Punya bayi lagi ? atau ini bayi pertama ?

Wuih, pasti yang pertama jadi pertanyaan adalah bisa gak ya saya meyusui dengan benar?
syukur2 bisa ASI eksklusif.
Beberapa perempuan gagal menyusui karena ketidak pahaman tentang laktasi. Dan bersikeras
mengatakan, memang ASI nya kok yang sedikit.
Eits..jangan marah dulu, mungkin kita kurang mengerti tentang metode laktasi yang benar.
Kalaupun ada yang gagal, sekarang banyak kok klinik laktasi yang bisa membantu anda
melakukan relaktasi.

Apa sih ASI itu ?

ASI adalah cairan dengan komposisi khas untuk menjamin pertumbuhan optimal pada tiap
spesies

Mahluk yang menyusui seperti mamalia memproduksi susu untuk makanan anaknya

Manusia: memiliki kelenjar susu & sepasang payudara
terletak di bawah kulit, tertanam dalam jaringan
penunjang dan lemak di atas otot dada depan.

Pembentukan Payudara

1. Embryo: 18-19 minggu, calon duktus.

2. Pubertas:
premenses : karena pengaruh hormon estrogen dan growth hormon terjadi maturasi dan
percabangan duktus
pascamenses : karena pengaruh estrogen dan progesteron terbentuk lah lobus, lobulus, duktulus,
alveolus

3. Kehamilan: hormon yang berpengaruh progesteron, prolaktin
terjadi maturasi alveolus, mulai produksi susu
Akhir kehamilan: progestron menurun

Pada masa Laktasi/menyusui: . Refleks Prolaktin : yaitu suatu stimuli atau perangsangan produksi ASI membutuhkan Impuls saraf dari puting susu. hipotalamus.4. Involusi (berkurangnya kelenjar mamae): mulai 40 hari setelah berhenti menyusui Fisiologi Laktasi Laktasi berarti suatu proses produksi dan pengeluaran ASI Membutuhkan : . terjadi Apoptosis alveoli. hipofisis anterior. sehingga produksi susu berhenti. kontraksi otot polos supaya ASI keluar Penghambat produksi ASI . dan tentunya ASI itu sendiri 2.Calon ibu : siap secara psikologis dan fisik . Impuls saraf puting susu. diikuti dg pembentukan kembali seperti sebelum hamil (remodelling ) Siklus laktasi a.Produksi ASI : disesuaikan dengan kebutuhan bayi volume ASI 500 – 800 ml/hari ( bayangkan 3000 ml/hr !) Refleks pada proses laktasi Proses laktasi membutuhkan beberapa refleks untuk menunjang keluarnya ASI itu sendiri 1. alveolus.hormon oksitosin : ekskresi ASI 5. oksitosin.Bayi : cukup sehat untuk menyusu .hormon prolaktin : sekresi ASI .hipofisisposterior. Refleks aliran ( let down reflex ) yaitu sekresi atau pengeluaran AS. Laktogenesis Stadium 3 (galaktopoeisis) : sekresi ASI d. Involusi: penyapihan. prolaktin. Laktogenesis Stadium 1 (kehamilan) : penambahan & pembesaran lobulus-alveolus b. tidak ada rangsangan prolaktin. Laktogenesis Stadium 2 (akhir kehamilan sampai 2-3 hari postpartum ) : produksi ASI c.

