Apa itu penyakit Stroke?

Salah satu penyakit yang paling ditakuti selain jantung dan kanker adalah penyakit stroke. Penyakit stroke merupakan gangguan peredaran darah di otak yang menjadi penyebab kecacatan utama pada golongan usia di atas 45 tahun. Namun begitu, penyakit ini juga dapat menimpa segala usia dari bayi sampai usia lanjut. Semakin bertambahnya usia, semakin besar kemungkinan seseorang terkena penyakit stroke. Pria dan wanita sama-sama punya resiko terkena penyakit stroke. Apa penyebab penyakit Stroke? Otak memerlukan oksigen yang diperoleh dari darah. Penyakit stroke terjadi jika ada gangguan aliran darah ke bagian otak. Gangguan ini dibagi menjadi dua bagian: 1. Stroke Iskemik: gangguan fungsi otak secara tiba-tiba yang disebabkan oleh penurunan aliran oksigen dan gula darah ke daerah otak tertentu yang dapat mematikan sel-sel syaraf. 2. Stroke Hemoragik: terjadi pendarahan di otak yang menurunkan aliran oksigen dan gula darah ke daerah tertentu sehingga sel-sel syaraf akan mati, area yang terkena akan terganggu fungsinya. Pada penderita yang berusia diatas 45 tahun, stroke paling banyak disebabkan oleh mengerasnya pembuluh darah. Sedangkan pada penderita yang berusia muda, stroke sering disebabkan oleh cacat pembuluh darah bawaan. Faktor Resiko pada penyakit Stroke Yang dimaksud dengan faktor resiko pada penyakit stroke adalah kondisi yang dapat membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit stroke. Jika telah mengenali beberapa faktor resiko ini, maka diharapkan dapat memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya cacat bahkan meninggal dunia ini. Selain faktor yang tidak dapat dikendalikan yaitu faktor usia

dan keturunan. biasanya . penyakit stroke juga seringkali menimbulkan permasalahan lain seperti masalah kesehatan. Disamping itu. beberapa faktor resiko tersebut adalah sebagai berikut: Tekanan darah tinggi Penyakit kencing manis Penyakit jantung Kadar kolesterol yang tinggi Gangguan pada pembuluh darah Kurang olah raga Kegemukan Alkohol Merokok Stres Beberapa gejala terjadinya penyakit Stroke Pusing. Pada keadaan ini dibutuhkan seorang pendamping yang sebaiknya dididik secara khusus untuk menjadi pengasuh pasien stroke. ekonomi maupun sosial serta membutuhkan penanganan yang komprehensif yang termasuk pemulihan dalam jangka panjang bahkan sisa hidup penderita. Apa akibat penyakit Stroke? Penyakit yang timbul secara mendadak ini menyebabkan fungsi otak terganggu bahkan dapat mengakibatkan sebagian sel-sel otak tidak dapat berfungsi lagi. Untuk masalah sosial. Banyak penderita penyakit ini menjadi cacat sehingga menjadi sangat tergantung kepada orang lain. kepala seperti berputar Kejang mendadak Gangguan bicara (pelo/tidak mampu bicara) Gangguan sensor perasa (tidak dapat merasakan apapun) Gangguan pandangan Gangguan daya ingat Kelumpuhan pada otot-otot tubuh yang lain Masih banyak lagi kemungkinan gejala dan kombinasi gejala penyakit stroke yang dapat terjadi.

Beberapa tindakan yang sebaiknya dilakukan: Tetap tenang dan jangan panik Pastikan agar penderita tetap berada pada tempat semula dia terjatuh Bantulah penderita mengambil posisi duduk yang baik Lakukanlah pengeluaran darah pada 10 ujung jari tangan dengan menggunakan jarum suntik atau jarum jahit biasa (harus disucihamakan terlebih dahulu. beberapa penderita stroke malah mengalami perubahan yang nyata justru lebih pada kepribadiannya daripada fisiknya.penderita stroke akan merasa bersalah. frustasi dan depresi. Setelah itu. Dan jika mulut penderita tampak mencong. maka tariklah kedua daun telinganya sampai berwarna kemerah-merahan. Oleh karena itu. lakukanlah dua kali penusukan pada masing-masing ujung bawah daun telinga sehingga darah keluar sebanyak dua tetes dari setiap ujung daun telinga (bagian bawah). pertolongan pertama pada orang yang terkena stroke ini juga tidak menimbulkan efek samping apapun. Pertolongan pertama Selain dapat menyelamatkan nyawa penderita. jika perlu dengan alat pernafasan Stabilisasi sistem kardiovaskuler (regulasi tekanan darah yang optimal) Regulasi kadar gula darah u Berikan cairan cukup yang akan meningkatkan . cemas. penderita akan sadar kembali. Dalam beberapa menit kemudian. bentuk mulut penderita akan kembali normal dan bawalah ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. antara lain dengan membakar ujung jarum diatas api) Dalam jangka waktu kira-kira 10 menit. Penatalaksanaan Stroke Penuhi kebutuhan oksigen.

