You are on page 1of 4

Waspada!

Bahaya rokok menyebabkan kanker

Ketika berbicara mengenai rokok dan kanker, sebagian banyak orang pasti akan menyangkutkan
bahwa dampak negatif dari merokok adalah kanker paru-paru. Hal ini karena, paru-paru adalah
organ yang terkait dengan pernafasan dan sangat jelas sekali bahwa merokok pasti akan dapat
menyebabkan kanker paru-paru. Tapi, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa sesungguhnya
merokok tidak hanya dapat menyebabkan kanker paru-paru melainkan jauh lebih banyak
penyakit kanker lainnya. Karsinogen yang terkandung didalam asap rokok menembus jauh
kedalam tubuh dan mempengaruhi banyak organ lainnya.

Dalam menemukan bahaya rokok menyebabkan kanker yang sesungguhnya, para peneliti
melakukan penelitian dengan mencari tahu seberapa banyak penyakit kanker yang dapat
ditimbulkan oleh rokok.

Bagaimana rokok dapat menyebabkan kanker?

Asap rokok mengandung berbagai bahan kimia yang terkandung didalam daun tembakau, bahan
kimia ini dibungkus dengan kertas dan plastik yang dapat kita temukan setiap harinya. Pada
awalnya bahan kimia yang terkandung didalam rokok tidak lah berbahaya, namun ketika rokok
dibakar, bahan kimia yang terkandung didalam rokok berubah secara penuh, menjadi bahan yang
sangat berbahaya. Setiap hisapan satu batang rokok mengandung lebih dari 40 bahan kimia yang
dapat menyebabkan kanker dan 400 bahan lainnya yang diketahui sebagai racun bagi tubuh.

Bahan kimia ini masuk kedalam paru-paru dan menembus sel, menempel dan merusak DNA
paru-paru. Dengan berjalannya waktu, kerusakan DNA yang berulang ini dapat menyebabkan
kanker. Tapi, bahan kimia dari rokok ini tidak akan hanya berhenti di paru-paru. Mereka akan
pindah ke jutaan pembuluh darah kecil yang biasanya digunakan untuk mengambil oksigen dan
berpindah melalui pembuluh darah ini. Ini artinya, bahan kimia dari rokok dapat mencapai
hampir setiap organ dalam tubuh dan menimbulkan kerusakan pada setiap DNA sel didalam
organ tubuh.

Meskipun tidak semua orang yang merokok mendapatkan kanker sebagai akibatnya. tapi orang yang merokok banyak meninggal karena penyakit lainnya seperti penyakit jantung. Kanker-kanker itu ialah : . Tim peneliti menggunakan analisa statistik untuk mencari tahu kematian akibat kanker dan memilah yang kemungkinan disebabkan oleh merokok atau tidak. Kanker paru-paru . Kanker mulut . Kanker darah (leukemia myeloid) . Kanker tenggorokan . Kanker pancreas . stroke. Kanker kolorektal . Kanker hati . Hal ini berarti bahwa bukan hanya penyakit kanker saja yang bisa menjadi akibat dari kebiasaan merokok. peneliti menemukan 12 kanker berikut yang berhubungan dengan merokok atau orang yang terkena asap rokok.Mengapa tidak semua orang yang merokok terkena kanker? Beberapa perokok mengatakan bahwa tidak semua orang yang merokok akan terkena kanker dan berharap bahwa mereka akan menjadi salah satu orang yang beruntung itu. Kanker kandung kemih . Kanker jenis apa yang disebabkan oleh merokok? Tim peneliti mengumpulkan data penduduk tentang merokok dan kematian dari kanker yang berbeda dari seluruh negeri. tetapi yang pasti setiap orang yang merokok akan kehilangan beberapa tahun umur didalam hidup sebagai hasilnya. Kanker perut . Meskipun hal ini benar bahwa tidak semua orang yang merokok dapat meninggal karena kanker. Dan hasilnya. dan kondisi kesehatan lain yang disebabkan oleh merokok. Merokok meningkatkan resiko anda mengalami sejumlah penyakit lain yang membuat anda semakin sulit untuk menikmati hidup dan hidup tanpa kebutuhan untuk kunjungan rutin kerumah sakit atau ke dokter. Kanker ginjal . Kanker kerongkongan .

kanker kolorektal menewaskan lebih dari 26. maka anda dapat berbicara dengan mereka untuk berhenti merokok. Kanker serviks Berapa banyak orang yang meninggal karena kanker akibat dari merokok? Para peneliti juga menghitung semua kematian yang disebabkan oleh kanker yang disebabkan oleh merokok. bukan berarti bahwa anda tidak dapat menghindari hal ini. Penyakit kanker yang paling banyak adalah kanker paru-paru yang dialami hampir 87. Banyak dari akibat buruk merokok ini sebagian atau sepenuhnya tidak akan terjadi pada anda apabila anda berhenti merokok. resiko stroke dan resiko penyakit paru-paru semua akan hilang dan beberapa tahun kehidupan anda akan bertambah ketika anda berhenti merokok.000 orang meninggal pada tahun 2011 disebabkan oleh merokok. . resiko kanker. Ketika para peneliti membandingkan angka jumlah kematian akibat ke 12 kanker diatas. Resiko kanker akibat merokok ini sepenuhnya dapat dihindari dengan berhenti. resiko penyakit jantung. daripada apa kerugian apa yang mereka dapatkan ketika merokok.000 orang. merokok merupakan penyebab setengah lebih dari penyakit kanker diatas.000 orang. Langkah pertama yang dapat anda lakukan apabila anda ingin berhenti untuk merokok ialah anda dapat berbicara dengan dokter anda tentang bagaimana cara mengurangi berapa banyak rokok yang anda hisap sampai akhirnya anda berhenti. Seiring waktu.000 orang dan kanker pankrean lebih dari 14. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa lebih dari 100. Fokus pada apa keuntungan yang akan mereka dapatkan apabila mereka berhenti merokok. . Apa yang bisa dilakukan bagi saya yang perokok? Meskipun penelitian yang dilakukan menggambarkan pada anda masa depan anda sebagai perokok. Jika anda khawatir mengenai orang yang anda kasihi merokok.

Salam sehat dan stay tune terus ya diblog sehatpedi . Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini.Buatlah setiap tindakan anda untuk membantu mendorong mereka membuat keputusan yang tepat untuk kesehatan mereka sendiri. Demikianlah artikel mengenai Waspada! Bahaya rokok menyebabkan kanker.