KARYA SENI MUTAKHIR

TIGA DIMENSI

DIAJUKAN PADA PROGRAM MATRIKULASI
ISU-ISU MUTAKHIR SENI RUPA

Dosen Pembimbing:
Dr. Karta Jayadi, M.Sn.
Dr. Pangeran Paita Yunus, M.Sn.

Oleh :

Muhammad Bakri

PROGRAM MEGISTER PENDIDIKAN SENI RUPA
PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013

Ide Candi Borobudur dibuat untuk keperluan beribadah bagi penganut agama Budha. Sementara arsitek yang membantu membangun candi ini untuk cerita turun-temurun bernama Gunadharma. Borobudur awalnya dibangun sebagai tempat beribadah bagi penganut budha. Nama Karya Candi Borobudur 2. Ulasan Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur. Borobudur adalah nama sebuah candi . KARYA SENI MUTAKHIR TIGA DIMENSI CANDI BOROBUDUR 1. 4. bahkan oleh UNESCO pernah menjadikannya sebagai 7 keajaiban dunia. Pendiri Candi Borobudur. 3. yang kemudian hari menjadi warisan dunia yang sangat terkenal. Kemungkinan candi ini dibangun sekitar tahun 824 dan selesai sekitar tahun 900 Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani putri Samaratungga. peninggalan sejarah kebanggaan bangsa Indonesia yang juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Raja Samaratungga dari dinasti. Gagasan Borobudur dibangun oleh pengikut Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Dinasti Dinasti.

460 panil relief cerita yang tersusun dalam 11 deretan mengitari bangunan candi dan relief dekoratif berupa relief hias sejumlah 1. Pada dinding candi di setiap tingkatan kecuali pada teras-teras dipahatkan panel-panel relief yang akan selalu mengingatkan sejarah candi Borobudur yang dibuat dengan sangat teliti dan halus. serta menampilkan bentuk bangunan tradisional Nusantara. Magelang. aneka tumbuhan dan hewan. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Candi Borobudur mempunyai 1. Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.672 panel relief dan a terdapat 504 arca Buddha.212 panil. pada dindingnya dihiasi dengan 2. Relief Borobudur menampilkan banyak gambar. rakyat jelata. Jawa Tengah.Buddha yang terletak di Borobudur. Indonesia. Relief dan pola hias Borobudur bergaya naturalis dengan proporsi yang ideal dan selera estetik yang halus. atau pertapa. bahkan dianggap sebagai yang paling elegan dan anggun dalam kesenian dunia Buddha. Selain wujud buddha yang terukir di dinding. maksud ini diamanatkan melalui relief-relief ceritanya. seperti sosok manusia baik bangsawan. Borobudur tak ubahnya bagaikan kitab yang merekam berbagai aspek kehidupan masyarakat Jawa kuno. Candi Borobudur mengandung maksud yang amat mulia. Relief-relief ini sangat indah. di .

Ini terlihat dengan adanya relief dan arca yang terpahatkan pada dinding candi yang menceritakan tentang kehidupan dari kaum bawah sampai kasta yang paling tinggi dalam ajaran budha. teknologi. Sedangkan dari segi kekuatan letak candi dan blok-blok batu penyusun struktur candi adalah bukti dari penguasaan teknologi menyangkut daya tahan bangunan. Candi Borobudur memang adalah sebuah bangunan yang dibuat untuk keperluan beribadah. dan kekuatan bahan oleh masyarakat di zamannya. candi Borobudur adalah sebuah maha karya yang telah dibuat oleh manusia pada zamannya yaitu pada masa peradaban jawa kuno. Dari segi denah dan tingkat-tingkatnya merupak sebuah desain yang dapat dikatakan sebagai hasil eksplorasi dari konsep keagamaan masa lalu. Dengan kelebihan dari struktur relief dan arca yang telah menceritak tentang kisah hidup masyarakt di masanya dan Kehebatan struktur bangunan yang tersebut di ataslah yang membuat saya semakin yakin kalau candi Borobudur merupakan sebuah karya yang MUTAKHIR terlepas . namun demikian dari sisi seni. seni pahat.Borobudur terdapat banyak arca buddha duduk bersila dalam posisi yang menampilkan sikap tangan dengan simbol tertentu. Masyarakat penganut budha telah membuka mata kita semua. Blok-blok candi disusun dengan menggunakan system yang disebut Takikan dan Kuncian yang spesifik. Dari segi teknik pembangunannya. candi Borobudur mengekspresikan sebuah karya monumental dari penguasaan seni bangunan. Posisi candi yang berada di atas puncak bukit merupakan hasil penguasaan teknologi konstruksi yang hebat. bahwa pada masanya telah terjadi sebuah peradaban yang besar.

Apalagi ini adalah sebuah maha karya yang pertama dan terakhir. Kearsitekturan Candi Borobudur. Kementrian Pendidkan dan kebudayaan. 2012 . Balai Konservasi Borobudur. Jurnal BPK Borobudur. Balai Konservasi Borobudur. Daftar Pustaka 1. Kementrian Pendidkan dan kebudayaan. Jurnal BPK Borobudur. tidak ada karya seni yang dibuat dan menyerupainya sampai saat ini dan bahkan candi borobudur pernah diakui sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.dari fungsinya sebagai tempat ibadah bagi ummat budha. Sejarah Borobudur. 2011 2.