Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia

Analisis Obligasi Syariah (Sukuk)
Bagi Perkembangan Investasi di Indonesia

Oleh :
Ida Musdafia Ibrahim*

Abstrak

Sukuk atau obligasi syariah merupakan instrument keuangan di pasar modal yang
saat ini mengalami perkembangannya sangat pesat di dunia. Pesatnya perkembangan sukuk
saat ini karena tingginya likuiditas di Timur Tengah yang disebabkan booming minyak
bumi dan meningkatnya kesadaran akan investasi yang tidak sekedar mendapatkan return
tetapi tetapi juga nilai sosial. Namun Indonesia yang mempunyai potensi pasar sangat
besar terhadap perkembangan sukuk di dunia hanya mendapatkan pangsa pasar sangat
kecil.
Lambatnya perkembangan sukuk di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor,
yaitu pendeknya jangka waktu sukuk dan inovasi produk yang rendah, kedua model
valuasi sukuk terhadap return yang belum sempurna sehingga masih kalah bersaing dengan
obligasi konvensional, ketiga adalah buruknya iklim investasi di Indonesia. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut diperlukan kerjasama antara pemerintah, Dewan Syariah
Nasional dan akademisi.

Kata kunci: sukuk

*
Ketua Program Diploma-III Management Fakultas Ekonomi UPI YAI

The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 17

Investasi ini disebut dengan ethical investment (Muhammad Nadjib. Afrika Utara. Pendahuluan Dewasa ini motivasi untuk berinvestasi telah mengalami perubahan mendasar.dkk 2007) yaitu investasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara sosial. terutama terkait masalah lingkungan hidup. Hal ini kemudian membawa kesadaran bagi investor akan pentingnya investasi yang sesuai etika. karena memenuhi nilai moral dan norma etika tertentu karena didasarkan pada seleksi krieria tertentu. Ethical investment menjadi perhatian dunia karena memberikan nuansa berbeda dari investasi konvensional. dimana investasi tidak saja dipandang sebagai kegiatan yang memberikan kepuasan financial tetapi juga spiritual. Investasi konvensional banyak dipandang membawa dampak negatif (disamping dampak positif) dan memberikan banyak kerugian sosial sebagai akibat dari besarnya unsur spekulasi. dan sebagian Asia tenggara dan Asia Barat saat ini mulai membuktikan pasar modal sebagai salah satu bagian dari industri keuangan merupakan bidang yang juga terjamah dan tidak terlepas dalam sistem ekonomi islam. salah satunya adalah dengan adanya pasar modal syariah yang sejalan dengan prinsip-prinsip Islam. Investor Timur Tengah yang memiliki kelebihan likuiditas namun sangat selektif dalam melakukan investasi. Kalangan masyarakat barat memandang perlunya investasi pada sektor-sektor yang memiliki keberlangsungan dan membawa kepada kebaikan masa depan.Program Pascasarjana UPI YAI 1. Negara Timur Tengah. Untuk menfasilitasi ini pasar modal dunia terus mengalami penyesuaian. Bahkan berbagai benchmark indeks pasar modal syariah yang paling populer yaitu Dow Jones dan Financial Times Stock Exchange (FTSE) telah meluncurkan indeks khusus bagi pasar modal syariah. seperti saat ini disinyalir tingginya harga beberapa komoditas pangan dan minyak bumi adalah karena unsur spekulasi yang dilakukan oleh para hedge fund internasional. Sebuah fenomena kebangkitan Islam di bidang ekonomi saat ini diharapkan dapat menjadi pionir bagi kebangkitan Islam di bidang lainnya. 18 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi . Sejak dua dekade lalu pasar modal syariah telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Unsur spekulasi ini diyakini memberikan kontribusi bagi peristiwa penting jatuhnya perekonomian dunia. Investor yang memiliki cara pandang seperti ini dalam perkembangannya semakin banyak.

