BAB 4

Analisa Data

DATA

Data Subjektif :
Dari hasil wawancara dengan warga
di Desa Khayangan RW 04
Kecamatan Cacandi Kabupaten
Sidodo mengatakan:

85% anak tidak mencuci

tangan sebelum makan
78% anak membeli makanan

ETIOLOGI

MASALAH

Kurangnya

Resiko

pengetahuan

peningkatan

hidup bersih dan

prevalensi diare

sehat

pada agregat
prasekolah

cepat saji
Data Objektif :

69% (30 jiwa)anak pra

sekolah sakit
60% (26jiwa) agregrat pra
sekolah menderita penyakit
diare

Data Subyektif
Masyarakat wilayah desa
Khayangan RW 04 menyatakan:

warga desa Khayangan
menyatakan, “ya dibakar
saja mbak, bair gak kesisa di

tanahnya.”
sebanyak 43% ( 32 dari 50
sampel KK) bahwa “kami

Ketidakmampua

Risiko

n masyarakat

peningkatan

mengolah

prevalensi ISPA

sampah

pada semua

.

agregat

31% ( 13 dari 50 sampel KK) mengolah sampah dengan  dibuang di Sungai 10% ( 2 dari 50 sampel KK) mengolah sampah dengan  dikubur dalam tanah. Sebanyak 16% ( 3 dari 50 sampel KK) yang mengolah sampahnya dengan daur  ulang. Warga tampak tidak memakai masker saat membakar sampah . Kami menganggap bahwa dengan sampah yang dibakar tidak menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh lalat atau hewan lain yang berada di sampah yang telah lama di tumpuk” Data Obyektif wilayah desa Khayangan tampak :  43% (32 dari 50 sampel KK) ditemukan bahwa cara masyarakat desa Khayangan mengolah sampahnya  dengan dibakar. gak bau.lebih banyak memilih untuk membakar sampah karena lebih mudah dan cepat bersih.

 Tampak ada jalan berlubang di sekitar desa Khayangan RW 4  Tampak anak-anak nongkrong membawa sepeda motor.Data subyektif Masyarakat di wilayah Desa Khayangan RW 04 menyatakan :  Banyak anak SD/SMP yang menggunakan sepeda motor untuk berangkat ke sekolah atau pun bermain di daerah sekitar  desa. Data Obyektif Wilayah desa Khayangan RW 04 pada subsistem keamanan dan transportasi tampak :  Tampak warga mengendarai sepeda motor tidak menggunakan helm. Mereka mengendarai sepeda motor tidak menggunakan helm  dan kebut-kebutan. Hasil observasi yang dilakukan dari 50 sampel 60% diantaranya sudah memilik SIM dan 40% sisanya belum memiliki SIM.  Tampak anak-anak mengendarai sepeda motor tanpa helm. Kurang Resiko injury yang pengetahuan terjadi pada semua tentang bahaya agregat berkendara .

5. .Diagnosa keperawatan komunitas : 1. Resiko peningkatan prevalensi diare pada agregat prasekolah di Desa Khayangan RW 04 Kecamatan Cacandi Kabupaten Sidodo berhubungan dengan kurangnya pengetahuan hidup bersih dan sehat. 2. Resiko injury yang terjadi pada semua agregat di Desa Khayangan RW 04 Kecamatan Cacandi Kabupaten Sidodo berhubungan dengan kurang pengetahuan tentang bahaya berkendara. 6. Kecamatan Cacandi Kabupaten Sidodo berhubungan dengan ketidakmampuan masyarakat mengolah sampah. Resiko peningkatan prevalensi ISPA pada semua agregat di Desa Khayangan RW 04 3. 4.

Penetapan prioritas masalah keperawatan komunitas pada semua agregat di Desa Khayangan RW 04 Kecamatan Cacandi Kabupaten Sidodo Masalah keperawatan Pentingnya penyelesaian masalah 1 : rendah 2 : sedang 3 : tinggi Perubahan positif untuk penyelesaian di komunitas 0 : tidak ada 1 : rendah 2 : sedang 3 : tinggi Perbaikan kualitas hidup jika masalah dapat diselesaikan 0 : tidak ada Total skore dari masalah yang ada 1 : rendah 2 : sedang 3 : tinggi Risiko peningkatan prevalensi diare pada 2 2 3 7 3 3 2 8 1 1 1 3 agregat berhubungan dengan kurangnya pengetahuan hidup bersih dan sehat. Resiko injury yang terjadi pada semua agregat berhubungan dengan kurang pengetahuan tentang bahaya berkendara. . Risiko peningkatan prevalensi ISPA pada semua agregat berhubungan dengan ketidakmampuan masyarakat mengolah sampah.

Risiko injury yang terjadi pada semua agregat di Desa Khayangan RW 04 Kecamatan Cacandi Kabupaten Sidodo berhubungan dengan kurang pengetahuan tentang bahaya berkendara. 3. Risiko peningkatan prevalensi ISPA pada semua agregat di Desa Khayangan RW 04 Kecamatan Cacandi Kabupaten Sidodo berhubungan dengan ketidakmampuan masyarakat mengolah sampah. .DIAGNOSA KEPERAWATAN KOMUNITAS BERDASARKAN PRIORITAS MASALAH : 1. 2. Risiko peningkatan prevalensi diare pada agregat prasekolah di Desa Khayangan RW 04 Kecamatan Cacandi Kabupaten Sidodo berhubungan dengan kurangnya pengetahuan hidup bersih dan sehat.