You are on page 1of 21

TUGAS MATERI DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED

)
STRUKTUR KONSTRUKSI 2

NAMA : SANTI KARTIKA PUTRI
NIM: : 03061281419075

DOSEN PEMBIMBING: ANJUMA PERKASA JAYA, ST., MT.

PROGRAM STUDI ARSITEKTUR
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SRIWIJAYA

FUNGSI BANGUNAN: Kantor BAPPEDA

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, disingkat Bappeda, adalah lembaga
teknis daerah dibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah yang dipimpin oleh
seorang kepala badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada
Gubernur/Bupati/Walikota melalui Sekretaris Daerah. Badan ini mempunyai tugas pokok
membantu Gubernur/Bupati/Walikota dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dibidang
penelitian dan perencanaan pembangunan daerah.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di bentuk berdasarkan pertimbangan :

 a. Bahwa dalam rangka usaha peningkatan keserasian pembangunan di daerah
diperlukan adanya peningkatan keselarasan antara pembangunan sektoral dan
pembangunan daerah.

 b. Bahwa dalam rangka usaha menjamin laju perkembangan, keseimbangan dan
kesinambungan pembangunan didaerah, diperlukan perencanaan yang lebih
menyeluruh, terarah dan terpadu

JENIS STRUKTUR : RANGKA BATANG
Struktur rangka batang adalah sebuah susunan struktur yang terdiri dari bagian
struktur dua gaya yang tersambung secara bersama-sama ke sebuah tatanan segitiga-segitiga
dengan berbagai macam bentuk.

Gambar 1: Contoh Gambar Rangka Batang

Setiap elemen tersebut secara khas dianggap tergabung pada titik hubung sendi. 2. Konfigurasi . sehingga menjadi bentuk rangka yang tidak dapat berubah bentuk apabila diberi beban eksternal tanpa ada perubahan bentuk pada satu atau lebih batangnya. Pembent ukan Segitiga (Triangulasi) Rangka batang adalah susunan elemen-elemen linier yang membentuk segitiga atau kombinasi segitiga. Prinsip- Prinsip Umum 1. Batang-batang disusun sedemikian rupa sehingga semua beban dan reaksi hanya terjadi pada titik hubungan tersebut. Gambar 2: Contoh Gambar Rangka Batang a.

3. Gaya Batang .

Dengan demikian. yaitu beban (aksial) hanya di berikan di ujung- ujungnya dan tidak ada beban transversal. Kolom beton bertulang yaitu kolom yang terbuat dari adukan semen. meskipun suatu struktur dapat berarah miring asalkan memenuhi definisi kolom. kolom tidak mengalami lentur secara langsung (tidak ada hubungan tegak lurus terhadap sumbunya).MATERIAL KOLOM : BETON BERTULANG Kolom adalah elemen vertical untuk menyalurkan beban bangunan menuju pondasi lalu diteruskan ke tanah. Miniatur kolom dan beton bertulang . dan agregat yang di cetak menggunakan bekisting dan didalamnya ditambahkan tulangan (besi (batang) yang dirangkai). Kolom berarah vertikal. pasir.

MATERIAL BALOK: BETON BERTULANG .

Secara umum balok dalam bangunan bertingkat yang menggunakan struktur beton bertulang. pada bagian atas dinding bangunan lantai atas balok berfungsi sebagai ring-balk sedangkan pada bagian tengah bangunan balok berfungsi sebagai balok lantai dan balok latai. berperan pada tiga bagian yang berbeda. Fungsi-fungsi lain tergantung dari letak dan posisinya. Ketiga bagian fungsi balok tersebut sebenarnya berfungsi hampir serupa yaitu menghubungkan kolom-kolom struktur utama. Pada bagian bawah bangunan balok berfungsi sebagai sloof. .

MATERIAL PONDASI : BETON BERTULANG . Dengan demikian setiap kolom.JENIS PONDASI: SETEMPAT Pondasi titik identic dengan pondasi setempat yang digunakan untuk menopang beban yang bersifat setempat. hanya perlu menggunakan jenis pondasi titik ini baik dangkal ataupun pondasi dalam. Beban setempat ini berasal dari kolom bangunan yang meneruskan beban-beban bangunan kebawah secara liniear menuju ke satu tempat atau satu titik di dalam tanah.

Denah pondasi beton bertulang .

Potongan pondasi beton bertulang .

MATERIAL RANGKA LANTAI : BETON BERTULANG Material beton bertulang pada ragka lantai .

