TUGAS KELOMPOK ANALISIS PERILAKU BISNIS PADA WEBSITE

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah : E-Business Dosen Pengampu : R.M. Agung Harimurti, M.Kom

Disusun Oleh : 1. ASTRI WURAGIL 2. WIWIT SUPRIYANTI 12.52.0259 12.52.0272

MAGISTER TEKNIK INFORMATIKA PROGRAM PASCASARJANA STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2013

electronic boards. Fokuskan pengembangan Model E-Business pada mekanisme perolehan pendapatan (revenue stream generator) yang mungkin ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggannya.BAB I PENDAHULUAN Karakteristik utama pada era teknologi informasi saat ini diantaranya adalah bisnis elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah ebusiness atau e-commerce. . perusahaan tetap menjadi yang terunggul dalam menerapkannya (adanya unsur competitive advantage). Pembangunan sistem yang mengacu pada penerapan teknologi informasi merupakan dasar bagi organisasi untuk berkembang ke arah yang lebih baik dalam hal efektivitas dan efisiensi kinerja organisasi. polanya akan sangat mudah ditiru oleh perusahaan lain sehingga perusahaan harus yakin bahwa jika hal tersebut terjadi.E-mail. e-business model ini sering didefinisikan sebagai cara atau mekanisme yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam memperoleh pendapatan (revenue stream) dariusaha yang dilakukannya. pebisnis perlu mengembangkan strategi e-bisnis. 3. Karena begitu banyaknya kemungkinan-kemungkinan mekanisme pendapatan yang dapat dipilih perusahaan. Model E-Business yang dipilih harus sesuai dengan karakteristik dan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan (core competencies) agar yang bersangkutan dapat benar-benar handal dalam menerapkan mekanisme terkait. kajian terhadap model bisnis (business model) yang ingin diadopsi perusahaan merupakan hal yang krusial. Agar dapat sukses dalam e-bisnis. Di dalam mengimplementasikan konsep e-business. maka manajemen harus benar-benar memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: 1. Secara prinsip. Model bisnis ini mempunyai penekanan pada pertukaran informasi dan transaksi bisnis yang bersifat paperless. 2. Seperti apapun tipe Model E-Business yang dipilih. bulletin melalui ElectronicData Interchange (EDI). electronic fund transfer. dan teknologi lainnya yang juga berbasis jaringan.

www. di mana dalam website tersebut tersedia berbagai macam kategori barang atau jasa yang dibutuhkan oleh customer. dan www.com. Satu lagi. dan efektif. . www.tokobagus. Perusahaan harus mampu mengidentifikasikan kunci keberhasilan (critical success factors) dari Model E-Business yang dipilih agar alokasi berbagai sumber daya yang dimiliki dapat dilakukan secara tepat.com dan www.com. TokoBagus merupakan website yang dikembangkan di Indonesia. Sedangkan amazon merupakan perusahaan yang sangat terkenal.com. Sehingga dalam tugas ini kami memilih tiga website.4.JogjaCamp.JogjaCamp.com. yaitu www. di mana dalam website tersebut penjual maupun pembeli dapat berinteraksi dan bertransaksi secara langsung. JogjaCamp merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa layanan teknologi informasi seperti developer software yang banyak digunakan untuk kegiatan bisnis. Website yang akan dianalisa kami memilih www.com.tokobagus. efisien.amazon.amazon.

mendistribusikan. dan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat www. Memungkinkan terspesialisasi.BAB II LANDASAN TEORI A. Bagi Perusahaan a. memproses.Dari berbagai definisi diatas dapat disimpulkan bahwa e-commerce is a part of ebusiness. b. www. memilih pemasok terbaik.pawprintbooks.com. f. Manfaat E-Business 1. Definisi dan Konsep E-Business E-Business merupakan suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronis. c. Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global. menyimpan. Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya. sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Contohnya: www.cattoys. dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok. e. E-Business memberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Menekan biaya menyusun. dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information). Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull”. yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-intime (JIT).com d. Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.com. Maksudnya adalah bahwa seluruh kegiatan yang terdapat dalam perdagangan tersebut merupakann bagian dari kegiatan bisnis.dogtoys. B. .E-Business dapat pula kita artikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik.

sehingga kemacetan dan polusi udara bisa berkurang. 3. e. Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah. seperti pelayanan kesehatan. Menekan biaya telekomunikasi. Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis. Memfasilitasi penyampaian jasa publik. karena konsumen bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat. Dalam beberapa kasus. Bagi Konsumen a.g. Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah. Memungkinkan masyarakat di negara berkembang dan kawasan pedalaman menikmati produk dan jasa yang relatif langka di tempat tinggalnya. f. Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual. Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi. Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan lebih jarang bepergian untuk berbelanja. . pendidikan. ebusiness memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan realtime. Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman. termasuk di dalamnya belajar jarak jauh lewat euniversity. h. 2. c. Bagi Masyarakat Luas a. b. terutama produk yang terdigitalisasi. c. Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan. dan distribusi layanan social pemerintah secara lebih murah dan/atau berkualitas. Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan. g. d. d. sehingga bias terjangkau oleh orang yang kurang mampu. b.

