You are on page 1of 6

UJI SOAL PILIHAN GANDA IPA

Topik: Objek IPA dan Pengamatannya
Kelas VII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI
Tahun 2016

Nama Siswa :
Kelas

:

No. Absen

:

Hari,
Tanggal
Tanda
Tangan
Siswa

:
:

1. Dalam
IPA,
proses
pengamatannya tidak terlepas
dari proses Pengukuran. Apa
yang
dimaksud
dengan
Pengukuran....
a. Mengukur menggunakan
alat
b. Membandingkan
suatu
besaran dengan satuan
yang lain
c. Membandingkan
suatu
besaran dengan besaran
yang lain yang digunakan
sebagai satuan
d. Membandingkan satuan
dengan satuan standar
2. Di bawah ini yang termasuk
kelompok besaran
pokok
adalah…
a. kecepatan, massa, dan

massa jenis
b. kuat arus, panjang, dan
suhu
c. luas, kecepatan, dan waktu
d. volum, panjang, dan waktu
3. Di antara kelompok besaranbesaran di bawah ini yang
hanya terdiri dari besaran
turunan saja adalah…
a. luas, kecepatan, dan volum
b. massa jenis, energi, dan
intensitas cahaya
c. kecepatan, gaya, dan waktu
d. berat, massa, dan kuat arus
4. Pengamatan terhadap warna,
bentuk, dan ukuran suatu
benda
dapat
dilakukan
dengan
….
a. mendengarkan

a. a. massa jenis. sistem intercontinenta 10. Besaran pokok dan besaran bagian b. meraba c. Kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan disebut …. No. luas. Besaran 1. Panjang. sistem inggris b. besaran utama c. Besaran yang diturunkan dari besaran pokok adalah …. Kuat arus. meneliti d. dan jumlah zat d. barometer d. manometer c. sistem internasional (SI) c. a. Diantara kelompok besaran berikut.. panjang.. besaran turunan 8.. membandingkan b. suhu. suhu... Alat yang di gunakan untuk mengukur suhu adalah . speedometer 11. dan kuat arus b. termometer b... Sistem pengukuran yang dipergunakan oleh ilmuwan diseluruh dunia adalah …. Kuat arus. mencicipi d. menilai c.b. intensitas cahaya.. Besaran bagian besaran pengukuran dan d.. a. a. Suhu 2. Besaran dibagi menjadi dua yaitu . Panjang Besaran pokok dengan satuan yang benar menurut Sistem Internasional/SI pada tabel diatas adalah. yang termasuk kelompok besaran pokok dalam system Internasional adalah … a.. waktu. sistem interlude 5.. Suhu. dan waktu 6.. Besaran turunan besaran pengukuran dan c. volume. Satu Deti Kilo Kelv Met . melihat d. dan massa jenis c. besaran fisis b. Massa 3. Waktu 4. besaran pokok d. besaran pokok dan besaran turunan 7. menimbang 9.

Panjang c. 36 ms-1 30 ms-1 20 ms-1 30 ms-1 13. Kecepatan 14. Besaran panjang dapat diturunkan menjadi besaran… a.5 m 17. d. c. volume dan luas 18. Satu gram b. a. Suhu b. neraca d.. meteran 16. jangka sorong 15. d.. Berat d.. pita ukur b. Massa suatu benda dapat diukur dengan menggunakan alat ukur . c. Alat ukur yang paling tepat digunakan untuk mengukur waktu seorang pelari adalah . Satu sentimeter c. Satu milliliter 19. a.. b. 20 ml 40 ml 40 ml 100 m . d. a. Satu liter d.5 km = …. arloji b. c. Satu sentimeter kubik (1 cm3) adalah sama dengan volume… a. stopwatch d.500 m 55 m 55. b.. a. c. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur. tegangan dan kuat arus d. Berapakah volume batu yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini? a. b. mikrometer sekrup c. 5. kecepatan dan energi b..000 m 5. 1 dan 3 1 dan 4 2 dan 3 2 dan 4 12..a. d. jam c. Sebuah sepeda motor bergerak dengan kecepatan sebesar 72 km/jam jika dinyatakan dalam satuan Internasional (SI) maka kecepatan sepeda motor adalah … a. m 5.. b. luas dan waktu c.

jam atau stopwatch c. a. a. a. d. mikrometer skrup c. panjang c. Yang menunjukkan besaran pada kalimat itu adalah . Perhatikan tabel di bawah ini! N Besaran Satuan o 1 Panjang Cm 2 Massa Kg 3 Waktu Sekon 4 Suhu Celcius Besaran pokok dan satuannya menurut SI yang sesuai adalah nomor .000 sekon 21.2 kg B. mistar b. 24. Perhatikan besaran-besaran berikut. Alat ukur waktu yang biasa dipakai adalah …. 0. (2) dan (3) c. 200 kg 25.. 1 dan 2 1 dan 3 2 dan 3 2 dan 4 Perhatikan gambar berikut: Massa dari Objek tersebut adalah… A. Alat yang tepat untuk mengukur diameter dalam cincin adalah . . 540 sekon c. jam matahari d. . jangka sorong 22.400 sekon d. (4) 26. meja 23. 20 kg D. jam mainan . (1) kecepatan (2) jumlah zat (3) kuat arus (4) tekanan Dari keempat besaran tersebut yang termasuk besaran pokok adalah . 2 kg C. (1)... (1) dan (4) d. a. Ajeng mengukur panjang meja dengan jengkal. 1 jam 30 menit jika dinyatakan dalam sekon menjadi …. (2).. 5. c. a.. .. dan (3) b. 54. 7 b. . meteran gulung d. 54 sekon b. jengkal d.. Ternyata panjang meja itu 7 jengkal. b. jam pasir b.20.. a.

kaya. satuan tidak baku c. a. satuan baku b.27. Neraca b.. maka satuan yang harus digunakan adalah . a. a. Pensil b. panjang. Muhtar 29. 34. dan kemiskinan c. panjang. 200 gr b.. satuan depa 28. Dalam sistem internasional (SI)... 240 gr d. b. a. kecuali. Berikut ini yang termasuk besaran fisika. Mistar c. Stopwatch c.. Yang merupakan kelompok besaran turunan adalah. kecepatan dan volume 35. satuan jengkal d. 220 gr c. c. Penggaris Apa nama salah satu alat ukur diatas …. maka massa air dalam gelas tersebut adalah. a. massa dan berat c. Alat yang digunakan untuk mengukur massa adalah. dan suhu b. massa. Mikrometer sekrup 30. Panjang meja Ali lima kali pensil Muhtar. Meteran d... Kuat arus. Kepadatan. Jika volume segelas air adalah 250 ml.. a. Waktu. massa dan kecepatan b. Jangka sorong b.... 33..... Jam Menit detik hari 31. massa dan waktu d. Yang merupakan satuan adalah. dan jumlah zat 32. Termometer d.(massa jenis air 1 gr/cm3) a. Volume. Pada . Bima sedang melakukan pengukuran berbagai besaran agar hasil pengukurannya cenderung sama. 240 gr a. panjang. Ali c. . satuan dari waktu adalah. Rehan menanam kecambah dalam pot. dan luas d. daya. Lima kali d.. luas.. panjang. d.

. Sistem kehidupan mulai dari ukuran renik (kecil) sampai dengan lingkungan yang luas c.5 m c.awal pengukuran. 1. tinggi kecambah dari permukaan tanah adalah 2 cm. 10 ml b. perkembangan dan keadaan saat ini.37 mm c.. 12 cm d. a. a. 10 cm b. 60 cm c. Sebuah ketebalannya menggunakan skrup seperti bawah! benda diukur mikrometer gambar di Hasil pengukuran ketebalan benda adalah …. Perhatikan gambar berikut! Massa batu yang terdapat didalam gelas tersebut sebesar ….45 m d. seperti energi. panas dan berbagai gejala fisik lainnya 40. FISIKA mempelajari tentang. 1. 2.97 mm b. a. 14. 0. Nilai 600 m sama dengan …. a. maka tingginya adalah.97 mm 39. planet dan berbagai benda langit lainnya d.5 m b. jika tinggi Agung dinyatakan dalam satuan SI. Asal mula bumi. a.. Penyusun dan perubahan Zat b..47 mm d. gerak. 20 ml d. a. maka setelah 5 hari.6 km b... tinggi kecambah adalah. 1. 0. 600 dm d. gaya. aspek mendasar alam.145 m 38... 60 ml . 13 cm 36. Tinggi Agung adalah 145 cm. 4. jika laju pertumbuhan kecambah adalah 2 cm/hari. 30 ml c.. bintang. 2. 11 cm c. 6000 mm 37. Di dalam IPA.