You are on page 1of 7

3.

Elastisitas dari Pena waran
Elastisitas penawaraan (elasticity of supply) adalah pengaruh perubahan dari harga terhadap
besar kecilnya jumlah penawaran barang atau tingkat kepekaan perubahan jumlah penawaran
barang terhadap perubahan dari harga barang. Adapun yang dimaksud koefisien elastisit`as dari
penawaran adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara perubahan jumlah penawaran
barang dengan perubahan dari harganya. Besar kecilnya koefisien elastisi`tas dari penawaran
dapat dihitung dapat dengan rumus sebagai berkut.

Keterangan:
ΔQ : perubahan jumlah penawaran
ΔP : perubahan dari harga barang
P : harga barang mula-mula
Q : jumlah penawaran mula-mula
Es : elastisitas dari penawaran
Contoh elastisitas dari penawaran:
Pada saat harga Rp500,00 jumlah dari barang yang ditawarkan / penawaran 40 unit, kemudian
harga turun menjadi Rp300,00 jumlah dari barang yang ditawarkan / penawaran 32 unit.
Hitunglah besarnya koefisien elastisitas dari penawarannya!
Jawab:

a. Macam-Macam Elastisitas dari Penawaran
Seperti halnya elastisitas dari permintaan, elastisitas dari penawaran juga terdapat lima macam,
yaitu penawaran elastis, penawar’an inelastis, penawar’an uniter atau penawar’an normal,
penawaran elastis sempurna, dan juga penawaran inelastis sempurna. Untuk lebih jelasnya,
perhatikan gambar contoh tabel macam penawaran berikut ini:

Penawaran terakhir yaitu penawaran inelastis sempurna dimana biasanya terjadi pada barangbarag kebutuhan seperti tanah dan air minum dengan rumus E=0.Keterangan: % ΔQs : Persentase perubahan jumlah dari barang yang ditawarkan / penawaran % ΔPs : Persentase perubahan dari harga barangDari tabel diatas. Penawaran inelastis memiliki rumus E<1 dimana penawaran ini biasanya terjadi pada kebutuhan akan barang-barang pokok atau primer. Selanjutnya penawaran uniter atau penawaran normal dengan rumus E=1 dimana penawaran ini terjadi pada barang-barang kebutuhan sekunder. Pada penawaran elastis sempurna m Cemiliki rumus E=~ dimana biasanya terjadi pada barang-barang kebutuhan dunia seperti gandum dan minyak. b. penawaran elastis memiliki rumus E>1 dimana penawaran ini biasanya terjadi pada barang-barang mewah. Kurva Elastisitas dari Penawaran .

yaitu: 1) Jika persamaan fungsi menunjukkan P = a – bQ (fungsi permintaan) dan P = a + bQ (fungsi Penawaran).Contoh Kurva Elastisitas dari Penawaran Cara praktis menentukan besarnya elastisi`tas tanpa mencari turunan Q atau Q1. . maka rumus elastisitas nya adalah sebagai berikut.

000. Tabel penawaran rambutan 2.Macam-Macam Elastisitas Penawaran dan Cara Menghitungnya a. harga yang berubah sebesar X% ternyata diikuti perubahan penawaran kurang dari X%. Penawaran inelastis ditunjukkan dengan koefisien yang besarnya kurang dari 1 (Ed < 1). Kurva penawaran rambutan . Contoh Soal Saat harga rambutan Rp2. Barang-barang hasil pertanian memiliki sifat penawaran inelastis karena produk pertanian dibatasi oleh masa panen dan musim. Ketika harga naik menjadi Rp4.-/kg jumlah yang ditawarkan 50 kuintal. Hitunglah koefisien elastisitas penawarannya. Penawaran Inelastis Penawaran inelastis terjadi apabila persentase perubahan penawaran lebih kecil dari persentase perubahan harga. Rumus Elastisitas Dengan kata lain. Jawab 1. Buatlah tabel penawaran rambutan beserta kurvanya. 2.-/kg jumlah yang bisa ditawarkan hanya 60 kuintal.000. Pertanyaan: 1.

. Ketika harga turun menjadi Rp8.000. perubahan harga yang sebesar X% diikuti perubahan penawaran sebesar X% pula. Penawaran Unitary Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sama dengan persentase perubahan harga.per buah jumlah yang ditawarkan 200 kodi.000.3.per buah jumlah yang ditawarkan 160 kodi. Penawaran ini bisa terjadi pada berbagai macam barang yang terjadi pada saat tertentu saja (secara kebetulan). Jawab: 1. Dengan kata lain. Pertanyaan: 1. Koefisien elastisitas penawaran rambutan. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefesien (Es) yang besarnya sama dengan 1 (Es = 1). Contoh Soal Saat harga tas kulit Rp10. = (termasuk Penawwan inelastis) b. 2. Buatlah tabel penawaran tas kulit beserta kurvanya. Hitunglah berapa koefisien elastisitas penawaran tas kulit. Tabel penawaran tas kulit ..

contohnya tanah. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien (Es) yang besarnya melebihi angka 1 (Es > 1). walaupun harga berubah sebesar X%. Penawaran Elastis Sempurna Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sebesar X%. harga yang berubah sebesar X% diikuti perubahan penawaran lebih besar dari X%. d.2. penawaran tetap tidak berubah (0%). sedangkan persentase perubahan harga sebesar X%. Barang yang sifat penawarannya in elastis sempurna adalah barang yang jumlahnya tidak bisa ditambah walau harga mengalami kenaikan. e. Penawaran Inelastis Sempurna Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sebesar 0%. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien (Es) sebesar 0 (Es = 0). . sedangkan persentase perubahan harga sebesar 0%. Penawaran Elastis Penawaran elastis terjadi bila persentase perubahan penawaran lebih besar dari persentase perubahan harga. Kurva penawaran tas kulit 3. Koefisien elastisitas penawaran tas kulit c. Dengan kata lain. Ini terjadi pada barang yang kapasitas produksinya sudah optimum. Dengan kata lain.

.Dengan kata lain. penawaran mengalami perubahan sebesar X%. penggunaan mesin-mesin modern dan lain-lain contohnya: VCD. buku gambar. Ini terjadi karena pertambahan jumlah produsen. dan lain-lain. Barang yang bersifat elastis sempurna adalah barang yang pada harga tertentu penawarannya terus mengalami perubahan. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien (Es) yang besarnya ~ (Es = ~). walaupun harga tidak mengalami perubahan.