Sedangkan untuk stroke hemoragik jika luas. seringkali dapat menjadi fatal. Untuk beberapa kesulitan diatas. penyakit stroke merupakan penyebab kecacatan utama pada golongan usia di atas 45 tahun.aliran darah dan memperbaiki ganguan sirkulasi ke otak Mengatur suhu tubuh u Perbaiki posisi kepala dan dada. Waktu yang terbaik adalah 3-6 jam sejak terjadinya serangan stroke. ada pasien yang mengalami sembuh total. Keadaan pasien pasca Stroke Setelah menderita penyakit stroke. Bila telah melewati waktu enam bulan. Untuk stroke iskemik. berpakaian dan buang air. Penggunaan alat bantu ini bertujuan untuk membuat penderita menjadi mudah melakukan beberapa aktivitas . mandi. Seperti dikatakan sebelumnya. trombolisis di pembuluh darah yang terkena atau sistemik. penderita stroke biasanya membutuhkan alat bantu mekanis dan elektronis. operasi bedah syaraf sering dapat menyelamatkan penderita. Oleh karena itu. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dialami oleh pasien pasca stroke: Lumpuh pada salah satu sisi tubuh Mengalami gangguan berkomunikasi Mengalami gangguan pada penglihatan Memiliki emosi yang tidak stabil Mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan. Biasanya pemulihan penyakit ini terjadi beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. cacat ringan ataupun cacat berat. makan. dapat dilakukan rekanalisasi. sehingga dapat meningkatkan aliran darah balik dari otak ke jantung. biasanya pemulihannya tidak terlalu kelihatan lagi. Memberikan heparin dan memakai stockings untuk mencegah tungkai yang lumpuh Fisioterapi dan terapi bicara secara teratur .

sehari-hari dan mendorong semangat mereka. perawatan menjadi prioritas utama selama enam hingga delapan minggu pertama. Hal ini harus diikuti dengan kontrol yang ketat pada larangan konsumsi makanan yang dapat memicu terjadi serangan stroke. penderita harus sering berpindah secara teratur dan berada pada posisi yang tepat. ada dua proses penyembuhan yang dapat dijalankan. Proses Penyembuhan Bagi pasien penderita stroke. Untuk menghindari dekubitus. mungkin dapat timbul berbagai kesulitan yang disebabkan penderita dan keluarganya belum siap. Proses fisioterapi yang dilakukan bersama instruktur ini harus dijalankan dengan baik untuk menghindari kelumpuhan permanen pada anggota tubuh yang pernah mengalami kelumpuhan. Proses penyembuhan yang kedua adalah melalui fisioterapi atau latihan otot-otot agar fungsi otot dan fungsi komunikasi dapat seperti kondisi semula. seperti garam. Bagi penderita stroke yang berat. Akibatnya adalah menurunnya semangat penderita yang selalu mengkhawatirkan berbagai resiko yang akan mereka hadapi. kolesterol dan lemak. Gerakan persendian untuk menghindari kekakuan yang permanen harus dilakukan secara teratur. Pertama adalah proses penyembuhan melalui obat-obatan dari rumah sakit. Rehabilitasi Setelah penderita penyakit stroke kembali ke rumah. Tujuan rehabilitasi ini adalah menjaga atau meningkatkan derajat fungsi .

latihan mental. mengenakan baju. Keadaan cacat fisik penderita penyakit stroke juga akan membuat kesulitan untuk mencapai kepuasan seksual. dapat diambil kesimpulan bahwa setelah mengalami stroke seorang pria akan mengalami penurunan kemampuan ereksi dan ejakulasi. Seksualitas pasca Stroke Kegiatan seks bagi pasien penderita stroke sangat dipengaruhi oleh berat/tidaknya cacat. berdiri. perawat dan anggota keluarga. Berbagai usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan ini. ortorik prostetik dan olah raga. Pada sebuah penelitian yang dilakukan. ahli rehabilitasi medik. ahli syaraf. bentuk cacat dan tingkat mental penderita. diantaranya terapi fisioterapi. latihan bicara. memakai sandal dan lain-lain. .mental dan fisik yang maksimal. Selanjutnya. jalan. faktor psikologis dan kegiatan seks sebelum terkena stroke. penderita dilatih dan dipersiapkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari yaitu cara duduk. Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah hubungan seks tidak akan memperbesar resiko untuk mendapatkan serangan stroke berikutnya. usia. terapi okupasi. melainkan oleh sikap psikologis diantara penderita dan pasangannya. psikoterapi. Namun kebanyakan masalah bukan disebabkan oleh kondisi ini. akan mengalami kesulitan dalam lubrikasi vagina dan orgasme. Sedangkan untuk wanita. memberi alat bantu. Penanganan rehabilitasi ini memerlukan beberapa orang yang memiliki pendekatan multidisiplin seperti dokter keluarga. Bentuk tindakan yang dilakukan harus disesuaikan dengan berat ringan cacat.