B2B menawarkan sistematis process untuk perdagangan referral dan memperluas basis jaringan anda. b. tidak harus menunggu partnernya. c. itu hanya seperti memiliki seluruh tim penjualan orang untuk menyebarkan berita tentang produk dan jasa.Contoh yang sering di dapatkan model seperti ini terdapat pada website online shop.C. Bisnis yang sukses tergantung pada kata-mulut-arahan untuk meningkatkan bisnis dan membuat lebih banyak penghasilan. Informasi. Business to Consumer Bisnis yang menjual produk atau menyediakan layanan bagi pengguna akhir konsumen. 2. Bila menggunakan model B2B. B2B dapat membantu pengusaha dalam arahan pertukaran dan memimpin setiap pertemuan.Ciri-ciri B2B antara lain : a. Beberapa perusahaan saling bertransaksi melalui suatu platform teknologi yang seragam. B2C singkatan terutama yang telah digunakan untuk menggambarkan berbagai online. . Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data. Bisnis B2C memainkan peran besar dalam perkembangan pesat dari Internet komersial pada 1990-an. Perantara elektronik untuk interaksi jual beli barang/ jasa secara online dari perusahaan kepada konsumen. Business to Business Business to Business adalah model bisnis profesional antar pemilik usaha B2B lebih mudah untuk bertukar referensi bisnis yang berkualitas dan berpartisipasi dalam hemat biaya operasional. Perantara elektronik (website) untuk interaksi antara perusahaanperusahaan penyedia barang/ jasa secara online. memacu adopsi media baru. dan mekanisme diberikan dan disesuaikan untuk digunakan khalayak ramai. servis.Sementara Business to Consumer ada kegiatan baik online dan offline. Model E-Business 1. Ciri-ciri B2C antara lain : a. Sejumlah besar modal ventura dialirkan ke konsumen dalam bentuk layanan online gratis dan belanja diskon. b.

c. Mereka tidak harus memeriksa ditawarkan. Customer menjelajahi e-catalog untuk mengetahui harga dan info produk. (C2C) adalah penciptaan suatu produk atau jasa dengan strategi promosi mana yang harus bagi konsumen untuk berbagi bahwa produk atau layanan dengan orang lain sebagai merek pendukung berdasarkan nilai produk. Ruang iklan online. 3. Sebuah contoh umum adalah web-web advertising atau penyedia jasa iklan . Situs ini hanya perantara. pihak ketiga umumnya mengenakan biaya flat atau komisi . kualitas produk yang . di mana konsumen posting item dijual sebagai tawaran ke konsumen untuk membeli dari konsumen terkait itu. Komunitas online: Newsgroup dan chatroom. Contoh : Lelang online. Consumer to Consumer Consumer-to-Consumer (C2C) atau kata lain antar konsumen. EBusiness melibatkan transaksi secara elektronik antara konsumen yang difasilitasi melalui beberapa pihak ketiga. hanya ada untuk mencocokkan konsumen.

Deskripsi Perusahaan JogjaCamp JogjaCamp adalah sebuah unit usaha yang bergerak di bidang jasa layanan Teknologi Informasi (TI) yang berupa pengembangan software beserta aplikasi pendukungnya. . JogjaCamp bertempat di Jogja.1.jogjacamp. serta berorientasi bisnis secara profesional. a.BAB III ANALISIS DAN PEMBAHASAN A. Visi JogjaCamp bertekad untuk menjadi sebuah sentra industri software dengan kualifikasi dan kompetensi internasional. Website JogjaCamp 1. Gambar 3. Model B2B (Business To Business) Contoh website yang menerapkan model e-business ini adalah http://www.com. dengan mengambil nilai eksotis Jogja sebagai pendamping pesatnya pertumbuhan teknologi.

2) Mengakomodasi sumber daya. 4) Meningkatkan dan mengembangkan peluang-peluang kerjasama dengan pihak luar.idwebhost. Oleh karena itu. Dekstop Application. seperti dari Oracle dan Cisco. JogjaCamp menitikberatkan pada segi jaminan kualitas dan pelayanan terhadap customer. Misi 1) Mengembangkan industri software dengan orientasi bisnis dan kultur professional. Cara Kerja Didalam sistem waralaba JogjaCamp. pewaralaba fokus pada kegiatan marketing. Information System. 5) Meningkatkan branding JogjaCamp dengan menjaga kualitas produk. Research dan analisis yang mendalam juga dilakukan demi terpenuhinya kebutuhan customer. JogjaCamp menerapkan standar staff teknis dengan sertifikasi internasional. 2. sedangkan hal-hal lainnya. Selain itu JogjaCamp juga bekerja sama dengan pihak luar untuk menjual produkproduknya melalui sistem waralaba. Setiap pewaralaba akan mendapatkan sebuah replika website untuk memasarkan produk dan layanan JogjaCamp. 3) Mengembangkan riset yang terpadu. potensi dan peluang bisnis di Indonesia.b. 3. Service web development disini meliputi penjualan paket website instant. jasa pembuatan website. Apabila pembeli . IT Consultan serta berbagai hal yang menyangkut IT. Technical Support akan di handle oleh tim JogjaCamp. Cara Mengembangkan Bisnis Selain penyedia layanan software. layanan dan purna jual. Proses Bisnis JogjaCamp Service yang disediakan JogjaCamp meliputi Web Development. JogjaCamp juga menjual layanan hosting melalui website www. berkesinambungan dan terarah secara jelas untuk meningkatkan kompetensi di dalam industri software.com. seperti customer support. dan pembuatan desain website. Adapun cara kerja dan alur pembelian waralaba sebagai berikut : a. Multimedia.

000. pewaralaba harus melakukan deposit lagi hingga total deposit yang dimiliki sebesar Rp 3. 7) Website diinstal oleh Tim JogjaCamp.melakukan order melalui website pewaralaba. 10) Jika deposit pewaralaba sudah tidak cukup lagi untuk melakukan pembelian produk JogjaCamp. . B. 2) Pewaralaba melakukan deposit uang sejumlah yang ditentukan. 4) Calon customer membeli produk web JogjaCamp melalui website pewaralaba.com. 5) Pembeli mentransfer biaya pembelian produk web ke rekening JogjaCamp. 6) JogjaCamp melakukan aktivasi produk sesuai registrasi dari pembeli.-. 3) Pewaralaba mempromosikan websitenya.amazon. 9) 15% dari biaya produk JogjaCamp dari pembeli tersebut akan dimasukkan ke saldo pewaralaba dan langsung ditransfer berbarengan dengan point nomor 8 diatas. 8) JogjaCamp melakukan transfer ke nomor rekening pewaralaba sebesar sejumlah biaya produk yang dibeli oleh pembeli(pengurangan deposit).000. Alur Pembelian 1) Pewaralaba mengaktifkan account waralaba. b. Model B2C (Business To Customer) Contoh website yang menerapkan model e-business ini adalah http://www. maka pewaralaba bersangkutan akan mendapatkan komisi dari tiap penjualannya.

CD music. sepatu bahkan mainan anak-anak. software. segala jenis pakaian. Amazon menjual berbagai macam barang seperti : buku. perangkat music. Deskripsi Perusahaan Amazon Amazon. 2. dengan fasilitas 1-click shoping yang telah dipatenkan.Gambar 3. Situs ini menyediakan bisnis Affiliate kepada pembeli utuk . dan sebagainya.2. video tape dan DVD. Melihat pasar yang dapat di jangkau oleh Amazon. Dan pembeli dapat berbelanja secara online tentunya. perkakas. Website Amazon 1. Besos meluncurkan situs Amazon. Produk Amazon saat ini adalah buku. Bezos keluar dari pekerjaannya untuk mendirikan bisnis menjual katalog buku di internet.com secara resmi baru online pada tahun 1995 oleh Jeff Bezos. Dalam 30 hari Bezos berhasil menjual buku ke berbagai penjuru Amerika. DVD. CD. Film. perhiasan. produk untuk bayi. produk kesehatan dan kecantikan. Proses Bisnis Amazon Proses bisnis dalam Amazon seperti umumnya toko yang menjual barang-barang dagangannya. makanan. perangkat olahraga. dapur dan kebun. jam tangan.com (seluruh dunia). Dengan bekal pengalaman sebagai programer. perangkat elektronik. mainan anak. pakaian. Amazon menjadi toko retailer terbesar di seluruh jagat maya.

com.Tokobagus. bila barang tidak sesuai spek atau tidak terkirim. c. dengan cara: a. Menambah bisnis dengan lelang online. 3.memasarkan berbagai macam produknya. b. Jelaskan barang apa adanya kepada pembeli. Membuat blog semenarik mungkin agar traffic besar. pembeli dapat membayar langsung kepada penjual atau lewat kartu kredit. karena menggunakan mata uang dollar. Cara Mengembangkan Bisnis Dalam mengembangkan bisnis amazon. atau e-bay). Model C2C (Customer To Customer) Contoh website yang menerapkan model e-business ini adalah http://www.3. Amazon memberikan garansi $1000. maka akan menjadi lumayan besar bagi negara Indonesia. Dengan memberikan komisi sekitar 15 % dari harga produk. Website tokobagus . C. d. kita dapat mengikuti program affiliate dan harus pandai bersaing dengan ribuan affiliate lain di dunia . Spesifikasi barang /produk secara detail. (lihat di google trends. Gambar 3. walaupun terbilang sedikit. Menjual barang yang sedang diminati orang.

Bagi Pembeli 1) Bila anda tertarik dengan sebuah iklan dan ingin melakukan kontak dengan orang yang memasang iklan barang tersebut. diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu menjadi member Tokobagus. bagaimana cara pembayaran dan sistem pengiriman barang dll.Proses bisnis di tokobagus. Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda. baik yang menjual maupun mencari barang. Sedangkan kata “Bagus” didapat Arnold lantaran ia sering melihat kata bagus digunakan untuk nama toko di Indonesia. yang berarti tidak hanya pengunjung dari tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menemukan iklaniklan yang kita buat. Proses Bisnis Tokobagus Tokobagus juga merupakan search engine friendly. 2. Pada status “login” dapat menghubungi si pemasang iklan tersebut baik lewat email maupun telepon. kondisi barang. Deskripsi Perusahaan Tokobagus Tokobagusadalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia.com. harganya.Nama Tokobagus berasal dari kata “Toko” dan “Bagus”. Bali. Pada proses komunikasi ini sepenuhnya adalah privacy.com. . Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs e-commerce di Amerika. maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus. Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. kata Toko dipakai dengan tujuan agar setiap pengguna bisa membuka toko online-nya sendiri. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Pada tahun 2010. 2) Mintalah informasi yang jelas mengenai produk atau barang yang dijual. amazon.com yaitu : a. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus. PT Tokobagus akhirnya hijrah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar.1. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri.

apabila anda tertarik dengan produk yang diiklankannya. baik kelengkapan maupun kondisi barang tesebut. b. 2) Untuk pembayaran tidak tunai. Apabila si penjual adalah perusahaan. Kenapa harus SIM dan KTP? Hal ini dimaksudkan untuk menguji bahwa kedua ID itu memang cocok(bisa juga di cocokkan dengan no rek si penjual). sebaiknya anda minta verifikasi data-data identitas (KPT dan SIM) penjual. Verified member mengandung arti bahwa alamat dari pengguna yang bersangkutan sudah diverifikasi. . pastikan uangnya telah cair atau masuk ke rekening anda sebelum anda memberikan barang kepada si pembeli. Anda harus meminta kepada si penjual untuk mendemokan barangnya kepada orang yang anda tunjuk sebagai representasi anda di kota tersebut. Jadi jangan melakukan transaksi apapun sebelum ada konfirmasi dari representasi anda bahwa barang tersebut memang cocok menurut criteria anda. computer. kami menyarankan anda untuk meminta konfirmasi data perusahaan terutama SIUP dan NPWP mereka. dan sebagainya yang dijual oleh perorangan. kami menyarankan anda untuk meminta bantuan orang di kota si penjual yang bisa anda percayai. tentunya setelah proses negosiasi. teman dan kolega untuk memverifikkasi barang tersebut cocok seperti apa yang ditawarkan kepada anda. 3) Jika memungkinkan peragakan pemakaian barang yang anda jual dan pastikan pembeli telah memeriksa kondisi barang tersebut agar tidak terjadi komplain setelahnya. Panduan standart menjual barang : 1) Pastikan iklan barang atau jasa yang anda pasang memberikan informasi yang lengkap sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan pembeli. camera. baik keluarga. baik itu barang elektronik.3) Khusus untuk penjual yang berada diluar kota. handphone. 4) Khusus untuk barang second hand. Bagi Penjual Penjual wajib memiliki verified member.

D. maka dibuat tabel perbandingan sebagai berikut : . pastikan bahwa pembeli telah mengerti syarat-syaratnya dan ruang lingkup garansi tersebut agar tidak terjadi salah pengertian.4) Jika anda memberikan garansi. Perbandingan Dari ketiga model e-business pada masing-masing website di atas.