JENIS SISTEM PEMBALOKAN: PEMBALOKAN SATU ARAH .

dandigunakan  Menampilkan kesan alami ketika diekspose Kekurangan  Mudah terbakar dan terserang rayap  Mengalami proses mengembang dan menyusut  Bentang atap terbatas JENIS ATAP: PELANA .MATERIAL RANGKA ATAP: KAYU Menggunakan material kayu untuk merancang kerangka atap. Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Kayu Kelebihan  Mudah dikerjakan oleh tukang local  Bahan yang fleksibel. dibentuk. penggunaan material kayu sebagai atap akan maksimal sampai dengan panjang bentang 12-16 m2 . mudah dipotong.

atap pelana ini juga sangat cocok. juga guyuran dari hujan akan segera dengan mudah mengalir ke bawah untuk selanjutnya dibuah melalui selokan. dan cocok pula untuk desain rumah daerah tropis. dan sisi lainnya hanya berupa dinding segitiga yang mengerucut. MATERIAL PENUTUP LANTAI: PARKET . Bentuk atau jenis pelana boleh dikatakan yang paling sederhana. Bentuk atap seperti ini sangat digemari dari masa ke masa. Cuma terdapat 2 sisi miring. Kemiringan tersebut dapat menciptakan ruangan yang ada di dalamnya (dalam plafondnya). Desain dari atap pelana tersebut memiliki kemiringan sekitar lebih 35º. Daya serap radiasi dan panas dari matahasi amat bagus. Untuk rumah dengan gaya tradisional ataupun modern.

Parquet biasa adalah sama jenis dengan solid Flooring yang terbuat dari kayu asli. hanya yang membedakan adalah dari segi ukuran. Ukuran standar parket biasa= 5cm x 20cm. DAN JENDELA: ALLUMUNIUM . PINTU. MATERIAL KUSEN. 5cm x 30cm. 5cm x 25cm. (Lebar x Panjang) Ukuran standar Parket Flooring= 9cm x 45cm up (Lebar x Panjang) Cara memasang parket yaitu dengan menempelkannya pada permukaan lantai plester menggunakan lem.

.

Contoh kusen aluminium .

9. 5. Muai – Susut Stabil Aluminium memberikan kestabilan. 8. Karakter inilah yang membedakan dengan jenis logam lain. Standar Kualitas Jelas Pengecekan kualitas aluminium dapat dilakukan dengan pengecekan fisik dan keindahan tampilan. Jenisnya Beragam Aluminium memiliki kekuatan konstruksi besar. respon dan pengendalian yang lebih baik terhadap cuaca. Pesan & Pasang Praktis Kusen dan Pintu aluminium dijual dalam ukuran standar atau ukuran tertentu. bobot sebuah pintu aluminium tidak kalah dengan bobot pintu kayu. 2. Dengan memilih ketebalan yang sesuai. Lapuk & Jamur Rayap senang pada tempat lembab. Dari bahan dasar yang sama bisa dihasilkan produk yang berbeda tergantung pada jenis campurannya. bobotnya ringan dan kokoh. sehingga mudah disesuaikan sesuai keperluan juga design yang diinginkan.11 Alasan memilih aluminium 1. Dengan motif dan warna variatif aluminium dapat dipesan sesuai selera. Bebas Rayap. Dengan memakai aluminium anda bebas menggunakan bahan ini dibagian bangunan manapun termasuk kamar mandi. Pengecekan fisik meliputi ketebalan dan kekerasan 6 Motif Merekat Kuat Pemberian motif yang beragam menambah tampilan atistik dan variatif. 7. maka persediaan aluminium lebih terjamin dari pada kayu yang merupakan produk alam. . Kecanggihan metode powder coating menambah kekokohan aluminium karena perekatannya yang kuat. Selain itu aluminium terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang. dapat diganti hanya pada bagian yang rusak saja. 3. Persediaan Terjamin Sebagai salah satu bahan logam hasil fabrikasi. 4. tidak ada lagi kesan murah yang disandang aluminium akibat bobotnya yang ringan dan suara berisik yang digunakan. Tidak Murahan Dalam perkembangannya kini. Perbaikan Mudah Jika terjadi kerusakan pada salah satu bagian.

dan dipress dengan peralatan modern di pabrik besar. 11. Jenis-jenis genteng keramik biasa dinamai sesuai dengan nama pabrikan masing-masing. Dan tidak semua tukang dapat memasang plafond dengan bahan ini sehingga diperlukan keahlian khusus. Untuk tampil natural pun bisa dengan memilih motif kayu. sehingga memiliki kekuatan. Pilihan warna dan finishing glazuur pada genteng keramik juga jauh lebih beragam dan halus. harganya pun juga lebih mahal daripada genteng tradisional. Simpel & Modern Tampilan aluminium yang simpel dan bersih jika dipadukan dengan kaca sangat pas diaplikasikan pada bangunan modern. sebenarnya memiliki bahan yang sama dengan genteng tradisional.800 s/d Rp. plafond gypsum ini tidak tahan terhadap air sehingga mudah rusak ketika terkena air atau rembesan air. yaitu dari tanah liat. Tetapi. . Ukuran untuk plafond gypsum adalah 122 cm x 244 cm. MATERIAL PENUTUP PLAFOND: GYPSUM Plafond gypsum merupakan salah satu jenis bahan yang disukai masyarakat saat ini untuk menutup langit-langit rumah.7. Untuk rangka. dengan harga Rp. Rangka plafon untuk memasang gypsum Gypsum MATERIAL PENUTUP ATAP: GENTENG KERAMIK Yang disebut dengan genteng keramik. dapat menggunakan kaso maupun besi hollow 20 mm x 40 mm atau 40 mm x 40 mm. karena dilakukan secara mekanis dengan peralatan modern.8.10 Harga Relatif Murah Harga reatif murah karena tidak memerlukan finishing seperti pada kayu. plafond gypsum cenderung memiliki permukaan yang terlihat seperti tanpa sambungan. Proses pemanasan juga dilakukan hingga suhu 1200 derajad celcius. Belakangan kusen berbahan alumunium menjadi pilihan . sehingga tanah liat berubah menjadi sangat keras menyerupai keramik lantai. Hal ini dikeranakan pada saat terpasang. Tidak heran. kepresisian. dan kerapihan yang tinggi. Rajin mengelapnya dengan lap kering akan menjaganya tetap cemerlang. Diperlukan 13-14 buah genteng / m2. Ditambah biaya perawatan yang ringan karena cukup dirawat seperlunya saja. Tetapi material tanah liat pada genteng keramik disortir.0000 per buah. dicetak.

sekrup. dll. genteng ringan. . semua kemiringan atap dan kelurusan akhiran reng serta kuda-kuda diperiksa ulang.Tatacara Pelaksanaan Pekerjaan Penutup Atap Genteng Keramik Persiapan  Pembuatan dan pengajuan gambar shop drawing pekerjaan penutup atap genteng keramik. nok atap.  Persiapan lahan kerja.  Sebelum penutup atap dipasang. antara lain : zinkcalume. dll.  Pasang penutup atap pada posisi di atas reng.  Persiapan alat bantu kerja. kemudian dilanjutkan pemasangan nok atap. benang. dynabolt. karena kalau kemiringan reng dan kuda-kuda tidak sama mengakibatkan genangan air. meteran. selang air. cutting well. Pengukuran  Terlebih dahulu lakukan survey lapangan untuk area yang akan dipasang penutup atap genteng ringan dan penentuan leveling ketinggian rangka atap baja ringan. bor listrik. waterpass.  Approval material yang akan digunakan. antara lain : schaffolding.  Persiapan material kerja. Pasang penutup atap genteng keramik  Setelah seluruh kuda-kuda dan reng terpasang dengan benar (setting) dilanjutkan dengan pemasangan penutup atap yaitu menggunakan genteng.

blogspot.id/2015/03/tatacara-pelaksanaan-pekerjaan-penutup.html http://turantionline.html http://rooang.hdesignideas.Eresco. Yogyakarta.blogspot. 2012. Bandung.id/2012/05/karakteristik-material-untuk-plafond. Yogyakarta.google. Daniel L.html http://metodebangunan. Ilmu Konstruksi Bangunan.  Yang perlu diperhatikan dalam pemasangan penutup atap adalah jarak reng sesuai dengan aturan yang telah ditentukan (sesuai dengan ukuran spesifikasi bahan penutup atap DAFTAR PUSTAKA https://sites.com/2012/10/rangka-atap-kayu-kelebihan-kekurangan. Schodek.arsindo.com/2014/10/serba-serbi-atap-nipah/ https://septanabp.html http://www. Struktur.wordpress.com/artikel/atap-pelana/ http://artikelproperti.co.blogspot.com/2010/07/mengenal-profil-kusen-aluminum-dan.com/site/gambarmodelkusenaluminium/ https://lantai-kayu.co.id/2013/05/apa-yang-di-maksud-parquetflooringatau. 1991. Heinz. Kanisius.blogspot.Graha Ilmu.co. Noor Cholis.html Idham. Merancang Bangunan Gedung Bertingkat Rendah.com/tag/genteng-keramik/ http://www.1999 . Frick.