perusahaan reksadana. perusahaan pembiayaan. New York. Terlebih lagi saat ini Negara-negara teluk sampai 4-5 tahun yang akan datang akan mengalami surplus keuangan terutama karena tingginya permintaan dan harga minyak. Salah satu instrument pasar keuangan yang saat ini semakin populer adalah obligasi syariah atau sukuk.5 milyar apabila dimasukkan kemungkinan populasi yang akan menjadi umat muslim. Terdapat proyek-proyek infrastruktur dengan nilai milyaran US dolar di Negara-negara Timur Tengah dan Negara yang tergabung dalam OKI. Afrika dan Asia dengan nilai kapitalisasi lebih dari US$13 milyar. Prospek pasar modal syariah yang semakin baik juga terlihat dari peningkatan tren dari perusahaan untuk melakukan IPO (Initial Public Offering). Dengan pendapatan operasional sebesar lebih dari US$11 milyar dari investment banking di Negara-negara teluk dan Malaysia. Keuangan Islam: overview Saat ini terdapat lebih dari 276 Institusi keuangan Islam di seluruh dunia yang tersebar pada lebih dari 70 negara. Tersebar mulai dari London.3 triyun. Bank-bank syariah memperkirakan dapat membukukan 40- 50% dari total simpanan umat muslim di dunia dalam 8-10 tahun yan akan datang. Jumlah ini adalah 30% dari populasi penduduk di dunia.5 milyar umat muslim di dunia dan akan menjadi 2. Diperkirakan total investasi negara-negara Timur Tengah ke negara-negara Afrika tengah dan utara tersebut mencapai lebih dari US$ 1.Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia 2. Pasar modal syariah di dunia saat ini tumbuh antara 15%-20% per tahun (termasuk simpanan di bank syariah yang diperkirakan lebih dari US$560 milyar. (islam merupakan agama dengan tingkat pertumbuhan yang paling tinggi). Selain itu tingkat kesejahteraan umat Islam di dunia merupakan kelompok dengan tingkat pertumbuhan yang paling tinggi dibanding agama yang lain. dan asuransi atau takaful. Sukuk certificates represent proportionate beneficial ownership and may be described as an Islamic bond for adefined period the risk and return on which is The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 19 . Penghimpunan dana dari umat muslim mencapai lebih dari US$3 trilyun. dan Swiss sampai dengan Timur Tengah. Saat ini diperkirakan terdapat US$1 triyun dana umat Islam di pasar. Mayoritas institusi maupun asset syariah dewasa ini berada di Negara-negara teluk. Institusi ini meliputi bank. Namun sebenarnya pasar syariah masih relatif kecil.5 triyun dari total US$ 2. Standard & Poors memperkirakan potensi pasar untuk jasa keuangan syariah di dunia adalah lebih dari US$4 triyun. pangsa pasar syariah diperkirakan hanya sebesar 10%-20%. Pangsa pasar potensial masih sangat besar mengingat ada 1.

Pasar modal syariah pun mulai diterima secara umum dengan masuknya investor non muslim di pasar sukuk.2006). Insrument ini semakin disukai karena ada upaya investor terutama Timur Tengah untuk menarik modal yang terkumpul di lembaga perbankan barat kembali ke lembaga keuangan keuangan islam. Dukungan solidaritas untuk aktivitas pasar modal syariah ini berdasarkan kesamaan ideologi-spirit dari negara–negara yang tergabung dalam OKI. Kepopuleran dari sukuk ini juga tidak terlepas dari akses modal secara global sudah terbuka. Selain sebagai ethical investment seperti diuraikan di atas. Sukuk dipandang sebagai sasaran baru yang lebih menguntungkan. sehingga terjadilah manajemen likuiditas lintas batas. Menurut Dewan Syariah Nasional (DSN) obligasi syariah (sukuk) adalah suatu surat utang berharga jangka panjang yang berdasarkan prinsip syariah yang dikeluarkan emiten kepada pemegang obligasi syariah yang mewajibkan emiten untuk membayar pendapatan kepada pemegang obligasi syariah berupa hasil/margin fee.Program Pascasarjana UPI YAI associated with cashflwos generated by a particular asset belonging to the investors ie sukuk holders (Muhammad Arif. serta membayar kembali dana obligasi pada saat jatuh tempo. 20 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi .

dan mudharabah (17. Negara yang berpenduduk mayoritas non muslim seperti Jerman dan Inggris pun sudah menerbitkan global sukuk dengan pangsa pasar sebesar 3. ijarah (28.12%. Sebagian besar sovereign sukuk berbentuk musharakah (45%).Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia Global Sukuk Volume Sumber: Aseambankers Dari grafik di atas terlihat bahwa pangsa pasar sukuk global terbesar ada pada Malaysia. diikuti oleh Uni Emirat Arab dan Bahrain.4%). The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 21 .8%).