bila saluran ASI penuh mengirim impuls untuk mengurangi produksi. Areola masuk. 3. sehingga hati-hati bisa tersedak ! Mekanisme mengisap dot dan areola: Sangat berbeda : ahal ini menyebabkan bayi mengalami kondisi yang disebut bingung puting. bayi membuka mulut dan menangkap puting susu. Penyapihan Mekanisme mengisap pada bayi 1.tidak perlu hisapan kuat.1.lidah bayi “memerah” sinus laktiferus. . Stress / rasa sakit : akan menghambat atau inhibisi pengeluaran oksitosin. 2. lidah menekan sinus laktiferus. rahang bawah semua aktif. Misalnya pada saat Sinus laktiferus penuh/payudara sudah bengkak 3. Feedback inhibitor : Suatu faktor lokal. Jika bayi menyusui menggunakan Dot: . Perbedaan komposisi air susu Air susu setiap mamalia berbeda dan adalah “species specific” Variasi komposisi disebabkan oleh:  Variasi ukuran dan bentuk fisik . Refleks menangkap ( rooting ) Sentuhan pada bibir. 2.otot yang bekerja terutama otot bibir dan pipi dan keluarnya susu tergantung kemiringan botol dan besarnya lubang dot .otot pipi. Refleks mengisap Puting dalam mulut bayi : langit-langit /palatum molle tersentuh. lidah. langit-langit. Cara mengatasi : saluran dikosongkan secara teratur (ASI eksklusif dan tanpa jadwal). Refleks menelan Menyusu: . bayi mengisap. ASI terperas keluar.

ASI peralihan .ASI matur .faktor bifidus : Lactobacilus bifidus  selalu berada dalam suhu yang tepat  tidak menyebabkan alergi mencegah maloklusi/ kerusakan gigi  mengoptimalkan perkembangan  meningkatkan hubungan ibu dan bayi  menjadi orang yang percaya diri mengurangi kemungkinan berbagai penyakit kronik dikemudian hari : *diabetes melitus *penyakit jantung *penyakit keganasan .Kolostrum .limfosit .imunoglobulin .ASI prematur  Mudah dicerna dan diserap  Mengandung enzim pencernaan (maka sering merasa lapar)  Mengandung zat penangkal penyakit . kutub) MANFAAT ASI BAGI BAYI Komposisi sesuai kebutuhan . darat.makrofag .  Lama masa kehamilan  Kecepatan pertumbuhan  Frekuensi pemberian minum  Perbedaan tempat hidup (air.laktoferin .

Bayi berusia belum 6 bulan dan .Ibu belum haid kembali dan . sehingga selama pemberian ASI eksklusif yang benar. akan tidak terjadi proses ovulasi sehingga saat itu ibu tidak mengalami masa subur.MANFAAT ASI BAGI IBU  Mencegah perdarahan pasca persalinan  Mempercepat involusi uterus  Mengurangi anemia  Mengurangi risiko kanker ovarium & payudara  Memberikan rasa dibutuhkan  Mempercepat kembali ke berat semula  Sebagai metoda KB sementara Bagaimana ASI bisa sebagai metoda KB sementara? kita menyebutnya metode amenore laktasi (MAL) Syarat: .Bayi diberi ASI eksklusif Produksi hormon prolaktin akan menekan fungsi ovulasi dari folikel di ovarium. tidak mengalami haid. jarang sakit KERUGIAN SUSU FORMULA  Komposisi tidak sesuai  Tidak praktis  Tidak ekonomis  Menambah polusi . MANFAAT ASI BAGI KELUARGA  Mudah pemberiannya  Menghemat biaya  Anak sehat.

Bayi menolak menyusu dari ibu .Bayi telah diberi minum lain . ASI tetap diberikan untuk keuntungan lainnya Kondisi / Masalah Bayi BAYI DENGAN BINGUNG PUTING Penyebab: .Waktu menyusu terputus-putus Pencegahan: .Teknik menyusui yang salah . perlu makanan pendamping ASI yang adekwat >12 bulan : ASI hanya memenuhi 30% kebutuhan.Menyusu dengan mulut mencucu .Menyusu bergantian dengan minum botol Tanda: .Bayi sakit : sariawan .Berikan ASI perah / Susu Formula dengan cangkir BAYI ENGGAN MENYUSU Penyebab: .ASI kurang lancar atau terlalu deras BAYI SERING MENANGIS .Bayi bingung puting .  Mudah terkontaminasiMudah terjadi salah pengenceran ANJURAN PEMBERIAN ASI 0-6 bulan : ASI eksklusif memenuhi 100% kebutuhan 6-12 bulan : ASI memenuhi 60-70% kebutuhan.

