tips serta trik dalam membuat mie.

CARA MEMBUAT MIE SEHAT
MI SEHAT BAHAN: - Tepung terigu BOGASARI KERETA KENCANA ATAU CAKRA KEMBAR 200 gram - Bayam 50 gram * - Air 75 ml - Tepung kanji 25 gram - Garam 1 sendok teh - Telur ayam 2 butir, kocok lepas - Minyak goreng 3 sendok makan - Tepung maizena 1 sendok makan CARA MEMBUAT: 1. Blender bayam dan air lalu tambahkan telur dan garam. 2. Tuang adonan bayam ke dalam tepung terigu dan tepung kanji sambil diuleni. Masukkan minyak goreng sambil terus diuleni hingga tercampur rata. 3. Giling mi dengan ukuran 1 hingga halus, pindah ke ukuran 2 hingga halus dan seterusnya hingga ukuran 4. 4. Masukkan ke dalam pemotong, pilih yang ukuran kecil. Taburi dengan tepung maizena. 5. Rebus mi hingga terapung, angkat lalu perciki dengan minyak goreng, aduk lalu dinginkan. 6. Mi siap diolah Standar Untuk 300 Gram

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak Mie Bayam Hijau: - 50 gram bayam dan 30 ml air, diblender - 75 gram tepung sagu - 2 butir telur - 1 sendok teh garam - 250 gram tepung terigu protein tinggi Bahan taburan: - 50 gram tepung terigu protein tinggi - 1 sendok makan tepung sagu Bahan kuah Mie Bayam Hijau : - 1/4 sendok teh merica bubuk - 1 sendok teh gula pasir - 1 sendok makan minyak untuk menumis - 1 batang daun bawang, diiris halus untuk taburan - 4 siung bawang putih, dicincang halus - 2 cm jahe, diparut - 2.000 ml air kaldu ayam (dari rebusan tulang ayarti) - 1 1/2 sendok makan garam

Diamkan selama 15 menit... . Resep Mie Homemade Hi moms. .Resep ini untuk 10 porsi Mie Bayam Hijau. masukan kembali ke dalam penggiling. aduk.Potong dengan pemotong mi yang lebar. enak lho. maunya mie. aduk. campur tepung terigu. Langkah memasak Mie Bayam Hijau: . masukan minyak bertahap sambil diuleni hingga kalis 2.pake rolling pin digiling . lakukan sekali lagi hingga lembaran adonan halus. . dan garam. cara membuat: 1. kalo gue die... Mie Bayam Hijau dan kuahnya siap disajikan. Masukkan mie. tuangi campuran bayam-telur.Masukkan garam. lipat lembaran jadi 2..Hidangkan dengan taburan daun bawang. .gilas adonan mi dengan mesin mi ketebalan 3mm.. tepung kanji.ambil adonan sedikit2. Rebus sampai matang.udah gitu baru pake mesin. Selamat mencoba. ) Ini untuk 1/2 kg mie.Tumis bawang putih dan jahe sampai harum.Giling tipis di gilingan mie.pakenya semau2nya. anakku lg susah makan nasi. bagi adonan menjadi 4. Langkah memasak kuah Mie Bayam Hijau: . lebih aman bikin sendiri & sehat karena pewarnanya dari sayur"an. Tabur dengan bahan taburan. Masak sampai matang. ..Aduk bahan sampai bergumpal. rebus air kaldu ayam hingga mendidih.000 ml air dan 1 sendok teh minyak goreng.. merica bubuk. dan gula pasir. Masak sampai mendidih. . Ini resep dari kakak ipar-ku. Tuang ke rebusan air kaldu.Didihkan 1. . campur adonan bayam dengan telur.. .. cuma kalo beli mie instan khan banyak bahan" pengawetnya..p MIE HIJAU bahan: 50gr bayam ( blender dengan 75ml air ) 300gr terigu segitiga 25gr tepung kanji 1sdt garam 1 butir telur 3 sdm minyak goreng 2 sdm terigu untuk taburan ( kalo aku ditaker lagi.Pertama.

pisah2kan lembaran mi. aduk2 masukkan kaldu ayam. Tepung terigu yang bisa digunakan adalah dari jenis tepung terigu medium sampai dengan jenis tepung yang hard..50gr. karena motong mi kecil susah. tiriskan.3.digodok sampe menyerap... Dalam perebusan sebaiknya menggunakan air bersih... proses pengadukan dan rolling-nya tidak selama dan sebanyak yang diperlukan jika menggunakan tepung terigu protein tinggi.daun bawang kecil taruh di mangkok.aku jadi selalu bikin mi gede. AYAM JAMUR dada ayam/paha dipotong kotak2. masukkan lembaran adonan. CARA MEMBUAT MIE Cara membuat mie >> dilengkapi dengan resep . Rebus mie.resep terkenal berbagai macam mie dan tips serta trik dalam membuat mie. goreng sampai kuning kecoklatan. masukin bawang putih yg udah dikeprek.. Membuat mie dengan tepung terigu jenis protein sedang. B.terus dipotong2 bawang merah putih tumis bawang merah putih masukan ayam sampe berubah warna n air udah agak berkurang masukan jamur.11 %. . dinginkan. Jenis tepung yang cocok untuk membuat mie dan ciri-ciri mie yang baik : 1.... PENYAJIAN bumbu mie: minyak bawang putih . tinggal ambil aja. gula ( no msg. agar warna tidak cepat berubah.).cemplung sebentar angkat.api kecil.. pindahkan ke botol sama bawang putihnya juga.kuahnya jangan sampe abis. dengan pH (tingkat keasaman) 6-7 . MINYAK BAWANG PUTIH Panaskan minyak.pake wortel sama 50gr aja.. masukkan ke mangkok. airnya 100ml. Tepung terigu medium adalah tepung terigu yang kandungan proteinnya 10. angkat.. Sebelum digiling. taburi mi dengan tepung terigu.karena ntar mo disiramin ke bakminya.. kecap ikan. lada. dan tepung terigu yang hard kandungan proteinnya 12 – 13 %. saos tiram.. jamur merang segar.. kalo mi orange. Taburkan ayam jamur+kuahnya. potong sesuai selera..hehehe kalo mo bikin mi pink.. pasang alat pemotong mi. Simpan di kulkas..bayam diganti bit. kecap asin angsa (atau apa aja). saring sampe dapat cairannya 100ml.direbus dulu diair mendidih.. kecap manis.rasanya mesti ada asin n manisnya juga. anytime mau pake. TIPS DALAM MEMBUAT MIE A... diamkan adonan selama 15 menit agar adonan tidak mudah putus (kenyal) Masukkan hasil mie yang telah digiling ke dalam plastik.aduk2 masukkan lada.