Fitur dan Layanan Website Informasi / Fitur dan Layanan About Us www. fashion sepeda mobil pria.com ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.jogjacamp.com Amazon. maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus. fashion wanita. Amazon Cloud Drive. Dengan bekal pengalaman sebagai programer. Home. Besos meluncurkan situs Amazon. Dalam 30 hari Bezos berhasil menjual buku ke berbagai penjuru Amerika.com JogjaCamp adalah sebuah unit usaha yang bergerak di bidang jasa layanan Teknologi Informasi (TI) yang berupa pengembangan software beserta aplikasi pendukungnya. dengan mengambil nilai eksotis Jogja sebagai pendamping pesatnya www. Dekstop Application. Digital Games & Software. Electronics & Computers.com. properti. pertumbuhan teknologi. Books. rumah.Tabel 3. development disini meliputi penjualan .amazon. handphone & gadget. sekuter. Movies. perlengkapan fotografi. amazon. Music & Games. mendirikan bisnis menjual katalog buku di internet . Information System. Audible Audiobooks.tokobagus. asksesoris. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar.com secara resmi baru online pada tahun 1995 oleh Jeff Bezos. komputer. JogjaCamp bertempat di Jogja. anak&bayi. dan dan IT. Multimedia. Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs ecommerce di Amerika. Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda. Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker.1. Mobil. Perbandingan Infomasi. IT Consultan menyangkut serta berbagai hal yang web Unlimited Instant Videos. motor. Appstore for Android. Service TV&audio. Katalog Produk Web Development. Bezos keluar dari pekerjaannya untuk Situs www.

Sports & Outdoors.paket website instant. website. dan kategori lain. handphone aksesoris. Shoes & Jewelry. jEnterprise. buku. Jnews Informasi Produk Baru Review Produk Komunikasi / Chat Layanan Shopping Cart Fasilitas Pembayaran Tersedia Tersedia Tersedia Tidak tersedia Customer bisa menggunakan paypall dan rekening bank atau bisa langsung ke kantor Tersedia Tersedia Tidak tersedia Tersedia Menggunakan amazon gift card / amazon gift certificate Tidak tersedia Tersedia Tersedia Tersedia Langsung pembeli dan penjual . Jotomotif. New Jcommerce Standart. jasa pembuatan Garden & Tools. koleksi. dan pembuatan desain website. elektronik. Kids. jasa. Baby & Pets. games dan console. jam dan perhiasan. Toys. Automotive & Industrial aksesoris. Contoh katalog produk : TokoOnline. Grocery. alat musik. handicraft. hewan piaraan dan aksesoris. film. Health & Beauty. kontruksi da taman. kesehatan kecantikan. jResto. Clothing.

Saran Bisnis semacam ini sangat rawan penipuan.amazon.com. B2C (Business-to-Consumer) mengambil contoh website www. Kesimpulan E-Business merupakan suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronis.E-Business memberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Ada tiga model e-business yang dibahas dalam makalah ini. sehinggadalam mengembangkan bisnis berbasis elektronik sangat penting bagi pengusaha untuk membangun kepercayaan yang tinggi kepada konsumen.jogjacamp. diantaranya B2B (Business-to-Business) dengan contoh situs www. sehingga ada penjamin resmi yang melindungi penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi secara online.com.BAB IV PENUTUP A. B.tokobagus. .com dan C2C (Consumer-to-Consumer) dengan contoh website www. Usaha yang dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan rekening bersama.

30 WIB.html diakses tanggal 4 April 2013 Pukul 10.hack4rt.00 WIB.00 WIB http://blog.id/materi/2011-2012-2/MJ302/061042/MJ302-061042-6532. http://research.ac.narotama.html diakses tanggal 11 April 2013 Pukul 09.00 WIB http://www.30 WIB http://dosen.ppt diakses tanggal 4 April 2013 Pukul 11.id/index.com/2012/04/sejarah-tokobagus.pdf diakses tanggal 4 April 2013 Pukul 11.amikom.id/sinarsuryait/e-commerce-dan-e-business diakses tanggal 4 April 2013 Pukul 10.kompasiana.mdp.php/KIM/article/download/4526/2857 diakses tanggal 4 April 2013 Pukul 11.com/bisnis/2011/03/30/model-e-business-350839.id/wp-content/uploads/2012/01/DELAPANALTERNATIF-MODEL-E-BUSINESS.00 WIB .akakom.ac. http://ekonomi.DAFTAR PUSTAKA http://vendiardyag.ac.ac.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful