SAP CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR

DISUSUN OLEH: PUJI HASTUTI A01001442

PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN REGULER B SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH GOMBONG 2012

Menyebutkan kembali lima waktu penting cuci tangan g. Menjelaskan kembali tentang air yang bersih d. Tujuan Khusus Setelah dilakukan pendidikan kesehatan cara mencuci tangan yang baik dan benar selama 1x30 menit. Tujuan Umum Setelah dilakukan tindakan keperawatan pendidikan kesehatan selama 1x30 menit diharapkan anak-anak dapat mencuci tangan dengan baik dan benar.SATUAN ACARA PEMBELAJARAN A. 2. TUJUAN 1.kec. Menyebutkan kembali pengertian mencuci tangan b. SASARAN : Siswa-siswi kls V SDN Sugihwaras. Mendemonstrasikan kembali cara mencuci tangan yang baik dan benar h. TOPIK : CUCI TANGAN B. Menyebutkan kembali tujuan dari mencuci tangan c.Adimulyo yang berjumlah 20 anak . anak-anak mampu : a. Menjelaskan kembali mengapa cuci tangan harus menggunakan sabun e. Termotivasi untuk mencuci tangan yang baik dan benar D. Menjelaskan kembali mengapa harus air yang mengalir f. SUB TOPIK : CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR C.

sabun. STRATEGI JAM/ WAKTU Orientasi • Memberi salam • Mengingatkan 5 menit kontrak • Menjelaskan maksud dan tujuan • Menanyakan kesediaan • Apersepsi Kerja • Menjelaskan TAHAP RESPON Menjawab salam Anak-anak ingat dgn kontrak Anak-anak mengerti tujuan Anak-anak siap Anak-anak mampu menjawab pertanyaan Anak-anak mendengarkan pengertian mencuci penjelasan petugas tangan • Menjelaskan tujuan mencuci tangan • Menjelaskan 20 menit tentang air yang bersih • Menjelaskan mengapa tangan mencuci harus menggunakan sabun .ember : 1 x 30 menit : Rung kls V SDN Sugihwaras.demontrasi : Leaflet. MEDIA G. METODE F. WAKTU H.handuk bersih kering.kec.Adimulyo I. TEMPAT : Ceramah.E.lembar balik.tanya jawab.

• Menjelaskan mengapa harus air lima yang mengalir • Menjelaskan waktu penting mencuci tangan • Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar • Memberikan kesempatan anak-anak untuk bertanya 5 menit Terminasi • Melakukan evaluasi • Anak-anak menjawab petugas • Memberikan • Anak-anak mampu mampu Anak-anak bertanya pertanyaan reinforcement positif mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar • Melakukan kontrak perilaku • Memberi salam • Menjawab salam penutup J.Pelaksana : Puji haryani .

75% peserta didik datang tepat waktu b. SAP sudah siap sebelum penkes 2.Evaluasi hasil a. Sebutkan kembali lima waktu penting cuci tangan pakai sabun ? . Peserta didik memperhatikan petugas c. Materi sudah siap dan dipelajari 3 hari sebelum penkes b.Materi : Terlampir L.Evaluasi : 1. Sebutkan kembali tujuan mencuci tangan ? c. Menjelaskan kembali mengapa mencuci tangan harus menggunakan sabun ? e. Undangan untuk peserta didik sudah disampaikan 3 hari sebelum penkes d. Tempat sudah siap 2 hari sebelum penkes e. Menjelaskan kembali air yang bersih ? d.Evaluasi proses a.media dapat digunakan secara efektif 3.K. Menjelaskan kembali mengapa harus air yang mengalir ? f. Sebutken kembali tentang pengertian mencuci tangan ? b. Media sudah siap 2 hari sebelum penkes c.Evaluasi persiapan a. Peserta didik aktif bertanya atau memberi pendapat.

Pengertian Menurut DEPKES 2007.g. Apakah peserta didik termotifasi untuk mencuci tangan yang baik benar sesuai yang sudah diajarkan ? Lampiran Materi CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR A. .mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun dan air. Demonstrasikan kembali cara mencuci tangan yang baik dan benar h.

D.Pencegahan penukaran infeksi 2. tidak berbau dan tidak berwarna.Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme 4.bahan kimia dan bahan radioaktif.tidak berwarna dan tidak berbau sudah cukup.jernih.Air yang bersih Air yang bersih tentu saja yang jernih.Namun untuk keperluan mencuci tangan bagi masyarakat uwam maka dengan kriteria yang disebutkan yakni. .Ada banyak sekali standar kesehatan mengenai air bersih terutama yang berhubungan dengan air minum dan untuk kesehatan.Meskipun demikian hal ini sangat membantu mengurai resiko terinfeksi.Tujuan 1.termasuk didalamnya air yang bebas mikroorganisme.B.Menhindari masuknya kuman kedalam tubuh C.Dengan mencuci tangan yang benar menggunakan sabun maka kotoran dan kuman akan terangkat sebagian.Supaya tangan bersih 3.Mengapa mencuci tangan harus menggunakan sabun Zat pembersih berbentuk sabun ini baik yang padat maupun cair akan membantu proses pelepasan kotoran dan kuman yang menempel dipermukaan luar kulit tangan dan kuku.

begitu pula sebaliknya 4. Sebelum dan sesudah makan 2. Sebelum memegang bayi 4. Basuh tangan dengan air 2. Gosok punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dan tangan kanan. Gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya . Sesudah bermain 5. Gosok kedua telapak dan sela-sela jari tangan 5.Jadi bila kita makan di rumah makan atau di warung yang ada wastafelnya. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan 3.Langkah mencuci tangan yang benar 1. Sebelum menyiapkan makanan G. Sesudah buang air besar 3.sebaiknya cuci tangan di wastafel walaupun tempat mencuci tangan di meja. disediakan mangkuk F.E.Mengapa harus air yang mengalir Dengan mencuci tangan di air mengalir maka kotoran dan kuman akan luruh terbawa air. Jari-jari sisi dalam kedua jari saling mengunci 6.Lima waktu penting cuci tangan pakai sabun 1.

2000. .(2000).K.Kapita Selekta Kedokteran.Suproharta. Keringkan dengan lap tangan yang kering atau tissue. DAFTAR PUSTAKA M. : Jakarta. Gosok pergelangan tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan lakukan sebaliknya 9.Jakarta :Media Aesculapius FKUI Tarwotodan Wartonah.Wlewik.jangan lupa menutup kran dengan tangan dialasi tissue atau lap tangan kering.Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan.wahyu J.7. Bilas kedua tangan dengan air 10.ED : 3 Jilid : 1. Gosokkan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan ditelapak tangan kiri dan sebaliknya 8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful