You are on page 1of 9

PROSEDUR MUTU No. PM 7.5.

29/L1
Revisi 2
FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010
Halaman 1/2

UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2015/2016
POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI TEKNIK LISTRIK

Mata Kuliah : Mesin DC Waktu : 90 menit
Kode Mata Kuliah : ................. Sifat : Buka laptop
Kelas : TL 2E Pengampu : Djodi Antono, BTech.,Meng
Hari/Tanggal : Januari 2016

Soal I
1. Motor DC shunt mempunyai kekuatan menahan beban In sampai a. 1.5 kali b. 4.5 kali c. 8 kali d.
2.5 kali
2. Untuk mengatasi effek jangkar pada rotor dipasangkan belitan tambahan pada a. stator b. rotor c.
komutator d. eksitasi
3. Pengaturan kecepatan Motor DC seri menggunakan variable resistor adalah mengatur kecepatan a.
kecepatan dari nol ke maksimum b. dari maksimum keatas (sesuai VR) c. dari maksimum ke
takterhingga d. dari setengah ke maksimum
4. Motor DC kompon panjang yang penguat medan seri dan paralelnya saling berlawanan disebut a.
komulatif b. komutatif c. different d. differensial
5. Motor DC kompon pendek yang penguat medan seri dan paralelnya searah disebut a. komulatif b.
komutatif c. different d. differensial
.
Soal II
1. Terangkan cara-cara mengatur kecepatan motor DC shunt?
2. Apa yang disebut reaksi jangkar motor DC?, Bagaimana cara mengatasinya?
3. Mengapa motor DC seri harus selau diberi beban?
4. Gambar rangkaian ekuivalen motor DC?
5. Jelaskan pengertian mesin DC dan berikan alasannya secara singkat.
6. Apa fungsi komutator pada motor DC? Terangkan juga cara kerja sikat arang berikut komutator pada
mesin DC
Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord. Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi

……………………………… ……………………………

Suatu Motor DC kompond panjang 65 KW.04 Ohm dan 0.036 ohm.29/L1 Revisi 2 FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010 Halaman 1/2 Soal III 1. seri. Suatu motor DC kompond panjang 50 KW. mempunyai tahanan medan shunt : 70 Ohm. tegangan terminal 220 Volt tahanan kumparan shunt.41 Ohm. tah. 0. seri dan jangkar masing -masing adalah 85 Ohm.terminal 750 V.5. tahanan Medan seri : 0.sikat : 0. Hitung tegangan induksi yang dibangkitkan pada jangkar? 2.8 Ohm. teg. EMF yang dibangkitkan c. tegangan terminal 220 V.masing adalah 95 Ohm.5 Ohm hitung daya yang dibangkitkan pada jangkar? 3. Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi ……………………………… …………………………… . PROSEDUR MUTU No. dan 0. daya yang dibangkitkan Selamat bekerja Jawaban Soal 1 Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord.07 Ohm.012 ohm. PM 7. arus jangkar b.jangkar termasuk tah. dan resistansi yang diparalel dengan medan seri sebesar 0. 0. Suatu motor Dc kompon panjang dengan daya input 250 kW.dan jangkar masing . Hitung a. tahanan kumparan shunt.

