 volume keseluruhan generator konvensional setara. Salah satu implikasi adalah pengurangan jumlah cadangan berputar (kapasitas pembangkitan tidak terpakai tapi berputar) yang diperlukan untuk memastikan sistem tenaga stabil secara keseluruhan.000 MW dari kapasitas pembangkitan listrik tambahan selama sepuluh tahun mendatang. pengiriman.000 MW generator superkonduktor (ukuran khas di power plant) dapat menyimpan sebanyak $ 4 juta per tahun dalam mengurangi kerugian per generator.000 per 100 generator MVA. Misalnya. Generator HTS akan menghasilkan tenaga listrik dengan kerugian lebih rendah dari generator konvensional setara mereka.gigi dinamo lebih lanjut untuk mengurangi kerugian. Pusat Informasi Energi Nasional memprakirakan bahwa dunia akan membutuhkan 500. generator superkonduktor dapat meningkatkan kapasitas pembangkit tanpa menggunakan ruang tambahan. Permintaan di seluruh dunia untuk generasi listrik tambahan yang semakin meningkat.

Generator Superkonduktor BAB III KESIMPULAN 1. Sifat kelistrikan bahan superkoduktor. yaitu akan terjadi interaksi antara electron dengan inti atom. Superkonduktor merupakan bahan material yang memiliki hambatan listrik bernilai nol pada suhu yang sangat rendah 2. Namun elektron dapat melewati inti tanpa .Gambar 5.

mengalami hambatan dari atom kisi.net/SMP/Fisika/Sifat%20 Kelistrikan%20Bahan/team. sehingga dapat sebagai penyimpan energi yang besar.blogspot.id/2015/10/makalah-sifat-sifat-bahanlistrik.html diakses pada tanggal 15 Mei 2016 https://www.net/yuesbi/e-DU. Efek ini dapat dijelaskan oleh Teori BCS.html diakses pada tanggal 15 Mei 2016 http://saulkakensei.academia.KU/edukasi.com/doc/244749769/MAKALAH-SUPERKONDUKTOR-docx diakses pada tanggal 15 Mei 2016 http://elektrounram2014.html diakses pada tanggal 15 Mei 2016 https://ml. Ketika elektron melewati kisi.edu/8641342/SIFAT-SIFAT_BAHAN diakses pada tanggal 15 Mei 2016 . DAFTAR PUSTAKA http://dokumen.blogspot. Aplikasi superkonduktor pada HTS generator adalah memiliki efisiensi sebesar sekitar 99% dan ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan generator yang menggunakan kawat tembaga.co.scribd. 3.bogor.html?view=classic diakses pada tanggal 15 Mei 2016 http://idkf.tips/documents/makalah-super.co. inti yang bermuatan positif menarik elektron yang bermuatan negatif dan mengakibatkan elektron bergetar dan memancarkan Phonon.id/2014/12/makala-superkonduktor.