You are on page 1of 20

PAKET 1

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SD

Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!
Bacaan untuk no 1 – 3.

Kerajaan Tanah Sumedang diperintah raja yang adil dan bijaksana. Sang Raja
mempunyai seorang anak bernama Putri Arum. Suatu ketika Putri Anrm mengidap
penyakit kulit yang menjijikkan. Raja mengadakan sayembara. Siapa
dapat.menyembuhkan Putri Arum jika laki-laki akan dijodohkan, jika perempuan akan
dijadikan saudara.
Bujang Trindil pembantu setia Dang Anggana mengikuti sayembara. Ia segera
pergi mencari obat. Ia berjalan mendaki gunung tinggi dan menjelajah hutan belantara.
Karena lelah, ia tertidur di bawah pohon rindang dan bermimpi. Dalam mimpi itu, ia
disuruh membuat sumur. Sumur itu akan mengeluarkan air panas sebagai sarana
menyembuhkan Putri Arum. Ketika terbangun, Bujang Trindil segera melakukan seperti
dalam mimpinya. Keajaiban terjadi. Setelah Putri Arum mandi dengan air sumur itu,
penyakit kulitnya lenyap.
Akhirnya, Bujang Trindil mendapatkan hadiah. Namun, hadiah itu ia serahkan
kepada tuannya, Dang Anggana. Menikahlah Dang Anggana dengan Sang Putri Arum.
Bujang Trindil merasa lega dan bahagia.

1. Latar tempat cerita di atas adalah ....
A. hutan belantara
B. gunung tinggr
C. di bawah pohon rindang
D. Kerajaan Tanah Sumedang

2. Watak Bujang Trindil dalam bacaan tersebut adalah ....
A. penyabar dan pekerja keras
B. setia dan rela berkorban
C. penyayang dan penurut
D. bekerja keras dan penurut

1

3. Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut yaitu ...
A. Menolong harus dilakukan tanpa pamrih.
B. Berjuanglah selagi mampu melakukan.
C. Berilah pertolongan kepada yang membutuhkan.
D. Orang sakit harus diberi pertolongan.

4. Perhatikan cuplikan dongeng berikut!

Dahulu hidup seekor Gagak dan burung Beo. Gagak merasa paling hebat dan
kuat. Ia selalu mengejek Beo kecil yang tinggal di samping pondoknya. Beo tidak
maraH, iaj uga tidak dendam pada Gagak itu.
Suatu hari Gagak datang ke pondok Beo. Ia memamerkan roti yang ada di
paruhnya. Beo diam, namun timbullah ide untuk mengalahkan Gagak.
"Wahai Gagak yang perkasa, aku dengar suaramu merdu sekali, menyanyilah,
aku ingin mendengarnya!" kata Beo.
Merasa tersanjung, Gagak membuka paruh untuk menyanyi. Jatuhlatr roti itu di
comberan.
"Ha...ha...ha..., kena kamu!" kata Beo.

Perbedaan watak Gagak dan Beo adalah ....
A. Gagak cerdik, Beo penyabar.
B. Gagak cerdik Beo pendendam,
C. Gagak sombong, Beo cerdik
D. Gagak sombong, Beo pemarah

5. Bacalah laporan berikut!

Salah satu objek wisata di Yoryakarta adalah Tamam Pintar. Tempat wisata ini
terletak di Jalan Malioboro. Kareira trmpeya smgpt strategis, tempat ini banyak
dikunjungi oleh wisatawm domestik Di taman ini terrdapat gedung oval, gedung
budaya, dan tempat bcmain mak-anak. Dalam gedung oval pengunjung dapat belajar
tentang sains dm pengetatruan umum. Di gedung budaya pengunjung dapat
menikmati aneka budaya yang ada di Yogyakarta, sedangkan di tempat bermain
dusajikan bermacam-macam permainan anak.