" kata dr Farida. Dan kelima adalah kehilangan keseimbangan mendadak terutama bila bersamaan dengan salah satu dari gejala di atas. olahraga teratur dan cukup istirahat serta "tahu diri" terhadap batas kemampuan sendiri. Melihat bahayanya penyakit stroke. kata dr Farida. Karena sebenarnya stroke dapat dicegah maupun dikendalikan. Banyak insan pasca stroke yang bisa beraktivitas kembali karena patuh dan tekun menjalani latihan-latihan selama terapi. seseorang tiba-tiba merasa kelemahan mendadak. harus merubah pola hidup dari pola hidup tidak sehat ke pola hidup sehat. Sehingga ancaman stroke begitu menghantui aktivitas seseorang. Masalah kecepatan dalam berobat menjadi penting karena hampir sebagian besar penderita stroke berakhir dengan kecacatan berupa kelumpuhan kaki dan tangan. ia mulai kehilangan kemampuan berkata-kata secara tiba-tiba atau kesulitan memahami perkataan. Pertama. Karena dari biasanya bisa jalan kemana-mana harus menggunakan kursi roda dan tubuh menjadi tidak berdaya.Lima Gejala Stroke Meski stroke perlu diwaspadai. kata dr Farida. ia akan kehilangan penglihatan mendadak terutama sebelah mata atau melihat ganda. Caranya ialah dengan pola makan sehat. Kedua. lengan atau kaki. Ketiga. serangan stroke terjadi karena perubahan pola hidup. Karena itu untuk mencegah agar tidak terserang stroke. Ia menyebut lima gejala yang harus diwaspadai atas kemungkinan seseorang terkena stroke. "Kondisi ini bisa menimbulkan depresi bagi penderitanya. ia meminta agar stroke tidak dijadikan momok. kesemutan pada muka. malah ada beberapa dokter yang mengusulkan agar istilah stroke diganti saja dengan "Brain Attack" seperti istilah yang digunakan pada serangan jantung (Heart Attack) sehingga masyarakat bisa lebih waspada terhadap penyakit stroke. Menurut dr Farida." tuturnya. Gejala keempat adalah sakit kepala hebat mendadak yang tidak pernah dirasakah sebelumnya. Karena tindakan segera dapat membantu mencegah terjadinya stroke. "Bila ada salah seorang anggota keluarga yang mengalami kelima gejala itu segeralah pergi ke dokter. (T-1) .

Bukan hanya itu. stroke juga merupakan salah satu dari tiga penyebab utama kematian pada umumnya. Dari berbagai fakta tersebut menunjukkan bahwa sampai saat ini. Antara lain. keluarga atau orang di sekitar penderita. dan pengobatan umum termasuk tindakan bedah bila diperlukan. Paradigma lama memandang terapi stroke akut dengan cara pandang “wait and see”. dari berbagai studi klinik telah disimpulkan bahwa serangan stroke merupakan keadaan darurat yang harus segera ditangani. Saat ini telah dilakukan berbagai uji coba model perawatan khusus bagi penderita stroke. Ditambahkan Saiful Islam. dan promotif. Sampai saat ini. sehingga penderita yang mengalami serangan stroke dibawa ke rumah sakit hanya jika gejala stroke memberat. sistem komunikasi yang baik antara masyarakat dan rumah sakit dan fasilitas pengiriman penderita ke rumah sakit. terapi rahabilitasi.7 Tahapan Terapi Stroke Akut Salah satu komponen krusial dalam penanggulangan stroke adalah upaya terapi stroke fase akut. Di samping menduduki peringkat utama di antara segolongan penyakit saraf yang mengakibatkan kematian. Untuk mengatasi masalah krusial ini. Model perawatan Selama ini model perawatan terhadap penderita stroke disamakan dengan perawatan terhadap pasien dengan penyakit lain. sebagaimana penanganan trauma berat atau infark miokard akut. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa pelayanan ambulans darurat merupakan komponen paling signifikan yang berhubungan dengan kecepatan penderita stroke tiba di rumah sakit. penderita stroke adalah penghuni terbanyak di bangsal atau ruangan pada hampir semua pusat pelayanan rawat inap penderita saraf. yaitu perlengkapan atau sarana perawatan akut dan rehabulitasi dini. stroke masih merupakan masalah utama di bidang neurologi maupun kesehatan pada umumnya. misalnya hanya dilakukan selang waktu tiga jam sejak terjadimnya serangan stroke. tahapan tersebut meliputi: pengenalan gejala dan tanda-tanda stroke oleh penderita. serta unit perawatan stroke akut dan rehabilitasi dini. Menurut dr Saiful Islam SpS dari RSUD dr Soetomo Surabaya. Padahal. Dari penelitian yang dilakukan mobilisasi atau latihan dini merupakan faktor terpenting yang berkaitan dengan keberhasilan terapi. keberhasilan terapi stroke akut sangat ditentukan oleh beberapa tahap dan merupakan mata rantai yang saling berkait (“stroke chain survival and recovery”). Selain menimbulkan beban ekonomi bagi penderita dan keluargannya. kecacatan yang ditimbulkan oleh stroke juga dapat mengakibatkan hilangnya penghasilan penderita. Yang tidak kalah pentingnya adalah bagian triage dari instalasi rawat darurat. termasuk pemeriksaan CT-scan kepala. diperlukan strategi penanggulangan stroke yang mencakup aspek preventif. unit rehabilitasi stroke. Stroke merupakan penyakit saraf yang paling sering mengakibatkan cacat dan kematian. Ada tujuh tahapan terapi stroke akut. akibatnya lama perawatan di rumah sakit menjadi lebih panjang. Selain itu. Dengan demikian. yang harus segera melakukan evaluasi penderita. .”time is brain” merupakan cara pandang yang lebih tepat dalam terapi stroke fase akut. terapi trombolitik pada penderita stroke iskemik akut. stroke juga menjadi beban bagi pemerintah dan perusahan asuransi kesehatan. sebenarnya masih ada satu mata rantai yang juga amat berpengaruh terhadap keberhasilan terapi stroke akut. penentuan diagnosis dan rencana penanganan. unit perawatan intensif penderita stroke akut. Selain itu penanganan juga menjadi kurang sempurna.