500 Jan 2006 2 years 3 Al Dar Properties UAE 2. Source : Liquidity Management Centre & Bloomberg) Dari tahun ke tahun terjadi peningkatan penempatan dana pada sekuritas sukuk oleh perusahaan-perusahaan mutual fund. 3. Selain itu sebesar US$800 juta sukuk dari Investment Bank Abu Dhabi yang dikeluarkan pada Desember 2006 lebih dari 40% investornya adalah berasal dari Eropa. Of Bahrain 250 Jun 2004 5 years Sumber: Last Updated : 4 June 2007.520 Nov 2006 3 years 2 PCFC Sukuk UAE 3. UAE 350 Jan 2007 9 years 17 Sarawak Corp Sukuk Malaysia 350 Dec 2004 5 yrs 18 Malayan Banking – MBB Sukuk Malaysia 300 Apr 2007 10 yrs 19 Qatar Real Estate Investment Qatar 270 Aug 2006 10 yrs 20 BMA International Sukuk K. Peningkatan penempatan dana oleh investor konvensional dapat dilihat dari dana sebesar US$300 yang masuk ke Malaysia Benhard Bank (MBB) sukuk dan lebih dari dua pertiganya merupakan investor dari Asia dan Eropa. dan institusi keuangan lainnya dari negara-negara Eropa dan Asia sebagai bagian dari strategi diversifikasi yang merupakan investor konvensional. kesemuanya mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) dan sebagian pembeli sekuritas tersebut adalah investor asing.350 Jan 2007 5 years 4 Dubai Civil Aviation UAE 1. dana pension.000 Nov 2004 5 years 5 SABIC Sukuk Saudi Arabia 800 Jul 2006 5 years 6 ADIB Sukuk UAE 800 Dec 2006 5 years 7 Qatar Global Sukuk Qatar 700 Oct 2003 7 years 8 Malaysian Global Sukuk Malaysia 600 Jul 2002 5 yrs 9 Pakistan International Sukuk Pakistan 600 Jan 2005 5 years 10 DAAR International Sukuk Saudi Arabia 600 Jan 2007 3 years 11 Emirates Airline Sukuk UAE 550 Jun 2005 7 years 12 IDB Trust Services International 500 Aug 2003 5 years 13 Islamic Development Bank International 500 Jun 2005 5 years 14 Aabar Sukuk UAE 460 Jun 2006 4 years 15 Solidarity Trust Services Region Wide 400 Aug 2003 5 years 16 Sharjah Electricity & Water Auth. yang mana ini menandakan ketertarikan investor asing pada instrument berdemominasi ringgit Malaysia. Mengapa pangsa pasar sukuk terbesar adalah Malaysia? 22 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi .Program Pascasarjana UPI YAI PASAR SUKUK GLOBAL (20 SOVEREIGN TERBESAR) No Issuer Country US$ m Issue Date Tenor 1 Nakheel Sukuk UAE 3. Total nilai investasi kedua penerbit tersebut sebesar US$332 juta. Bukti lainnya adalah International Finance Corporation (IFC) dan International Bank for Recontrucion and Development (IBRD) pada saat mengeluarkan sukuk perdananya di Malaysia pada Desember 2004 dan April 2005.

Malaysia mempunyai 12 bank syariah termasuk 3 bank syariah asing. reksadana dan wealth management syariah. Jumlah populasi di Malaysia adalah sebesar 21.6 juta dengan jumlah penduduk beragama Islam sebesar 15. 36% perusahaan investasi syariah di dunia tercatat di pasar modal Malaysia yaitu 86 unit trust fund.Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia Seperti dikemukakan di atas terlihat bahwa Malaysia adalah negara dengan pangsa pasar sukuk terbesar. Sebelum lebih jauh membicarakan keberhasilan Malaysia dalam menerbitkan sukuk. Malaysia saat ini juga sedang gencar mempromosikan Labuan International Offshore Centre sebagai pusat pasar modal global berbasis syariah.3% dengan tingkat inflasi yang rendah.4 juta orang atau 59% dari total populasi di Malaysia. jasa keuangan syariah. Untuk menunjang program tersebut pemerintah Malaysia membentuk the Malaysian International Islamic Financial Centre (MIFC) untuk mengembangkan infrastuktur keuangan syariah. Pada tahun 2001 menjadi pionir dalam mengeluarkan obligasi syariah global (sukuk) pertama kali dengan nilai US$150 juta. serta 9 operator takaful. Tingkat pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama 2006 adalah sebesar 5. dilanjutkan dengan mengeluarkan sovereign sukuk pada tahun 2002 dengan nilai investasi US$600. mari kita lihat pemaparan berikut ini. 7 bank konvensional yang membuka unit syariah. Maksudnya adalah Malaysia direncanakan akan menjadi centre of origin dari penerbitan serta perdagangan pasar modal dan instrument sekuritas syariah. Perjalanan ekonomi syariah utamanya dimulai tahun 1983 yaitu dengan mulai mengadaptasikan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional. untuk menerapkan ukuran dan inisiasi untuk memperkuat posisi saat ini sebagai hub keuangan syariah internasional. Tahun 1994 Malaysia mendirikan pasar uang syariah. Saat ini Malaysia sedang memperkuat posisinya sebagai international Islamic financial hub. The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 23 . serta bisnis asuransi dan reasuransi syariah (takaful dan retakaful).