2

Melalui GHLN masyarakat disadarkan untuk membudayakan hemat listrik. B. kalangan pengusaha serta anak-anak sekqlah. D. Acara ini diprakarsai oleh Departemen Energi dan Sumber Daya. C. Untuk itu budaya hemat listrik perlu ditanamkan secara luas di masyarakat termasuk di kalangan generasi muda dan anak-anak. Perilaku hidup boros dalam menggunakan listrik harus diakhiri agar laju penggunaan listrik dapat diredam. 6. C. Selain itu. Meminta kalangan pengusaha agar memprakarsai pencanangan Gerakan Hemat Listrik Nasional di masyarakat. yaitu . Objek wisata Taman Pintar Yogyakarta. Objek wisata yang ada di Yogyakarta. Menanamkan budaya hemat listrik di kalangan generasi muda dan anak-anak di Indonesia. Pencanangan dilakukan oleh Hj. Kunjungan wisatawan ke Taman Pintar. pemborosan dalam bidang kelistrikan merupakan tindakan tidak terpuji. A. Rekreasi ke Taman Pintar Yogyakarta Bacaan untuk nomor 6 – 10! Pencanangan Gerakan Hemat Listrik Nasional Bertempat di Museum Listrik dan Energi Baru. 27 Aptil2008 dilakukan pencanangan Gerakan Hemat Listrik Nasional (GHLN). Minggu. dan PT Energy Management Indonesia. Apa tujuan pencanangan Gerakan Hemat Listrik Nasional? A. 3 . Budaya hemat listrik perlu dilakukan secara berkelanjutan sebab energi semakin mahal dan terbatas. B. Mufidah Jusuf Kalla dan dihadiri para pejabat negata. PT Perusahaan Listrik Negara. Mengajak para pejabat negara agar berupaya meredam laju penggunaan listrik. Topik laporan tersebut.. Menyadarkan masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup hemat dalam menggunakan listrik.. D.

Sebab pemerintah mencanangkan Gerakan Hemat Listrik Nasional. D. setelah pemerintah mencanangkan Gerakan Hemat Listrik Nasional. Karena para pejabat sudah memprakarsai budaya hemat listrik. C. Mengajak generasi muda dan anak-anak untuk berperilaku terpuji. C. Bagaimanakah cara menciptakan budaya hemat listrik secara berkelanjutan? A. Di mana Hj. Di Museum Listrik dan Eneryi Baru. Apakah simpulan bacaan di atas? A. D. 9. Mengapa budaya hemat listrik perlu dilakukan secara berkelanjutan? A. Mufidah Jusuf Kalla mencanangkan Gerakan Hemat Listrik Nasional? A. 4 . termasuk anak-anak. Di PT Energy Management Indonesia. Budaya hemat listrik perlu ditanamkan kepadaa semua lapisan masyarakat secara luas dan berkelanjutan mengingat energi listrik semakin mahal dan terbatas. B. Menanamkan perilaku hidup hemat listrik secaxa luas di masyarakat. Para pejabat negara dan kalangan pengusaha memprakarsai budaya hemat lishik dengan melibatkan seluruh lapism masyarakat. Karena energi listrik semakin mahal dan terbatas jumlahnya. C.7. Para pejabat negara dan kalangan peagusaha menyadarkan masyarakat termasuk generasi muda bahaya perilaku boros dalam menggunakan listrik. C. Memprakarsai Gerakan Hemat Listrik Nasional bagi anak-anak. B. B. Di PT Perusahaan Listrik Negara. B. D. Di Departemen Energi dan Sumber Daya. Budaya hemat listrik dilakukan oleh selrrnrh lapisan masyarakat sejak tanggal 27 April 2008. 10. 8. Karena pemborosan listrik banyak dilakukan generasi muda. D. Mencanangkan Gerakan Hemat Listrik Nasional di masyarakat.

Kasih Tuhan tidak untuk semua orang. logam Sangatlatr kau idamkan Pemulung sampah 11.. B. Kemurahan dari Allah. Pekerjaan baik tentu memberikan kekayaan. 12.. Makna kata berkah pada puisi tersebut ialah . C.. Rezeki manusia sudah disediakan Sang Pencipta.. kardus. A. C. Amanat puisi tersebut adalah . A. Hadiah untuk kita B.. Setiap usaha manusia memberikan kemakmuran.. Satu anugerah Tuhan Perhatikan denah berikut! 5 . Puisi untuk soal 11 . D.12 Pemulung Setiap hari mengais sampatr Plastik. Nafkah pemberian Tuhan D.

