NAMA : FRIDOLIN KURNIA MAHKOTA

NIM : B15 10013
MATA KULIA : BIOSTATISTIK

BIOSTATISTIK ( Pengertian Statistika )
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan,
menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika
adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa
Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu
yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil
penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat
digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika
deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas.
Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel,
dan probabilitas.

Pengertian Biostatistika

1. Marguerrite F. Hall
Biostatistik adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data,
menganalisa data dan menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data yang
berbentuk angka.
2. Anderson & Bancrofi
BIOSTATISTIK adalah ilmu dan seni mengembangkan dan menerapkan
metoda yang paling efektif untuk mengumpulkan, mentabulasi,
menginterpretasi kan data kuantitatif sedemikian rupa sehingga kemungkinan
salah dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan
menggunakan penalaran induktif berdeasarkan matematika probabilitas.
3. Sujana
Biostatistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara
pengumpuam fakta, pengolahan serta penganalisanya, penarikan
kesimpulan, penyajian dan publikasi dari data-data yang berbentuk angka
4. Sudrajat
BIOSTATISTIK adalah Ilmu pengetahuan mengenai cara dan aturan dalam
hal pengumpulan data, pengolahan, analisa, penarikan keseimpulan,
penyajian dan publikasi dari kata-kata yang berbentu angka.
5. Pengertian Statistik Menurut Modenhall

penyelidikan dan penarikan kesimpulan. Pengertian Statistik Menurut Freund & Walpole Menjelaskan statistik adalah salah satu sains dalam pengambilan suatu keputusan yang belum pasti. 12. Pengertian Statistik Menurut Kendal & Stuart Statistik adalah cabang dari metode ilmiah yang berkaitan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan mengukur sifat-sifat dari populasi yang ditemukan. . Pengertian Statistik Menurut Mood. Pengertian Statistik Menurut Marguerrite F. Hall Statistik adalah suatu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Pengertian Statistik Menurut Anderson & Bancroft Mereka mengungkapkan statistik adalah ilmu & seni perkembangan juga metode yang paling tepat dan efektif dalam pengumpulan. Pengertian Statistik Menurut Sudjana Menyimpulkan statistik adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan teknik-teknik atau cara-cara pengumpulan data. menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka. Statistik adalah salah satu bidang sains yang berhubungan dengan ekstrasi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk membuat keputusan dari suatu populasi darimana data itu didapatkan. 11. mentabulasikan dan menginterprestasikan data-data kuantitatif. pengolahan. 9. 7. menganalisa. 8. Ilustrasi Statistik 10. 6. 13. Pengertian Statistik Menurut Asher Menurutnya statistik itu berkaitan dengan suatu langkah atau metode dalam menarik sebuah kesimpulan dari hasil uji coba. Graybill & Boes Mereka mengemukakan bahwa statistik adalah suatu teknologi dari salah satu metode ilmiah dan berkaitan dengan percobaan. Pengertian Statistik Menurut Stoel Torrie Mengungkapkan statistik adalah cara atau metode yang memberikan langkah-langkah guna untuk menilai ketidakpastian dari sebuah kesimpulan yang sifatnya induktif. penganalisaan.

pengolahan data. 16. statistik dalam arti sempit a adalah data dan alat. 15. Agus Irianto Menjelaskan statistik adalah sekumpulan cara yang berhubungan dengan pengumpulan data. penganalisaan. penyajian data dan publikasi dari data-data dalam bentuk angka. Sutrisno Hadi. 19. Iqbal Hasan. M. . Pengertian Statistik Menurut Prof. Pengertian Statistik Menurut Ir. DRS. statistik adalah suatu alat dalam menganalisis dan mengambil sebuah keputusan. Ilustrasi statistic 18. Pengertian Statistik Menurut Prof. Supranto. Secara luas. Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif). Pengertian Statistik Menurut Sugiyono Menurutnya. DR. penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu. Memberikan 2 arti statistik iyalah : Dalam arti sempit. penarikan kesimpulan. 14. 17. MM Mengemukakan statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data yakni tentang tatacara pengumpulan data. Pengertian Statistik Menurut Suntoyo Yitnosumarto Mengemukakan statistik adalah sebuah informasi yang menggunakan metodologi & cara-cara perhitungan dalam menyelesaikan permasalahan- permasalahan praktis yang muncul. analisis data. penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka. Pengertian Statistik Menurut J. MA Mengemukakan statistik adalah salah satu cara untuk mengolah data & menarik sebuah kesimpulan serta keputusan yang logis dari sebiah pengolahan data.