Menyusui adalah kegiatan yang mengasyikkan bagi keduanya. Ke manakah ibu bertanya jika menemui kasus-kasus tersebut? Salah satu alternatif adalah Klinik Laktasi Pelayanan Kesehatan Sint Carolus. bosan. payudara bengkak. haus. Hampir semua ibu berkeinginan menyusui anaknya sendiri. payudara agak mengeras seperti tersumbat. sakit. Tetapi tak jarang kesulitan ditemui dalam menyusui. basah. kotor. bayi tak mau mengisap. . Ibu mana yang tak bahagia ketika anaknya sudah lahir? Tetapi tugas ibu belumlah selesai.Penyebab : lapar. kesepian. para ibu yang mempunyai kesulitan dalam menyusui bayinya dapat berkonsultasi dengan petugas yang ada. Membesarkan dan merawatnya dengan cinta adalah tugas yang akan dihadapinya dalam kehidupan si kecil. Di tempat inilah para ibu. rasa ASI berubah. Misalnya saja. Si ibu bisa membelai dengan mesra bayi mungilnya dan si bayi akan merasakan belaian itu sebagai sebuah kehangatan kasih sayang. dan cara memberikan ASI dengan sendok. cara-cara memeras ASI agar tetap steril. Klinik Laktasi mencoba membantu menangani kasus ibu dan bayi dalam soal menyusui. Entah karena puting susu ibu lecet. Terutama bila kesukaran tersebut tidak bisa dijawab lewat Hotline Laktasi. . Menyusui bayi adalah salah satu ekspresi cinta seorang ibu.Menangis merupakan suatu cara bayi berkomunikasi . ASI tak mau keluar.dan sebagainya. juga ayah sebagai pendamping.Sering menangis : bayi lelah menyebabkan menghisap kurang ibu kesal menyebabkan proses laktasi terganggu Menyusui memang proses alami. Tetapi banyak kesulitan yang ditemui seorang ibu dalam pelaksanaannya. kolik. perawatan payudara. Di klinik yang didirikan pada 1 Desember 1993 ini. dapat melakukan konsultasi mengenai berbagai masalah dalam menyusui bayinya.

MBA. Juga mengandung laktosa dan asam lemak ikatan panjang dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan susu sapi/kaleng. “Kalau tak mau payudara berubah. kesehatan. bubur. yaitu taurin. RS Sint Carolus. jeruk.” tegas dr. dan komposisi ideal untuk pertumbuhan. ASI dapat menyebabkan pertumbuhan sel otak lebih optimal. . Juga sangat tidak masuk akal jika si ibu menolak memberikan ASI dengan alasan kecantikan. Roesli. Sedangkan ASI bisa terus dilanjutkan sampai bayi berusia satu tahun. Itu karena ASI mengandung zat nutrisi dengan kualitas. Kandungan ASI pun menghindarkan bayi dari bahaya infeksi dan alergi. Ketua Tim Peningkatan Penggunaan ASI. Jadi. Artinya. biskuit. harus mulai dikenalkan dengan makanan padat. Pemberian ASI secara eksklusif ini banyak memberikan keuntungan. sampai usia 6 bulan bayi belum membutuhkan minuman atau makanan selain ASI (ASI Eksklusif). “Jadi. kalau bisa sampai 6 bulan.” tegas dr. Karena perubahan bentuk payudara bukan disebabkan oleh proses menyusui. air teh. bayi hanya memperoleh air susu ibu saja tanpa tambahan cairan (susu formula. DSA. Pemberian ASI Eksklusif ini dianjurkan paling kurang 4 bulan.Semua pengetahuan itu akan sangat berguna. HANYA ASI Menurut para ahli. terutama apabila ibu akan kembali bekerja setelah cuti melahirkannya berakhir. Melainkan oleh kehamilan. Utami S. Setelah bayi berusia 6 bulan. nasi tim. Bahkan mampu merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuh pada bayi. dan lain-lain). madu. sangat jelas ASI itu tidak bisa digantikan oleh apa pun. Konsultasi 24 Jam Untuk menggalakkan program ASI Eksklusif ini PP ASI Sint Carolus telah membentuk sarana penunjang serta pelatihan-pelatihan khusus bagi para ibu dan bayinya. kuantitas. Akan lebih baik lagi jika sampai bayi berusia 2 tahun. air putih. terutama karena ASI mengandung protein khusus. dan kecerdasan bayi. dan lain-lain) juga makanan lain seperti pisang. ya jangan hamil. tak ada alasan untuk menghentikan pemberian ASI karena pekerjaan di kantor. Utami.