tunduk B.Yani Nomor 10 Jakarta. mundur D. Ialan Flamboyan. Jalan Melati D. Jalan Sakura. menyerah C. A. Kakak Dilla bernama Amin dan Anas.13. Apabila Hidayati ke Apotek. Ialan Kenanga. Ayah Dilla bernama Hasan Amin berumur 12 tahun.Ialan Mawat. Budi menyunrhku maju dalam pertandingan bulu tangkis. Pada tahun pelajaran 20ll/2012 Dilla akan mendaftarkan diri di SD Angkasa Jalan A. Lawan kata maju pada kalimat tersebut. mengalah Perhatikan data berikut! Dilla anak bungsu dari tiga bersaudara.. dan adiknya 7 tahun. Jalan Melati B. yaitu . A. Jalan Anggrek.. Jalan Kenanga. Jalan Sakura. Jalan Sakura. Jalan Melati C. Anas 9 tahun.. jalan yang paling dekat di lewati.yaitu …. Formulir Pendaftaran Murid Baru SD Angkasa Nama : …(1) Umur : …(2) Alamat : …(3) Nama Orang Tua : …(4) Anak Ke : … (5) 6 . Jalan Melati 14.

Amin dan kedua B.. Polinex elit. Anas dan ketiga 16. D.. kalimat bercetak miring hanrs diubah menjadi . 7 tahun.4. Peserta diharuskan membawa peralatan berkemah. 6 tahun. A.. Isian yang tepat untuk nomor 2. C.. Mau keren. Peserta kemah harus membawa peralatan untuk berkemah. harga selangit! D. 8 tahun. Perhatikan Pengumuman berikut! Pengumuman Diberitahukan kepada seluruh anggota pramuka SD Insan Sejati.15. B. 17.. Peserta kemah diharuskan untuk membawa semua peralatan-peralatan yang diperlukan dalam kegiatan kemoh tersebut. nyaman di kaki! B. Perhatikan gambar berikut! Kalimat iklan yang sesuai gambar adalah . Polinex trendi. Agar menjadi efektif.. bahwa kemah bersama akan dilaksanakan tanggal 10-12 April 2011. A. Hasan dan ketiga C. ya Polinex pilihannya! C. A. Peserta diharuskan membawa semua peralatan berkemah. Hasan dan kedua D. 9 tahun. dan 5 adalah ... Peserta harus membawa peralatan kemah. Polinex kuat tak tahan karat! 7 .

gosokkan sampo merata di kepala. B. Basahi rambut sampai rata. Semoga dia cepat datang!" Kalimat yang tepat diucapkan oleh Mia pada dialog (3) adalah . ternyata Sumi sudah datang! C. basahi rambut sampai rata. A. Perhatikan gambar berikut! Cara pemakaian yang benar adalah . biias rambut sampai bersih. Basatri rambut sampai rata. tenang. (4) Yati : "Sudah. gosokkan sampo merata ke kepala.. H ai. gosokkan sampo merata ke kepala. bilas rambut sarnpai bersih.. buka tutup botol sampo dan tuangkan ke telapak tangan secukupnya. akhirnya Sumi datang juga! D. Buka tutup botol dan tuangkan sampo ke telapak tangan secukupnya. A. buka tutup botol dan tuangkan sampo ke telapak tangan secukupnya.. Ti . payah!" (2) Yati : "Memang ada apa. kita tunggu 15 menit lagi.18. Basahi rambut sampai rata. bilas rambut sampai bersih. mengapa Sumi kamu ajak juga? 19. Perhatikan dialog berikut! (l) Mia : "Gawat. gosokkan sampo merata ke kepala. 8 .. buka tutup botol dan tuangkan sampo ke telapak tangan secukupnya. Huh. Sumi sampai sekarang belum datang! B. D. Alhamdulillah. bilas rambut sampai bersih. mengapa engkau mgnggenrtu? Apanya yang gawat (3) Mia : ….. C...