Program Pascasarjana UPI YAI Sumber: RAM (rating sukuk org in Malaysia) Growth Trend Malaysia’s Sukuk 2004 US$6.7 billion 2005 US$9 billion 2006 US$16.9 billion 24 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi .

Inovasi terhadap penawaran sukuk yang baru seperti khasana exchangeable. 4.Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia Malaysia berhasil meraih pangsa pasar sukuk terbesar tidak lepas dari usaha yang dilakukan baik dari sisi suplay ( ketersediaan sukuk yang ditawarkan) maupun dari sisi demand (peningkatan jumlah investor). Dengan usaha-usaha di atas yang disusun secara sistematis dan strategis berhasil membawa Malaysia menguasai pangsa pasar sukuk dunia seperti saat ini Waspada online tanggal 2 Agustus melansir pernyataan deputi gubernur Bank Negara Malaysia. dan lain sebagainya. Dengan tersediannya infrastruktur dan regulasi. Selain itu pemerintah Malaysia juga menerapkan stamp duty exemption on Islamic securities. Keseriusan pemerintah Malaysia dalam mendukung pasar modal syariahnya terlihat dari kesiapan infrastruktur dan penyediakan perangkat hukum yang sesuai dengan syariah. Pemerintah Malaysia juga tidak membebankan pajak bagi hasil (dividen) dari sukuk tersebut. Sukuk dalam berbagai mata uang yang ditawarkan baik kepada investor lokal maupun asing. yaitu: Dari sisi supplay (ketersediaan sukuk yang ditawarkan) 1. Dari sisi permintaan (peningkatan jumlah investor) yang dilakukan adalah: 1. menghilangkan pajak berganda bagi transaksi murabahah dan tax neutrality. 3. Dato Mohammad Razif Abdul Kadir yang menyatakan bahwa pemerintah Malaysia mengeluarkan kebijakan pembebasan pajak (tax holiday) selama sepuluh tahun bagi pengusaha Indonesia yang mengeluarkan sukuk di Malaysia. Pemberian fasilitas bagi masuknya fund manager asing/ pembebasan pajak bagi investor asing 3. mudarabah plus susharakah. Pembentukan Fund Syariah/REITs/Infrastruktur sektor keuangan. menyebabkan banyak perusahaan yang ingin menerbitkan sukuk di Malaysia. sehingga memberikan kemudahan bagi pengusaha untuk menerbitkan sukuk dan dapat memberikan kepastian hukum . Pembentukan pasar uang antar bank syariah dengan disertai jumlah institusi finansial yang cukup banyak 2. The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 25 . Terbuki banyaknya unit trust yang menerbitkan sukuknya di Malaysia. Adanya konsisensi dalam penerbitan sukuk termasuk sovereign sukuk. Dukungan pemerintah dan regulasi yang sesuai kerangka hukum syariah. 2. Oleh sebab itulah maka terjadi konsistensi dalam penerbitan sukuk setiap periodenya.