ASI mengandung zat gizi paling sempurna untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan kecerdasannya. Di ruangan TPI ini. 12 Keunggulan ASI 1. Telepon (021) 315-4187 atau 390-4441 pesawat 2271. Bayi yang dipijat oleh orang tuanya dapat meningkatkan volume ASI.  Kelas Pijat Bayi. Alamatnya. ASI dapat menyebabkan pertumbuhan sel otak secara optimal. yaitu bentuk pelayanan konsultasi melalui telepon selama 24 jam bagi ibu yang memerlukan konsultasi mengenai masalah yang berhubungan dengan laktasi. 5. ASI mengandung kalori 65 kcal/100ml yang memberikan cukup energi bagi pertumbuhan bayi. dan segar. Protein ASI adalah spesifik spesies sehingga jarang menyebabkan alergi untuk manusia.  Hotline ASI. 7. ASI memberikan perlindungan terhadap infeksi dan alergi. Jalan Salemba Raya No 41. TPI memungkinkan ibu-ibu dapat menyusui bayinya yang sedang dirawat. 3. 2. Juga akan merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuh bayi. bersih. selain mengandung laktosa dan asam lemak ikatan panjang lebih banyak dari susu sapi/kaleng. 6. 4.  Tempat Peristirahatan Ibu (TPI) Menyusui Maria Goretty . dan akhirnya bayi berpotensi untuk mengasihi orang lain. Dengan kata lain. Ini akan menjadi dasar si kecil percaya pada orang lain. 8. Sebanyak 90 persen kandungan lemak ASI dapat diserap oleh bayi. Jakarta Pusat. dan para ibu yang sedang menunggu bayinya diperiksa oleh dokter di poliklinik. yaitu Taurin. 9. ASI selalu tersedia. ibu-ibu yang bayinya dirawat. terutama karena kandungan protein khusus. para ibu dan bayinya yang sedang dirawat inap dapat beristirahat setelah menyusui.  Pojok Laktasi adalah ruangan yang dipakai untuk memeras ASI bagi karyawati Sint Carolus yang sedang dinas. . ASI jarang menyebabkan diare dan sembelit yang berbahaya.  Klinik Laktasi adalah suatu tempat di mana para ibu dapat melakukan konsultasi mengenai berbagai masalah dalam menyusui bayinya. lalu diri sendiri. Pemberian ASI dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi.