Perebusan Mie Membuat mie dengan tepung terigu protein rendah memerlukan waktu perebusan yang lebih singkat dibandingkan dengan mie yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu protein tinggi. rendam atau rebus dalam air panas hingga lunak. G. Uleni mie hingga kalis. Mie dapat diolah menjadi beragam sajian dengan cara direbus atau digoreng.2. Tutup selalu adonan mie dengan plastik atau lap lembab supaya mie tidak kering dan putus saat digiling. Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat mie supaya kenyal dan lezat: 1. Cetak mie menggunakan alat penggiling mie. 6. warna mie rata. juga diperlukan tambahan air. 2. E. Mie harus dibuat dengan menggunakan tepung terigu bergluten tinggi dengan tingkat protein lebih dari 12 % sehingga mie yang dihasilkan elastis dan tidak gampang putus. Proses Pengadukan Mie yang Benar Campurkan semua bahan yang ada sampai rata. Air khi terbuat dari air abu tetapi beraroma khas dan membuat mie tidak gampang putus. tidak mudah lembek bila di rebus dan rasa mie yang lembut. Pemberian Air Abu Apakah berbeda pemberian air abu dalam pembuatan mie bila menggunakan tepung terigu protein rendah dengan yang berprotein tinggi? Jelas berbeda. Telur juga dapat ditambahkan ke dalam adonan mie sehingga citarasa mie menjadi lebih gurih dan warnanya menjadi lebih kuning. Sedangkan untuk mie kering. C. cuci dahulu dengan air panas supaya mienyak menghilang. F. Ciri mie yang baik adalah kenyal. . 4. Istirahatkan kembali adonan selama 15 menit. Mie yang dibuat dengan tepung terigu berprotein rendah akan cepat lembek bila direbus agak lama. Selain tepung terigu bergluten tinggi. Setelah itu baru adonan ditipiskan sesuai dengan ketebalan yang diinginkan dan dipotong. 3. pemberian air abu akan lebih banyak pada tepung terigu berprotein rendah bila dibandingkan dengan tepung terigu berprotein tinggi. garam serta air khi. Untuk mie basah. 5. artinya adonan tersebut tidak putus saat ditarik dan terasa elastis. 7. Cara-cara terbaik untuk mengawetkan mie · dikukus · dikukus saja lalu digoreng · dijemur · dikukus lalu dijemur D. taburi terlebih dahulu seluruh permukaan mie dengan tepung kanji/tepung terigu/tepung maizena sehingga mie tidak lengket. Diamkan adonan selama 15 menit Lalu adonan di-roll beberapa kali pada ukuran yang sama sampai adonan membentuk lembaran yang terlihat halus dan berwarna rata.

Tepung sagu 2 sendok makan Untuk Merebus: . tuangi air khi lalu aduk hingga rata. Potong adonan hingga berbentuk mi halus. Bagi adonan menjadi 6 bagian. 4. Angkat lalu siram dengan air matang dingin. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Cuci bersih cumi-cumi segar secara perlahan agar kantung tintanya tidak pecah. 4.Air 200 ml . gunakan tepung terigu protein tinggi (Bogasari Kereta Kencana atau Cakra Kembar) dengan mutu yang baik dan masih baru.Tinta cumi-cumi dari 750 gram cumi segar ukuran kecil . 2. Standar Untuk 500 Gram * Note: Air Khi = Air abu untuk mengenyalkan mi. . Campur telur kocok ke dalam tepung terigu. Mi siap diolah. 3.Telur ayam 2 butir. taburi adonan mi dengan tepung sagu sebelum dan sesudah digiling. aduk rata. Uleni adonan mi hingga benar-benar kalis dan merata warna Hitamnya. taburi tiap bagiannya dengan tepung sagu. 2. Dijual di pasar tradisional atau di toko bahan makanan cina * Tips: 1. taburi kembali dengan tepung sagu. Rebus mi dalam air mendidih yang telah diberi minyak goreng selama 7 menit hingga mi lunak.Minyak goreng 1 sendok makan CARA MEMBUAT: 1.Air 1 liter . kocok lepas .Tepung terigu BOGASARI KERETA KENCANA ATAU CAKRA KEMBAR 500 gram . 3.resep terkenal berbagai macam mie dan tips serta trik dalam membuat mie. 5. CARA MEMBUAT MIE HITAM BAHAN: . tipiskan tiap bagian adonan hingga ketebalan 2 mm. Masukkan tinta cumi-cumi.CARA MEMBUAT MIE Cara membuat mie >> dilengkapi dengan resep . Untuk mendapatkan mi yang baik.Air khi 30 ml * . Dengan menggunakan alat pemotong mi. Agar tidak lengket. Bening dan tidak berbau.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful