You are on page 1of 8

30 Doa-Doa Harian Terlengkap Beserta

Artinya
30 Doa-Doa Harian Terlengkap Beserta Artinya – Bacaan doa-doa harian biasanya sudah
diperkenalkan oleh kedua orangtua kita semasa kecil atau sewaktu masih belajar di TPA dan di
bangku sekolah kita sudah diperkenalkan dengan doa-doa harian yang harus hafal dan
diterapkan.

Mungkin semuanya sudah diluar kepala, namun pasti ada beberapa yang masih belajar atau
mengingat kembali doa-doa yang mungkin jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Disini catatanmuslimah.com akan menuliskan kembali beberapa bacaan doa-doa yang sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa Doa Harian
1. Doa sebelum tidur

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu aku
mati.”

2. Doa bangun tidur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati
(membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.”

3. Doa ketika susah tidur

sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tingkah laku setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk. Doa di sore hari Artinya: “Ya Allah.” 8. karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali. karena Engkau kami mengalami waktu petang dan pagi. Doa setelah makan . Doa sebelum makan Artinya: “Ya Allah berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka. bintang-bintang telah redup.Artinya: “Ya Allah. Doa di pagi hari Artinya: “Ya Allah karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami kembali. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur.” 4. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk. Doa ketika mimpi buruk Artinya: “Ya Allah.” 7. mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk.” 5.” 6. tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.

” 12. Doa keluar dari masjid .Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami. baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.” 10. Doa keluar rumah Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku berserah diri kepada Allah.” Kumpulan Doa Harian 11.dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami.” 13. serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam. Doa ketika bercermin Artinya: “Segala puji bagi Allah. Doa masuk kedalam rumah Artinya: “Ya Allah. kami berserah diri. Doa masuk masjid Artinya: “Ya Allah. sesungguhnya aku memohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk. bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu. tiada daya dan kekuatan kecuali Allah.” 9.

tiada sekutu bagi-Nya. tidak akan mati. Bagi-Nya kerajaan.” 15.” 16. Di tangan-Nya semua kebaikan. Doa masuk pasar Artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Allah. Doa setelah hujan .Artinya: “Ya Allah. aku berlindung dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Doa ketika masuk WC Artinya: ” Ya Allah. Dia-lah Yang Hidup. Doa keluar dari WC Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu. Doa ketika turun hujan Artinya: “Ya Allah semoga (hujan yang Engkau turunkan ini) lebat dan membawa manfaat.” 18. sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu. bagi-Nya segala pujian.” 17. Yang Maha Esa. Dan Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.” 14. segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan telah menyehatkanku.

yang halilintar itu bertasbih dengan memuji kepadaNya demikian juga para malaikat karena takut kepadaNya.” 30 Doa-Doa Harian Terlengkap Beserta Artinya 21. Doa ketika melihat petir Artinya: “Maha suci Allah yang telah melihatkan pada kita semua pada petir dengan perasaan takut dan berharap.Artinya: “Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya. 19. Doa saat ada angin kencang . Doa ketika mendengar suara petir atau halilintar Artinya: “Maha suci Allah.” 20.

” 22. dan kebaikan yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang ada padanya dan kejahatan yang dibawanya (angin). ampunilah segala dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orangtuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka merawatku ketika aku masih kecil.” 24. berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat dan jagalah kami dari siksa api neraka.” 25. Doa ketika hendak belajar . Doa agar diberi keselamatan dunia akhirat Artinya: “Ya Tuhan kami.” 26.Artinya: “Ya Allah! aku memohon kepada-Mu kebaikannya (angin) dan kebaikannya apa yang ada padanya. Doa ketika marah atua menghilangkan amarah Artinya: “Ya Allah. Doa untuk kedua orangtua Artinya: “Ya Allah. ampunilah dosa-dosaku.” 23. Doa ketika lupa Artinya: “Maha Suci Dzat yang tidak lupa dan tidak tidur. hilangkanlah kemarahan hatiku dan selamatkanlah aku dari kejahatan syetan.

Tuhan Musa dan Harun. faham ilmu dan hikmah dan pikiran dengan rahmat-Mu. Tuhan Ibrahim dan Tuhan Muhamad SAW.Artinya: “Ya Allah. dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung.” 29. Engkau akan menjadikan kesusahan menjadi kemudahan. Tuhan Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri. berilah aku rezeki. Doa saat mengalami kesulitan agar diberikan kemudahan Artinya: “Ya Allah. padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan kamilah yang melakukannya. Doa agar diberi kefahaman dalam belajar dan dimudahkan dalam menghafal Artinya: “Maka Kami telah memberikan pemahaman kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat). Dan apabila Engkau berkehendak.” 30. Ya Allah. tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku rizqi akan kepahaman. Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih lagi Penyayang.” 27. Doa tolak bala . tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). dan sekalian makhluk. semua bertasbih bersama Daud. Doa naik kendaraan Artinya: “Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami.” 28.

perbuatan-perbuatan keji dan munkar. hindarkanlah dari kami kekurangan pangan. wabah penyakit. Semoga 30 Doa-Doa Harian Terlengkap Beserta Artinya ini dapat bermanfaat dan membantu sahabat sekalian untuk memudahkan belajar dan kembali mengingat bacaan-bacaan doa yang sudah terlupakan. yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya. cobaan hidup.Artinya: “Ya Allah.” Nah itulah beberapa macam doa-doa yang sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik- paceklik dan segala ujian. .