kita dapat menaikkan kecepatan motor diatas kecepatan normalnya. maka kemungkinan terjadi ketidakstabilan pada motor dan juga komutasi yang buruk. Metode Pengaturan Tahanan Jangkar Metode ini berdasarkan bahwa dengan mengubah tegangan dapat mempengaruhi besar kecilnya kecepatan motor. A 3.29/L1 Revisi 2 FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010 Halaman 1/2 1. metode ini mengijinkan untuk menaikkan kecepatan dalam rasio 1 : 3. D 5. Hal ini dilakukan dengan memasukkan tahanan variabel Rc (tahanan geser) secara seri dengan tahanan jangkar seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.5. Di dalam metode ini. Metode Pengaturan Flux Metode ini didasarkan atas kenyataan bahwa dengan mengubah flux Φ. Cara mengatur kecepatan motor DC Shunt a. A Soal 2 1. PM 7. Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi ……………………………… …………………………… . PROSEDUR MUTU No. D 2. b. Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord. A 4. Pada umumnya. Rheostat medan shunt menghasilkan arus medan shunt Ish dan juga flux Φ. Apabila kita menaikkan kecepatan hingga diatas rasio tersebut. Oleh karena itu. sehingga metode ini disebut metode pengaturan flux. kecepatan motor (n ~ 1/ Φ) dapat diubah. tahanan variabel (rheostat) dihubungkan secara seri dengan belitan medan shunt seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Interaksi kedua magnet berasal dari stator dengan magnet yang dihasilkan jangkar mengakibarkan jangkar mendapatkan gaya torsi putar berlawanan arah jarus jam. Kutub magnet menghasilkan garis medan magnet dari utara-selatan melewati jangkar. Metode ini menghindari kerugian-kerugian dari pengaturan kecepatan yang buruk dan efesiensi yang tidak baik. metode pengaturan kecepatan ini diperbolehkan untuk kapasitas motor yang besar dimana efesiensi motor sangat perlu diperhatikan. Ketika n ~ Ea. Oleh karena itu. Pengaturan tegangan dalam metode ini.5. Kecepatan maksimum dapat diperoleh ketika Rc = 0. sumber tegangan supply arus medannya berbeda dengan sumber tegangan supply jangkarnya. Metode Pengaturan Tegangan Dalam metode ini. metode ini hanya untuk kecepatan di bawah kecepatan normalnya c. maka GGL balik Ea menjadi berkurang. seperti pada pengaturan tahanan jangkar. PROSEDUR MUTU No. PM 7. Oleh karena itu. kecepatan motorpun akan berkurang. Karena medan utama dan medan jangkar terjadi bersama sama hal ini akan menyebabkan perubahan arah medan utama dan akan mempengaruhi berpindahnya garis netral yang mengakibatkan kecenderungan timbul bunga api Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord. Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi ……………………………… …………………………… . Bagaimanapun. medan shunt motor dihubungkan langsung secara permanen ke sumber tegangan tertentu.29/L1 Revisi 2 FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010 Halaman 1/2 Dimana : n ~ Vt – Ia(Ra + Rc) Rc adalah tahanan geser (Ohm) Dikarenakan terjadinya penurunan tegangan pada tahanan geser. 2. Yang disebut reaksi jangkar motor DC dan bagaimana cara mengatasinya Terjadinya gaya torsi pada jangkar disebabkan oleh hasil interaksi dua garis medan magnet. metode ini sangat mahal. sedangkan jangkar dihubungkan langsung pada beberapa tegangan yang berbeda melalui sebuah switchgear.

Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi - ……………………………… …………………………… V Eb Ia . Arah arusnya berlawanan dengan arah arus kawat jangkar yang berada dibawahnya . 3. hal ini disebabkan medan lintang tergantung pada arus jangkarnya. PROSEDUR MUTU No. karena saat + tidak berbeban dan arus eksitasinya kecil yang terjadi putaran motor akan sangat tinggi sehingga motor akan”terbang”. Lilitan ini sepertijuga halnya dengan lilitan kutub bantu dihubungkan seri dengan lilitan jangkar.29/L1 Revisi 2 FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010 Halaman 1/2 pada saat komutasi. Lilitan penguat kutub ini dihubungkan seri dengan lilitan jangkar. Untuk mengatasi reaksi jangkar pada mesin – mesin yang besar dilengkapi dengan lilitan kompensasi. + 4. Mengapa motor DC seri harus selau diberi beban? Motor DC daya sendiri atau motor seri harus selalu dalam kondisi diberikan beban. Lilitan kompensasi itu dipasang pada alur – alur yang dibuat pada sepatu kutub dari kutub utama. dan sangat berbahaya. PM 7. Gambar rangkaian ekuivalen motor DC V V - Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord. Untuk itu biasanya pada motor DC dilengkapi dengan kutub bantu yang terlihat seperti gambar dibawah ini. Gambar kutub bantu (interpole) pada motor DC Kutub bantu ini terletak tepat pada pertengahan antara kutub utara dan kutub selatan dan berada pada garis tengah teoritis.5.

PROSEDUR MUTU No. Dalam sepeda. kita bisa melihat dinamo sepeda yang menghasilkan energi listrik pada lampu dengan mengambil energi mekanik dari putaran pedal yang dihasilkan. Prinsip kerja generator ini adalah melalui tegangan induksi yang dihasilkan dengan cincin seret atau komutator yang menghasilkan tegangan induksi bolak-balik dan tegangan DC yang dinamis. Dimana tiap-tiap Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord. PM 7. Komutator terdiri dari sejumlah segmen tembaga yang berbentuk lempengan-lempengan yang dirakit ke dalam silinder yang terpasang pada poros. Generator dibuat dengan magnet permanen dengan pertahanan lebih terhadap beban sehingga bisa menghasilkan listrik tanpa kesulitan. Apabila rotor berada pada pengaruh magnet. maka medan magnet (daerah netral) yang berpotongan akan menimbulkan tegangan induksi yang nantinya akan menghasilkan listrik. 6. Jelaskan pengertian mesin DC dan berikan alasannya secara singkat Generator atau mesin DC adalah perangkat mesin yang dinamis (bergerak) untuk mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi ……………………………… …………………………… . Apa fungsi komutator pada motor DC? Terangkan juga cara kerja sikat arang berikut komutator pada mesin DC Komutator atau cincin belah (splitring) berfungsi untuk membalik arah arus pada setengah siklus negatif dari arus bolak-balik.5.29/L1 Revisi 2 FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010 Halaman 1/2 5. Dinamo ini juga disebut generator DC.

Ketika motor bergerak pada posisi gambar kanan. Arah gaya pada masing-masing sisi koil terbalik. Tenaga/gerakan ini akan tetap selama sisi coil berada pada pole N. Sikat-sikat terbuat dari bahan karbon dengan tingkat kekerasan yang bermacam-macam dan dalam beberapa hal dibuat dari campuran karbon dan logam tembaga. Kebalikannya sisi b mempunyai arus negatif tetapi juga terletak pada kerapatan fluk langsung dari kanan kekiri. Pada sketsa gambar sebelah kiri. dengan kata lain arah torsi akan berbalik. Dimana permukaan sikat ditekan ke permukaan segmen komutator untuk menyalurkan arus listrik. Bahan isolasi yang digunakan pada komutator adalah mika. Pada periode yang singkat ketika coildiluar pengaruh fluk dan komutasi tak terhubung. Soal 3 1. Sehingga akan menghasilkan gerakan ke atas. PM 7. torsinya nol.29/L1 Revisi 2 FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010 Halaman 1/2 lempengan atau segmen-segmen komutator terisolasi dengan baik antara satu sama lainnya.5. arus kedua sisi akan berbalik. sebab sisi b sekarang menyuplai arus positif melalui unshadedcommutatorsegment.45 A Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord.000 / 220 = 295. sisi coil a terletak pada pole N dan membawa arus positif sebab hal ini terhubung ke segment shaded commutator yang bergantian disupplai dari sikat atas. Sikat memegang peranan penting untuk terjadinya komutasi. Sikat adalah jembatan bagi aliran arus ke lilitan jangkar. Sisi a memancarkan kerapatan fluks langsung dari kiri (N) ke kanan (S) dan akan menghasilkan gerakan kebawah. Dengan demikian torsi pada rotor berlawanan jarum jam arahnya. PROSEDUR MUTU No. Tegangan induksi yang dibangkitkan pada jangkar • P= V x I • I = P/V = 65. Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi ……………………………… …………………………… .

PM 7.17 W 3.67 x 224.27 A • Ish = V/ Rsh = 220 / 85 = 2.2. PROSEDUR MUTU No.68 A • Ea = Vt – (Ia x Ra) – (Is x Rs) = V – Ia (Ra + Rs) = 220 .68 ( 0.33 = 98.45 A . daya yang dibangkitkan I= = 250000/750 = 333.29/L1 Revisi 2 FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010 Halaman 1/2 • Ish = V/ Rsh = 220 / 95 = 2.67 Volt •P = Ea x Ia = 98. Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi ……………………………… …………………………… .5.293.2.33 A Ish = =750/70 = 10. Daya yang dibangkitkan pada jangkar Diketahui : Motor DC kompond panjang dengan P = 50 KW V = 220V Rsh = 85 Ohm Rs =0.68 =22169.224.59 A • Ia = Is = I – Ish = 227.32 A = 293.04 Ohm Ra = 0.0231 V 2.59 A = 224.5 Ohm Ditanya = Ea ? Jawab : •P =VxI •I = P/V = 50.04) = 220 – 121.13 A • Ea = Vt – (Ia x Ra) – (Is x Rs) = V – Ia (Ra + Rs) = 220 .07) = 220 – 255.000 / 220 = 227.023 = -35.5 + 0.8 + 0.7 A Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord. a. EMF yang dibangkitkan c.27 A .32 A • Ia = Is = I – Ish = 295.13 ( 0. arus jangkar b.

PROSEDUR MUTU No.5.41+0. Tim Teaching/KBK Ketua Program Studi ……………………………… …………………………… .4 x 322.29/L1 Revisi 2 FORM SOAL UJIAN Tanggal 1 Juli 2010 Halaman 1/2 a. PM 7.0009) = 617.24 W Soal ini telah dikalibrasi/divalidasi oleh : Koord.6 (0. P = Eb x Ia = 617.6 = 199173.7 = 322.33 – 10. Eb = Vt – Ia (Ra+Rs) = 750 – 322.6 A b.4 Volt c. Ia = I – Ish = 333.