D. B. Kaki Oji terkilir jika terjatuh dari sepeda. Anak nakal iiu sudah dinasihati diruang guru. 4)-3)-1)-2) 23. 3). Buka tutup bagian belakang. Edi menunggu Edo di depan rumah. Kaki Oji terkilir.20... 3)-2)-4)-1) D.. mengirimkan B. Kaki Oji terkilir dan terjatuh dari sepeda. A. B.. mengurutkan D. A. Gabungan dua kalimat tersebut yang benar adalah . Pencuri itu nyaris dihakimi didepan massa. 22. Perhatikan urutan kaliumat berikut! l). C. mengumpulkan 9 .1) -3) C. Kaki Oji terkilir sebab terjatuh dari sepeda.. Sinonim kata mengoleksi pada kalimat tersebut adalah . 2).. C Kaki Oji terkilir agar terjatuh dari sepeda. Urutan penggunaan lampu senter secara tepat adalah . 2)-4). Pak Amir gemar mengoleksi prangko. menempelkan C. Orang tua gadis itu tidak diketahui dimana rimbanya.. Penulisan kata depan yang benar di bawah ini terdapat pada kalimat . A. D. 21. Oji terjatuh dari sepeda. A. Tekan tombol dengan baik. 1)-2)-3)-4) B.. Tutup kembali bagian yang sudah dibuka...

membonceng C. sepedanya kencang sekali. 25. Kegiatan itu dilaksanakan hari Sabtu.. mengendarai 26.. Kemarin aku sibuk sekali.. B. terimakasih kamu sudah membaca suratku. Kalimat pembuka surat di atas yang tepat adalah . Aku ingin mandapatkan nilai bagus agar dapat melanjutkan ke sekolah favoritku. Din. Tamin . A. aku baru menulis surat untukmu setiap waktu. Din.. Din. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah . 10 Maret 2010. l0 Maret 2010 Paragraf yang sesuai data tersebut. menunggang B... yaitu .. D.. A. Bacalah! Laporan Kegiatan Nama Acara : Karya Wisata Tujuan Lokasi : Batu Raden Peserta : Siswa Kelas 6 SDN Jakarta 106 Pelaksanaan : Sabtu. C. Rombongan tersebut berangkat dari sekolatr 10 . aku harus belajar giat agar nilaiku bagus. aku baru sempat membalas suratnu. Perhatikan penggalan surat berikut! Untuk Dinda ….. Aku harus belajar giat untuk menghadapi ujian. Siswa kelas 6 SDN Jakarta 1mengadalcan knyawisata ke Batu Raden..24. A. Din. menduduki D.

tepat pukul 05.00 pagi. Selanjutnyamereka menikmati indatrnya panorarna alam. ke-an D. Mereka tiba di tempat tujuan pada pukul 10. Rombongan itu tiba di tempat tujuan pada pdcul 10. di – kan 11 . A. pe-an C. tidak pergi bermain sebelum pulang ke rumah.kan B. Kegiatan itu dilaksanakan hari Sabtu. rindang. Selanjutnya mereka menikmati indahnya sungai yang jernih. B\Wah benar benar menyenangkan. dan sangat indah. Mereka berangkat pukul 05.. Siswa Kelas 6 SDN Jakarta 106... Sasa 27. Kegiatan itu dilaksanaknan hari Sabtu. . Mereka senang karena linglungan tempat wisata sangat asri.. ia selalu meminta izin kepada orang tuanya B. ia selalu dipanggil-panggil temannya D.00. ia cepat-cepat mengerjakan tugasnya 28.00. Rombogan itu tiba di tempat tujuan pada pukul 10.. Jika mau bermain. l0 Maret 2010. Imbuhan yang tepat untuk melengkapi kata dalam kurung adalah . C. Kakak sedang (bersih) ru. D. Mereka senang karena linglnmgan tempat wisata sangat asri.mg tamu. Mereka langsung menikmati keadaan alam di tempat wisata tersebut B. Kalimat yang tepat unhrk melengkapi paragraf di atas adalah .. pohon-pohon yang rindang &n air sungai yang jernih.00 pagi.00. Pukul dua belas Sasa pulang sekolah. mengadakan kunjungan ke Batu Raden. ia cepat-cepat ganti baju tanpa makan C. me .. A. Mereka sangat senang karena lingkungan Batu Raden sangat asri. mengadakan karya wisata ke Batu Raden pada hari Senin l0 Maret 2010. Ia langsung pulang ke rumah. Siswa SDN Pringgandani 06.. Siswa Kelas 6 SDN Jakarta 106 mengadakan karya wisata ke Batu Raden.. l0 Maret 2010.

ditarik kuda.... ditarik kuds berjalan sangat cepat. Kereta kuda itu beroda dua. Perhatikan! Kalimat yang melukiskan benda dalam gambar tersebut adalah . Ada kereta beroda tiga. D. Rajinlah engkau membaca buku Agar otakmu menjadi cemerlang 12 . Delman itu beroda dua. Perhatikan Pantun berikut ! Anak kecil melihat ular Ular lari ke rawa-rawa …. B. 30. A.29. Jika kamu rajin belajar Kelak kamu takkan kecewa D. Kalau kamu hendak belajar Jangan lupa sanak saudara 31.. Perhatikan pantun berikut! Jangan suka duduk di pintu …. Baris yangtepat untuk melengkapi pantun tersebut ialah . ditsrik dua kuda. Delman itu beroda dua.. dan dikendalikan oleh kusir. dan dikendalikan oleh kusir.. A. C. Jika kamu rajin menggambar Kamu pasti banyak tertawa C. Bila kamu suka berlayar Pasti kamu takkan merana B. berjalan cepat di jalan raya.

Dibawa itik pulang petang B. Pada kesempatan berpengawet. saya bermaksud mendata bahaya makanan 34. C. Fira anak yang baik. Berdayung menuju ke pulau panjang D. Fira anak yang cerdas. Pada kesempatan ini. D. Fira anak yang sopan. Berbelok jalan ke Tanah Abang C. Mudah mudahan sejak sekarang kalian mgngurangi mengkonsumsi akanan berpengawet. Kalimat penutup pidato tersebut yang tepat adalah .. A. Kalimat yang tepat untuk melengkapi sampiran pantun tersebut adalah . C. A. Kalimat pembuka pidato di atas.. Kalimat berita yang sama maknanya dengan kalimat tersebut adalah . Pada kesempatan berpengawet.. kanker paru-paru. yang tepat adalah . dan lain-lain. B. C.. Bapak doakan semoga kalian bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. B... Makanan berpengawet berpengaruh buruk pada kesehatan kita. A... D. …. Jika dikonsumsi terus menerus mengakibatkan kerusakan sistem pernapasan.. Fira anak yangtaat. A. berpengawet. 13 . Soal untuk nomor 33 . B. kanker hati. 33.34 Pidato …. terima kasih sebab kalian tidak lagi jajan sembarangan. Fira anak yang berotak cemerlang. Sekian penjelasan saya. saya yakin kalian sering makan makanan berpengawet. Pada kesempatan ini. Akan mengganggu orang yang datang 32.

Andi juga melayani para pembeli. ini. Bacalah paragraf berikut dengan cermat! Mita khawatir akan keselamatan kucingnya. Ia mencari ke halaman rumah sambil menyebut nama kucingnya. saya akan bertanya tentang makanan ini.. Wah. 14 . Kalimat utama dari paragraf di atas adalah .. Mereka segera menyiapkan barang dagangan. Andi ikut ibunya ke pasar.. Makin siang. Demikianlah bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh makanan berpengawet. Yura itu anak yang biasa-biasa saja! B. pembeli makin banyak. Seharusnya Yura memilih teman yang kaya! C. Kalimat yang mengungkapkan rasa kagum adalah . Apa nama dagangan yang dijual Andi? B. Mengapa Andi membantu ibunya? 37. Bagaimana Andi membawa dagangannya? D.. gagah. Kalimat Tanya yang sesuai dengan isi bacaan dalam paragraf di atas adalah . Pukul 06.00 Andi dan ibunya sudah tiba di pasar. A.Sambil menata barang dagangannya.. Yura memang anak yang hebat! D. dan lincah. Yura itu suka cari muka! 36. Mita sudah mencarinya ke seluruh bagian rumah. Sejak tadi siang kucingnya tidak kelihatan di rumatr. D. cerdas.. Yura orang kaya.. saya akan menjelaskan bahaya makanan 35.. Dia tidak pernah membeda-bedakannya A. Wah. Dia mempunyai banyak teman yang kaya adan yang miskin. Mengapa Andi di pasar bersama lbunya? C. Bacalah bacaan berikut dengan cermat! Setiap hari Minggu.