mengingat pada saat ini perbankan Indonesia sedang berusaha memenuhi ketentuan kecukupan modal sesuai dengan yang tercantum dalam Arsitektur Perbankan Indonesia (API). Tampaknya harapan Malaysia sudah mulai terwujud.3 triliun pada akhir 2007. Total emisi sukuk domestik meningkat dari Rp175 milyar pada tahun 2002 menjadi Rp3. Perkembangan Penerbitan Sukuk Dalam Negeri adalah sebagai berikut. Total issuer meningkat sebanyak 20 issuer sejak kurun waktu 2002-2007. 4. Prospek obligasi syariah (sukuk) di Indonesia Seperti pernyataan deputi gubernur Bank Negara Malaysia di atas. Malaysia berharap dapat menjadi pintu gerbang bagi dana Timur Tengah ke Indonesia. dan reksadana syariah yang membutuhkan alternatif investasi obligasi syariah. Dengan penduduk yang lebih dari 200 juta orang dan proyek investasi jangka panjang. Namun perkembangannya dirasakan masih terlalu lambat dibandingkan degara Islam lainnya. Penerbitan sukuk di Indonesia saat ini lebih didasari pada perkembangan institusi syariah seperti perbankan syariah. Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi cukup bagus bagi perkembangan ekonomi syariah. Indonesia sebagai salah satu Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi yang besar untuk masuknya dana dari Timur Tengah tersebut. Indonesia memiliki potensi berkembangnya ekonomi Islam. Hal ini dapat dilihat dari masuknya investor Malaysia ke dunia perbankan baru-baru ini. Bank Niaga dan bank Pertama. Dan tidak menutup kemungkinan bank-bank swasta lainnya juga akan melakukan hal sama. Puncaknya ketika pasar modal syariah Indonesia diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2003.Program Pascasarjana UPI YAI Hal di atas dilakukan pemerintah Malaysia dalam usahan untuk terus mengembangkan diri menjadi hub internasinal terkait dengan banyaknya dana Timur Tengah yang sedang mencari tempat investasi. asuransi syariah. yaitu dari 1 issuer pada tahun 2002 menjadi 21 issuer pada akhir 2007. 26 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi . Bank Bank Internasional Indonesia sebagian kepemilikan sahamnya kini dimiliki Khasanah dan MayBank. Indonesia dapat berupaya turut berpartisipasi mengambil kue dari booming nya ekonomi syariah di berbagai belahan dunia. Sebetulnya usaha untuk mengembangkan ekonomi syariah telah lama dilakukan yaitu dengan diluncurkannya instrument syariah oleh PT Danareksa Investment Management pada Juli 1997 berupa danareksa syariah.

02-07 BSM II (subnotes) Banking 10 65 10.Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia Sukuk Mudharabah in Indonesia No Date Issuer Sector Tenor Rating Value Return 1.00 5.40 TOTAL Ijarah 67% 2394. 07-07 Adhi Karya Construction 5 A.00 12-03 PP (MTN I) Construction 3 BBB+ 50 13.30 14. 06-04 Sona Topas Tourism Tourism 5 A1 52 14. 05-04 Matahari Putra Prima Retail 5 A+ 150 13.70 5.50 9. 04-05 Apexindo Mining 5 A.50 3.2007 The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 27 . 05-07 Indosat II Telecom 7 AA+ 400 10.00 09-03 Ciliandra Perkasa * Wood Indst 5 BBB 60 17. 06-06 PLN I Energy 10 A 200 13. 10-03 Bank Syariah Mandiri Banking 5 BBB 200 13.80 2.125 6. 240 12. 07-03 Bank Bukopin Banking 5 BBB+ 45 13. 125 TOTAL Mudharabah 33% 1175 Sukuk Ijarah in Indonesia No Date Issuer Sector Tenor Rating Value Return 1.875 7. 01-07 BSM I (subnotes) Banking 10 150 9. 07-07 PLN II Energy 10 A1 300 10.20 13.25 11. 200 10.25 6.75 7.4 Sumber: Mandiri Sekuritas. 12-04 Humpuss Intermoda Transportation 5 A1 122 14. 200 17. 07-05 Ricky Putra Globalindo Textile & Gmt 5 Baa1 60. 07-03 Bank Muamalat Ind Banking 7 BBB. 60 14.75 3.00 8.75 03-04 PP (MTN II) Construction 3 BBB+ 50 13. 06-05 Indosat I Telecom 6 AA+ 285 12. 04-07 BSM III (subnotes) Banking 10 30 11. 03-04 PTPN VII Plantation 5 BBB+ 75 13.75 4. 07-04 Citra Sari Makmur Telecom 5 A3 100 14. 11-02 Indosat Telecom 5 AA+ 175 15. 07-07 Berlian Laju Tanker Transportation 5 AA.00 10. 11-04 INDORENT/CSM Transportation 4 Baa2 100 13. 12-04 Berlina Plastic Indst 5 Baa3 85 13.60 12. 10-04 Arpeni Pratama (MTN) Transportation 3 A 100 14.75 2. 01-07 PP (MTN III) Construction 1 50 8.4 12. 05-03 Berlian Laju Tanker Transportation 5 A.25 4.

sedangkan bagi pemerintah adalah: 1.  menciptakan benchmark di pasar keuangan syariah. Memperluas basis sumber pembiayaan anggaran negara. Bagi institusi bisnis sukuk dapat digunakan sebagai penyeimbang dari neraca keuangan. Namun pangsa pasar obligasi syariah atau sukuk ini hanya 5 % dalam hal nilai dan 10% dalam hal volume.  memperkaya instrumen pembiayaan fiskal. Sukuk Mudharabah terhitung sebesar 33% (11 dari 25).  memperluas dan mendiversifikasi basis investor SBN. 2.  mengembangkan alternatif instrumen investasi. Sukuk pemerintah diperkirakan akan berkembang dengan mulai diberlakukannya UU no 19 tahun 2008 tentang surat berharga syariah Negara. Mendorong pertumbuhan dan pengembangan pasar keuangan syariah di dalam negeri. 3. 28 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi .Program Pascasarjana UPI YAI Setelah 2004 Sebelum 2004 Dari tabel dan gambar di atas terlihat saat ini. Dan instrument yang dikeluarkan sebagian besar adalah instrument lokal. Kecenderungan beralihanya skema mudarabah menjadi ijarah ini sejalan dengan kecenderungan di pasar obligasi konvensional di mana obligasi berpendapatan tetap lebih popular dibandingkan dengan obligasi berpendapatan tidak tetap. Sukuk Ijarah terhitung 67% (14 dari 25). Mengoptimalkan pemanfaatan Barang Milik Negara dan mendorong tertib administrasi pengelolaan Barang Milik Negara. Keberadaan sukuk sangat dibutuhkan oleh pemerintah maupun institusi bisnis.

Dalam rilis 30 November 20007 terlihat dari 164 saham yang listed hanya 17 saham yang masuk dalam The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 29 . Belum wajar dan efisiennya pasar saham kita secara keseluruhan penyebab hal di atas. bagi investor saham-saham tersebut kurang likuid. investor dan analis menyayangkan sebagian besar efek yang terdaftar dalam DES. Sehingga kurang menarik dan sulit memberikan performa return yang maksimal bagi investor. Daftar Efek Syariah yang telah Dirilis oleh BAPEPAM LK Daftar Efek Per 30 Nov 2007 Per 12 Sept 2007 Jumlah Efek Syariah 169 Efek 174 efek Obligasi/sukuk Korporasi 20 obligasi 21 obligasi Saham listing 164 saham 19 saham Saham perusahan public 5 saham 5 saham Saham delisting 3 saham - Sumber: Data Bapepam yang diolah Terbitnya DES cukup memberi arti dalam memberikan panduan bagi investor saat menanamkan modalnya.Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia Pilihan-pilihan dalam Pembiayaan APBN melalui Penerbitan SBN Obligasi Wholesale Negara SUN Ritel (ORI) Surat SBN Perbendaharaan Negara SBSN Wholesale Sukuk Ritel (SRI) Islamic Treasury Bills SBSN Project Financing Sukuk (Musharaka/Istisna) Pada tanggal 12 September 2007 dan 30 November 2007 BAPEPAM LK merilis Daftar Efek Syariah (DES). Daftar tersebut menjadi panduan bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di portfolio syariah. Namun kita harus menyadari kenyataan bahwa beberapa fund manager.