ASI dapat membantu program Keluarga Berencana. merekomendasikan si penelepon untuk berkonsultasi ke dokter. terutama ibu yang kembali hamil saat masih menyusui. Bila perlu. seorang tenaga medis harus mengikuti ujian yang diadakan International Board of Certified Lactation Consultants (IBCLC). 11. seorang konsultan laktasi (lactation consultant) melakukan analisa dan diagnosa medis. mengamati dan membantu ibu menyesuaikan diri dengan bayinya. Menurut definisi yang tercantum dalam laman IBFAN (International Breastfeeding Action Network). konselor menyusui yang bertugas.  Membantu ibu untuk tetap menyusui. Tetapi. Kode Etik IBCLC mencakup kewajiban konsultan laktasi untuk membeberkan konflik kepentingan dan memastikan bahwa pendapat/pertimbangan profesionalnya tidak tercemar oleh pengaruh-pengaruh kepentingan bisnis[2]. Pada tingkat lanjut.  Memberi saran lewat telepon. ASI dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi. seorang konselor menyusui (breastfeeding counselor) tidak memberi bantuan medis. Selain itu gelar IBCLC tidak berlaku selama-lamanya. Apakah perbedaan antara keduanya? Pada tingkat dasar. Pastikan . berupa tips untuk menolong si penelepon pada saat itu. duduk mendampingi ibu yang sedang berusaha menyusui bayinya. Misalnya. serta untuk mendorong lingkungan sosial yang mendukung hubungan kemitraan antara ibu menyusui-bayi. bidan atau tenaga medis yang berwenang. dan harus diperbaharui setiap beberapa tahun.  Memberi layanan seputar menyusui. 11. Pada tingkat dasar. Berikut detail pekerjaannya [2]:  Memberi dukungan praktis. hemat. konsultan laktasi yang bertugas. Pada tingkat lanjut.” Untuk menjadi konsultan laktasi. sekaligus praktis. Konsultasi ASI PeroranganEdit Bantuan konsultasi ASI perorangan ada dua tingkat. tidak dengan cara membujuk-bujuk/memaksa. serta menerima bayaran untuk pelayanan yang mereka berikan. mengantarkan ibu ke klinik menyusui di rumah sakit. 10. Misalnya. ASI lebih ekonomis. dan mengadopsi Kode Etik IBCLC dalam aktivitas praktik mereka. adalah “tenaga kesehatan profesional yang bidang praktiknya difokuskan pada pendidikan dan tata laksana pencegahan/pemecahan masalah-masalah menyusui.

terutama dalam hal menyusui bayi. seorang dokter/suster lebih cepat mengikuti ujian IBCLC. ASI juga dapat diperah dan diberikan melalui alat menyusui lain seperti botol susu. cangkir. Bukti eksperimental menyimpulkan bahwa air susu ibu adalah gizi terbaik untuk bayi[1]. Bayi menggunakan refleks menghisap untuk mendapatkan dan menelan susu. atau pipet. Kesehatan ibu hamil dan menyusui adalah persyaratan penting untuk fungsi optimal dan perkembangan kedua bagian unit itu. Susu formula juga tersedia untuk para ibu yang tidak bisa atau memilih untuk tidak menyusui. Di banyak negara. Berikut langkah-langkah yang harus diambil untuk mempersiapkan ibu secara kejiwaan untuk menyusui bayinya:  Mendorong setiap ibu untuk percaya dan yakin bahwa ia dapat sukses dalam menyusui bayinya. Seorang konsultan laktasi tidak mesti dokter. tetapi apabila pembuatannya dilakukan dengan hati-hati menggunakan air bersih. Para pakar masih memperdebatkan seberapa lama periode menyusui yg paling baik [2] dan seberapa jauh risiko penggunaan susu formula [3][4] Seorang bayi dapat disusui oleh ibunya sendiri atau oleh wanita lain. sementara orang di luar profesi medis harus belajar lama dan memiliki pengalaman konseling ASI yang jauh lebih lama.[3] Kehamilan. pemberian susu formula terkait dengan tingkat kematian bayi akibat diare [6]. bisa saja seorang suster. Selama masa kehamilan. Bedanya. si Ibu harus menyiapkan terlebih dahulu keadaan psikologinya dalam menghadapi bayinya nanti. Dalam menanti kelahiran bayi. pemberian susu formula cukup aman. menjelaskan pada ibu bahwa persalinan dan menyusui adalah proses alamiah . ibu dan janin adalah unit fungsi yang tak terpisahkan. sendok. atau orang di luar profesi medis. persalinan dan menyusui merupakan proses fisiologi yang perlu dipersiapkan oleh wanita dari pasangan subur agar dapat dilalui dengan aman. Nama-nama konsultan laktasi di seluruh dunia (termasuk Indonesia) dengan gelar yang masih berlaku bisa dilihat di Website IBCLE. namun para ahli sepakat bahwa kualitas susu formula tidaklah sebaik ASI [5]. Menyusui adalah proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan air susu ibu (ASI) dari payudara ibu.konsultan yang anda hubungi sudah memperbaharui gelar IBCLCnya.