15 . diciptakan film kartun berjudul Nuclear Boy. Baca dengan cermat Viana duduk di depan televisi sejak pukul 17. Viana melompat-lompat dengan Refa. Perhatikan rubrik berikut! Ancaman radiasi reaktor nnklir Fukusima menghantui masyarakat Jepang. A. Nuclear Boy menceritakan kondisi nuklir yang rumit menjadi sederhana dan mudah dipahami. Viana tertawa terbahak-bahak. C. Mita khawatir akan keselamatan kucingnya. 39. D. Isi rubrik di atas adalah . rasa takut anak terhadap bahaya nuklir menjadi berkurang. Nuclear Boy diciptakan guna mengurangi rasa takut anak-anak terhadap bahaya nuklir. Nuclear Boy diciptakan setelah terjadi anca. A.am reaktor nuklir Fukusima. Ia bahkan tidak menghiraukan Refa yang sejak tadi duduk di belakangnya.00. 38.. Mita sudah mencarinya ke seluruh bagranrunatr. Melihat tingkah Ipin dan Upin yang lucu. C. Nuclear Boy menceritakan ketakutan Jepang terhadap bahaya nuklir. B. Sejak tadi siang kucingnya tidak kelihatan di rumatr.. C. A. D. Viana mengajak Refa menonton televisi. Nuclear Boy ditayangkan televisi Jepamg setelah meledaknya reaktor nuklir Fukusima. D. Dengan menonton kartun lucu itu. Ia asyik melihat tayangan Ipin dan Upin. Viana tertawa terbahak-bahak melihat Refa. la kadang-kadang ikut melompat-lompat seperti gerakan Ipin.. B. Untuk mengurangi ketakutan anak-anak terhadap bahaya nuklir. Ringkasan paragraf di atas yang tepat yaitu . B.. Viana sedang asyik melihat televisi. Ia mencari ke halaman rumah sambil menyebut nama kucingnya.

kembalikan bukuku!" Rudi : "Buku apa? Aku tidak mengambil!" Nunung : "Ah. pada B.. Jangan mudah menuduh tanpa bukti. Kita harus selalu bersikap jujur. kesedihan B. pantai itu sangat indah. A.40. ke 41. Bacaan untuk soal nomor 42 dan 43 Ketika Farah bermain di halaman. kepedulian 16 . Jangan mengambil barang milik teman.. datang pengemis berbadan dekil. Bacalah dengan cermat! Nunung : "Rud. kebersihan C. Dengan segera ia membungkus handuk. Tema cerita di atas adalah . dari C... Farah kemudian masuk rumah. 42.. jangan mengelak!" Amanat kutipan drama di atas adalah . di D. Farah tertegun. berbaju kumal. B.. dan uang sakunya. A. C. Hatinya merasa teriris melihat keadaan si pengemis. Farah menyuruh pengemis itu duduk. D... Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . sabun mandi. Kita harus percaya pada teman. dan berambut kotor. A. kesopanan D.. Setiap sore pemandangan . Bungkusan itu diberikan kepada si pengemis dengan harapan si pengemis mau membersihkan diri..

A. D. 44. 46. Makna kalimat yang tercetak miring pada paragraf di atas adalah .. Penggunaan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat . Pengemis berbadan kotor dan dekil membuat Faratr menangis... B.43. D. C. B.. Produk lokal ukiran Jepara berhasil menembus pasar Eropa. ia tetap menjalaninya setiap hari. A. 4)-1)-2)-3) D. Kamila tidak masuk sekolah disebabkan oleh sakit. 3) Walaupun berdesakan.. 4) Jarak tempat kerja Rahayu jauh dari rumah.. Jari Dewi yang terluka diobati dengan daun petai Cina. Kamila tidak masuk sekolah disebabkan karena sakit. D. 17 . Tubuh dekil pengemis itu membuat Farah sedih dan terharu. Kamila tidak masuk sekolah sebab dia sakit. Pada Hari Minggu kami benvisata ke Pantai Parangtritis. A. Faratr merasa kaget ketika didatangi pengemis yang kotor dan dekil.. Farah tidak suka melihat keadaan pengemis yang kotor dan dekil. B. 2) Setiap pagi ia berangkat naik bus kota. .. Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu dengan urutan .. Peresmian jembatan Suramadu dihadiri oleh presiden. Perhatikan! 1) Menurutnya ongkos naik bus kota termasuk murah. C. 4)-2)-1)-3) 45. Agar efektif katimat tersebut hanrs diperbaiki menjadi . 2)-1)-3)-4) c. A. 1)-2)-4)-3) B. Kamila tidak masuk sekolah karena salcit. C. Kamila tidak masuk sekolah sebab karena sakit.