Dalam penerapan model perawatan khusus bagi penderita stroke. mulai dari dokter spesialis saraf. terapist. ahli gizi. unit ini dikendalikan oleh tim multidispliner yang melibatkan berbagai bidang keahlian. pekerja sosial dan bidang-bidang lain yang terkait dengan unit rehabilitasi medik . paramedik.

Ukuran atau penilaian ketidakcakapan yang sering digunakan bagi penderita pasca stroke dalam hubungan dengan pekerjaan. baik gangguan motorik (kelumpuhan/kelemahan. penyakit jantung kegemukan (obesitas). penglihatan yang terjadi atau berapa skor ADL (Activity Daily Living) untuk melihat kemandirian aktivitas sehari-hari atau skor pemeriksaan Mini Mental (Mini Mental State) bagi penapisan kepikunan dan lain sebagainya. apapun faktor resikonya haruslah cepat. gangguan peredaran darah otak sepintas. karena terkait kurun jendela terapi. kencing manis. merokok. epilepsi. Dalam kaitan prognosis pasca stroke berupa kecacatan atau gejala sisi inilah kita sering mendengar istilah disabilitas (disability). Sebenarnya berat atau ringan kecacatan (gejala sisa) yang terjadi pasca stroke.4 persen sembuh tanpa kecacatan. Pengobatan atau lebih tepat penatalaksanaan penderita dengan serangan stroke akut. antara lain kematian. jabatan bahkan kegiatan ritual semisal menunaikan ibadah haji dan lain sebagainya. maka hampir 70 persen faktor resiko hipertensi yang menyebabkan serangan stroke. kepikunan (demensia vaskuler). dihubungkan dengan berat/ringan pekerjaan atau jabatan dan tanggung jawab yang harus diemban seseorang . Apa akibat yang terjadi setelah serangan stroke? Perjalanan penyakit pasca serangan stroke (prognosis) dapat terjadi berupa. Seperti penelitian Fachir 2002 dibagian saraf RSUD-Ulin menunjukan angka mortalitas sekitar 39. gangguan bicara. penglihaatan dsb). Berapa prosentasi kelemahan. baik kolesterol maupun trigliserida). Pengendalian dan atau penataksanaan faktor risiko penderita pasca stroke juga penting bagi mencegah serangan ulang stroke. alkoholik.gangguan bicara.Stop Serangan Ulang. kecacatan (morbiditas) atau gejala sisa dalam berbagai bentuk. Dari sekian banyak faktor risiko tersebut. depresi yang dapat terjadi karena kecacatannya atau berhubungan dengan lokasi lesi diotak. maupun gangguan sensorik. gangguan psikis (stress). kadar lemak darah yang tinggi (hiperlipidemia. gangguan fungsi sosial maupun okupasional. Diantaranya tekanan darah tinggi (hipertensi). Kendalikan Faktor Risiko Faktor risiko stroke yang berperan dalam terjadinya serangan stroke telah diketahui dan menjadi dasar bagi prevensi yang efektif.