kemudian dioleskan pada puting susu dan areola sekitarnya. 5. Bayi diletakkan menghadap perut ibu/payudara : 1. Sebelum menyusui. Selain hal tersebut diatas.  Meyakinkan ibu akan keuntungan ASI dan kerugian susu buatan/formula  Memecahkan masalah yang timbul pada ibu yang mempunyai pengalaman menyusui sebelumnya. Perlu diperhatikan bila ada kelainan seperti pembesaran masif. ASI dikeluarkan sedikit. bila duduk lebih baik menggunakan kursi yang rendah (kaki ibu tidak tergantung dan punggung ibu bersandar pada sandaran kursi . yang perlu diperhatikan adalah warna kemerahan tanda radang. retraksi (tindakan menarik kembali) atau luka pada kulit payudara harus dipikirkan ke arah tumor atau keganasan dibawahnya. elevasi (pengangkatan jaringan). Ibu duduk atau berbaring dengan santai. Warna kulit Pada umumnya sama dengan warna kulit perut atau punggung. Ukuran dan bentuk Tidak berpengaruh pada produksi ASI. Kontur/permukaan Permukaan yang tidak rata. pengalaman kerabat atau keluarga lain  Mengikutsertakan suami atau anggota keluarga lain yang berperan dalam keluarga. gerakan yang tidak simetris pada perubahan posisi 2. Cara ini mempunyai manfaat sebagai desinfektan dan menjaga kelembaban puting susu. ibu dapat beristirahat cukup untuk kesehatannya dan bayi sehingga perlu adanya pembagian tugas dalam keluarga  Setiap saat ibu diberi kesempatan untuk bertanya dan dokter atau petugas kesehatan harus dapat memperlihatkan perhatian dan kemauannya dalam membantu ibu sehingga hilang keraguan atau ketakutan untuk bertanya tentang masalah yang tengah dihadapinya. ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan : 1. adanya depresi. dan membuat gambaran seperti kulit jeruk 3. penyakit kulit atau bahkan keganasan 4. Saluran limfe yang tersumbat dapat menyebabkan kulit membengkak. yang hampir semua ibu berhasil menjalaninya. bila ada masalah hubungi dokter atau petugas kesehatan yang berkompeten.

1. Payudara dipegang dengan ibu jari diatas dan jari yang lain menopang di bawah. Penyakit ini biasanya menyertai laktasi. sehingga disebut juga mastitis laktasional atau mastitis puerperalis. Telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus 6. Pada mastitis infeksius. Perut bayi menempel pada badan ibu. Antibiotik (resisten-penisilin) diberikan bila ibu mengalami mastitis infeksius. Ibu menatap bayi dengan kasih sayang 6. atau area nyeri tekan yang akut  Ibu dapat merasakan bercak kecil yang keras di daerah nyeri tekan tersebut  Ibu tidak mengalami demam dan merasa baik-baik saja 2. Patogen yang paling sering diidentifikasi adalah staphilokokus aureus. Gejala mastitis infeksius:  Ibu mengeluh lemah dan sakit-sakit pada otot seperti flu  Ibu dapat mengeluh sakit kepala  Ibu demam dengan suhu di atas 34 oC  Terdapat area luka yang terbatas atau lebih luas pada payudara . Bayi dipegang pada belakang bahunya dengan satu lengan satu lengan. Ibu harus tetap menyusui. Dua penyebab utama dari mastitis adalah stasis (terhenti) ASI dan infeksi. jangan menekan puting susu atau areolanya saja Masalah yang sering terjadi pada saat menyusui: 1. Satu tangan bayi diletakkan di belakang badan ibu dan yang satu di depan 4. 2. Gejala mastitis non-infeksius:  Ibu memperhatikan adanya “bercak panas”. kepala bayi terletak pada lengkung siku ibu (kepala tidak boleh menengadah dan bokong bayi ditahan dengan telapak tangan) 3. ASI dapat terasa asin akibat kadar natrium dan klorida yang tinggi dan merangsang penurunan aliran ASI. merupakan komplikasi berat dari mastitis. Mastitis Mastitis adalah peradangan payudara yang dapat disertai atau tidak disertai infeksi. Abses (nanah) payudara. kepala bayi menghadap payudara (tidak hanya membelokkan kepala bayi) 5. pengumpulan nanah lokal di dalam payudara.

asetaminofen) untuk mengurangi demam dan nyeri 11. pada keadaan yang parah. Ibu mengeluh nyeri tekan yang berat dan rasa tidak nyaman.Perawatan : . Cacar air (virus varisela zoster) Kebanyakan ibu dan pekerja rumah sakit pernah menderita cacar air dan tidak beresiko. khususnya selama dan segera setelah menyusui. Pada kasus-kasus yang berat. dan seka mulut.Pengobatan: Obati ibu dan bayinya Oleskan krim atau losion topikal antijamur ke puting dan payudara setiap kali sehabis menyusui. dengan pustula yang menonjol. Anjurkan ibu untuk mengkompreskan es pada puting sebelum menyusui untuk mengurangi nyeri.Bayi dapat menderita ruam popok. dapat melepuh. berikan analgesik non narkotik. Lanjutkan menyusui 8. antipiretik (ibuprofen. Berikan kompres panas pada area yang sakit 9. Jika ibu demam tinggi (< 39oC). lidah dan gusi bayi setiap kali sehabis menyusui. Ketika ibu mengidap cacar air beberapa hari sebelum kelahiran bayi. periksa kultur susu terhadap kemungkinan adanya infeksi streptokokal 12. kulit mengkilat. nyeri akut selama dan setelah menyusui.  Kulit pada payudara dapat tampak kemerahan atau bercahaya (tanda-tanda akhir)  Kedua payudara mungkin terasa keras dan tegang “pembengkakan” Pengobatan: 7. Manifestasinya seperti area merah muda yang menyolok menyebar dari area puting. Jika bersifat infeksius. tampak luka dan/atau seperti luka terbakar yang kemerahan. bintik-bintik atau bercak-bercak putih mungkin terlihat merasakan nyeri dan menolak untuk menghisap. merah. Pertimbangkan pemberian antibiotik antistafilokokus kecuali jika demam dan gejala berkurang. Kandida/sariawan Merupakan hal yang biasa terjadi pada ibu yang menyusui dan bayi setelah pengobatan antibiotik. Pantau suhu tubuh akan adanya demam. bayi menjadi beresiko karena antibodi ibu yang memberikan kekebalan pada bayi belum mempunyai kesempatan untuk berkembang. Tirah baring (bersama bayi) sebanyak mungkin 10.

Makanan Terlarang untuk Ibu Menyusui Beberapa makanan atau minuman di bawah ini sebaiknya tidak dikonsumsi ibu menyusui. maka kandungan ion dalam minuman ini tidak memberikan efek positif. Kandungan alkohol terbukti memberikan efek negatif bagi tubuh.Minuman isotonik Minuman ini biasanya mengandung natrium. .Jika ibu sudah pernah mengalami cacar. . . kalsium.MSG .Alkohol Alkohol termasuk jenis minuman tidak sehat yang tidak disarankan untuk dikonsumsi.Softdrink Kandungan gula dalam softdrink sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. menyusui tidak dihentikan. ibu dan bayinya harus menerima vaksin varisela jika mereka sudah terpapar. Jika ibu mengidap cacar air beberapa hari sebelum melahirkan :  ibu dan bayi harus diisolasi secara terpisah jika neonatus tidak mengalami lesi (hilangnya fungsi suatu bagian). Mengapa? Berikut alasannya. kalium dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh lainnya. Menyusui tidak perlu dihentikan Jika ibu belum pernah mengidap cacar air. menyusui akan memberikan antibodi kepada bayi. isolasi bayi dengan ibu. Tapi kalau dikonsumsi saat tubuh tidak sedang melakukan aktivitas fisik berat. Hanya sekitar 50% bayi yang terpapar akan berkembang menjadi penyakit  keluarkan ASI jika bayi ditempatkan pada tempat lain  jika bayi menderita lesi. . baik ibu hamil maupun menyusui.

MSG juga berkaitan dengan tercetusnya berbagai gangguan alergi seperti asma. sehingga rasa ASI menjadi asam yang membuat bayi tidak mau menyusui. Begitu kloramfenikol untuk mengawetkan udang Ibu yang baru melahirkan kadang ingin buru-buru mengurangi berat badannya dengan berolahraga keras. . Jakarta. gatal. kelainan saraf tepi dan gangguan pencernaan. Tapi sebaiknya jangan olahraga terlalu berlebihan agar ASI (Air Susu Ibu) yang dihasilkan tidak asam. lengan dan seluruh tubuh terasa lemah serta terjadi peningkatan denyut nadi. tahu.Makanan berpengawet/pewarna Zat-zat berbahaya yang sering digunakan pada makanan antara lain zat pewarna tekstil seperti rhodamin B. Masalahnya tak mudah menghitung sudah berapa banyak MSG yang tercampur dalam setiap makanan atau kudapan yang masuk dalam tubuh. Zat pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks banyak digunakan dalam bakso." ujar dr Inge Permadhi. "Jika ibu menyusui melakukan olahraga berat atau terlalu berlebihan akan terbentuk asam laktat di dalam susunya. .Di beberapa negara konsumsi MSG yang masih ditoleransi adalah 0. Selasa (7/6/2011). Pemanis buatan yang dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker kandung kemih. mi. Dikatakan berlebihan bila konsumsi MSG sudah lebih dari 30 mg/kg BB per hari. dr Inge mengatakan ibu menyusui terkadang ingin cepat menurunkan berat badannya sehingga melakukan olahraga secara berlebihan.3-1 gram/hari. methanyl yellow yang berefek menyebabkan gangguan fungsi hati sampai kanker. infeksi kulit. SpGK dalam acara Nutritalk: Inspirasi Sehat Wanita Indonesia di Hongkong Cafe. Gejalanya antara lain rasa kebal pada leher bagian belakang. gangguan irama jantung. MSG diduga menyebabkan kumpulan gejala penyakit yang disebut Chinese Restaurant Syndrome(CRS). MS.

"Jadi dengan menyusui sebenarnya sudah membantu menurunkan berat badannya secara alami." ungkapnya. Mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu menyusui 4. Hal lain yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui adalah menghindari: 1. Yang artinya dalam waktu seminggu bisa menurunkan sekitar 0. Makanan yang berbumbu kuat karena bisa mengubah cita rasa dari ASI 3. vitamin dan mineral "ASI menjadi sumber DHA karenanya harus tinggi konsumsi omega 3. perkembangan retina dan fungsi penglihatan. Alkohol. dr Inge menuturkan komposisi gizi yang seimbang untuk ibu menyusui adalah: 1.5 kg." ujar dokter spesialis nutrisi dari Departemen Ilmu Gizi FKUI. Tinggi karbohidrat untuk menggantikan glukosa yang digunakan dalam membuat laktosa dari ASI 2. karena dalam pertumbuhannya anak membutuhkan protein 3. karena apapun yang masuk ke dalam tubuh si ibu akan mempengaruhi ASI seperti rasanya. Tinggi protein untuk membantu proses pertumbuhan anak. Selain itu ibu yang sedang menyusui juga harus memperhatikan nutrisi yang dikonsumsinya. rokok dan obat-obatan terlarang 2. DHA ini berfungsi dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf termasuk otak. Mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan asupan serat. kondisi ini juga setara dengan penurunan berat badan sekitar 200-500 kalori per harinya. Makanan yang sudah terkontaminasi misalnya dengan pengawet atau pewarna makanan berbahaya seperti rhodamin B .Umumnya ibu menyusui akan menghasilkan ASI sekitar 750 cc tiap hari.

Makanan yang pedas karena bisa membuat bayi menjadi diare 6. susu. Makanan yang bisa membuat bayi menjadi alergi.4. Konsumsi kopi karena bisa membuat bayi menjadi peka dan terjaga serta menurunkan penyerapan zat besi yang terkandung dalam ASI. . kacang-kacangan 5. jika memang bayi diketahui memiliki alergi seperti telur.