VI Kalimat yang tepat untuk mengawali pengumuman tersebut yaitu . Diumumkan kepada wali murid. tanggal : Senin. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada: hari. 18 . pepohonan rindang. Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. sekolah akan mengadakan kegiatan Lomba Bercerita. 48.00 WIB tempat : Aula Sekolatr peserta : Kelas III s. dan panorama alam sangat indah. Dalam rangka menyukseskan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Diumumkan kepada para siswa.00 Hal yang menyenangkan : lingkungan asri. bahwa sekolah akan mengadakan kegiatan Lomba Bercerita. B. sekolatr akan menghadirkan siswa-siswa berprestagi.. bahwa sekolah akan mengadakan kegiatan Lomba Bercerita. 2Mei20ll waktu : Pukul 08.00 . C. air jernih. A.d. Bacalah! Laporan Kegiatan Nama Acara : Karya Wisata Tujuan Lokasi : Batu Raden Peserta : Siswa Kelas 6 SDN Jakarta 106 Pelaksanaan : Sabtu.12. D. Perhatikan! Pengumuman Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2011.. 10 Maret 2010 Berangkat : Pukul 05.47.00 Tiba di Batu Raden : Pukul 10.

l0 Maret 2010. Kegiatan itu dilaksanakan hari Sabtu. C.. rindang.Paragraf yang sesuai data tersebrrt yaifu . dahlia. D. Mereka senang karena lingkungan tempat Wisata sangat asri. Siswa Kelas 6 SDN Jakarta 106. B. dahlia. Siswa kelas 6 SDN Jakarta 1mengadakan karya wisata ke Batu Raden. 10 Maret 2010. dan sangat indah. A. Selanjutnya mereka menikmati indahnya sungai yang jernih. Siswa SDN Pringgandani 06.. Rombongan itu tiba di tempat tujuan pada pukul 10. anggrek. 19 .00. pohon-pohon yang rindang dan air sungai yang jernih. Kegiatan itu dilaksanaknan hari Sabtu. Selanjutnya mereka menikmati indahnya panorama alam. B. 49. Bu Dina membeli aneka tanaman bunga anggrek. Bu Dina membeli aneka tanaman bunga: anggrek. Mereka berangkat pukul 05. A. 10 Maret 2010. Bu Dina membeli aneka tanaman bunga anggrek dahlia dan cempaka Penggunaan tanda baca yang tepat untuk kalimat di atas adalah . Rombongan tersebut berangkat dari sekolah tepat pukul 05. dahlia dan cempaka. Mereka Langsung menikmati keadaan alam di tempat wisata tqrsebut.00. D.00 pagi. merrgadakaq kunjungan ke Batu Raden. Kegiatan itu dilaksanakan hari Sabtu. Mereka senang karena lingkungan tempat wisata sangat asri.. Siswa Kelas 6 SDN Jakarta 106 mengadakan karyu wisata ke Batu Raden. Bu Dina membeli aneka tanaman bunga. mengadakan karya wisata ke Batu Raden pada hari Senrn.00. Mereka tiba di tempat tujuan pada pukul 10. dan cempaka.. Rombogan itu tiba di tempat tujuan pada pukul 10. dan cempaka. l0 Maret 2010. dan cempaka. C.00 pagi. Mereka sangat senang karena lingkungan Batu Raden sangat asri. Bu Dina membeli aneka tanaman bunga: anggrek. dahlia. Wah benar-benar menyenangkan.

A.(IV).(II).(I)..(III) B. (III).(I).(IV). (II).(III) C.(II) D..(IV).50.(I) 20 . (II). (IV). Perhatikan gambar berikut Urutan gambar seri tersebut yang tepat adalah .(I)..(III).