anjuran terhadap usaha-usaha yang semestinya dapat dikerjakan untuk mencegah stroke. dengan penanganan yang komprehensip dan memadai. lengkap dengan para dokter dan pembina lainnya. Berbeda dengan para penderita penyakit lainnya.MEMBANGUN PERCAYA DIRI DAN KEMANDIRIAN INSAN PASCA STROKE 19 November 2002 Oleh : Haryono Suyono Jakarta. pada umumnya para penderita stroke mempunyai tingkat akibat pasca stroke yang berbeda-beda. dengan terapi pasca stroke yang memuaskan dan berkelanjutan. bisa pulih sampai kepada keadaan yang relatif memuaskan. profesional dan komprehensif. Jumlah rumah sakit dan tenaga profesional yang diharapkan bisa memberikan pelayanan profesional juga masih sangat sedikit. anjuran yang diberikan belum dilakukan dengan baik. atau kalau pesan-pesan itu sudah terdengar dan dimengerti. tingkat pengetahuan masyarakat Indonesia tentang stroke dan masalahnya masih rendah. Akibat serangan mendadak ini sel-sel otak kekurangan darah. minggu lalu. dan apabila mengidap penyakit darah tinggi. misalnya dengan tidak merokok. belum menyebar secara luas atau dianggap bahwa serangan stroke bukan suatu serangan yang bisa mengena masyarakat secara umum. dapat melakukan kontrol terhadap penyakit itu dengan baik dan rajin. Dari berbagai definisi dapat dikatakan bahwa stroke adalah serangan pada otak yang mendadak dan menimbulkan gangguan fungsi otak sebagian atau menyeluruh karena adanya gangguan aliran darah yang disebabkan saluran yang tersumbat atau adanya pembuluh darah pada otak yang pecah. . Tidak semua rumah sakit mempunyai tenaga khusus untuk melayani penderita stroke atau unit pelayanan yang memadai atau unit pelayanan stroke tersendiri. mengadakan Sarasehan untuk mencari cara terbaik bagaimana mengembangkan organisasinya agar para anggotanya mendapat dukungan dan makin meningkat rasa percaya diri dan kemandiriannya dalam masyarakat luas. Mereka yang mendapat serangan stroke relatif ringan dan segera mendapat penanganan yang komprehensip dan memadai dapat segera pulih kembali hampir seperti sedia kala. Kematian sel-sel otak itu akan mempunyai akibat yang sangat fatal pada penderitanya. Lebih dari itu. oksigen atau zat-zat makanan dan akhirnya dalam waktu yang sangat singkat sel-sel tersebut mati. Biarpun peristiwa stroke bisa sangat sederhana dan bangsa kita relatif maju. para Insan Pasca Stroke (IPS). Mereka yang menderita stroke agak berat. seperti menganut pola hidup sehat tanpa resiko stroke. Tidak jarang para pasien penderita stroke terpaksa mengakhiri hidupnya secara fatal karena sewaktu dibawa ke rumah sakit. makan makanan yang rendah kolesterol. di aula Rumah Sakit itu. atau diabetes. Mereka yang menderita stroke tetapi tidak segera mendapat pelayanan yang memuaskan bisa mengalami penderitaan yang sangat panjang dan bisa mengakhiri hidupnya dalam kesengsaraan yang tidak nyaman. KBI Gemari Menjelang sewindu usia Klub Stroke Rumah Sakit Islam Jakarta. Mereka umumnya bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya. pasien tidak mendapat pelayanan segera.

Klub Stroke dapat mendorong anggotanya untuk mendampingi para insan pasca stroke bergulat menghadapi saat-saat latihan dalam masa rehabilitasi yang sangat panjang dan membosankan.Proses terapi harus dijalani dengan waktu yang panjang. Klub Stroke berbasis klinik atau anggotanya dapat menjadi pelopor dibentuknya klub stroke berbasis keluarga dan masyarakat. Klubklub semacam ini dapat membantu para insan pasca stroke memperoleh kembali kepercayaan dirinya . Untuk kembali kepada masyarakat biasa itu mereka akan menghadapi berbagai masalah. mendapat aliran darah dengan baik serta bisa menghasilkan karya-karya besar yang menyumbang sebesar-besar kesejahteraan masyarakat. Dan ketiga. insan pasca stroke sendiri perlu disiapkan untuk menghadapi masyarakat dengan segala sikap dan tingkah lakunya yang barangkali tidak bisa selalu sedap terhadap insan pasca stroke. Kemampuan teman itu memberi semangat untuk maju dan menolong insan pasca stroke tidak putus asa. Mereka dapat membentuk klub stroke di lingkungan keluarganya sendiri. sebaiknya mereka segera kembali bergaul dengan masalah-masalah yang biasa dihadapi oleh masyarakatnya. menyantuni keluarga dengan pengalaman stroke dan akibatnya. Selama proses itu biasanya mereka bisa sangat sensitif dan mudah tersinggung. Karena itu para insan pasca stroke memerlukan pengertian. yaitu Klub Stroke yang berinduk pada rumah sakit atau tempat-tempat pelayanan rehabilitasi. Apabila dipandang perlu bisa saja klub semacam ini tidak mempergunakan nama yang berbau stroke tetapi memilih nama lain yang lebih keren seperti misalnya “klub otak sehat” yang antara lain bisa melakukan kegiatan memelihara otak agar tetap sehat. Klub Stroke keluarga itu dapat diperluas menjadi klub dengan mengikutsertakan anggota-anggota lain dari lingkungan RT atau RWnya agar anggota-anggota itu memperoleh kesempatan untuk memahami kemungkinan serangan stroke dan akibatnya. khususnya di Jakarta. keluarga dan masyarakat sendiri perlu disiapkan untuk menghayati penyakit stroke serta akibat-akibat apa saja yang dapat ditimbulkannya. Ulangan gerak yang membosankan lebih mudah dilakukan kalau dilakukan dalam suasana yang tenang dan adanya semangat tambahan yang berasal dari tingkah laku teman lain yang bisa melakukan gerakan yang sama dengan baik. Apabila secara mental sudah siap untuk menyatu kembali kepada masyarakat. perlu dikembangkan Klub Stroke yang berbasis keluarga dan masyarakat. serta mempersiapkan anggota keluarganya untuk menganut pola hidup sehat agar tidak terkena stroke. dan pendampingan yang akrab agar bisa mengembalikan rasa percaya diri. petunjuk profesional. dukungan. Pertama. Rupanya pengalaman inilah yang mengantar pembentukan Klub Stroke yang sekarang muncul di banyak tempat di Indonesia. Namun kita mengetahui bahwa para insan pasca stroke tidak bisa selalu berada di tempat pelayanan. Karena itu setiap insan pasca stroke yang menyatakan siap untuk kembali ke masyarakat perlu dipersiapkan dengan baik agar tidak menjadi frustasi yang justru memperberat penderitaan yang telah dialami oleh para insan pasca stroke tersebut. kerjasama. Agar proses rehabilitasi bisa lebih efektif dan memungkinkan insan pasca stroke bisa segera mengikuti proses sosialisasi yang sesungguhnya dalam lingkungan keluarga dan masyarakatnya. Untuk mengembangkan Klub Stroke seperti ini perlu dikembangkan tiga hal secara serentak dan terpadu. perlu dikembangkan kesediaan masyarakat untuk bersama-sama akrab dan menjadi pendamping insan pasca stroke dengan sikap pandang yang positip. Kedua. kemampuan mandiri dalam lingkungan keluarganya dan dalam lingkungan masyarakat luas. Dukungan diperlukan dari teman-teman lain yang mempunyai penderitaan yang sama atau keluarga dan teman yang mempunyai sensitifitas yang tinggi.

(Prof. yang bila tidak diobati. tekanan darah dalam satu hari juga berbeda. hipertensi ini sering ditemukan pada usia lanjut. angka yang lebih rendah diperoleh pada saat jantung berelaksasi (diastolik). tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami. kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastis. pada pemeriksaan tekanan darah akan didapat dua angka. pada tekanan darah tinggi. atau keduanya. hipertensi maligna adalah hipertensi yang sangat parah. atau tekanan diastolik mencapai 90 mmhg atau lebih. tekanan darah ditulis sebagai tekanan sistolik garis miring tekanan diastolik. dikatakan tekanan darah tinggi jika pada saat duduk tekanan sistolik mencapai 140 mmhg atau lebih. akan menimbulkan kematian dalam waktu 3-6 bulan. biasanya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik. sejalan dengan bertambahnya usia. dimana akan lebih tinggi pada saat melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat. paling tinggi di waktu pagi hari dan paling rendah pada saat tidur malam hari. hipertensi ini jarang terjadi. hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala. bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah daripada dewasa. aneurisma. gagal jantung. tetapi tekanan diastolik kurang dari 90 mmhg dan tekanan diastolik masih dalam kisaran normal. secara umum. pada hipertensi sistolik terisolasi. dibaca seratus dua puluh per delapan puluh. Pengamat Masalah Sosial Kemasyarakatan)-Pengantar-Stroke-25Nop2002. serangan jantung dan kerusakan ginjal. DEFINISI HIPERTENSI tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri. klasifikasi tekanan darah pada dewasa kategori tekanan darah sistolik tekanan darah diastolik normal dibawah 130 mmhg dibawah 85 mmhg normal tinggi 130-139 mmhg 85-89 mmhg . dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke. angka yang lebih tinggi diperoleh pada saat jantung berkontraksi (sistolik). Haryono Suyono. tekanan sistolik mencapai 140 mmhg atau lebih. tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun. hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah. tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik. Dr. misalnya 120/80 mmhg.dan makin mandiri menghadapi masalah aktual di masyarakatnya. hanya 1 dari setiap 200 penderita hipertensi.

peradangan dan cedera pada salah satu atau kedua ginjal juga bisa menyebabkan naiknya tekanan darah. yang selanjutnya akan memicu pelepasan hormon aldosteron. dengan cara yang sama. yaitu jika arteri kecil (arteriola) untuk sementara waktu mengkerut karena perangsangan saraf atau hormon di dalam darah. sehingga tekanan darah juga meningkat. karena itu darah pada setiap denyut jantung dipaksa untuk melalui pembuluh yang sempit daripada biasanya dan menyebabkan naiknya tekanan. ginjal akan menambah pengeluaran garam dan air. volume darah dalam tubuh meningkat.aktivitas memompa jantung berkurang . . misalnya penyempitan arteri yang menuju ke salah satu ginjal (stenosis arteri renalis) bisa menyebabkan hipertensi. bertambahnya cairan dalam sirkulasi bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah.banyak cairan keluar dari sirkulasi maka tekanan darah akan menurun. penyesuaian terhadap faktor-faktor tersebut dilaksanakan oleh perubahan di dalam fungsi ginjal dan sistem saraf otonom (bagian dari sistem saraf yang mengatur berbagai fungsi tubuh secara otomatis). ginjal merupakan organ penting dalam mengendalikan tekanan darah. yang memicu pembentukan hormon angiotensi. inilah yang terjadi pada usia lanjut. . perubahan fungsi ginjal ginjal mengendalikan tekanan darah melalui beberapa cara: . hal ini terjadi jika terdapat kelainan fungsi ginjal sehingga tidak mampu membuang sejumlah garam dan air dari dalam tubuh.jika tekanan darah meningkat. . tekanan darah juga meningkat pada saat terjadi vasokonstriksi. ginjal akan mengurangi pembuangan garam dan air.ginjal juga bisa meningkatkan tekanan darah dengan menghasilkan enzim yang disebut renin. dimana dinding arterinya telah menebal dan kaku karena arteriosklerosis.jika tekanan darah menurun.arteri mengalami pelebaran .stadium 1 (hipertensi ringan) stadium 2 (hipertensi sedang) stadium 3 (hipertensi berat) stadium 4 (hipertensi maligna) 140-159 mmhg 160-179 mmhg 180-209 mmhg 90-99 mmhg 100-109 mmhg 110-119 mmhg 210 mmhg atau lebih 120 mmhg atau lebih pengendalian tekanan darah meningkatnya tekanan darah di dalam arteri bisa terjadi melalui beberapa cara: jantung memompa lebih kuat sehingga mengalirkan lebih banyak cairan pada setiap detiknya arteri besar kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku. yang akan menyebabkan berkurangnya volume darah dan mengembalikan tekana darah ke normal. sebaliknya. sehingga mereka tidak dapat mengembang pada saat jantung memompa darah melalui arteri tersebut. jika: . sehingga volume darah bertambah dan tekanan darah kembali ke normal. karena itu berbagai penyakit dan kelainan pda ginjal bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi.

sehingga akan meningkatkan volume darah dalam tubuh . Stroke adalah keadaan di mana sel-sel otak mengalami kerusakan karena tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. hemorrhagic stroke juga dapat terjadi pada bukan penderita hipertensi. bahkan di Amerika Serikat stroke dan penyakit-penyakit pembuluh darah merupakan penyebab kematian nomor satu. Sehingga tindakan yang cepat dalam mengantisipasi dan mengatasi serangan stroke sangat menentukan kesembuhan dan pemulihan kesehatan penderita stroke. Oksigen dan nutrisi ini dibawa oleh darah yang mengalir di dalam pembuluh-pembuluh darah yang menuju sel-sel otak. Walaupun terjadi lebih jarang dari ischemic . yang untuk sementara waktu akan: .sistem saraf simpatis merupakan bagian dari sistem saraf otonom. Hipertensi menyebabkan tekanan yang lebih besar pada dinding pembuluh darah. Selain itu. endapan zat-zat lemak tersebut dapat terlepas dalam bentuk gumpalangumpalan kecil yang suatu saat dapat menyumbat aliran darah ke otak.meningkatkan kecepatan dan kekuatan denyut jantung. efeknya akan makin parah dan makin sukar dipulihkan. tetapi memperlebar arteriola di daerah tertentu (misalnya otot rangka. juga mempersempit sebagian besar arteriola. sehingga dinding pembuluh darah menjadi lemah dan pembuluh darah rentan pecah.melepaskan hormon epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin (noradrenalin). Penghambatan aliran oksigen ke sel-sel otak selama 3 atau 4 menit saja sudah mulai menyebabkan kerusakan sel-sel otak. yang memerlukan pasokan darah yang lebih banyak) . Pada kasus seperti ini biasanya pembuluh darah pecah karena lonjakan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba karena suatu sebab tertentu. Namun demikian. Apabila karena sesuatu hal aliran darah atau aliran pasokan oksigen dan nutrisi ini terhambat selama beberapa menit saja. Sel-sel otak harus selalu mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup agar tetap hidup dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Penyempitan pembuluh darah menuju sel-sel otak menyebabkan aliran darah dan pasokan nutrisi ke otak akan berkurang.mengurangi pembuangan air dan garam oleh ginjal. sehingga sel-sel otak kekurangan oksigen dan nutrisi. yang merangsang jantung dan pembuluh darah. Darah yang tersembur dari pembuluh darah yang pecah tersebut juga dapat merusak sel-sel otak yang berada di sekitarnya. misalnya karena makanan atau faktor emosional. Pecahnya pembuluh darah di suatu tempat di otak dapat menyebabkan sel-sel otak yang seharusnya mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang dibawa melalui pembuluh darah tersebut menjadi kekurangan nutrisi dan akhirnya mati.meningkatkan tekanan darah selama respon fight-or-flight (reaksi fisik tubuh terhadap ancaman dari luar) . maka dapat terjadi stroke. Makin lama penghambatan ini terjadi. Stroke Karena Rusaknya Sel-sel Otak Stroke memang merupakan salah satu penyebab kematian terbesar saat ini.