Idealnya dengan dirilisnya DES ke pasar.36% saham yang terdaftar di DES yang masuk kategori likuid versi LQ 45. bagi fund manager. sehingga selain ikut memperbanyak pemain di instrument sukuk korporasi juga dapat membantu emiten agar dapat dipandang baik oleh investor yang instrument keuangannya memenuhi prinsip-prinsip syariah.Program Pascasarjana UPI YAI indeks LQ 45. Permasalahan pertama yang menyebabkan lambatnya perkembangan sukuk di Indonesia adalah sebagian besar sukuk adalah mempunyai tenor atau jangka waktu investasi pendek. sementara penerbitan sukuk relatif terbatas. investor maupun analis obligasi syariah saat ini adalah belum adanya valuasi yang standard dan umum untuk menghitung dan memprediksi sukuk koorporasi. 3. Salah satu hal penting dalam proses valuasi obligasi syariah adalah perlu adanya pemisahan antara harga wajar dengan distorsi harga yang terjadi di pasar sekunder. Pada instrument obligasi syariah/sukuk korporasi meski sudah satu semester pemerintah merilis DES namun hingga saat ini masih belum ada emiten yang menerbitkan sukuk korporasi kembali. seharusnya emiten terpacu berlomba-lomba agar instrument keuangannya dapat masuk dalam daftar DES. Pada obligasi konvensional dalam teori sederhana. Hal ini berbeda dengan obliasi konvensional yang amat berkaitan erat dengan perhitungan dan memprediksi dengan volatilitas suku bunga. Artinya hanya 10. Likuiditas relatif rendah. 4. sehingga sulit untuk menganalisis terutama obligasi dengan skim mudharabah. Struktur sukuk berupa head-lease and sub-lease serta wakalah (tanpa SPV). Permasalahan kedua. Direktorat Kebijakan Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan RI dalam Kajian Umum Kelompok Studi Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 12 Juni 2008 mengemukakan tentang kondisi pasar sukuk dalam negeri sebagai berikut : 1. Laksono. kenaikan suku bunga berakibat penurunan harga obligasi di pasaran dan sebaliknya. Agus P. Padahal investor seperti dana pensiun dan takaful membutuhkan instrument dengan investasi jangka panjang. 2. Sedangkan di syariah belum ada benchmarking yang baku dalam penentuan harga di pasar sekunder. Juga ragam metode sukuk yang masih sedikit. Investor cenderung melakukan aksi buy & hold. Potensi pemintaan relatif besar. Hal ini penting jangan sampai terjadi rekasaya pasar dalam suplay dan rekayasa dalam demand dalam pembentukan harga obligasi di pasar sekunder. Dengan adanya valuasi yang standar ini diharapkan akan membantu 30 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi .

Upaya yang lebih keras dari pemerintah dalam mempersiapkan payung hukum sehingga perusahaan yang akan menerbitkan sukuk dapat lebih variatif agar lebih menarik bagi investor tanpa adanya keraguan bagi investor atas instrument tersebut. Tingkat efisiensi birokrasi di Indonesia sangat rendah merupakan salah satu sumber distorsi iklim investasi. dan sebagainya. Permasalahan di atas semakin menghambat masuknya investor.Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia memudahkan investor dalam memilih obligasi syariah yang layak unuk dimasukkan dalam portfolio investasi. pelaporan. Permasalahan ketiga adalah buruknya iklim investasi di Indonesia yang disebabkan beberapa hal. terutama investor asing di Indonesia khususnya untuk corporate sukuk di Indonesia. 3. Dengan melihat permasalahan di atas. Beban yang harus ditanggung oleh pelaku bisnis karena regulasi pemerintah. Aspek ini sangat menghambat kelancaran produksi dan perdagangan di dalam negeri maupun kegiatan ekspor impor. 1. 2. Tentunya kita belum melupakan kasus monorail yang menyebabkan investor Abu Dhabi melakukan tarik ulur dalam mendanai proyek tersebut. termasuk infrastruktur dasar. Pemborosan atau inefisiensi dalam pengeluaran pemerintah yang berupa penyediaan barang-barang dan jasa kebutuhan pokok bagi dunia usaha yang tidak disediakan oleh pasar. Dalam hal pembayaran ekstra tidak tercatat atau terdokumentasi atau penyuapan yang berkaitan dengan ekspor impor dan pemakaian utilitas publik merupakan salah satu masalah dalam pencapaian efektivitas kebijakan pemerintah dalam memulihkan kegiatan dan meningkatkan investasi di Indonesia. The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 31 . Buruknya kondisi infrasruktur di Indonesia. upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk memacu perkembangan sukuk di Indonesia adalah : 1. Perangkat hukum tersebut juga harus mengacu pada hukum syariah internasional sehingga juga dapat menarik investor asing. Bukti terbaru buruknya kualitas dan kuantitas infrasutruktur adalah saat ini pemerintah Indonesia sedang kewalahan menghadapi krisis litrik yang terjadi . Buruknya kondisi infrasruktur merupakan yang terburuk di Asean (data Bank Dunia tahun 2005). dalam hal pemenuhan administrasi berkaitan dengan perizinan. tidak hanya terbatas pada kuantitas yang terbatas tetapi juga dalam hal kualitas infrasruktur yang sudah ada.

