You are on page 1of 24

MODUL ADMINISTRASI SERVER

WEB MAIL

Kata Sambutan
Assalamu’alaikum Wr. Wbr.
Administrasi Server adalah salah satu mata pelajaran wajib paket keahlian Teknik
Komputer Jaringan (TKJ). Di dalam mata pelajaran ini terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar
diantaranya adalah materi Web Mail.
Untuk itu maka dibuat modul yang di dalamnya berisi materi tentang Web Mail mulai dari
materi, instalasi, konfigurasi dan cara mengetes Web Mail.
Prasyarat untuk mempelajari modul ini, maka siswa harus menyelesaikan modul
sebelumnya yaitu modul tentang Mail Server. Karena dalam WebMail harus ada user mail yang
dapat dibuat dalam Mail Server.

Hal.
1

MODUL ADMINISTRASI SERVER

WEB MAIL

Kata Pengantar
Puji syukur saya panjatkan kepada Alloh Subhana Wata’ala atas tersusunnya modul
pembelajaran ini, dengan harapan dapat digunakan sebagai panduan untuk siswa Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasidan Komunikasi, Program
Keahlian Teknik Komputer dan Informatika pada mata pelajaran Administrasi Server dengan materi
WebMail.
Modul

″WebMail″

ini

disusun

berdasarkan

tuntutan

paradigma

pengajaran

dan

pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran
berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Penyajian Modul untuk Materi ″WebMail″ ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta
didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui
berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan
eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk
menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.
Saya dalam hal ini sebagai penyusun modul, menyampaikan terima kasih, sekaligus saran
kritik demi kesempurnaan modul ini dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan
serta dalam membantu terselesaikannya modul siswa untuk Materi ″WebMal″ kelas XI/Semester 2
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Pangandaran, 23 September 2016
Penyusun

Agus Ramdhan, S.Si

Hal.
1

1 .MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Daftar Isi Hal.

1 .MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Daftar Gambar Hal.

MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Daftar Tabel Hal. 1 .

Oleh karena itu. latihan dan evaluasi terhadap peserta mengenai materi diklat dimaksud. C2 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar program keahlian dan C3 merupakan kelompok mata pelajaran wajib paket keahlian. Kelompok C1 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar bidang studi keahlian. yaitu apa saja yang dapat digunakan dalam pelatihan (anything can be used for training). Sebagai alat ukur dalam menentukan keberhasilan belajar siswa dalam materi Web Mail. C. mencakup tujuan dan uraian materi diklat. Adapun Modul Diklat adalah alat bantu diklat yang digunakan dalam proses belajar mengajar berupa buku pegangan bagi guru maupun siswa yang disusun secara sistematik. maka dalam hal ini disusun modul pembelajaran untuk mata pelajaran Administrasi Server pada materi WebMail. Dalam istilah bahasa Inggris. B. Peta Kompetensi Peta kedudukan bahan ajar merupakan suatu diagram yang menjelaskan struktur mata pelajaran dan keterkaitan antar mata pelajaran dalam satu kelompok bidang studi keakhlian. Gambar 1 menjelaskan peta kedudukan bahan ajar untuk program studi keahlian / paket keahlian Teknik Komputer Jaringan. Sebagai panduan bagi siswa dalam pembelajaran materi Web Mail 2. 1 . bahan diklat diterjemahkan sebagai training resources. Latar Belakang Dalam proses pembelajaran sangat diperlukan adanya bahan diklat sebagai media pembelajaran dan alat bantu pelatihan sehingga memudahkan bagi pembelajar untuk memahami suatu materi pelajaran.serta sebagai panduan bagi widyaiswara/pengajar dalam menyampaikanmateri pelajaran. Tujuan Dengan dibuat modul pembelajaran WebMail ini bertujuan untuk : 1. Dengan demikian bahan diklat memiliki bentuk yang sangat beragam.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Pendahuluan A. Hal. Bahan diklat adalah bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai suatu klasifikasi profesional tertentu.

Hal. Gambar 2 dibawah ini menjelaskan peta konsep mata pelajaran Administrasi Server kelas XI semester 2.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Sementara itu peta konsep mata pelajaran menjelaskan struktur urutan kegiatan belajar dan topik materi pelajaran. 1 .

Untuk kegiatan belajar yang terdiri dari teori dan praktik. dalam menggunakan modul ini maka langkah-langkah yang perlu dilaksanakan antara lain : a. siswa dapat bertanya pada guru atau instruktur pengampu kegiatan belajar. Ruang Lingkup Modul ini membahas tentang materi Web mail yang terdiri dari : - Prinsip dan cara kerja Web Mail Server - Instalasi Web Mail Server - Konfigurasi Web Mail Server - Pengujian Web Mail Server - Serta Latihan Soal dan Praktik WebMail E. b. Peta Kedudukan Bahan Ajar Web Mail pada Mata Pelajaran Administrasi Server D. Perhatikan petunjuk-petunjuk keselamatan kerja yang berlaku. 1 . Untuk memperoleh hasil belajar secara maksimal. c. Kerjakan setiap tugas formatif (soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki terhadap materi-materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar. Pahami setiap langkah kerja (prosedur praktikum) dengan baik. Hal. Saran Cara Penggunaan Modul 1. Bila ada materi yang kurang jelas. perhatikanlah hal-hal berikut ini : 1).MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Gambar 2. Bacalah dan pahami dengan seksama uraian-uraian materi yang ada pada masingmasing kegiatan belajar. 2).

5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan f. harus meminta ijin guru atau instruktur terlebih dahulu. Siswa dapat menerapkan cara instalasi Web Mail Server Hal. 2.14 Menerapkan cara mengkonfigurasi Web Mail Server 4. Dalam setiap kegiatan belajar guru atau instruktur berperan untuk : a. Merencanakan seorang ahli dari tempat kerja (DU/ DI) untuk membantu jika diperlukan. Siswa dapat menjelaskan Prinsip dan cara kerja Web Mail Server dengan benar dan tanggung jawab 2. 2. B. identifikasi (tentukan) peralatan dan bahan yang diperlukan dengan cermat.14 Menyajikan hasil konfigurasi Web Mail Server A. e. Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar c. Tujuan 1. 1 . Siswa dapat menguraikan cara kerja Web Mail Server 3. Menjelaskan Prinsip dan cara kerja Web Mail Server Menguraikan cara kerja Web Mail Server Menerapkan cara konfigurasi Web Mail Server Mengikuti cara instalasi Web Mail Server Mendemonstrasikan Pengujian Web Mail Server. praktik baru. kembalikan alat dan bahan ke tempat semula Jika belum menguasai level materi yang diharapkan. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar b. Membantu siswa dalam memahami konsep. Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar. ulangi lagi pada kegiatan belajar sebelumnya atau bertanyalah kepada guru atau instruktur yang mengampu kegiatan pembelajaran yang bersangkutan. Untuk melakukan kegiatan praktikum yang belum jelas. Gunakan alat sesuai prosedur pemakaian yang benar. 5). d. Setelah selesai. 4). WEB MAIL Sebelum melaksanakan praktikum. dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa d. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 6). Kegiatan Pembelajaran 14 : Web Mail Kompetensi Dasar 3. 4.MODUL ADMINISTRASI SERVER 3). 3.

Siswa dapat mengikuti cara konfigurasi Web Mail Server 5.. RoundCubeMail Walau tidak terkenal layaknya squirrelmail. Diantaranya yang terkenal adalah squirrelmail dan roundcubemail.Untuk akun/user mail. Untuk membuat mail client yang berbasis web. adalah aplikasi eMail client yang berbasis web. Jika anda pernah melihat layanan eMail Yahoo.Intalasi SquirrelMail dan RounCobeMail Hal. dan bagaimana saja keadaanya. kapan saja. I think it just Plug and Play.. WebMail (Web Based Mail).Sediakan DVD-1 Debian 6 . Aktifitas Pembelajaran a. tentunya kita membutuhkan CMS (Content Management System) yang dikhususkan untuk webmail. SMTP server.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL 4. 1 . Kelebihan dari Webmail ini sendiri adalah bisa kita gunakan dimana saja. Langkah Kerja . Oleh karena itu banyakadministrator jaringan yang menggunakanya. aplikasi webmail yang satu ini tidak kalah menarik dibanding aplikasi webmail bawaan Debian.. Gmail. Mereka menggunakan webmail sebagai eMail client untuk setiap penggunanya.Aplikasi WebMail SquirrelMail dan RoundCubeMail . Server webmail merupakan gabungan kerja antara web server. dan menarik. Squirrelmail Squirrelmail adalah paket webmail yang sudah tersedia dalam distro Debian Lenny. siswa harus menyelesaikan dulu materi Mail Server! . POP3 dan IMAP4 server. Rencana Kerja Untuk mengikuti Pembelajaran ini. Selain itu aplikasi webmail ini memiliki banyak fitur dibanding dengan webmail bawaan. digunakan user yang dikonfigurasi pada materi Mail Server. asalkan kita tetap terkoneksi ke Internet.. 2. karena kemudahanya dalam konfigurasi. ataupun Hotmail. b. Bahkan tampilan dari RoundCubeMail ini dibilang sangat halus. 1.. Siswa dapat mendemontrasikan pengujian Web Mail Server C. Uraian Materi WebMail Sebelum mempelajari modul ini . D.

c.conf di dalam direktori /etc/squirrelmail/ debian-server:~# pico /etc/squirrelmail/apache. 1 .conf Hal. karena squirrelmail sudah membuatnya. Kita tidak perlu repot-repot membuat virtual host baru. debian-server:~# apt-get install squirrelmail 2. agar virtual host pada direktori squirrelmail ikut di proses.MODUL ADMINISTRASI SERVER - WEB MAIL Konfigurasi SquirrelMail pada file apache2.conf Konfigurasi RoundCubeMail pada VirtualHost dan RoundCubeMail Kemudian cek Web mail dengan menggunakan Browser yang ada pada komputer Client dengan cara Login. Agar squirrelmail tersebut dapat kita akses melalui web browser. maka kita harus membuat virtual host untuk squirrelmail terlebih dahulu. Instalasi Karena squirremail ini sudah ada pada DVD-1. dan Read Email. maka kita tidak perlu repot-repot mendownloadnya dari Internet. Konfigurasi Secara default.conf.conf Edit juga file apache. Send Email. Edit file apache2. debian-server:~# pico /etc/apache2/apache2. Praktek Kerja 1. paket squirrelmail ini akan diletakan pada direktori /usr/share/squirrelmail/.conf pada direktori /etc/apache2/ Tambahkan script Include pada file apache2. Squirrelmail 1.

pastikan anda merestart service apache2. 3.d/apache2 restart Restarting web server : apache2 . agar virtual host tersebut bisa langsung diakses. Pengujian SquirrelMail Akses mail dengan web browser dari PC client (Windows XP).tekaje. .MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL mail. debian-server:~# /etc/init.net. Pada address bar. Restart file apache.tekaje.conf Setelah selesai mengkonfigurasi virtual host tersebut. . witing debian-server:~# 4. Ketikkan user “agus”dan passwordnya untuk melihat surat masuk (inbox). Hal. ketik mail. 1 .

p hp 5. 1 .net/src/login.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL http://mail.tekaje. agus Hal.

com roni@tekaje.p hp http://agusramdhan.php http://agusramdhan.tekaje. kita coba melihat apakah email tersebut sudah sampai ke alamat email user roni.tekaje.php 6 http://agusramdhan. http://mail. roni@tekaje. Setelah terkirim.net.wordpress.net/src/webmail. 1 . com 6.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Klik pada link di bawah subject http://mail.net/src/webmail.net Selanjutnya tes dari user roni untuk mengirim email kepada user agus.wordpress. Logout terlebih dahulu dari account user agus dengan memilih tombol [Sign Out].net/src/webmail.tekaje. Klik menu [Compose].n et Hal. http://mail.wordpress.net Tampilan surat masuk (inbox) pada user agus.com agus@tekaje. lalu isi alamat email user agus dengan alamat agus@tekaje.

Roni Mr. Agus Selanjutnya pilih [Yes]  [Click here to log back in]. Hal. Masukkan nama user dan passwordnya.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Kepada Tn. 1 . Kemudian masuk kembali ke alamat email user roni.

tekaje.net Maka isi balasan email dari user agus adalah seperti berikut ini: Hal.net http://mail.net/src/webmail. 1 .php roni Setelah login.php agus@tekaje.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL http://mail.tekaje. maka ditampilkan kotak masuk (inbox) di email roni@tekeje.net/src/webmail.

kemudian ekstrak file tar.co.tar.5.tar.tar.5.5. Hal.tar. Dengan demikian tahap Instalasi dan Konifigurasi Mail Server telah selesai. RoundCubeMail 1.1 roundcubemail-0.gz debian-server:/home/pudja# tar xfv roundcubemail-0. Saya menggunakan roundcubemail-0. Anda dapat mendownload file tersebut di www.gz Kemudian pindahkan ke direktori untuk webmail. maka mail server telah berjalan dengan baik. Setelah di download.cc . kita harus mendownload terlebih dahulu dari Internet.MansyurinIT.ne t roni@tekaje. debian-server:~# cd /home/ debian-server:/home/pudja# ls roundcubemail-0.1.1.gz debian-server:/home/pudja# ls roundcubemail-0.5.1. Roni Mr.net Kepada Tn. Agus Berdasarkan tampilan gambar di atas.1.php agus@tekaje.tekaje.net/src/webmail.5.gz. agar roundcubemail ini dapat dijalankan oleh virtual host. 2. Instalasi Karena aplikasi webmail roundcubemail ini tidak terdapat pada distro Debian. 1 . Selanjutnya adalah tahap Instalasi dan Konfigurasi Proxy Server.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL http://mail.gz tersebut.

net ServerName cubemail. debian-server:/etc/apache2/sites-available# a2ensite cubemail Tambahkan sub-domain lagi untuk cubemail.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL debian-server:/home/pudja# cp roundcubemail-0. Khususnya pada Database Configuration.1” >> /var/cache/bind/tekaje.debian. 1 . Konfigurasi 1. . sesuaikan dengan keperluan Anda.edu/installer.edu debian-server:~# echo “cubemail IN A 192.10. Pada bagian Create config. Konfigurasi Virtual Host Agar aplikasi webmail ini dapat kita akses melalui web browser.edu DocumentRoot /var/www/cubemail/ #.debian.debian. pada web browser pergi ke URL http://cubemail. maka akan tampil serperti berikut di bawah. harus kita samakan dengan Database Server.5. maka kita harus membuat virtual host untuk webmail pada apache2. Hal. . Pilish START INSTALLATION. Konfigurasi RoundCobeMail Installasi roundcubemail ini menggunakan web browser sebagai sarana penghubung. Misalnya seperti berikut. kemudian pada bagian Check environment tekan saja NEXT. Oleh karena itu.1/ /var/www/cubemail/ -R debian-server:/home/pudja# chmod 777 –R /var/www/cubemail/ 2. debian-server:/etc/apache2/sites-available# cp default cubemail debian-server:/etc/apache2/sites-available# pico cubemail Alias /cubemail /var/www/cubemail <VirtualHost *:80> ServerAdmin webmaster@tekaje.for 2.168.

inc.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Kemudian klik CREATE CONFIG.inc.php Hal.inc. Selanjutnya kita akan di hadapkan pada script konfigurasi. File yang harus kita konfigurasi adalah main.php dan db.php. Setelah anda copy. masukan script diatas seperti berikut. yang harus kita copy paste kan kedalam direktori /var/www/cubemail/config. karena itu adalah script PHP.inc. maka anda harus menutup script tersebut dengan tanda “?>” tanpa tanda kutip di akhir baris.php debian-server:/var/www/cubemail/config# pico db. debian-server:~# cd /var/www/cubemail/config/ debian-server:/var/www/cubemail/config# pico main. Sekedar tambahan. 1 .

tekaje. cobalah pada bagian tersebut. 1 . debian-server:~# rm /var/www/cubemail/installer/ -R 3.sql -u root –p Jangan lupa. maka pilih mysql. upload database cubemail pada database server Debian. apakah mail server sudah benar.edu/cubemail seperti berikut di bawah. untuk menghapus direktori installer. Pengujian RoundCubeMail Tetap pada web browser.net roni roni@tekaje.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Setelah itu. mail. Karena kita menggunakan MySQL. mysql > quit debian-server:~# mysql roundcubemail < /var/www/cubemail/SQL/mysql.sql. Hal. dan arahkan URL ke alamat http://www.initial.initial. debian-server:~# mysql –u root –p mysql > create database roundcubemail. buka web browser kembali dan pilih CONTINUE. Semua file database terletak pada direktori SQL. Maka anda akan di hadapkan pada tampilan Test config.net agus@tekaje.debian.net Terakhir.

WWW mail dikembangkan oleh . Jika sekumpulan orang membentuk suatu group diskusi melalui email. everyone@domain b. Port 20 b. IMAP4. a. Port 25 d. group messenger d. Server webmail merupakan gabungan kerja beberapa aplikasi protocol POP3. 1980 b. SSH 3.. 2007 5. 1994/1995 c.. a.. a. Bill Gates c. Steve Job 6. Cara ini dikenal dengan nama . a. Kerugian penggunaan web mail adalah .... mailing list c. allusers@domain d.. Linus Trovald b. Port komunikasi protocol SMTP adalah . Soren Vejrum d.. a. groupmail b.. SMTP b. Untuk mengirim pesan broadcast ke semua pengguna dalam satu domain.... Latihan/Kasus/Tugas 1.... Mailbox tidak terhapus kecuali sengaja dihapus d. Port 110 2.net Recipient agus@tekaje. Pengembang aplikasi webmail mulai bekerja membangun webmail pada sekitar tahun . Dapat diakses menggunakan browser apapun 4.net E. a. pesan dikirim ke . web server dan . Port 21 c.. all@domain c.. 1997 d. 1 . e-groups Hal.. Dapat diakses dimanapun jika terdapat koneksi ke server c. userlist@domain 7. NTP c.. FTP d. satu orang anggota mengirim dan diterima semua anggota group. a.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL http://tekaje. Soal Latihan Pilihlah satu dari kemungkinan jawaban yang paling benar soal-soal berikut ini! 1.net/cubemail/? _task=mail&_action=show Subject TEST SENDING Sender roni@tekaje. Tidak bisa diakses tanpa koneksi antara klien dan server b.

net dan pulan@xitekaje. D Hal. Kunci Jawaban Kunci Jawaban No. Yang bukan pengembang awal aplikasi webmail adalah . a. 1 .net - Buat 2 user pada mail server : namasendiri@xitekaje. browser b. Webmail d. Read Mail. Umpan Balik dan Tinjad Lanjut H.. messenger 9. Mengirim pesan email dengan attachment file yang menarik tetapi jika dibuka merupakan virus 10. command line interface c. Send Mail. Keuntungan utama webmail dibandingkan dengan penggunaan klien email desktop adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima email di mana saja dari browser web. Mengirim pesan email dengan attachment file b. a. Tampilan Squirrelmail dapat dimodifikasi sesuai keinginan organisasi penggunanya dengan cara mengubah coding html squirrelmail. Jawaban No. Rangkuman - - Webmail (atau email berbasis web) adalah klien email yang diimplementasikan sebagai aplikasi web dan diakses melalui web browser.net - Konfiguresi Squrrelmail dan RoundCubeMail - Tes WebMail dengan melakukan Login.. maka pesan semacam ini disebut sebagai . Bahasan Modul berikutnya yaitu materi tentang bagaimana mendapatkan layanan untuk mengakses ke file dan layanan mencetak di LAN dari lokasi terpencil mengunakan layanan Server Remote. Mengirim pesan email dengan attachment file yang menarik c. spam d. Mengirim pesan email dengan attachment file berupa gambar d. C 6.. WebEx c. Kerugian utamanya adalah kebutuhan untuk terhubung ke internet saat menggunakan aplikasi webmail.net dengan mailserver mail. Juga bisa menggunakan RoundCubeMail. WWW Mail 2.. a. Para pengganggu / penyerang computer kita. Buatlah laporan dan kesimpulan dari pekerjaan instalasi dan konfigurasi server dan klien eMail yang sudah berhasil dilaksanakan.xitekaje. Jika mailbox kita banyak dikirimi pesan dari seseorang hingga meng-ganggu privasi kita.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL 8.. G. dapat melakukan serangan dengan cara .. Setelah melakukan semua langkah pekerjaan di atas. Jawaban 1. Latihan Praktek Ikuti langkah-langkah mengkonfigurasi WebMail di atas dengan ketentuan sebagai berikut : - Nama domain : xitekaje.. Yahoomail b. Antar muka web yang diakses oleh klien merupakan CMS (Content Management System) salah satu yang cukup dikenal adalah SquirrelMail. F..

protokoler untuk mengatur POP pengiriman email Post Office Protocol. 1 . Saat ini dipakai versi 3 (POP3) Internet Mail Access Protocol. 3. protokoler penerimaan email yang memungkinkan kotak masuk dapat diakses melalui web www ServerMail browser. Saat ini dipakai IMAP versi 4 (IMAP4) Word wide web Komputer yang melayani aplikasi Mail dari klien Hal. 4. 5. 8. 10. 9.MODUL ADMINISTRASI SERVER 2. WEB MAIL B C D B Glossary atau Daftar Istilah SMTP Simple Mail Transfer Protocol. A A B C 7. protokoler untuk mengatur penerimaan IMAP email.

Saran Cara Penggunaan Modul Kegiatan Pembelajaran Kompetensi Dasar . Tujuan C. Rangkuman G.. Latihan/Kasus/Tugas F.. Tujuan C.MODUL ADMINISTRASI SERVER WEB MAIL Kata Sambutan Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Gambar Daftar Tabel Pendahuluan A.. Umpan Balik dan Tinjad Lanjut H.. Aktifitas Pembelajaran E. 1 .. Uraian Materi D..... Indikator Pencapaian Kompetensi B.. Latar Belakang B... Ruang Lingkup E. Kunci Jawaban Glossary atau Daftar Istilah Hal.. A.. Peta Kompetensi D.