serta analisa data . Menurut WHO. mampu memenuhi kebutuhan dan merubah atau mengendalikan lingkungan (Piagam Ottawwa. merumuskan definisi sebagai berikut : Promosi kesehatan adalah segala bentuk kombinasi pendidikan kesehatan dan intervensi yang terkait dengan ekonomi. Untuk mencapai keadaan sehat. 1986). politik dan organisasi. 3. dan pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil dari penelitian yang menyeluruh 20. Promosi kesehatan adalah proses atau upaya pemberdayaan masyarakat untuk dapat memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Statistik adalah ilmu yang mempejari cara pengumpulan . Soekidjo Notoatmojo (2005) Pertama : promosi kesehatan dalam konsep Level and Clark (4 tingkat pencegahan penyakit) berarti peningkatan kesehatan. Statistik iyalah kumpulan angka-angka yang berhubungan dengan atau melukiskan suatu persoalan. Kedua : upaya memasarkan. Pengertian Statistik Menurut Drs. NAMA : FRIDOLIN KURNIA MAHKOTA NIM : B15 10013 MATA KULIA : PROMOSI KESEHATAN Pengertian Promosi Kesehatan Menurut Para Ahli 1. penyajian . mengelola kemudian menyajikannya dan bisa juga menginterpretasi data yang berwujud angka. Dalam arti luas. seseorang atau kelompok harus mampu mengidentifikasi dan menyadari aspirasi. Lawrence Green (1984). yang dirancang untuk memudahkan perubahan perilaku dan lingkungan yang kondusif bagi kesehatan. Pengertian Statistik Menurut Croxton dan Cowden Dari 2 ilmuwan ini mengungkapkan bahwa statistik adalah cara atau metode untuk mengumpulkan data. Djawanto. 2. menyebarluaskan. 21. memperkenalkan pesan- .

and their environment”. pesan kesehatan. 7. maka masyarakat harus mampu mengenal serta mewujudkan aspirasinya.1998 Promosi kesehatan adalah kombinasi berbagai dukungan menyangkut pendidikan. Promosi kesehatan adalah ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. Ini bukan sekedar pengubahan gaya hidup saja. dan mampu mengubah atau mengatasi lingkungannya (lingkungan fisik. politik dan organisasi. maupun dalam organisasi dan lingkungannya. 5. Promosi Kesehatan adalah proses untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Artinya bahwa promosi kesehatan adalah program-program kesehatan yang dirancang untuk membawa perubahan (perbaikan). atau upaya-upaya kesehatan sehingga masyarakat menerima pesan-pesan tersebut. 10. 6. maupun dalam organisasi dan lingkungannya. namun berkairan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat. sosial budaya dan sebagainya).1998 . 4. communities. organisasi. Green (1984) promosi kesehatan adalah segala bentuk kombinasi pendidikan kesehatan dan intervensi yang terkait dengan ekonomi. 9. baik di dalam masyarakat sendiri. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik. 8. Green dan Ottoson. Australian Health Foundation merumuskan batasan lain pada promosi kesehatan sebagai berikut : “Health promotion is programs are design to bring about “change”within people. Menurut Australian Health Foundansion Promosi kesehatan adalah program-program kesehatan yang dirancang untuk membawa perubahan (perbaikan). dan sosial. mental. kebijakan dan peraturan perundangan untuk perubahan lingkungan dan perilaku yang menguntungkan kesehatan. baik fisik. emosi. spiritual. Selain itu untuk mencapai derajat kesehatan yang sempurna. organization. dan intelektual. baik di dalam masyarakat sendiri. yang dirancang untuk memudahkan perubahan perilaku dan lingkungan yang kondusif bagi kesehatan. Green dan Ottoson. kebutuhannya. sosial.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah kasus korupsi yang terbilang cukup banyak. Tidakkah kita melihat akhir-akhir ini banyak sekali pemberitaan dari koran maupun media elektronik yang banyak sekali memberitakan beberapa kasus korupsi di beberapa daerah di Indonesia yang . Tentunya kamu tahu bahwa tindakan korupsi merupakan salah satu tindak pidana yang sangat menyengsarakan rakyat karena menyalahgunakan dana milik negara (rakyat). antikorupsi merupakan sikap menentang terhadap adanya korupsi. Anti korupsi secara mudahnya dapat diartikan tindakan yang tidak menyetujui terhadap berbagai upaya yang dilakukan oleh setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi. 3. Tindakan seperti ini sangat merugikan sistem perekonomian dan pembangunan nasional. Promosi kesehatan adalah kombinasi berbagai dukungan menyangkut pendidikan. 2. Dengan kata lain. Pengertian Korupsi Menurut Undang-Undang dan Para Ahli . Pengertian Antikorupsi adalah sikap dan perilaku untuk tidak mendukung adanya upaya untuk merugikan keuangan negara dan perekonomian negara. NAMA : FRIDOLIN KURNIA MAHKOTA NIM : B15 10013 MATA KULIA : PENDIDIKAN ANTI KORUPSI Pengertian Anti Korupsi 1. menyalahgunakan kewenangan. kebijakan dan peraturan perundangan untuk perubahan lingkungan dan perilaku yang menguntungkan kesehatan.Korupsi adalah suatu tindakan yang sangat tidak terpuji dan dapat merugikan suatu bangsa. kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. organisasi.

9. Menurut Robert Klitgaard. Semoga bermanfaat 4. keluarga dekat. sehingga meninmbulkan kerugian bagi masyarakat umum. Pengertian Korupsi Menurut Haryatmoko Korupsi adalah upaya campur tangan menggunakan kemampuan yang didapat dari posisinya untuk menyalahgunakan informasi. 7. atau pribadi lainnya. ekonomi atau politik. imbalan materi atau nonmateri). Pengertian Korupsi Menurut Ahli Ekonomi Para ahli ekonomi menggunakan definisi yang lebih konkret. atau melanggar aturan pelaksanaan yang menyangkut tingkah laku pribadi. oknumnya kebanyakan berasal dari pegawai negeri yang seharusnya mengabdi untuk kemajuan bangsa ini. baik yang disebabkan oleh diri sendiri maupun orang lain. yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan pribadi. Dalam tulisan yang singkat ini saya akan mencoba mengulas saecara singkat tentang pengertian korupsi yang berdasarkan pada undang-undang dan para ahli. dan setidaknya merupakan penyalahgunaan jabatan atau wewenang yang dimiliki salah satu pihak yang terlibat dalam bidang umum dan swasta. 6. Korupsi didefinisikan sebagai pertukaran yang menguntungkan (antara prestasi dan kontraprestasi. yang terjadi secara diam- diam dan sukarela. Pengertian Korupsi Menurut Ilmu Politik Dalam ilmu politik. Pengertian Korupsi adalah suatu tingkah laku yang meyimpang dari tugas-tugas resmi jabatannya dalam negara. Pengertian Korupsi Menurut Undang-Undang Menurut Undang-Undang No. korupsi adalah dengan sengaja melakukan kesalahan atau melalaikan tugas yang diketahui sebagai kewajiban. uang atau kekayaan demi kepentingan keuntungan dirinya. Pengertian korupsi yang . Pengertian Korupsi Menurut Brooks Menurut Brooks. korupsi didefinisikan sebagai penyalahgunaan jabatan dan administrasi. yang termasuk dalam tindak pidana korupsi adalah: Setiap orang yang dikategorikan melawan hukum. 8. yang melanggar norma-norma yang berlaku. perusahaan.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. 5. kelompok sendiri). pengaruh. keputusan. menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi. melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri. atau tanpa keuntungan yang sedikit banyak bersifat pribadi. dimana untuk memperoleh keuntungan status atau uang yang menyangkut diri pribadi (perorangan. menyalahgunakan kewenangan maupun kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Pengertian Korupsi menurut Fockema Andreae. . Akibat yang ditimbulkan dari korupsi ini ialah berkurangnya dukungan pada pemerintah dari kelompok elite di tingkat provinsi dan kabupaten.31 Tahun 1999. yang dilakukan dengan kerahasian. Pengertian korupsi yaitu setiap orang yang dengan sengaja secara melawan hukum untuk melakukan perbuatan dengan tujuan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang mengakibatkan kerugian keuangan negara atau perekonomian negara. 12. tugas dan kesejahteraan umum. kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah. Belanda yaitu corruptie. kebejatan. yaitu suatu kata dalam bahasa latin yang lebih tua. dapat disuap. Dari bahasa Belanda inilah yang kemudian turun ke bahasa Indonesia. Pengertian korupsi yang diungkapkan Mubyarto yaitu menyoroti korupsi dari segi politik dan ekonomi. 14. Prancis yaitu corruption. penyimpangan dari kesucian. korupsi adalah suatu masalah dalam pemerintahan karena kebiasaan melakukan penyuapan dan ketidakjujuran membuka jalan membongkar korupsi dan tindakan-tindakan penghukuman terhadap pelanggar. sehingga menjadi korupsi. Pengertian Korupsi menurut The Lexicon Webster Dictionary. Pengertian Korupsi adalah suatu masalah politik lebih dari pada ekonomi yang menyentuh keabsahan (legitimasi) pemerintah di mata generasi muda. Menurut Mubyarto. menurut beliau korupsi ialah subordinasi kepentingan umum di bawah kepentingan pribadi yang mencakup pelanggaran norma. diungkapkan oleh Robert yaitu korupsi dilihat dari perspektif administrasi negara. Namun kata “corruptio” itu berasal pula dari kata asal “corrumpere“. penghianatan. tidak bermoral. Korupsi adalah kebusukan. 13. 15. Tindakan pemberantasan korupsi biasanya dijadikan pembenar utama terhadap KUP Militer. kata “korupsi” berasal dari bahasa latin yaitu “corruptio atau corruptus“. keburukan. ketidakjujuran. Dalam UU No. Syeh Hussein Alatas mengemukan Pengertian korupsi. 11. 10. Dari bahasa latin ini kemudian turun ke banyak bahasa Eropa seperti Inggris yaitu corruption. penipuan dan kemasabodohan akan akibat yang diderita oleh rakyat. Pengertian Korupsi menurut Gunnar Myrdal. kaum elite terdidik dan para pegawai pada umumnya.

16. pengkhianatan. namun dapat ditarik benang merah yang menghubungkan ketiga tipe korupsi itu yaitu menempatkan kepentingan publik di bawah kepentingan pribadi dengan pelanggaran norma-norma tugas dan kesejahteraan. . 17. yang berlawanan dengan kewajibannya dan juga hak- hak dari pihak lain. Dari Ketiga tipe tersebut berbeda. pemerasan (exortion) dan nepotisme. Alatas mengatakan ada tiga tipe fenomena yang tercakup dalam istilah korupsi yaitu penyuapan (bribery). penipuan dan juga pengabaian atas kepentingan publik. Black’s Law Dictionary juga mengungkapkan mengenai Pengertian Korupsi. yang secara salah dalam menggunakan jabatannya atau karakternya di dalam memperoleh suatu keuntungan untuk dirinya sendiri atau orang lain. Korupsi merupakan suatu perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk memberikan keuntungan yang tidak resmi dengan mempergunakan hak-hak dari pihak lain. yang dilakukan dengan keserbarahasiaan.