Sepak Bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia dan

dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan sebelas orang. Bola kaki pertama kali ditemukan di inggris pada pertengahan abad 19. Kompotisi bola kaki pertama adalah FA.

Asal

muasal

sejarah

munculnya

olahraga

sepak

bola masih

mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari tiongkok. FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Olah raga ini saat itu dikenal dengan sebutan “tsu chu “. Dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat Cina telah memainkan bola yang disebut tsu chu. Tsu sendiri artinya “menerjang bola dengan kaki”. sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Permainan bola saat itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang dan menggiring dan memasukkanya ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang. Versi sejarah kuno tentang sepak bola yang lain datangnya dari negeri Jepang, sejak abad ke-8, masyarakat disana telah mengenal permainan bola. Masyarakat disana menyebutnya dengan: Kemari. Sedangkan bola yang dipergunakan adalah kulit kijang namun ditengahnya sudah lubang dan berisi udara. Menurut Bill Muray, salah seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen. Sisi sejarah yang lain adalah di Yunani Purba juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya. Sejarah sepak bola modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, asal muasalnya dari Inggris, yang dimainkan pada pertengahan abad ke-19 pada sekolah-sekolah. Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu: Sheffield Football Club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola. Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton.

Peraturan : • • • • • • • • Peraturan 1: lapangan sepak bola Peraturan 2: Bola Sepak bola Peraturan 3: Jumlah Pemain Peraturan 4: Peralatan Pemain Peraturan 5: Wasit Peraturan 6: Asisten wasit Peraturan 7: Lama Permainan Peraturan 8: Memulai dan Memulai Kembali Permainan Peraturan 9: Bola Keluar dan di Dalam Lapangan Peraturan 10: Cara Mendapatkan Angka Peraturan 11: Offside Peraturan 12: Pelanggaran Peraturan 13: Tendangan Bebas • • • • • . IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association. Inggris. Diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association (Fédération Internationale de Football Association). baik tentang teknik permainan. Piala Dunia Sepak bola atau sering disingkat sebagai Piala Dunia saja (nama resmi: Piala Dunia FIFA) adalah kompetisi terpenting dalam dunia sepak bola internasional. syarat dan tugas wasit. Inovasi yang dilakukan baru-baru ini memperbolehkan lebih dari satu negara menjadi tuan rumah. Babak final turnamen (merujuk kepada bagian turnamen setelah kualifikasi) ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali namun kejuaraan ini mengambil masa dua tahun secara keseluruhan. Lebih dari 160 tim nasional bertarung dalam turnamen kualifikasi regional untuk meraih tempat dalam babak final. melebihi bahkan Olimpiade. Turnamen finalnya kini melibatkan 32 tim (peningkatan dari 24 tim pada tahun 1998) yang berkompetisi selama 4 minggu di negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah. turnamen babak final Piala Dunia adalah ajang olahraga yang paling banyak ditonton di dunia. yaitu: International Football Association Board (IFAB). dan Irish Football Association di Manchester.Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia. Sejarah sepak bola semakin teruji hingga saat ini IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola. bahkan sampai transfer perpindahan pemain. Football Association of Wales. pengatur cabang olahraga ini.

tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri).1 penyerang lubang. keputusan-keputusan Badan Asosiasi • • • Sepak bola Internasional (IFAB) lainnya turut menambah peraturan dalam sepak bola. Tujuan permainan Dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan ("mencetak gol"). akan diadakan pertambahan waktu 2x 15 menit dan apabila dalam pertambahan waktu hasilnya masih seri akan diadakan adu penalti yang setiap timnya akan diberikan lima kali kesempatan untuk menendang bola ke arah gawang dari titik penalti yang berada di dalam daerah kiper hingga hasilnya bisa ditentukan.satu gelandang serang dan satu striker tunggal) 4.2 bek sayap. 4-3-1-2 (4 bek. 4-2-3-1 (2 bek tengah. 4-4-1-1 (2 pasang gelandang sayap.1 striker) 8.3 gelandang.3 gelandang bertahan. Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit.• Peraturan 14: Tendangan pinalti Peraturan 15: Lemparan Dalam Peraturan 16: Tendangan Gawang Peraturan 17: Tendangan Selain peraturan-peraturan di atas. 4-4-2 (denagan dua gelandang sayap) 3.2 sayap. Peraturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan. dan satu striker tunggal) 6. 4-3-3 (4 bek. 2 gelandang serang. Taktik Permainan Taktik yang biasa dipakai oleh klub-klub sepak bola adalah sebagai berikut: 1.3 gelandang bertahan.1 striker) 10.2 striker sayap. 4-5-1 (4 bek.2 striker) 7.1 penyerang lubang. 4-2-4 (2sayap) 5.2 bek tengah. 2 winger.1 striker tengah) 9.1 gelandang bertahan.4-3-3 (2 bek sayap. 4-3-2-1 (3 gelandang tengah.2 sayap.3 striker tengah) . 4-4-2 (klasik: empat pemain belakang/skipper) 2. Peraturan-peraturan lengkapnya dapat ditemukan di situs web FIFA.

Lapangan permainan Ukuran lapangan standar 1.5-4-1 Taktik yang dipakai oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Sang wasit dibantu oleh dua orang asisten wasit (dulu dipanggil hakim/penjaga garis). garis gawang di ujung-ujung.. tak ada tembok penghalang atau papan 3.3-5-2 (tanpa libero/sweeper) 15.4 gelandang. Ukuran: panjang 100-110 m x lebar 64-75 m Garis batas: garis selebar ..1 striker) 12.1 gelandang bertahan. 2.. . Menyerang. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan yaitu. dan Normal. dan keputusankeputusan pertandingan yang dikeluarkannya dianggap sudah final.3-4-3 (dengan winger) 13. Dalam banyak pertandingan wasit juga dibantu seorang ofisial keempat yang dapat menggantikan seorang ofisial lainnya jika diperlukan.11. Ofisial Sebuah pertandingan diperintah oleh seorang wasit yang mempunyai "wewenang penuh untuk menjalankan pertandingan sesuai Peraturan Permainan dalam suatu pertandingan yang telah diutuskan kepadanya" (Peraturan 5). yakni garis sentuh di sisi.4-1-4-1 (4 bek. m lingkaran tengah..3-6-1 16. cm. Bertahan. Daerah penalti: busur berukuran .selain itu juga mereka membutuhkan alat-alat untuk membantu jalannya petandingan... dan garis melintang tengah lapangan.3-5-2 (dengan libero/sweeper) 14. m dari setiap pos .

.. 3. 5. Garis penalti: . 2. 2. dan tak abrasive pada sisi tribun dari pelemparan Bola 1. cm pada pantulan pertama Bahan: karet atau karet sintetis (buatan). 5. m dari titik tengah garis gawang Garis penalti kedua: . salah satunya Jumlah pemain maksimal keluar lapangan(tidak termasuk cedera): 4 Jumlah pemain cadangan maksimal: 12 Jumlah wasit tenggah: 1 Jumlah hakim garis: 2-4 Batas jumlah pergantian pemain: paling banyak sesuai jumlah pemain penjaga gawang 5. cm Berat: 410-450 gram Lambungan: . 8. m (... 4. Kaos bernomor (sejak tahun 1954) Celana pendek Kaos kaki Pelindung lutut Alas kaki bersolkan karet Lama permainan 1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 11.. rata.. m dari titik tengah garis gawang Zona pergantian: daerah .... 3.5 m Permukaan daerah pelemparan: halus. Lama normal: 2x45 menit . 2. m pada setiap sisi garis tengah lapangan) Gawang: lebar 7 m x tinggi 2. Tim 1. Ukuran: 68-70 cm Keliling: . 4.. 7. 3.4.. 6. 6. 4. 5.. cadangan Perlengkapan permainan 1.

Piala dunia mini (piala konfederasi) Ajang tingkat klub terbesar di Eropa adalah Liga Champions. Kejuaraan internasional terbesar di sepak bola ialah Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association. atau bahkan dengan Euro. Lebih dari 190 timnas bertanding di turnamen kualifikasi regional untuk sebuah tempat di babak final. tak ada dalam waktu tambahan Waktu pergantian babak: maksimal 15 menit 6. Sebaliknya. sementara di Amerika Selatan adalah Copa Libertadores. turnamen tersebut dimainkan oleh timtim internasional yang lengkap tanpa batasan umur Organisasi • • Fédération Internationale de Football Association (FIFA) (dunia) UEFA (eropa) . Di Asia. turnamen ini tidak mempunyai kepentingan internasional dan prestise yang sama dengan Piala Dunia. Turnamen babak final yang berlangsung selama empat minggu kini melibatkan 32 timnas (naik dari 24 pada tahun 1998). 3. 4. Copa America atau Piala Afrika. Sepak bola sudah dimainkan di Olimpiade sejak tahun 1900. (kecuali pada Olimpiade tahun 1932 di Los Angeles). Akibatnya. turnamen Olimpiade untuk wanita membawa prestise yang hampir sama seperti Piala Dunia Wanita FIFA. Pada saat ini. Time-out: 1 per tim per babak. disertai peraturan yang mencegah negara-negara daripada memainkan tim terkuat mereka. turnamen Olimpiade untuk pria merupakan turnamen U-23 yang boleh ditamnbahi 3 pemain di atas umur. namun sejak Olimpiade Los Angeles 1984 pemain profesional juga mulai ikut bermain. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali. Liga Champions Asia adalah turnamen tingkat klub terbesar. Lama istiharat: 15 menit Lama perpanjangan waktu: 2x15 menit Ada adu pinalti jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai 5.2. Awalnya ini hanya untuk pemain-pemain amatir saja.

Formasi . biasanya diwakili oleh 5 pemain dari masing-masing tim. Pemain-Pemain yang Terkenal saat ini .posisi tim di lapangan • • • Hattrick. • bola • Taktik dan kemampuan individual . futsal dan futsal Sepak bola tarkam Jenis lainnya • • • • • indoor soccer Elemen permainan • Peraturan gol tandang (away goals) Adu penalti.• • • • • CONMEBOL (amerika latin) CONCACAF (amerika) AFC (asia) CAF (afrika) OFC (oseania) Sepak bola wanita Sepak bola Paralimpik (untuk orang cacat) Sepak bola ruangan (indoor): five a side football.catatan mengenai cara bermain sepak Posisi .posisi pemain. terjadi apabila seorang pemain dapat mencetak 3 gol kegawang lawan dalam 1 pertandingan.

umur 30 tahun) adalah pesepak bola Spanyol. dan menggunakan nomor punggung 9. Ia juga bermain untuk tim nasional Inggris. umur 24 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola Inggris yang berposisi sebagai penyerang. Ia saat ini bermain di Manchester United dan menggunakan nomor punggung 10. 24 Oktober 1985. 25 Januari 1980. Ia berposisi di tengah.Wayne Rooney (lahir di Croxteth Liverpool. Nama pendeknya adalah Xavi. . Spanyol. Ia bermain untuk FC Barcelona dan sudah 83 kali membela Spanyol. Xavier Hernández Creus (lahir di Terrassa. Inggris.

Dia adalah kiper pilihan utama Real Madrid dan timnas Spanyol. Ia juga bagian dari timnas remaja Spanyol dan memenangkan kejuaraan UEFA-CAF Meridian Cup and Kejuaraan Dunia Remaja FIFA pada tahun 1999.Carles Puyol Saforcada (lahir di La Pobla de Segur. Ronaldo (Brasil) – 15 gol (1994. Pemain lagenda Piala Dunia 1. Dia menyatakan bahwa ia akan pensiun suatu saat sebagai pemain Real Madrid dan akan terlibat langsung dalam pengelolaan Real Madrid. 1998. Madrid. Pria setinggi 185 cm ini datang di Real Madrid pada La Liga musim 1999/2000. umur 32 tahun) adalah pemain belakang tim nasional sepak bola Spanyol yang bertinggi badan 178 cm dan bermain di FC Barcelona. 13 April 1978. umur 29 tahun) adalah seorang penjaga gawang asal Spanyol. 2002. Iker Casillas Fernández (lahir di Móstoles. Lleida. Casillas memulai kariernya di klub sepak bola kota kelahirannya. dan bergabung pada usia 8 tahun . 20 Mei 1981. 2006) . Spanyol.

Pele (Brasil) 12 gol (1958. Helmut Rahn (Jerman Barat) – 10 gol (1954. Selain membawa Brasil menjadi juara. 1966. Sandor Kosics (Hongaria) – 11 gol (1954) Kosics hanya sekali bermain di Piala Dunia. Ia mencetak dua gol di final Piala Dunia 1958 dan membawa Brasil mengalahkan Swedia. termasuk gol penentu kemenangan negaranya atas Belanda di pertandingan final. 6. Ia menutup karirnya di Piala Dunia 1970 dengan membuat satu gol di pertandingan final saat timnya mengalahkan Italia 4-1. 4. 1974) Disebut-sebut sebagai striker kotak penalti terbaik sepanjang masa. dengan mencetak 13 gol saat membawa Prancis menjadi juara ketiga di Piala Dunia 1958. 1962. Just Fontaine (Prancis) – 13 gol (1958) Seperti halnya Kosics. Gerd Muller (Jerman Barat) – 14 gol (1970. kecuali di final saat timnya secara mengejutkan kalah dari Jerman. Muller mencetak sepuluh gol saat Jerman Barat menjadu juara ketiga di Piala Dunia 1970. Jurgen Klinsmann (Jerman) – 11 gol (1990. Ia kemudian membuat empat gol pada 1974. Ia merupakan pemain kunci dalam tim Hongaria yang tampil luar biasa di tahun 1954. 1958) Pemain berjulukan ‘The Cannon from Essen’ ini dikenal berkat dua golnya di Piala Dunia 1954 ke gawang Hongaria dan membantu Jerman meraih juara dunia . 5. 1970) Pemain yang dijuluki ‘The King’ ini sudah mendunia di usia 17 tahun. 1998) Striker haus gol yang mencetak gol di tiga Piala Dunia secaar berturut-turut dan menjalin kerjasama mengesankan dengan Rudi Voller di Piala Dunia 1990 dan 1994. 2. 7. 1994. termasuk dua gol di pertandingan final ke gawang Jerman. Ronaldo juga menjadi topskor dengan mencetak delapan gol. Namun sampai saat ini ia adalah topskor dengan gol terbanyak dalam sebuah turnamen. Fontaine hanya tampil di satu Piala Dunia. Ia membuat gol di setiap pertandingan. 3.Pemain legendaris ini dikenang berkat penampilan gemilangnya di Piala Dunia 2002.

1950 (2 kali) 5. ia mencetak sebuah gol indah di Piala Dunia Argentina. Ia berperan besar dalam membawa negaranya melaju sampai perempat-final 1970. 1998. Ia mencetak sepuluh gol hanya dalam sembilan pertandingan. 1974. 1938. 1978 dan 1982) Cubillas masih tercata sebagai pemain terbaik Peru sepanjang masa. 4. Ia kemudian mencetak empat gol lagi di Piala Dunia 1990 saat Inggris menjadi juara keempat.untuk pertama kalinya. 1962.1978. 2002 (5 kali) Italia .1934.1954. Peringkat juara Piala Dunia 1. 7. 1994. 8. 1982. 10. dan juga sempat mencetak gol saat menjadi veteran di Piala Dunia 2002. Brazil . 1986 (2 kali) Uruguay . Gary Lineker (Inggris) – 10 gol (1986. Inggris . 1970. 2002) Striker legendaris Argentina ini dikenal dengan tendangan kaki kanannya yang sangat keras. 3.1966 (1 kali) Perancis .1958.2010 (1 kali) . 2.1998 (1 kali) Spanyol . Ia membuat gol saat berada di puncak karir pada Piala Dunia 1994 dan 1998.1930. 1990) Topskor di Piala Dunia 1986 dengan mencetak enam gol. Gabriel Batistuta (Argentina) – 10 gol (1994. 9.Teifilo Cubillas (Peru) – mencetak 10 gol (Piala Dunia 1970. 1990 (3 kali) Argentina . 2006 (4 kali) Jerman . 6. Delapan tahun kemudian.

Penghargaan Permainan Adil FIFA (FIFA Fair Play Award) untuk tim dengan catatan fair play terbaik. .Penghargaan di Piala Dunia Pada akhir setiap turnamen final Piala Dunia. Bola Emas Adidas (Adidas Golden Ball) untuk pemain terbaik. Tim Paling Menghibur. beberapa penghargaan diberikan kepada pemain dan tim yang dianggap istimewa dibandingkan dengan yang lainnya berdasarkan aspek-aspek yang berbeda. Sat ini ada lima jenis penghargaan: • • • • • Sepatu Emas Adidas (Adidas Golden Shoe) untuk pencetak gol terbanyak. Penghargaan Yashin (Yashin Award) untuk penjaga gawang terbaik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful