Zinc Dalam Penatalaksanaan Diare Tahun 2004, Organisasi Kesehatan Dunia dan UNICEF mengeluarkan rekomendasi pengobatan diare

. Salah satu poinnya adalah anjuran untuk memberikan zinc 20 mg/hari selama 10-14 hari. Suplementasi zinc diyakini bisa menurunkan severitas dan memperpendek episode diare. Namun, pengetahuan dokter dan ketersediaan produk zinc masih menjadi tantangan tersendiri. Dr. Oliver Fountaine, Koordinator Penelitian Departemen Kesehatan Anak dan Remaja WHO, getol mengedukasi dokter mengenai pentingnya zinc dalam penatalaksanaan diare. Kelahiran Prancis 1952 ini menyatakan, zinc dapat menurun- kan severitas diare dan memperpendek episode diare. Bagaimana cara kerja zinc pada penderita diare anak? Berikut penuturannya kepada Vitra Hutomo dari ETHICAL DIGEST di sela Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak ke 14, 6-9 Juli 2008 di Surabaya. Bagaimana mekanisme kerja zinc? Penelitian masih berjalan. Menurut kami, kemampuan zinc mencegah diare dihubungkan dengan kemampuannya me- ningkatkan sistim kekebalan tubuh. Zinc merupakan mineral penting bagi tubuh. Lebih 300 enzim dalam tubuh yang bergan- tung pada zinc. Zinc juga dibutuhkan oleh berbagai organ tubuh, seperti kulit dan mukosa saluran cerna. Semua yang berpe- ran dalam fungsi imun, membutuhkan zinc. Jika zinc diberikan pada anak yang sistim kekebalannya belum berkembang baik, dapat meningkatkan sistim kekebalan dan melindungi anak dari penyakit infeksi. Itulah, mengapa anak yang diberi zinc lebih kecil kemungkinannya mengalami penyakit infeksi, diare dan pneumonia. Ada penelitian menarik di Amerika Seri- kat, melibatkan orang usia lanjut (60-80 tahun). Setelah 7 tahun, mereka menghen- tikan penelitian karena kelompok yang mendapatkan zinc memiliki angka mor- talitas keseluruhan 27% lebih sedikit dibanding kelompok yang tidak menda- patkan zinc. Pada penyakit kanker dan kar- diovaskuler tidak berubah, tetapi terdapat penurunan signifikan atau hampir tidak ada angka kejadian penyakit infeksi. Mekanisme lainnya adalah efek zinc pada cAMP pada tingkat enterocyte, me- nyebabkan peningkatan absorpsi Na+ dan menurunkan sekresi Cl-. Kita tahu, zinc adalah kofaktor enzim utama yang mensti- mulasi pembelahan sel. Jadi, ketika zinc diberikan, terjadi peningkatan pembelahan sel. Ketika zinc diberikan pada penderirta diare, terjadi perbaikan mukosa. Mukosa menjadi lebih kuat melawan diare. Kese- mua mekanisme ini bekerja secara bersamaan, sehingga zinc memiliki efek pengo- batan dan pencegahan.

hanya Bangladesh.Zinc bisa digunakan untuk mencegah penyakit infeksi lain? Kami mencoba zinc untuk pneumonia. Tanzania dan beberapa negara lain. untuk tetap memberikan zinc meski diare anaknya sudah berhenti. zinc dapat mencegah epi. bagaimana memiliki keterse.tri farmasi. itu bukan kebijakan kami. Penelitian di India. Padahal. India dan Pakistan. Zinc yang diberikan pada anak yang diare. pemberian zinc me. Mengapa tidak dikombinasi antara zinc dan Oral Rehydration Solution (ORS)? Banyak orang bertanya seperti ini Teta. di berbagai negara ibu merasa anaknya berbeda setelah diberi zinc. Kami terus menstimulasi indus.scribd. Pemberian zinc juga membuat kulit menjadi lebih baik. Sulit meyakinkan industri farmasi untuk memroduksi zinc. Tahun 2004.com/doc/15338605/POUZN-Zinc-at-Konika-IDAI-IndonesiaEthical-Digest-808 .tian di India. penurunan signifikan lain adalah angka kejadian pneu. Penelitian di Bangladesh dan India menunjukkan efek yang baik pada anak yang dirawat inap karena pneumonia.sode pneumonia. tetap dapat mencegah pneumonia. lebih banyak tersenyum dan nafsu makannya bertam. Sudah berapa negara yang mengadopsi kebijakan WHO ini? Sudah 35 negara. Jika dilakukan. Masalahnya. selain Bangladesh dan India. tidak ada produk zinc sama sekali. jika diberikan selama 10-14 hari. Indonesia adalah negara yang memroduksi zinc.nurunkan rawat inap sampai 50%.monia. Ada bukti kuat.bah. orang akan mengonsumsi zinc hanya jika mereka menggunakan ORS. Anak menjadi lebih aktif. Hal ini menstimulus ibu. http://www. zinc bisa mencegah diare 2-3 bulan ke depan. Selain penurunan kejadian diare. Kami mencoba melihat efek zinc dalam pengobatan diare. Tidak semua negara menjadikan ini sebagai kebijakan nasional.pi. agar memroduksi suplemen zinc sirup atau tablet. Nepal. Zinc hanya akan memiliki efek pengobatan dan bukan pencegahan. Kami melakukan peneli.diaan produk zinc yang memadai. Yang menarik. Itu biasanya hanya 2 hari.

Related Interests