tik excel

MATERI PELAJARAN KELAS 11 SEMESTER GENAP

PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA

siswa diharapkan dapat :  Mendeskripsikan kegunaan perangkat lunak pengolah angka  Mengidentifikasi macam-macam perangkat macamlunak pengolah angka  Mengidentifikasi bagian-bagian dari bagiantampilan perangkat lunak pengolah angka .Pertemuan 1 Pada akhir pertemuan.

Perangkat Lunak Pengolah angka  Adalah sebuah aplikasi komputer yang digunakan untuk mengolah data berbentuk angka dan menampilkannya menjadi sebuah informasi dalam bentuk Tabel. . Grafik. Diagram atau Chart  Hasil pengolahan perangkat lunak ini dapat digunakan sebagai basis data.

MacamMacam-macam Perangkat Lunak Pengolah Angka         Kspread Star Office Calc Open Office Calc GNOME Office ± Gnumeric Abacus XESS Lotus 123 Microsoft Excel .

merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Star Office Calc. GNOME Office ± Gnumeric.  Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas  Mulltiplatform bararti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux. . XESS. Solaris. Open Office Calc. Unix. dan Windows. Abacus.Open Source dan Multiplatform  Kspread.

Tampilan antar muka Kspread .

Tampilan antar muka Star Office Calc .

Tampilan Antar Muka Open Office Calc .

Tampilan Antar Muka GNOME Office ± Gnumeric .

Tampilan Anta Muka Abacus .

Tampilan Antar Muka XESS .

Tampilan Antar Muka Microsoft Excel .

.Kesimpulan umum  Semua perangkat lunak pengolah ankga memiliki tampilan antar muka yang hampir sama.  Jika seseorang dapat menjalankan satu dari aplikasi diatas maka ia akan dapat dengan mudah menggunakan aplikasi lainnya.

Menggunakan Perangkat lunak Pengolah Angka  Membuat/membuka dokumen  Menyimpan dokumen  Keluar dari program aplikasi .

Pengertian dasar  Sebuah halaman perangkat lunak pengolah angka disebut dengan lembar kerja (sheet/workshet)  Gabungan dari beberapa lembar kerja disebut buku kerja (workbook)  Lembar kerja terdiri dari sekumpulan baris dan sekumpulan kolom  Alamat baris dinyatakan dalam angka ( 1 sampai «)  Alamat kolom dinyatakan dalam huruf ( A sampai «) .

Pengertian dasar  Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel  Alamat sel dinyatakan dengan menuliskan alamat kolom dan baris ( contoh B5 )  Sekumpulan sel yang berdekatan disebut dengan range  Alamat range dinyatakan dengan meuliskan alat sel kiri atas : kanan bawah ( contoh A5:C20) .

Jendela Perangkat Lunak Pengolah angka .

Jelaskan 14 fungsi (kata yang berwarna merah) dari bagian-bagian jendela bagianmikrosoft excel . A1:B8 b. Hitunglah banyaknya sel dari range berikut a. C3:D12 3.Tugas 1. Periksa banyaknya baris dan banyaknya kolm pada microsoft excel (nyatakan dalam 2n) 2.

Jawab          Banyaknya baris = « = 2 « Banyaknya kolom = « = 2 « Banyaknya sel = « =2 Range A1:B8 = sel Range C3:D12 = « sel Range Fungsi dari baris judul adalah « Fungsi dari kontrol jendela adalah « Fungsi dari kontrol buku kerja adalah « dst « .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful