PENDAHULUAN

A. Pengertian UKS

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup
sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di
sekolah. UKS adalah bagian dari usaha kesehatan pokok yang menjadi beban tugas puskesmas
yang ditujukkan kepada sekolah-sekolah (Wahid&Nurul, 2009[U1] ).

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah salah satu usaha kesehatan pokok yang dilaksanakan
oleh puskesmas dan juga dilaksanakan oleh masyarakat yang dijalankan di sekolah-sekolah
dengan anak didik beserta lingkungan sekolahnya sebagai sasaran utamanya. Usaha kesehatan di
sekolah juga berfungsi sebagai lembaga penarangan agar anak tahu bagaimana cara menjaga
kebersihan diri, menggosok gigi yang benar, mengobati luka, merawat kuku dan juga
memperoleh pendidikan seks yang sehat (Prasasti, 2008).

Usaha kesehatan di sekolah juga merupakan wadah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat
dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. Usaha kesehatan di sekolah merupakan
perpaduan antara dua upaya dasar yaitu upaya pendidikan dan upaya kesehatan, yang pada
gilirannya nanti diharapkan UKS dapat dijadikan untuk meningkatkan kesehatan anak usia
sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan (P.Ananto, 2006).

B. Dasar Kebijakan

Dasar kebijakan pelaksanaan usaha kesehatan sekolah adalah undang-undang nomor 4 tahun
1970 tentang pembinaan anak sekolah

C. Pola Pembinaan

Pembinaan kesehatan anak, dibagi menjadi 2 (dua) yaitu :

1. Pembinaan bayi, balita dan anak pra sekolah (umur 0-6 tahun)
2. Pembinaan kesehatan anak usia sekolah ( umur 7-21 tahun) yang dibagi menjadi 3 kelompok
a. Pra Remaja (7-12 tahun)
b. Remaja (13-21 tahun)
c. Dewasa muda (19-21 tahun)

D. Alasan Perlunya Upaya Kesehatan Sekolah
1. Anak usia sekolah merupakan kelompok umur yang rawat terhadap masalah kesehatan.

Tujuan umum Meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya. 2. 5. Sekolah merupakan institusi masyarakat yang terorganisasi dengan baik. Anak sekolah merupakan kelompok terbesar dari kelompok usia anak-anak yang menerapkan wajib belajar 1. sikap dan ketrampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif didalam usaha peningkatan kesehatan disekolah perguruan agama. mental maupun sosial g) Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan NAPZA F. Ruang Lingkup Kegiatan Kegiatan utama Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) disebut dengan TRIAS UKS. d) Memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswa yang mencakup e) Memiliki pengetahuan. sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat. f) Sehat fisik.2. Tujuan khusus a) Meningkatkan derajat kesehatan peserta didik yang mencakup: b) Menurunkan angka kesakitan anak sekolah. dirumah tangga maupun dilingkungan masyarakat. Usia sekolah sangat peka untuk menanamkan pengertian dan kebiasaan hidup sehat.mental maupun sosial serta memberikan pengetahuan. Keadaan kesehatan anak sekolah akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar yang dicapai. Pelayanan Kesehatan 3. Pendidikan Kesehatan 2. 3. Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Yang Sehat . c) Meningkatkan kesehatan peserta didik baik fisik. yang terdiri dari : 1. 4.

kemungkinan kontak dengan berbagai penyebab penyakit lebih besar karena ketidaktahuan dan ketidakmengertian tentang kesehatan  Kelas III : Dilaksanakan dikelas 3 untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan UKS dikelas I dahulu dan langkah-langkah selanjutnya yang akan dilakukan dalam program pembinaan UKS  Kelas VI : Dalam rangka mempersiapkan kesekolah peserta didik kejenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan Khusus (SLB) Untuk sekolah dasar usaha kesehatan sekolah diprioritaskan pada kelas I. Sasaran UK Sasaran pelayanan UKS adalah seluruh peserta didik dari tingkat pendidikan 1. Pendidikan Menengah 4. Pendidikan Dasar 3. Pendidikan kesehatan merupakan upaya pendidikan kesehatan yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum sekolah G. . Sekolah Taman Kanak-Kanak 2. Pendidikan Kejuruan 6.Dengan demikian Trias UKS merupakan perpaduan antara upaya pendidikan dengan upaya pelayanan kesehatan. Pendidikan Agama 5. sehingga memerlukan pemeliharaan dan pemeriksaan kesehatan yang cukup. III dan kelas VI alasannya adalah :  Kelas I : Merupakan fase penyesuaian dalam lingkungan sekolah yang baru lepas dari pengawasan orang tua.

Pembina UKS (Teknis dan Non Teknis) 3.Sasaran Pembinaan 1. Peserta didik 2. Sarana dan prasarana pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan 4. Lingkungan sekolah .