You are on page 1of 5

RUMAH SAKIT

MENCUCI TANGAN

TMC

NO. DOKUMEN:

NO REVISI:

HALAMAN:

Ditetapkan oleh Direktur
STANDAR

TANGGAL TERBIT

PROSEDUR
OPERASIONAL
PENGERTIAN

Dr. Victor Sugiarto, MM
Mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dan debris

TUJUAN

dari kulit tangan dengan menggunakan sabun biasa dan air (DepKes, 2007)
1. Mencegah terjadinya infeksi silang antar klien melalui tangan perawat.

KEBIJAKAN
PROSEDUR

2. Menjaga keamanan diri perawat untuk meminimalisir resiko terinfeksi
Kebijakan PPI RS TMC
A. Persiapan alat dan bahan:
Mencuci tangan dengan air mengalir:
1. Air bersih yang mengalir
2. Sabun
3. Handuk / lap tangan / tissue
Mencuci tangan dengan handrub:
1. Handrub/ cairan pencuci tangan berbasis alkohol
B. Waktu Pelaksanaan Cuci Tangan
5 momen cuci tangan WHO :
1.
2.
3.
4.
5.

Sebelum kontak dengan pasien
Sebelum melakukan tindakan aseptik
Setelah menyentuh cairan tubuh pasien
Setelah kontak dengan pasien
Setelah kontak dengan lingkungan pasien

Indikasi kebersihan tangan DepKes 2008:
1. Segera setelah tiba di tempat kerja
2. Sebelum memakai sarung tangan pada pemeriksaan klinis dan tindakan invasive

5.c Keringkan tangan sekering mungkin dengan tisu sekali pakai Mencuci tangan dengan handrub: 1. 6. Gosok tangan dengan posisi telapak pada telapak Telapak kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari-jari saling menjalin dan sebaliknya 3. Tuang handrub (antiseptic berbasis alcohol) secukupnya ke telapak tangan Gosok tangan dengan posisi telapak pada telapak Telapak kanan di atas punggung telapak kiri dengan jari-jari saling menjalin Telapak pada telapak dengan jari-jari saling menjalin Punggung jari-jari pada telapak tangan berlawanan dengan jari-jari saling mengunci Gosok memutar dengan ibu jari kiri tangan kanan mengunci pada telapak kiri dan sebaliknya 7. 1. Pelaksanaan : Mencuci tangan dengan air mengalir: 1. Telapak pada telapak dan jari-jari saling menjalin 4. 2. Setelah melepas sarung tangan 7. 3. Gosok memutar ke arah belakang dan ke arah depan dengan jari-jari tangan kanan mengunci pada telapak kanan dan sebaliknya .c Pakai cukup sabun untuk menyabuni seluruh permukaan tangan 2.b Bilas tangan dengan air 6. 4. Setelah menggunakan toilet.a Gosok memutar ke arah belakang dan ke arah depan dengan jari-jari tangan kanan mengunci pada telapak kanan dan sebaliknya 6. Sebelum meninggalkan rumah sakit 5. 6. untuk menghindari kontaminasi silang. Gosok memutar dengan ibu jari kiri tangan kanan mengunci pada telapak kiri dan sebaliknya 6.(pemberian suntik intravaskuler) 3.b Basahi tangan dengan air 1. Sebelum mempersiapkan obat-obatan dan makanan ke pasien 4. menyentuh/melap hidung dengan tangan. Setelah melepas alat pelindung diri 8. Diantara prosedur tertentu pada pasien yang sama dimana tangan terkontaminasi. Punggung jari-jari pada telapak yang berlawanan dengan jari-jari saling mengunci 5.a Lipat ke atas lengan baju dan lepaskan perhiasan yang menempel di tangan.

.

Buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas TERKAIT Pelayanan Kesehatan Lainnya. Leaflet momen cuci tangan bagian umum HAL-HAL YANG Waktu pelaksanaan cuci tangan dilaksanakan dengan mengikuti pedoman berikut: PERLU momen cuci tangan WHO : DIPERHATIKAN 1. Formulir kepatuhan cuci tangan 4. petugas kebersihan. penunjang medis. DepKes 2008 2. Sebelum kontak dengan pasien .UNIT TERKAIT Seluruh unit perawatan. bagian umum. kantin DOKUMEN 1. pelayanan medis. Formulir ketepatan langkah cuci tangan 3.

5. Diantara prosedur tertentu pada pasien yang sama dimana tangan terkontaminasi.2. Setelah menggunakan toilet. Sebelum meninggalkan rumah sakit 5. 3. menyentuh/melap hidung dengan tangan. 6. Sebelum memakai sarung tangan pada pemeriksaan klinis dan tindakan invasive (pemberian suntik intravaskuler) 3. Sebelum mempersiapkan obat-obatan dan makanan ke pasien 4. Sebelum melakukan tindakan aseptik Setelah menyentuh cairan tubuh pasien Setelah kontak dengan pasien Setelah kontak dengan lingkungan pasien Indikasi kebersihan tangan DepKes 2008: 1. Setelah melepas sarung tangan 7. untuk menghindari kontaminasi silang. . Setelah melepas alat pelindung diri 8. 4. Segera setelah tiba di tempat kerja 2.