You are on page 1of 5

25

MODUL 8
Graphic User Interface (GUI)
Abstract Windowing Toolkit (AWT) Bagian 1

1. Tujuan
Setelah menyelesaikan bab ini, Anda diharapkan untuk :
1. Memahami Tools AWT
2. Memahami Perbedaan antara komponen dan kontainer.
3. Mendesain aplikasi GUI menggunakan AWT.
4. Menjelaskan tentang flow layout, border layout, dan grid layout dalam komponen GUI
5. Membuat tampilan yang komplek dalam mendesain aplikasi GUI.
2. Teori Singkat
Tanpa mempelajari tentang grapichal user interface (GUI) API, Anda masih tetap
bisa membuat suatu program. Tetapi, program Anda akan kelihatan tidak menarik dan tidak
nyaman digunakan bagi para user. Memiliki GUI yang baik dapat memberi efek pada
penggunaan aplikasi. Java menyediakan banyak tool seperti Abstract Windowing Toolkit dan
Swing untuk mengembangkan aplikasi GUI yang interaktif.
2.1 Abstract Windowing Toolkit (AWT)
The Java Foundation Class (JFC), merupakan bagian penting dari Java SDK, yang
termasuk dalam koleksi dari API dimana dapat mempermudah pengembangan aplikasi JAVA
GUI. JFC termasuk diantara 5 bagian utama dari API yaitu AWT dan Swing. Tiga bagian yang
lainnya dari API adalah Java2D, Accessibility, dan Drag dan Drop. Semua itu membantu
pengembang dalam mendesain dan mengimplementasikan aplikasi visual yang lebih baik.
AWT dan Swing (dibahas pada modul 9) menyediakan komponen GUI yang dapat digunakan
dalam membuat aplikasi Java dan applet. Anda akan mempelajari applet pada bab berikutnya
(modul 10). AWT menjamin tampilan look and feel pada aplikasi yang dijalankan pada dua mesin
yang berbeda menjadi terlihat sama. Swing API dibangun dari beberapa API yang
mengimplementasikan beberapa jenis bagian dari AWT. Kesimpulannya, komponen AWT dapat
digunakan dengan komponen Swing.
2.2 Komponen GUI pada AWT
1. Window Classes Fundamental
Dalam mengembangkan aplikasi GUI, komponen GUI seperti tombol atau textfield
diletakkan di dalam kontainer. Berikut ini adalah daftar dari beberapa kelas penting pada kontainer
yang telah disediakan oleh AWT.

2. menubar. Syntax : void setSize(int width. menggunakan metode setSize.width dan d. Memiliki empat konstruktor . dimana berarti tidak bisa dimasukkan dalam objek yang lainnya. Syntax : void setSize(Dimension d) mengubah ukuran dengan d. dua diantaranya memiliki penulisan seperti dibawah ini : Frame() Frame(String title) Untuk mengatur ukuran window. Sebuah komponen yang dapat menampung komponen yang lainnya. Superclass dari applet class. Sebuah frame atau window tanpa titlebar. int height) mengubah ukuran komponen ini dengan width dan height sebagai parameter. Default dari window adalah not visible atau tak tampak hingga Anda mengatur visibility menjadi true. Inilah syntax untuk metode setVisible. Window dengan judul. Frame Turunan dari window class.1 :Kelas kontainer AWT AWT Class Description Komponen Abstract Class untuk objek yang dapat ditampilkan pada console dan berinteraksi dengang user. Window Turunan dari Container class. Grafik Beberapa metode grafik ditemukan dalam Graphic class. void setVisible(boolean b) Catatan : Dalam mendesain aplikasi GUI. Top level window. Kontainer Abstract Subclass dari Component Class. Bagian utama dari semua kelas AWT. Object Frame selalu digunakan. Tabel 8. Panel Turunan dari Container Class.Tidak memiliki border dan menubar. menubar tidak termasuk border.height berdasar pada spesifikasi Dimension d.2 : Beberapa metode dari kelas Graphics drawLine() drawPolyline() setColor() fillRect() drawPolygon() getFont() drawRect() fillPolygon() setFont() clearRect() getColor() drawString() . Dibawah ini adalah daftar dari beberapa metode.26 Tabel 8. border dan pengatur ukuran di pojok.

Dibawah ini adalah contoh bagaimana membuat sebuah aplikasi. Constructor Format Description Color(int r.1. Tabel 8. //Coba hilangkan baris ini sf. 3. sf.awt.27 Hubungan dari kelas ini adalah Color class.3 : Komponen AWT Label Button Choice TextField Checkbox List TextArea CheckboxGroup Scrollbar 3. 100). jalankan dan amati hasilnya - Klik pada tombol tutup apa yang terjadi ? Jelaskan dalam listing saudara.*. Red: bits 16-23 Green: bits 8-15 Blue: bits 0-7 Praktik 2 adalah contoh program yang menggunakan beberapa metode di dalam Graphic class. import java.setSize(100. Color(int rgbValue) Panjang nilai : 0 ke 224-1 (hitam ke putih). . Color(float r. float g. public class SampleFrame extends Frame { public static void main(String args[]) { SampleFrame sf = new SampleFrame().setVisible(true).255. Kontrol adalah komponen seperti tombol atau textfield yang mengijinkan user untuk berinteraksi dengan aplikasi GUI. float b) Nilai float 0. int b) Nilai integer 0 . PRAKTIK Praktik 1.0.0 . dimana memiliki tiga konstruktor. int g. Berikut ini semua subkelas dari Components class. Beberapa komponen AWT Berikut ini adalah daftar dari kontrol AWT. //Coba hilangkan baris ini } } - tuliskan kode program diatas.

awt.add(gp).*. } } tuliskan kode program diatas. - public class GraphicPanel extends Panel { GraphicPanel() { setBackground(Color.add(chooser).setVisible(true). chooser.drawString("Hello GUI World!". false). fwc. false)). List list = new List(3. CheckboxGroup cbg = new CheckboxGroup().fillRect(30.add("Henry").PLAIN. cbg. true)). //green g.add(new Button("Test Me!")).setSize(600. } public static void main(String args[]) { Frame f = new Frame("Testing Graphics Panel").0)). fwc. GraphicPanel gp = new GraphicPanel(). Praktik 3 (Komponen Awt) Tuliskan kode program berikut.add("Joehakim").add(new TextField()).16)). g.setFont(new Font("Helvetica". import java. cbg.add(new Scrollbar()). cbg.awt.Font. chooser.28 Praktik 2 ( Grafik) import java.0)). //red g.add(new Label("Label")). list. jalankan dan amati hasilnya.setVisible(true). fwc. jalankan dan amati hasilnya - Klik pada tombol tutup apa yang terjadi ? Jelaskan jawaban saudara pada listing saudara - Bagaimana caranya agar panel dapat terlihat atau visible ? 3.add(new Checkbox("chk3". 100). 100.add(list). g. } } . Choice chooser = new Choice().black). f. fwc.setSize(600.setLayout(new FlowLayout()). kemudian buatlah kesimpulan. fwc. //more on this later fwc. fwc. fwc. fwc. false)). f.add("Pulut").setColor(new Color(1. 300). fwc. 10).0.setColor(new Color(0.add(new Checkbox("chk1".255. list. chooser. f. 30.add(new Checkbox("chk2". fwc. 150.0f.*. class FrameWControls extends Frame { public static void main(String args[]) { FrameWControls fwc = new FrameWControls().add("V"). //constant in Color class } public void paint(Graphics g) { g. fwc. 600).add("MTV").

29 4. Lakukan modifikasi pada program praktik 3. TUGAS Diberikan Oleh Masing-masing dosen pengampu. 5. LATIHAN 1. .