dan sebagainya yang memang tidak menarik bagi investor institusi. dan tetap gencar untuk melakukan pembersihan terhadap kasus penyuapan yang menyebabkan biaya tinggi. Selain itu juga harus tetap gencar melakukan efisien dengan memotong birokrasi. 3. jempatan. Untuk mengatasi permasalahan valuasi obligasi yang diperlukan saat ini adalah bagaimana pemerintah. akademisi. Ketergesaan dalam pencapaiannya justru dapat berakibat fatal bila tidak ditunjang dengan kecermatan kesabaran dan strategi pengembangan yang jitu agar nantinya tidak menjadi boomerang sehingga dapat mencederai keseluruhan sistem itu sendiri. Referensi 32 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi . 5. Pada akhirnya pengembangan pasar modal syariah di Indonesia memang perlu proses. Pemerintah harus memperbaiki dan melengkapi infrastruktur dasar yang memang menjadi tanggung jawabnya seperti pembangunan jalan. Penutup Kerjasama antara akademisi untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang paham akan produk dan hukum Islam dan kerjasama dengan Dewan Syariah Nasional dalam memperkaya produk berbasis syariah dengan pemerintah sangat penting bagi perkembangan pasar modal syariah di Indonesia umumnya dan perkembangan sukuk pada khususnya.Program Pascasarjana UPI YAI 2. waduk. dan praktisi ataupun pihak lainnya mau mencurahkan pemikirannya dalam merumuskan model valuasi obligasi syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

.. Structuring Innovative Sukuk.. Sukuk Workshop.dkk. 2007 Bank Indonesia.Analisis Obligasi Syariah (Sukuk) Bagi Perkembangan Investasi Di Indonesia Baridwan Anis. Jakarta 19 Juni 2007 Muhammad Arif. Rountable discussion on International Islamic Sovereign Bond (Sukuk). State Bank of Pakistas.2008 Curriculum Vitae The 1st Annual Graduate Student Research And Creativity Symposium 33 . kreasi wacana. Jakarta. Corporate Sukuk Issuance and Prospect. 19 Juni 2007 Aseambankers.. 19 Juni 2007 Mandiri sekuritas. Indonesian Sukuk (Corporate Bond) Issuance.Potential Growth of Sukuk : Sukuk Workshop.2007 CIMB Group. Investasi Syariah: Implementasi konsep pada kenyataan empirik. Sukuk Structuring Innovative Sukuks : Workshop: Jakarta. 2004 Jusmaliani.

Seminar. Leadhership. 84 Tanah Baru. Beji Depok 3) Tempat/Tgl lahir : Magelang. 2007 3) Seminar :E Learning in Higher education: Necessary and Sufficient Conditions for Enggaged Learning 2007 4) Executive.Rp740 bn (88%) Rp100 (12%) Mudaraba Ijarah Program Pascasarjana UPI YAI 1. UI Blok G No. University Airlangga Surabaya 2) 1995 Bachelor degree pada Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen.SE. University Airlangga 3. Identitas Personal 1) Nama : Ida Musdafia Ibrahim. Latar Belakang Pendidikan 1) 2002 Magister degree pada Fakultas Pascasarjana. 23 Mei 1970 2. & Business Seminar: Prospect of Risk Management in Indonesia 2006 34 Indonesia Recovery : Tantangan Pembangunan Ekonomi . 2008 2) Seminar Dialog Nasional : Sinergi BPR dan Bank Umum dalam Mengembangkan UMKM. lokakarya yang pernah diikuti: 1) National Workshop: Internationalization program and curriculum in Management. Pengalaman Kerja : 1) Ketua Program Diploma 3 Management Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia YAI tahun 2007 sampai dengan saat ini 2) Sekretaris Program Diploma 3 Management Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia YAI tahun 2006 sampai 2007 3) Dosen tidak tetap pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti tahun 2003 sampai sekarang 4) Pegawai Pimpinan pada Bank Ekspor Impor Indonesia (sekarang Bank Mandiri) tahun 1996 sampai 1999 4. Program Magister Management.MM 2) Alamat : Kav.