terutama di daerah perkotaan. Rasa mual.” katanya. Mendadak sukar berjalan. tepat dan cermat. Hal itu pula yang sangat bermakna bagi penderita yaitu selain mengurangi kecacatan.stroke. sebagai akibat berubahnya pola hidup masyarakat. atau merasa hilang kesadaran secara mendadak. Keadaan ini diperparah dengan perhatian . Satu mata atau kedua mata mendadak kabur. sulit bicara atau sulit mengerti. panas dan sangat sering muntah-muntah. 2. terhuyung dan kehilangan keseimbangan. sehingga dengan penanganan yang cepat. hanya 20 persen dari kasus stroke yang terjadi. juga mempercepat pemulihan. umumnya Recovery mereka lebih bagus sehingga kemungkinan pulih seperti sediakala bisa lebih besar. Itulah salah sastu prinsip yang harus dipegang teguh oleh setiap neurolog dalam menangani penderita stroke. terutama pada satu bagian tubuh saja. juga menjadi pemicu timbulnya penyakit stroke pada masyarakat. Tanda-tanda itu adalah: 1. Hal ini disebabkan regenerasi pada orang muda lebih cepat. tepat dan cermat kemungkinan pulih bisa lebih besar. dibandingkan mereka yang sudah usia lanjut. 4. diperlukan penanganan yang cepat. namun haemorrhagic stroke lebih serius tingkat bahayanya dibandingkan ischemic stroke. jelas ada peningkatan yan g cukup tajam. Rasa bingung yang mendadak. dan gaya hidup serta berubahnya pola makan. 3. ahli stroke Rumah Sakit Islam Jakarta yang juga penasehat ahli YASTROKI mengatakan. yang banyak menimbulkan stres pada masyarakat. Orang yang terkena stroke pada usia muda akan lebih cepat proses pemulihannya dibandingkan dengan mereka yang terkena stroke pada usia tua. Tepat dan Cermat Untuk meminimalkan terjadinya kecacatan pada penderita stroke. 5. “Pengalaman kita selama menangani stroke muda.5 persen. Sementara itu Dr Samino. agar semua orang mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya serangan stroke. 2. RIS 5 Tanda Munculnya Serangan Stroke Stroke adalah serangan otak yang secara sederhana mempunyai lima tanda-tanda utama yang harus dimengerti dan difahami. Tangani Stroke Cepat. kemungkinan munculnya tanda-tanda ikutan lain yang bisa timbul dan harus diwaspadai. Sikap masyarakat yang berubah begitu rupa. Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa dan lema s pada muka. Mendadak merasa pusing dan sakit k epala tanpa diketahui sebab musababnya. Selain itu. Rasa pingsan mendadak. saat ini risiko serangan stroke meningkat 10-15 kali. yaitu: 1. Keadaan ini bila dibandingkan tahun dengan tahun 1970 yang hanya sekitar 2. tangan atau kaki.

dan sebagai salah satu penyebab terbesar terjadinya kecacatan pada orang lanjut usia di AS. 1. maka paling lama tiga jam pasien harus mendapat perawatan yang sebaiknya agar mengurangi kemungkinan terjadinya kecacatan. sebaiknya segeralah bawa penderita ke rumah sakit. Janet Croft dari CDC. Gejala-Gejala Terjadinya Stroke Harus Diwaspadai Dengan mengenali gejala-gejala terjadinya stroke mungkin akan sedikit membantu mengatasi akibat fatal yang mungkin dialami seseorang. 3.' kata Dr.pemerintah yang belum seluruhnya memberikan perhatian penuh terhadap penyakit yang dapat menimbulkan kematian ini. yaitu belum diikuti dengan pelayanan yang wajar. stroke merupakan nomor tiga terbesar penyebab kematian. Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa mengenali gejala stroke dan mencari bantuan darurat untuk mengatasinya mungkin bisa mengurangi stroke yang bisa menyebabkan kematian dan kecacatan itu. Bingung atau kesulitan berbicara Jika seseorang mengalami salah satu dari kelima tanda tersebut. kadang orang mengabaikan gejalagejala awal tersebut.' kata Croft. Georgia. Sebagaimana diketahui. Tambahan lagi. sangat penting mendidik masyarakat mengenal gejala-ge jala dan gejala-gejala dari stroke. Demikian menurut Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS di Atlanta. Hal ini mungkin bisa membantu mereka mengatasi dan melakukan tindakan yang efektif dalam kasus stroke. Merasa lemah dan tidak bertenaga Penglihatan kabur dan penglihatan menghilang Tiba-tiba pusing atau kehilangan keseimbangan Tiba-tiba menderita sakit kepala yang parah (yang kadang disebut penderit sebagai sakit kepala terparah selama hidup. Menurut Croft. sekitar 500 ribu orang mengalami stroke pertama tiap tahunnya. 2. dalam laporan mingguan CDC bertajuk Morbidity and Mortality. 5. hampir 25% kematian karena stroke pada orang yang lebih muda daripada 65 tahun terjadi sebelum berangkat ke rumah sakit atau gawat darurat. 'Sebab jika mengalami stroke isemik. yang 80% penderita mengalami stroke jenis ini. Croft juga menyebutkan lima gejal a-gejala utama dari stroke. Para ahli kesehatan masyarakat mengkhawatirkan banyaknya pria dan wanita di bawah 65 tahun yang mengalami gejala stroke. Stroke isemik terjadi ketika dalam arteri terjadinya pembekuan atau penghambatan sehingga memotong aliran darah ke otak. karena pelayanan dan SDM yang tidak siap.000 kematian akibat stroke yang terjadi di tahun 1999 terjadi sebelum mereka sampai ke rumah sakit atau ke uni gawat darurat. katanya. Seperti diketahui. 4. Menurut catatan CDC. tetapi mereka menganggapnya bukan stroke tetapi penyakit lainnya. 'Laporan terbaru mengatakan bahwa hampir 48% dari 167. .